[Trivia] Baduk Etiquette

Halow epribadeeeeeh!
Azz is back! *dan dengan elegannya dadahin tangan dari Sabang sampe Merauke sambil senyum tiga centi ala model Aneka Yess!*
Azz, stop being sok imut pleeeeeeeeeaseee... ã…‹ã…‹ã…‹ã…‹ã…‹
/mikir sejenak/
Tadi saya mau nulis apa yah? Hadoooh. Gara-gara masang playlist ost drakor mellow dari jaman masih ingusan sih jadi gagal fokus gini, malah ikutan nyanyi sambil merem megangin dada, penghayatan ceritanya... lagunya sedih. Gak percaya? Coba aja dengerin ost-nya Smile Again dan Sad Love Story. Nangis se-galon dah lu ã… .ã… 
Aheeeem.
Jujur saja, hari ini saya gak ada niat mosting apapun di blog. Beberapa hari terakhir saya lagi sibuk dengan real life makanya jarang mampir di mari—Maapin yak, yang komennya tidak/belum saya balas. Sekira siang menjelang sore tadi akun Twitter saya di-inbox di si Neng geulis—Melia, dan gak lama kemudian si adek—Nisa, juga nge-LINE saya. Isinya lebih kurang sama; ada perang shipper di Blog sebelah—gak boleh nyebut nama merk yak. Berhubung saya orangnya gak suka penasaran, ya sudah saya pun menengok TKP. Eng ing eeeeeng. Beneran, postingan Mbak-nya udah ruaameee. Setelah membaca isi postingan dan komen-komen pembacanya, saya cuma bisa geleng-geleng kepala, narik napas panjang, sambil garukin kepala yang gak gatel. Etdah, gak di Soompi gak di mana-mana masih aja ngeributin Reply 1988. Kasian. Mau aja hidupnya disusahin hal-hal kayak gini.
I mean, hellooooooow! Dramanya udah kelar. Suaminya Sung Deokseon adalah Choi Taek. Clear. Terus situ masiiiiih aja gak move on? Haaaa, mungkin kamu sedang lelah ya? Sini saya pukpuk-in.
Satu yang membuat saya sangat kecewa. Saya kasih tahu ya, di real life saya sangat menghindari apa yang namanya ngegosipin orang di belakang. Kalau ada masalah dengan seseorang, biasanya saya usahakan agar bisa disampaikan langsung ke orang yang bersangkutan, tentu saja menggunakan cara yang baik dan sopan. Demikian pula ketika seorang blogger menyinggung soal postingan saya di blog ini yang dia rasa ‘mengganggunya’­—saya garis miring karena mengandung arti lain, jika kamu pahami dengan baik maksud saya—sebagai orang beradab dan memegang teguh prinsip hidup sosial saya, saya segera mengklarifikasi dan meminta maaf pada orang yang bersangkutan. Berikut salah satu skrinsyut-nya.
Setelah membaca balasannya, lega-lah saya. Saya pikir, oh udah ditanggapi dengan baik. Sama-sama introspeksi diri. Begitu kesimpulannya. Saya melakukan introspeksi diri, menulis postingan yang kurang lebih mengajak penonton Reply 1988 yang datang atau nyasar ke blog saya agar menekuri kembali ke dalam diri masing-masing, yang pada akhirnya membawa kita sejauh-jauhnya dari yang namanya Shipper War.
 That’s it  
Tetapi, membaca postingan Mbak-nya hari ini bikin saya speechless. Dan beliau masih menyinggung isi postingan saya, padahal jelas-jelas saya sudah meminta maaf. Mbak maunya apa? Kalau masih marah, kenapa gak bilang ke saya. Ini malah ngomongin saya di belakang, sakitnya tuh di siniiiii /tunjuk hatinya Taeki/ ã… .ã… 
Huuuaaaaa lagu yang lagi main di playlist sediiiiih banget, ost Winter Sonata ã… .ã… 
 Hayati sedih, Bang
Meskipun saya pengeeen banget ngomemin skrinsyut di atas, tapi saya berusaha keras menahan diri untuk tidak melakukannya. Jadi saya ingin bertanya ini, anggap saja sebagai tanggapan paling sopan yang saya bisa,
“How old are you, My Dear?”
.Oke.
Mari saya ceritakan kasus Shipper War ini berdasarkan POV saya yang mengunjungi Thread Reply 1988 semenjak dramanya pertama kali tayang. Mereka yang mengkalim diri sebagai shipper karakter Mas Pilot—saya mungkin dianggap jahat dengan mengatakan ini, melihat wajah dan nama dia bikin saya teringat tingkah beberapa—sebagian besar shipper-nya. Sebab itu saya menolak menulis namanya—mereka sudah merasa menang dan haqqul yaqiin kalau suaminya Deoksun adalah dia. Saya dan Soompiers yang menyukai karakter Taek, bisanya ya seloooow aja kayak di pantai. Gak berekspektasi tinggi—bahkan setelah episode 17, masih banyak yang takut akan adanya twist dari Lee Woo Jung. Pada saat itu, bila ada Teamtaek yang mencoba menulis teori dan pemikirannya mengenai perkembangan hubungan Taek dan Deokseon, Shipper si Mas Pilot terkesan defensif dan mengabaikan. Salah satu Soompiers akhirnya membuat Shipper Thread khusus untuk Suntaek—sejak saat inilah saya enggan ke Main Thread kecuali ada yang ingin saya cari/baca hingga detik ini.
