[Trivia] Coffee Break + Permintaan Maaf

Suer! Saya bingung mau ngasih judul apa postingan kali ini. Asal comot aja. Ckckck...
Jam digital versi kota saya sudah menunjukkan pukul sebelas lewat duapuluh enam menit, menjelang tengah malam dan saya belum bisa tidur juga. Insomnia? Iyesss. Mata udah pedes, bolak-balik di kasur kayak ikan kering lagi dijemur tapi tetep gak bisa pulas juga.
Yang nyipper-in Lee Hyeri dan Park Bo Gum di dunia nyata pasti lagi berbunga-bunga hatinya hari ini. Yeah, meskipun saya gak termasuk, saya senang-senang aja kok baca interview-nya si Neng geulis. Dari wawancara tersebut saya mengambil beberapa point penting sebagai konfirmasi atas apa yang sudah sering didiskusikan oleh saya dan #TeamTaek lainnya baik itu di Soompi maupun di sosmed lainnya—bahwa kita gak dedulu, sayaaaaaaang ^^
Dalam wawancaranya Hyeri menegaskan kembali apa yang sudah kita simpulkan bersama—Deokseon sejak episode satu sudah menyukai Taek, hanya saja dia tidak menyadarinya lebih awal sebab Deokseon tidak punya pengalaman apa-apa soal cinta terhadap lawan jenis. Lihat saja apa yang terjadi pada cinta pertama dan crush singkatnya kepada Junghwan. Ketertarikan tersebut lahir, bukan dari dalam hati Deokseon melainkan masukan dari teman-temannya. Setelah Dongryong menasehatinya di tangga malam itu, barulah Deokseon sedikit demi sedikit mampu menengok lebih dekat lagi hatinya.
Siapa yang disukainya.
Taek.
Ia  selalu di sana.
Dan Deokseon, selalu ada untuk Taek sejak pertemuan pertama mereka di hari kepindahan anak laki-laki itu dan ayahnya ke Ssangmun-dong.
Jika masih ada yang berbeda dalam menginterpretasikan pernyataan Hyeri ini, itu hak masing-masing personal. Kita tinggal di negara yang menjamin warga negaranya bebas bersuara, asalkan tidak kebablasan.
Satu hal menarik lagi yang bikin hati hangat adalah respon yang diberikan Hyeri ketika ditanya tentang keberangkatan teman-temannya dari Reply 1988 ke Namimbia dalam rangka syuting Youth Over Flower Afrika. Jadi Hyeri baca berita itu waktu dia lagi Hongkong. Ya udah, ditelpon lah teman-temannya di sana tapi gak ada satu pun yang ngangkat. Trus Bo Gum nelpon balik, laporan kalau mereka baik-baik aja di sana. Hyeri jawab wawancaranya dengan baik ya, kurang lebih kayak gitu. Mereka punya grup chatting kayak Reply 1994 juga.
Stop feeding my shipper heart!
HAHAHAHA. Nope. Saya masih konsisten gak mau nge-ship mereka di dunia nyata. Taek-Deokseon cukuplah jadi penghibur bagi nuna kesepian ini *kemudian di-pukpuk masal*
Tau kalau Hyeri dan Bo Gum dekat sebagai teman saja, saya sudah senang. Mereka masih muda, masih panjang jalan yang harus mereka lalui. Toh, bila nantinya berjodoh, gak akan ke mana-mana. Kalau ke mana-mana namanya bukan jodoh. Tapi takdir. Hualah! Sebenernya saya lagi ngomong apa sih?
Denger-denger sih, Hyeri nyebut Bo Gum pake husband. Perlu di-cie-cie in gak nih? Justru ini yang bikin saya yakin Bogum-Hyeri deket murni sebagai teman. Itu saja. Menurut penerawangan saya, Hyeri gak akan sesantai itu ngomong kalau emang ada apa-apa di antara mereka. But, who knows.  Tuhan selalu punya cara tersendiri untuk menyatukan dua hati. Hhhhh. *yang nulis mulai ngaco, pemirsaaaah*
Saya sarankan, sebagai shipper kamu jangan gampang baper yah? Peringatan dini dari saya, shipper itu butuh hati selapang samudera Hindia dan harus sesabar monyet nunggu lebaran. Yang artinya, kamu gak akan pernah tahu apakah yang kamu lihat, rasakan dan simpulkan dengan panca inderamu itu benar-benar kenyataan atau hanya ilusi sampai suatu ketika Dispatch bergerak dan motoin mereka lagi nge-date di sungai Han, ketangkap basah lagi pacaran di London, atau kedapatan lagi parkir mobil di apartemen manajer.  Atau artis yang ship itu ngaku sendiri.
Saya lega, Netizen Korea menyambut baik interview Hyeri. Demikian juga saya. Hyeri menjawab pertanyaannya dengan sangat memuskan dan cerdas. Saya bisa melihat dia menguasai inti drama dan karakternya dengan sempurna. Anggota Girlband yang di mata saya banyak minusnya ini—salahkan konsep dance dan pakaian mereka yang banyak seronoknya—akhirnya bersinar berkat kerja kerasnya. Makasih ya Neng, udah ngenalin Deokseon yang lovable, lucu dan penyayang ke kita-kita... You’ve worked hard, young girl ^^
Kangen Deokseon.
Kangen teriakan dia ngelaporin temen-temennya soal alkohol dan bolos kelas malam.
Deokseon itu ngangenin. Saya ikut nangis dan ketawa ngeliat dia.
She is a good girl. Indeed.
Mas-nya kapan di-wawancara?
Baca di te-el, media yang nunggu dia untuk diwawancara ada sekitar seratusan gitu. Ckckck.... Warbiasah kamu, Dek. Your long-lost Nuna so proud of you (Long-lost Nuna is ME! Problem?) Wkwkwk.
Aheeeem.
Saatnya nulis yang serius.