Saya hendak mengklarifikasi beberapa pernyataan beliau yang seolah-olah menempatkan TeamTaek sebagai kumpulan bocah-bocah kurang kerjaan dan jahat sejagat raya. Pertama saya bukan bocah, tahun ini saya memasuki usia ke 27. Kedua, klaim yang mengatakan TeamTaek menguasai MT menurut saya agak berlebihan. Setahu saya teman-teman hanya ingin memposting seluruh yang berkaitan dengan Reply 1988—apa-apa yang tersembunyi dari drama keren ini yang belakangan baru disadari. Tidak ada sedikit pun niat teman-teman untuk menyinggung apalagi menjelek-jelekkan satu pihak tertentu. Saya rasa ini masalah utamanya, ketika kamu berada di posisi yang kalah—saya benci menggunakan satu kata ini, yang mengindikasikan seolah-olah Reply 1988 melulu bicara soal kompetisi siapa suaminya Deokseon—kamu, secara sadar dan tidak telah membangun satu cermin yang memantulkan setiap yang datang padamu dan membiaskannya menjadi kebencian semata. Dan yang sesungguhnya terjadi adalah, kebencian itu berakar dan berasal dari hatimu sendiri. Sebermula dari rasa tak terima dan amarah yang mengumpul menjadi satu lalu membakar logikamu hingga hangus mengabu. Di akhirnya kamulogikamu, mati sebagai orang yang benar-benar kalah melawan dirinya sendiri. Sayang sekali, kamu gagal mengendalikan diri hanya karena satu urusan fictional. Saya tidak ingin men-judge kamu lebih jauh.
Saya diajarkan hidup agar selalu mengembalikan segala sesuatunya pada diri sendiri. Semisal, bila saya ingin melakukan sesuatu pada orang lain—entah dinilai baik atau buruk—pertama-tama saya tanya ke hati saya, apakah saya akan terima kalau diperlakukan demikian? Percayalah, cara paling sederhana untuk menjalani hidup adalah dengan senantiasa berusaha mengenal dirimu sendiri. Mengenal kamu dan ke-aku-anmu itu.
Seingat saya, teman-teman TeamTaek di Soompi yang saya kenal rata-rata tak pernah lupa mengingatkan agar jangan melakukan sesuatu yang bisa memancing shipper war. Dua pihak ini gak seluruhnya benar dan salah juga. Jadi, tolonglah untuk berhenti merasa sebagai pihak yang paling terzholimi—Team Taek dan Team satunya. Mbak-nya bertanya-tanya kenapa Shipper War-nya bisa sampai sejauh ini. Menanggapinya, saya hanya bisa tertawa miris dan berdecak gak habis pikir. Mungkin upaya refleksi pertama dan utama yang mesti dilakukan adalah mengecek kembali isi postingan di blog dan kalau bisa berhenti menulis sesuatu yang sifatnya provokatif dan memancing emosi. Itu jawaban yang bisa saya berikan.
Ketiga, perihal beberapa akun Soompiers yang di-suspend pihak moderator. Btw, salah satu komentar saya di thread Reply 1988 pernah dilaporin Team tetangga ke moderator. Padahal isi postingan saya sama sekali gak menyinggung siapa-siapa. Situ sih kebangetan sensinya HAHAHAHA. Seumur-umur jadi penduduk Soompi yang sopan dan murah senyum, baru sekali itu saya dapet warning. Fiuh.
Hayati capek dengan semua ini.
Lanjut, sepengetahuan saya awal mula lapor-melapor ke moderator dimulai oleh mereka yang namanya tak boleh disebut—eng, seems familiar. Volde...?—mereka melaporkan satu Soompiers netral yang dikenal rajin memposting pendapatnya mengenai script. Saya tidak tahu mengapa mereka marah dengan postingan beliau yang notabene-nya sama sekali tidak mengusik shipper mana pun. Beliau semata-mata bicara dari sisi script bukan menggunakan mata Shipper. Sejak hari itu saya menyadari tingkat arogansi Team tetangga benar-benar menghkawatirkan. Saya gagal paham. Sungguh. Team Taek tidak pernah berniat melaporkan siapa pun meski beberapa shipper tetangga melakukan kekerasan verbal yang bagi saya... benar-benar keterlaluan. Sebagai orang yang alergi sumpah serapah, saya merasa terluka dan sedih. Bagaimana bisa kamu tega mencaci-maki seseorang yang yang sedang berusaha menyampaikan pendapatnya dengan sopan? Kecuali kamu marah karena pendapatnya tidak menguntungkanmu, such a hypocrite.
Hingga beberapa pekan setelah dramanya tamat...
Soompi ditutup selama 72 jam.
Ada apa?
Shipper War. Again? What a pity... *tepok jidat DongRyong*
Saya ingin mencoba mengklarifikasi ini. Setahu saya, team tetangga di chatroom merencanakan upaya untuk membuat Soompi/thread down/closed. Mengorbankan orang lain demi menebus kemarahanmu, sungguh kekanak-kanakkan. Jika kalian berada di posisi sebagai orang yang bertanggung jawab atas Soompi, apakah kalian bisa menerima ini dengan tenang? Saya rasa tidak. Terkait ada TeamTaek yang jadi spy di chatroom mereka, HAHAHAHA. Komen profesional saya, begini. Ketimbang menyebutnya spy, dia hanya orang iseng yang pengen tau apa yang sedang dipikirkan team tetangganya. Ada plus-minus nya juga sih. Saya gak akan ngebela siapa pun. Sebenernya salah sendiri juga, kenapa gak bikin chatroom yang sifatnya private? Yaelaaaah ciiiin, mana bisa sih dikontrol orang yang punya rasa penasaran tingkat Pluto? Emm, btw saya kenal pelakunya—it’s a secret. Yang jelas bukan sayaaaah. HAHAHAHA.
Tahukah apa yang paling membikin saya sedih? Sayang sekali, respek saya pada Mbak Blogger, secara profesional dan personal seketika drop. Jika kalian mengenal saya di dunia nyata, ketika hal seperti ini terjadi, akan sulit bagi saya untuk bisa membangun kembali apa yang sudah rusak tersebut. Semoga, hari ketika merefleksikan diri itu benar-benar datang pada Anda dan kita semua.
Oya, mau tahu pertahanan paling mengenaskan yang saya tahu?
Playing victims.
If you do this, you are the real loser I’ve ever seen.   
 Kepada kita semua izinkan saya sekadar mengingatkan, bahwasanya menghasut dan menghina adalah pekerjaan paling jahat dan tidak bertanggung-jawab, sadar atau tidak. So, please... think twice before you talk/write. I beg you.
Ini lagu yang bikin saya sediiiiiiiiiiiih hari ini, klik untuk mendengarkan Hal soo Uhb Neun Il-Yoo Seong Min

P.s : Sebelum nulis komen, tolong pahami mengapa saya memilih judul postingan saya di atas. Sankyuuuuu ^^

34 comments:

  1. Ehh akhirnya keluar jg, ya lumayan td bolak balik 3 kali kesini hehe

    Reply88 udah 2 minggu berakhir tp bukannya makin adem jadi makin panas ya ka, ya walaupun aku jg masih susah move on setidaknya ending udah ga bisa dirubah ya mau gimana lagi. Awalnya aku DM via twitter cuma mau nanya ke kaka yg sebenarnya terjadi di soompy apa sampe segitunya yah, soalnya aku jarang kesana. Ya mungkin dr pandangan mba yg satunya kaya gitu dannnnn ternyata baca postingan ini aku baru ngerti apa yg sebenarnya terjadi.thanks ka

    Dan masalah ada team taek yg nyasar ke blog sebelah komen ini itu aku jg ada yg setuju ada yg ga setuju. Yg dia katakan benar dulu team taek sangat dipojokan oleh beberapa org tim sebelah dan sangat dipandang sebelah mata, tp aku ga ambil pusing sma org macem begitu. Aku malah berteman dgn beberapa tim sebelah tp pemikiran mereka ga dangkal kaya yg lainnya dan aku enjoy ^^

    Dan team taek yg aku kenal selama ini selalu dan selalu mengedepankan Baduk Etiket.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaaaaah, lupa ngasih tau jangan ditungguin soalnya aku posting kadang tengah malem. T______T

      Aku ketawa loh baca komen orang yang ngaku teamtaek di blog tetangga, saran saya ya mending ga usahlah komen di sana. Ga guna sama sekali. Malah nambah panas dan jelekin nama teamtaek.

      Hmmmmmmm, aku c-a-p-e-k ati liat tingkah sebagian orang ini. Plis lah, sudahi. T______T

      Delete
    2. sebenarnya nungguin jam 12 sih ka, abis paket download baru aktif jam segitu, lagi meluncur cari drama yg bagus biar bikin aku move on dan ga bolak balik nyari di hastag #reply1988 terus.

      sudahi dan jangan ada dusta diantara kita dan mereka, tapi kayanya susah apalagi uri Taekkie blm di wawancara huhu tp aku sih optimis jawabannya paling ga beda jauh sama hyeri.