Thanks to Nisa yang udah ngirimin skrinsyut-nya twit Mbak Blogger yang secara sadar saya tahu mengarah pada siapa. Saya segera ke TKP dan mencek twitnya. It’s Me. Hehehe. Gak bermaksud ge-er. Tapi sependek ingatan saya, saya pernah nulis komentar seperti itu di blog ini. Dan saya akui ketika menulis komentar tersebut, saya agak emosi akibat wawancara Ryu Jun Yeol terkait suami Deokseon—jujur saja, saya capek ngebahas husband hunt dan ending Reply 1988 T______T—setelah saya pikir-pikir lagi, saya seharusnya tidak membawa-bawa nama Ryu Jun Yeol—this is the last, ok—ke dalam postingan saya, apalagi sampai menulis komentar yang bisa menyeret komentar berkepanjangan yang ujung-ujungnya malah nyiptain perang. Duh.
Saya selalu berusaha menghindari konfrontasi yang tidak jelas juntrungannya. Bukan karena saya takut kalah atau semacamnya. Dalam kamus hidup saya, ada hal yang patut dan perlu diperdebatkan dan ada yang tidak perlu sama sekali karena hanya buang-buang energi dan waktu. Reply 1988 sudah selesai. Demi menghormati dan menghargai kerja keras Shin PD, Lee Woo Jung dan seluruh cast/crew drama ini, marilah kita kesampingkan kecintaan kita pada satu karakter/aktor di drama ini dan lepaskan Reply 1988 dengan penuh rasa terimakasih.
Mengutip kata salah satu fans Mas itu yang juga teman saya di forum kepenulisan, “when you’re not satisfied with the ending of  fiction, it’s easy to blame the writer than you write your own story”.
Bener banget. Saya lihat banyak orang begitu mudahnya menuduh Lee Woo Jung seenaknya. Kamu gak tau kerja keras dia ketika nulis naskah Reply Series. Dan yang paling memalukan adalah, kamu mengaku fans dan penonton setia Reply series tapi hanya karena karakter yang kamu suka tidak berakhir baik dengan lead female-nya kamu berbalik membenci penulisnya. Saya gagal paham. Stop blaming the writer. Can we?
Saya sudah meminta maaf kepada Mbak Blogger tersebut melalui akun twitter. Sampai saya menulis postingan ini, belum ada respon apa-apa. Mungkin dia belum ngecek notifikasi dari saya.
Permintaan maaf tersebut saya layangkan bukan atas dasar siapa yang salah siapa yang benar, saya hanya berlaku sebagai blogger yang baik yang tidak ingin menimbulkan kesalahpahaman satu sama lain. Posisi saya dan Mbak Blogger kurang-lebih sama. Apa yang saya tulis akan dipandang dengan cara yang sama oleh TeamJunghwan seperti apa yang dilakukan TeamTaek ke psotingan beliau.
 Saya punya etika dan prinsip yang saya pegang sebagai penulis sejak pertama kali benar-benar terjun sebagai penulis fiksi dan ngeblog. Benar, kita tidak akan sanggup menyenangkan semua orang tapi setidaknya kita bisa mawas diri saat menulis karena setiap kepala berbeda menerjemahkan apa yang kita tulis. Karena pada akhirnya, tulisan kita bukan lagi menjadi milik kita pribadi ketika sudah diposting di entri blog. Sekalipun itu blog pribadi. Terlebih jika sudah menjadi blog populer. Hati-hati dalam pemilihan redaksi kalimat. Itu yang saya pahami, jelas akan berbeda dengan blogger lain, bukan?
Kata seseorang yang saya kenal, apa yang kita tulis—sependek apa pun kalimatnya, suatu saat akan dimintai pertanggungjawabnnya di suatu hari yang sudah pasti datangnya. Tidak kurang, tidak lebih.
Saya sedang dalam perjalanan mereview kembali postingan saya berkaitan Reply 1988. Sekali lagi saya meminta maaf pada orang-orang yang merasa tersinggung dengan tulisan-tulisan saya. Saya tidak ingin mencari pembelaan dan saya tidak perlu dibela—karena kita lagi gak syuting pelem Remember-nya Dedek Seung Ho hihi. Pun dengan Mbak Blogger yang bersangkutan, saya harap demikian halnya.
Dear readers, Peace!
Omaigaaaat, sudah pukul 01.18.