      Delete
    3. sama mb aku jg bolak balik ksini dr kmrn2...

      Delete
  2. yang jelas juga bukan aku wahaha
    apa kita disini perlu main tebak-tebakan spy hunter juga ?? XD

    apa ya aku ngeblank sendiri mau komentar apaan,aku pribadi males ngomongin soal itu lagi aku udah ngomong panjang lebar di chat sama ka azzhura secara pribadi jadi aku pikir udah cukup sampai disana aja tak perlu dipublikasikan ke publik cukup kita saja yang tau ka *ini aku ngomong apaan coba maruk sendiri*

    catatan : tadi tidur dari jam 9-12 terus kebangun jam 1 malem tiba-tiba ingat kalo kk mau posting tulisan terbaru dan aku langsung meluncur ke tkp~

    sekian terimakasih
    *tarik selimut sleeping again*

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepakat sama nisa, aku jg komen ttg movie thailandnya aja

      Delete
  3. Yaampun nunggu postingan kk tiap malem, akhirnyaa bru bisa baca skrg wkwkkwk agak kaget kk posting gni hihihii
    Skrg aku udh jrang ke blog ttangga krn beda hati udh kebangetan, jd aku mnghindaarr biar ngk kepancing. Hft pdhal dlu suka sm povnyaa meskipun tntang kakak pilot, tp skrg bkin sakit hati huhuhuu
    Btw kak... pgb udh balik dr yof bkn yaa!? Aku nunggu interviewnyaa... Klo udh ada interviewnyaa, bahas dkit yaa kak, banyak jg gpp hihihiii semoga yg d blg pgb ngk ngcewain hatiiii <3
    Makasi kakk

    ReplyDelete
  4. mbakkkkkkkkkkkk............ akhirnya setelah bolak balik nengok blog ini muncul jg, udh bca blog sbelah dr kmrn2, dn malen utk komen dsana lw terkait reply 1988, akhirnya komen ttg movie thailand yg jg dh ku tonton dn seru.
    pokoknya sepakat dn setuju semua dg tulisan mb majimaksarang di atas.

    ReplyDelete
  5. dan satu lg, sama sy jg bkn bocah. udh kepala 2. 24 thn euy. hehehe

    ReplyDelete
  6. Hallo mbakk akhirnya aku ketemu blog yang satu kapal sama aku hihi. Kenapa gak dari kemarin2 aja nemu blog ini -_- hedehh.. Aku suka tulisan mbak lucu dan buat ngakak hahaha nyesel baru ketemu sekarang sama blog mbak.. Diantara komenters mbak kita pernah ketemu di blog sebelah.. Hahaha haloo nisa kita ketemu disini.. Dan aku senang ketemu blog ini karena kemarin2 aku hanya pendam saja karena aku tau blog sebelah adalah tim mas pilot jadi apalah daya palingan hanya bisa baca dan sebel sendiri aja hahaha meskipun aku pernah kena semprot di bilang gagal paham sama tim itu nya yg akhirnya aku harus drop out karena mereka terlihat mengerikan dan aku kapok jadi aku gak mau ke blog itu dari pada sakit hati bin sebel mending kabur sampai akhirnya aku buka google dan cari blog team taek dan nemu blog ini haha dan juga aku kabur dri blog itu karna aku takut komentar lagi padahal aku berusaha netral bilang tim duksun lah dan bilang sedih junghwan gk suaminya meskipun aku berat ke taek karena seperti yg dibilang teman2 disini kita disuguhin fakta mengenai mas pilot yg menjdi suaminya yg akhirnya kita ragu2 sendiri jadinya tentang suaminya meskipun berharap taek huhu .. Tpi yasyudah lah toh r88 udh tamat juga kan. aku beneran senang banget malam2 ketemu blog ini aku sampai baca 1 persatu tulisan mbak yg lucu bin ngakak haha meskipun reply88 udh tmat dan aku telat baca postingannya karena aku baru nemu ini blog hiks hiks.. Salam kenal mbak di tunggu tulisan2nya mbak.. Karena aku suka tulisan mbak dan cara pandang mbak mengenai drama hahahha.. dan juga sering2 update ttg PBG ya mbak.. soalnya aku suka banget sejak dia jadi psikopat di hello monster itu.. hihi jadi cerita panjang lebar nih