P.s : Gak boleh bawa nama si Mas dan blog mana pun di kolom komentar yak! 

24 comments:

  1. Aku jam sgini lagi mantengin blognya majimak sarang pas banget oke jadi yg pertama komen ^___^ hmm aku pun sama hanya manusia biasa kadang terbawa oleh perasaan dalam berkomentar sebenernya reply 1988 udah tamat tapi shipwar nya masih berlanjut aku sebagai team teak pun ga akan membela diri hanya intropeksi diri mungkin semua nya team teak dan team junghwan pun kita sama sama calm down sama sama intropeksi diri damai lebih indah saya pun mohon maaf sebesar besarnya kalau dalam berkomentar ada yg tersakiti. Salam damai ^___^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huuugssssss!
      Iyah, Mbak. Taek sama Junghwan aja bisa akur. Let it goooo let it gooooooo.... :D

      Baper itu gak baik untuk kesehatan.

      Delete
    2. Hahaha iya taek sama junghwan nya aja akur malah hubungan mereka spesial bgt kayanya... aku mulai sekarang ngeship mereka aja deh ^___^

      Delete
  2. iya aku juga mau minta maaf,maaf lepas kendali sama *dilarang sebut merek sama kaka* terlepas dari aku timnya siapa sejujur-jujurnya aku sangat menggemari tulisan-tulisan yg bersangkutan yg namanya tidak boleh disebut disini,

    ngakak waktu baca tulisan kaka yg bunyinya ini "ketangkap basah lagi pacaran di london" wahaha

    si lee jong suk-park shin hye bukan ka? ngakunya sih temen tapi ya gitu. .

    aku juga ga terlalu nyipperin bogum-hyeri kok hyeri sama siapa aja boleh terserah dia sesuka-sukanya dia kalo-kalo ada komentar-komentar aku sebelumnya yg kesannya ngebias banget itu semata-mata cuma karna aku terbawa suasana drama yg baru tamat aja nanti-nanti juga sembuh sendiri seiring waktu berjalan haha

    dulu aku nyipperin banget si kim soo hyun-yook sung jae lho ka sampe-sampe saking pengennya aku mereka beneran real pacaran waktu joy-sung jae syuting wgm bareng aku anggepnya mereka itu cuma syuting belaka ga beneran eh tapi lama-kelamaan aku bosen sendiri juga terus berhenti nyipperin mereka dan sekarang-sekarang ini udah ga pa2 lagi ngeliat joy-sung jae di wgm udah cuek bebek aja

    malahan sekarang aku lagi iseng gitu lebih nyipperin soo hyun-bogum gegara ngeliat mereka nge-Mc bareng di kbs drama award eh kok keliatan serasi ya kata aku dalam hati soo hyun nya masih polos banget bogumnya lebih tua 5-6 tahun dari soo hyun

    terus ditambah lagi bogumnya waktu kbs drama award bilang kalo suatu hari nanti dia pengen banget kerjasama bareng soo hyun disebuah drama gitu semoga deh ya jadi kenyataan nanti biar bisa cepet move on dari taek-deok sun akunya XD

    lagian bogum kan masih muda baru 22 tahun dia masih punya perjalanan panjang buat menemukan "seseorang pasangan di drama yg akan memiliki chemistry menakjubkan dengan dia" lebih lebih lebih dari chemistry nya waktu sama hyeri ^^

    terlepas dari akunya salah atau mungkin benar,mohon maaf sedalam-dalamnya kalo ada pernyataan atau komentarku yg menyinggung hati seseorang,ke depannya aku akan lebih berusaha lagi untuk bisa mengontrol diriku dalam menulis sesuatu dan membuat pernyataan baik di dunia nyata maupun dunia maya,maklum ka akunya kan masih 21 tahun kemampuan pengendalian emosi dan diri masih perlu lebih ditingkatkan *ngebela diri pake alasen umur ceritanya*

    sekian,
    salam damai

    ship war ini aku akhiri hari ini di jam 7 ini kedepannya aku udah ga mau ambil pusing lagi soal 2 kubu yg berbeda blok (udah semodel perang dunia aja) karna tiap otak punya pemikiran dan sudut pandang dan pemahaman yg berbeda-beda sama halnya kaya otaknya albert eintein sama thomas alfa edison yg pastinya ada letak perbedaan juga di cara pikir mereka,

    catatan : setelah bogum main drama baru dengan partner baru aku bisa pastikan 100 % penyakit shipper angin-anginan ini akan hilang dengan sendirinya,

    salam damai :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. HUAHAHAHAHA komenmu, dek. Kalo kamu deket aku sekarang pengen ta uyel-uyel palanya. Ntah kenapa jadi lucuuuuu ^^
      Spontan tapi menggelitik.

      Semoga Bogum dalam waktu yang gak terlalu lama mau main drama lagi yang kalau bisa lebih bagus lagi dari Reply 1988 ^^

      Delete
    2. amin amin amin. .
      sbg fans yg cuma bisa download gratisan aku cuma bisa ngedoain dari jauh semoga drama bogum berikutnya dia kerjasaman sama produser yg udah berpengalaman dan penulis skenario yg menjanjikan karna tanpa penulis skenario yg menjanjikan track recordnya apalah artinya sebuah drama haha

      Delete
    3. Iya setujuuu berharap pemain reply 1988 pgb,rjy,gkp,rhy,hyeri dll bisa segera mendapatnya drama baru yg bagus dan berkualitas jd ga sia sia pupularitas mereka stelah reply berakhir

      Delete
  3. duh akhir2 ini selalu nungguin tulisan kk nihh..
    aku selain nengok blog kakak juga nengok blog sebelah biar pov yg aku dapetin dari banyak pihak hehehee
    mengenai nge-ship, aku enggak trlalu sih kak. Tp kalau pun hyeri n pgb deket jg bagus2 aja wkwkk
    semoga pgb cepet move on dr karakter taek biar drama2 barunya lebih melejit hihihiii
    rajin2 ngepost yaa kak, baca blog kk ngerasa kayak dapet perlindungan wkwkwkkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama aku jg, baca2 blog sebelah sama komen2nya, jd nonton ulang lg dr awal, ap bner kt team sebelah kalau hyeri dan pbg ga ada chemistry dr awl. dn ternyta ttp ada kok. mungkin krn ak tipe penonton yg nonton drama sesudah ada endingnya. hny pinochio yg ku tonton on going dn dg sabar nungguin setiap ep tiap pekan.