    ReplyDelete
  7. Aigooo ternyata shipwar masih berlanjut yah... #gelenggelengkepala hmmm aku pun tahun ini berumur 25 tahun pengen nya sih masih dianggap abg haha oke balik lagi bner kata mba majimak sarang kalo masih ada masalah atau hal yg kurang enak di hati mending langsung omongin aja toh mba dan kita semua yg aktif di blog ini sudah memohon maaf sebesar besarnya kalo memang dulu ada beberapa komentar atau kata kata yg mungkin membuat pihak lain Sakit hati kalau memang masih ada yg ganjel boleh di share kita sama sama pecinta reply 1988 jangan sampe shipwar ini terus terusan berlanjut ga ada ujungnya.
    Suka banget sama kutipan kutipan mba nya di tunggu tulisan selanjutnya ^___^

    ReplyDelete
  8. lagi males ah ngomongin shipwar udah basi rasanya bikin cape hati wahaha

    sekarang lagi sibuk-sibuknya ngepoin interviewnya bogum yg soal kissing scene itu katanya sih waktu interview bogum ngakunya dia gugup+malu juga waktu kissing scene tapi karna dia adalah laki-laki yg bertugas memimpin kendali saat adegan itu di shoot makanya dia berusaha untuk tetap terlihat kalem dan tenang setelah kissing scene itu juga berasa agak awkward juga katanya tapi demi hyeri dia lagi-lagi berusaha untuk terlihat biasa-biasa saja dalam kata lain sok cool gitu padahal dalam hati berasa canggung juga habis adegan itu wahaha *kurang lebih isi interviewnya begitu*

    ReplyDelete
  9. permisi aku balik lagi ceritanya mau curcol dikit,ya cuma blog ini yg bisa aku jadikan sbg tempat curhat ga mungkinkan kalo harus komentar di blog sebelah ntar dikira kita-kita tim taek ga bahagia sama endingnya kampretos bangetlah mereka itu --

    oke ini adalah quote yg aku buat sendiri buat membalut hati yg luka karna komentar pedas blog sebelah mohon maaf kali ini aku nulisnya harus pakai capSloks supaya lebih meresap dalam sanubari:

    LANGIT TAK BUTUH PENGAKUAN KALAU DIA TINGGI BEGITUPULA KITA-KITA INI KITA GA BUTUH PENGAKUAN KALAU TAEKLAH PEMENANGNYA DARI TIM SEBELAH CUKUP KITA TAU FAKTA KALAU MEMANG TAEK LAH PEMENANGNYA DAN MEMANG BEGITU FAKTANYA ITU SUDAH LEBIH DARI CUKUP BAGI KITA BIARIN MAH KALO TIM SEBELAH BILANG KARAKTER TAEK TERLALU LEMAHLAH TERUS PLOTNYA TIBA-TIBA ANEHLAH TERUS MEREKA GA BISA NGERASAIN DEVELOPMENT CHEMISTRYNYA DEOK SUN-TAEKLAH BILANG KARAKTER MAS PILOT TERLALU KUATLAH BUAT JADI SECOND LEAD BIARIN!!!! KALO BAGI SAYA SENDIRI KARAKTER MAS PILOT ITU KARAKTER PALING MAINSTREAM SEJAGAT DRAMA KOREA IBARAT MAKANAN DIPASAR KARAKTER MAS PILOT ITU MIRIP CABE-CABEAN YANG BANYAK DIJUAL DIPASAR-PASAR DENGAN HARGA MURAH SEMENTARA KARAKTER TAEK ADALAH KARAKTER ANTI MAINSTREAM IBARATNYA KALO MAS PILOT ITU CABE KUALITAS RENDAH SI TAEK INI ADALAH CABE BERKUALITAS SUPER TINGGI YG DIJUAL DENGAN HARGA YG MAHAL JUGA,TERUS KALO BAGI AKU SENDIRI JUSTRU AKU GA BISA NGERASAIN TU CHEMISTRYNYA JUNG HWAN-DEOK SUN IBARATNYA MAKANAN CHEMISTRY MEREKA ITU BAGAIKAN SAYUR TANPA GARAM BAGAIKAN TEH TANPA GULA GA ADA RASANYA SAMA SEKALI HAMPA HAMBAR DAN KOSONG WAHAHA. .PLOTNYA TIBA-TIBA ANEH KATA MEREKA?! MBAK-MBAK MAS-MAS SELAMAT ANDA-ANDA GAGAL TOTAL MEMAHAMI JALAN CERITA DRAMA SEINDAH INI MUNGKIN KARNA KALIAN NONTONNYA PAKE KACAMATA BIAS HAHA. .SAYA UDAH BERPENGALAMAN NONTON DRAMA SELAMA BERPULUH-PULUH TAHUN MAKANYA KALI INI SAYA BISA MENDETEKSI MANA YANG BENAR MANA YG SALAH. .KARAKTER MAS PILOT TERLALU KUAT? JUSTRU KALO KATA SAYA KARAKTER MAS PILOT HABIS EPISODE 6 UDAH GA ADA PERKEMBANGAN SAMA SEKALI STUCK DITEMPAT IBARATNYA KERETA KERETANYA GA JALAN-JALAN TOLONG YA KACAMATA BIASNYA DILEPAS DULU BIAR MATANYA JERNIH WAKTU NONTON,KARAKTER TAEK TERLALU LEMAH? HELLOW ORANG YANG DIAM-DIAM MEMBANTU AYAH TEMAN KESAYANGANNYA SEWAKTU DIRUMAH SAKIT DENGAN KONEKSI YANG DIA MILIKI SBG PEMAIN BADUK TERKENAL DUNIA ITU YANG KALIAN SEBUT LEMAH?! AMPUN DEH TAEK PUNYA KONEKSI DIMANA-MANA ORANG YANG PUNYA KONEKSI DIMANA-MANA KALIAN SEBUT LEMAH KEBANGETAN DEH ITU NAMANYA SELAMAT BERARTI KACAMATA BIAS KALIAN UDAH GA BISA DILEPAS LAGI HARUS DIPAKAI SEPANJANG HIDUP *TEPUK TANGAN*