      Delete
    2. sama aku jg, baca2 blog sebelah sama komen2nya, jd nonton ulang lg dr awal, ap bner kt team sebelah kalau hyeri dan pbg ga ada chemistry dr awl. dn ternyta ttp ada kok. mungkin krn ak tipe penonton yg nonton drama sesudah ada endingnya. hny pinochio yg ku tonton on going dn dg sabar nungguin setiap ep tiap pekan.

      Delete
  4. iya tuh liat ka banyak yg ngefans sama tulisannya kaka termasuk aku wahaha. .

    mumpung liburan pagi,siang,sore malem nyempet-nyempetin pasti buka blog ini tiap hari ngecek ada tulisan terbaru atau komentar-komentar terbaru mumpung belum aktif kuliah ntar kalo udah aktif ga bisa sering-sering mampir lagi hehe

    setuju sama komentarnya sasi blognya kaka ini kaya semacam filter penyaring racun sekaligus obat penyembuh dari terkaman virus ganasnya dunia diluar blog kaka *you know what I mean*

    uhuk uhuk *mendadak batuk*

    ditunggu banget ka tulisan-tulisan selanjutnya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku....aku...aku... juga ngefans sama blog ini...
      slalu dan slalu muter ulang reply 1988 bersamaan dg bca blog ini, nungguin tulisan2 terbarunya...

      Delete
  5. kmrn wkt msh ngladenin tmnku yg team sebelah, dy kirim ke aku link blogger team sbelah, aku cuma senyum aja, udh mampir dluan dblog it sebelum nemu blog ini. skrg tak biarin lah dy mo gmana, ga mw ngladeni lg, mo sbrapa bnyk dy ksh bukti dg share link blog sbelah, sy pun tak mw menanggapi lg.

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha setuju. .
      daripada ngeladenin yg ga jelas sumbernya mending tenaganya disimpen buat ngeliat keunyuannya choi taek demi kesehatan mental dan emosi mari kita abaikan saja hal-hal sejenis itu lagian biar kata mereka ngirim petisi juga ga yakin kalo petisinya bakal diladenin sama tim produksi endingnya tetep aja = taek dan deok sun titik tanpa koma wkwkwk

      Delete
  6. Astaga, kayaknya masih pada blum move on sm R88 hihii di re-run teruss nihh dramanyaa wkwkwk *aku gt sih:p ngk ckup d tonton sekali*
    Dr masing2 pov semua tampak meyakinkan yaa, jangan lupa u/ disaring biar ngk tertumpuk, nanti malah keblablasan hehehee
    Salam kenal kak fahrun nisa dan kak rosidah latifah :D mumpung msh belum aktif kuliah jd masih sering mampir jg. Baca tulisan blog yg sehati sm aku dan komen2 gini rasanya legaaa >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga sasi :)

      sampai pada kesimpulan akhir = biarkanlah anjing mengonggong kafilah berlalu

      daripada buang-buang tenaga+emosi ngurusin omongan-omongan yg bikin kuping panas mending dicuekin aja terus disenyumin toh endingnya juga ga bakalan berubah lagi #TimTaekTetapPemenangnya

      Delete
    2. salam kenal juga sasi :)
      hehehe.... sama aku juga...

      Delete
  7. Ya sekarang lebih baik jangan sampe terprovokasi sama omongan orang lain baca tulisan mba majimak sarang yang ini menyadarkan saya untuk kembali seperti dulu yg dulu kita ngeship taek doeksun ga berharap mereka bakalan jd endgame sudah mempersiapkan diri untuk kecewa mungkin memang bner beberapa hari setelah reply tamat saya sedikit terprovokasi dengan omongan sana sini dan sekarang baru inget lagi baduk etiquette haha
    Baru sadar ternyata baduk etiquette ini bukan sekedar obrolan di drama yang asal asalan ternyata itu pesan untuk penonton agar setelah ending ga ada shipwar kaya sekarang gini okay memulai dari diri sendiri ^____^ #damaiituindah