    [SUARA HATI TIM TAEK OLEH NISA JAM 7 PAGI HARI KAMIS DISEBABKAN OLEH EFEK DARI EMOSI YANG SELAMA INI DITAHAM-TAHAN GA BISA DITAHAN LAGI HARUS DIKELUARIN THE END]

    oke sekarang kita bahas topik lain soal interview park bo gum waktu tahun 2014 oleh 10asia interview berikut isi wawancaranya:

    Pertanyaan : Tiga (3) hal yang ingin kamu lakukan sebelum kamu mati?

    Jawaban : Aku ingin bepergian dan jalan-jalan dengan keluargaku menghabiskan banyak momen bersama dengan mereka,dan aku harus mengucapkan terimakasih untuk semua orang yang menyukaiku dan memberikanku banyak cinta dan dukungan,DAN JIKA ADA BANYAK ORANG YANG MEMBENCIKU AKU INGIN MENGATAKAN MAAF UNTUK ITU AKU TAK BISA MENJADI SEBAIK APA YANG KALIAN (PARA HATERS) MAU.

    CATATAN : BAGIAN KALIMAT YANG SANGAT PENTING HARUS SAYA CAPLOKS BIAR KERASA SENTUHAN KALIMATNYA

    coba deh coba liat jarang-jarang ada aktor yg mau ngucapin maaf buat para hater-hatersnya tapi bogum beda (TOLONG YA KEPADA *DISENSOR* JANGAN NGANGGEP KAMI JATUH CINTA SAMA PARK BOGUM KARNA WAJAH TAMPANNYA!!!! KALO BAGI SAYA SENDIRI SAYA JATUH CINTA SAMA PARK BOGUM KARNA KEPRIBADIANNYA YANG MELELEHKAN HATI DIMANA LAGI COBA BISA NEMU COWO MODEL BEGINI YANG ORIENTASINYA KE KELUARGA YANG PUNYA SENYUMAN SEPOLOS ANAK ANAK KECIL YANG PUNYA HATI SEPUTIH AIR MURNI ITU ALASAN SAYA SUKA DIA SAMPAI MEMUTUSKAN UNTUK JADI FANSNYA ITU TU SI LEE SOO HYUK GANTENG BANGET JUGA TAPI SAYA BIASA AJA NGELIAT DIA ATAU CONTOH LAINNYA PARK SEO JOON JUGA GANTENG)

    sekian~

    ReplyDelete
  10. hahahha aku setuju 1000% wkwkwk.. tpi jangan lupa ya mbak nisa Vote Park Bo gum di SIA 2016 *promote deh jadinya..mending kita bahas interviewnya park bo gum tpi aku belum liat.. mbak nisa liat dimana interviewnya park bo gum?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener bgt nisaa aku br selesey baca in interview nya bogum luar biasa aktor semuda itu jawaban nya dewasa banget penasaran deh pengen liat ema bapa nya ni bocah bisa ganteng bgt gitu anaknya berbakat pula hahaha semoga memang di kehidupan nyata nya dia emang seperti itu walaupun emang ga ada yg sempurna sih...
      Paling suka jawaban bogum tentang dia ga mikirin husband hunt sama skali dia acting ga minta yg muluk muluk supaya jd suami doeksun yg penting akting dia maksimal dan deeeeeng akhirnya dia yg dapetin hatinya doeksun luaaaaar biasaaaaaa

      Delete
    2. oke salam kenal ayu dan anonim,
      anggep aja aku asisten setianya admin blog ini wahaha *terus ditimpuk ka azzhura pake guling*

      hari senin nanti ka azzhura katanya mau nulis tulisan baru lagi terus kalo ada free time kepoin blog ini terus ya untuk tulisan-tulisan selanjutnya~~

      buat ayu interviewnya bisa dibaca di soompi shipper paradise taek-deok sun halam 367 atau bisa search di google bisa juga