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju sama anonim,
      hihi maunya sih emang damai tapi gimana ya yg mau diajak damai malah ga mau damai sama kita-kita yg pecinta damai ini,katanya mereka sih yg kalah wajar aja nyerang yg menang tapi kalo yg menang nyerang yg kalah itu apasih maunya semarah-marahya kami ga sampe ngejelek-jelekkin park bogum sbg aktor dari taek katanya mereka sih begitu pembelaan diri ceritanya hahaha *lalu kemudian saya yg baca cuma bisa guling-guling dikasur sambil ketawa ngakak*

      ga kebalik tu faktanya yg mulai siapa yg nuduh siapa mereka pada ga nyadar diri kalo mereka juga pernah jelek-jelekkin karakter taek lebih sadis dari kita menjelek-jelekkan karakter *disensor* ga akan ada api kalo ga ada asap saya sih secara sadar diri emang pernah jelek-jelekkin si itu *namanya disensor* tapi itu juga ga parah-parah amat kaya mereka jelek-jelekkin karakter taek yg masih tahap ringan-ringan aja tahap ngejelekkinnya siapa suruh yg bersangkutan ngeselin tuh kan saya kalo emang jelek-jelekkin orang saya ngaku dengan penuh kesadaran diri bukannya malah ga nyadar diri --

      mian kaka,lagi-lagi ademu ini lepas kendali T.T
      janji deh ka ini yg terakhir kalinya aku ngomel-ngomel soal itu *disensor*

      oke oke mari move on saatnya pembersihan dari virus-virus negatif dunia diluar blog kaka,aku udah kapok ah buka blog lain selain blog kaka apalagi yang uhuk-uhuk *mendadak batuk* tapi gimana efek suka mendadak kepo+khilaf sendiri yaudah deh sekarang aku beneran insyaf

      kalo mereka ga mau diajak damai biar kita-kita aja yg saling hidup dalam damai mereka ga usah dipeduliin kaya lagunya 2ne1 I dont care wahaha

      #salamdamai

      Delete
    2. dn jg hyeri profesional meranin deoksun dr awl sampe akhir. aktingny ngena skali, diakhirpun jg keliatan natural bahagiany, bkn krn terpaksa.

      Delete
    3. Hahaha nisa nisa bner banget apa yg kamu bilang ga ada asap kalo ga ada api kita kaum minoritas harus bner bner kuat kayanya serba salah memang selalu salah kayanya aku bner bner pengen shipwar ini bner bner stop tapi kayanya masih berlanjut yah... aku udah mencoba ngalah aja deh sekarang mah toh katanya yg menang jangan ngeyel padahal bukan maksud ngeyel hanya meluruskan tp ya terserah kalo pihak pihak lain mungkin berfikir seperti itu intinya kalo gamau di colek jangan colek duluan hmm... ada yg pake ig kah? Kalo ada boleh follow @isnahafityani nanti aku follow back aku lbh sering liat komen komen di ig soalnya... salam kenal semua ^___^

      Delete
    4. salam kenal juga isna ^^
      Ig ku isinya kebanyakan foto makanan gitu sih ga pa2? kalo ga pa2 nanti aku follow

      kalo nulis uneg-uneg soal drama gitu biasanya di path tapi inipun sekarang udah jarang gegara pathnya lelet gitu harus nunggu sejam dulu buat bisa nulis postinga T.T

      Delete
    5. Hai mba isna, udah aku follow yah

      @nonmelia

      Delete
  8. Ahaha aku paling seneng baca sesuatu yang bagus tentang taek, apalagi ini blog Indo jadi ga ribet bacanya, makasih eon udah menemani hari hari yang Susah banget buat move on Dari master Choi, ada Kali aku udah nonton sampe 4 Kali dari ep1-20.
    Kayaknya seru banget eon sampe bikin grup diline gitu, coba aja aku ga telat nonton reply nya bisa join sama yang lain.
    Oh iya eon, Kira Kira eonni bisa bikin ff ga? Aku geregetan eon gara gara ada yang bikin ff jhxdeoksun banyak melenceng Dari cerita reply, aku pen bikin tapi sulit nemu kata katanya, kalo bisa bikin ff tentang taek deoksun bagi bagi ya eon hehe. Aku tunggu ff taeksun hehehe

    ReplyDelete

Haiii, salam kenal ya. 😊