      Delete
  11. hello, maaf baru komen padahal selalu baca postingan disini.

    kenalin nama aku nita. bener bener seneng deh pas nemu blog ini saat reply 1988 baru ep 17-an. jujur sebagai team taek, aku awalnya ngerasa hopeless takutnya gak ada orang indonesia yang juga ngeship taek deoksun abis blog sebelah banyak nyiperin deoksun ama mas pilot.

    jujur, aku ini penggemar kpop dan aku punya girl crush ama hyeri. dari awal nonton reply karena pengen liat akting hyeri selain itu penasaran setelah nonton drama reply sebelumnya yang seru. karena pas reply 1994 aku yang jadi team chilbong patah hati berat gara2 najung jadinya ama trash, so di reply 1988 aku gak mau ikutan husband hunting lagi abis kalau gagal capek hati. eh tapi pas nonton episode 1, walau cuma nongol bentaran aku jatuh hati sama taek. gak tau selera cowok yang aneh atau apa, pas udah nonton ep 1 aku ngedukung taek buat jadi husband walaupun kalau diliat2 aku pesimis dia bakal jadi suami deoksun abisnya karakternya taek gak kaya suami2 pemeran utama reply sebelumnya. dengan kelapangan dada, aku dukung taek dan nerima kalaupun dia gak jadi suami deoksun. hingga akhirnya, sedikit demi sedikit muncul lah clue clue yang nunjukkin kalau taek bakalan jadi suami doeksun. awalnya gak mau terlalu dianggap serius, takutnya analisis salah dan boom!!! hingga episode 17, saat mimpi taek cium deoksun mulailah makin percaya diri kalau taek yang didukung adalag suami deoksun dimasa depan. yah, walau kaya team taek di soompi kita sama2 low expectation takutnya emang itu cuma mimpi doang. sampai ep 19, akhirnya setelah ciuman kedua mulai yakin seyakin yakinnya kalau taek emang suaminya. huh asli 2 episode itu bener2, seneng bgt dan nonton ampe diulang ulang. ah, kebahagian tiada tara setelah gagal di reply 1994, dan akhirnya berakhir manis di reply 1988.

    tapi diantara manisnya jadi taem taek, jujur aku ngerasa kalau shipwarnya bikin sedih. sedih saat taem sebelah mulai mojok2in karakter taek, bahkan benci karakter deoksun bahkan hyerinya sendiri. awalnya, jadi pembaca setia spoiler diblog sebelah tapi mulai aku gak nyaman dan pindah jalur baca spoiler di MT soompi. dan setelah baca postingan ini aku mulai kunjungin blog sebelah dan beberapa postingan. sesalah itukah team taek ampe kemenangan kita aja gak diakui mereka?? aku benci saat mereka bilang, jalan ceritanya diubah dll.. btw, asal tau aja dari awal yang dberitain jadi pemain reply 1988 itu HR, PBG, GKP sama RHH dan dari awal katanya reply 1988 drama keluarga, dan viewer gak usah pusing sama husband hunting. nah dari berita dan pernyataan si PD, kita juga udah bisa tau kalau pemeran utamanya pasti 4 orang itu. dan kebukti emang mereka dong, sok.. dari awal udah ada pernyataan itu kenapa masih ribut ampe kaya gini.

    btw, banyak yang pengen aku bilang. cuma udahlah, cukup simpan dihati. mungkin yang analisis terakhir itu terlalu merendahkan mas pilot, but.. itu cuma analisis bego aku yang akhirnya emang kenyataan haha

    gomawo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Nita aku jg sama karena waktu nonton Reply 1988 aku bisa dibilang telat yah karena udah 14 episode tayang aku baru nonton episode 1,banyak spoiler yg aku dapet dan semuanya pada bahas junghwan terutama di grup FB aku Asma Fruity. Tp pas aku nonton baru ep 6 ko aku jatuh hati sama scene taek yg meluk deoksun di pintu, aku waktu itu masih netral sampe di ep 9 rasa suka ku terhadap DS TK makin bertambah dan aku memutuskan untuk masuk ke team taek. Aku jg bingung ini yg aneh aku sendiri atau gimana sih ko yg lain pada team junghwan aku team taek sendiri. Ah bodo amat aku sukanya ini ya ini ga mau terpengaruh sama yg lain. Bahkan jauh jauh hari sebelum ending aku udah siapin lapangan yg lebar di dada karena ga mau terlalu kecewa lg kaya ending School 2015. Dan bersama Taektanik aku memberanikan diri untuk tenggelam bersama-sama setelah menabrak karang.

      Delete
  12. Youth Over Flowers African edition
    https://www.youtube.com/watch?v=3ryBIxzS3tA

    ReplyDelete
  13. OMG !!
    TEMAN-TEMAN TAU GA SIH KALAU PARK BO GUM ITU TIMNYA MAS PILOT JUGA KATA TIM SEBELAH BEGITU HABIS LIAT INTERVIEWNYA BOGUM *OKE TARIK NAPAS DULU SEPANJANG-PANJANGNYA TERUS GULING-GULING DI KASUR UDAH FRUSTASI TINGKAT AKUT*

    JADI TEMAN-TEMAN MENURUT TIM SEBELAH KITA INI LHO YANG BUTA BUKANNYA MEREKA KARNA JELAS-JELAS PARK BOGUM ITU TIM MAS PILOT *ya udah deh ya yg logikanya masih jernih ngalah aja seperti halnya kita diawal yang menolak mati-matian percaya taeklah suaminya deok sun, Park bo gum pun SANGAT SANGAT RENDAH HATI dengan mengatakan si mas pilot lebih PANTES jadi suaminya deok sun tapi si tim sebelah salah memahami konteks sebenarnya dari jawaban interviewnya bogum karna mata otak mereka sudah tertutup oleh mata hati jadi begitu intinya temen-temen dimaklumin aja mereka lagi berusaha mati-matian menghibur diri wahaha*

    SOAL MEREKA THE END DISINI UDAH CAPE HATI SAYA NANGGEPINNYA SEKALIAN AJA TU PRODUSER MEREKA ANGGAP TIM MAS PILOT JUGA APA-APAAN COBA SEMUA HAL DISALAHPAHAMI OLEH MEREKA SAMPAI JAWABAN INTERVIEW PARK BOGUM PUN DISALAHPAHAMI YAUDAH DEH YANG DEWASA NGALAH AJA WKWKWK

    mari bahas topik lain kemarin bahagia setengah mati baca interviewnya park bo gum soal cinta pertamanya ternyata bogum pernah pacaran dari smp-sma sama seorang cewe dan cewe itu adalah cinta pertamanya terus dia bilang dia kalo pacaran sama cewe pasti dalam jangka waktu yang cukup lama bukan hanya dalam hitungan bulan atau tahun *TIPE SETIA GITU TEMAN-TEMAN KAYA CHOI TAEK*

    di wawancara dia juga bilang kalau dia belum pernah berpacaran dengan seorang wanita yang lebih tua darinya akan tetapi usia bukan masalah baginya *BACA YA HATERS YANG NGATA-NGATAIN DIA SUKA NOONA-NOONA*

    terus di wawancaranya itu dia juga ngejelasin soal rumorny sama jang nara dan rumor dia penganut aliran sesat itu pokoknya baca interviewnya bikin saya bahagia banget sama jawaban-jawabannya yang luar biasa bagus ga salah dia jadi Mc dia pandai banget ngomong+memadupadankan kata-kata yg ada sehingga enak didenger orang-orang~~

    bagi yang mau baca interviewnya bisa baca di soompi thread shipper paradise deok sun-taek atau cari aja di google ada kok bagi yg males baca pake teks b.inggris bisa tunggu sampai hari senin ka azhura pemilik blog ini katanya mau nulis sesuatu hari senin soal interviewnya bogum kalo ada waktu luang jadi terus kepoin aja blog ini ya kaya aku yg tiap hari nongol di blog ini ^^

    oh iya teasernya YOF in afrika udah keluar lho dan teasernya bikin ngakak apalagi si bogum tu udah kaya orang mau syuting drama baru aja di teasernya haha

    sekian

    ReplyDelete
  14. aku juga aneh liatnya mentang2 PBG memuji karakter junghwan trus dia bisa di bilang tim junghwan.. kadang aku aneh lah maksa banget kalau semua di muka bumi ini tim junghwan *geleng2 pala kadang mau bilang "ya udahlah klo mandang dari sudut pandang junghwan terserah tpi yg tim taek boleh dong dukung taek gak usah maksa seluruh bumi adalah tim junghwan. meskipun seluruh bumi atau dunia team junghwan gue tetap team taek" tpi apalah daya aku udh disemprot sama pembacanya lgian juga udh malas blognya.. haha


    ya terima kasih nisa aku udh baca interviewnya sampai bela2in buat akun soompi hwahhaha Aku haus akan berita Park Bo gum :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. biarkanlah mereka sibuk dengan dunia khayalan mereka sendiri maklum ayu mereka lagi mencari pembenaran dan pembelaan diri bertentangan dengan fakta yang sebenarnya~

      Delete
    2. hhaha iya nisa setuju aku.. aku sampai ngomong "What??" apa-apain ini??
      aku cuma bisa geleng2 pala aja deuhh.. kadang mikir buat apa mereka cari bukti seperti itu kita yg te taek aja tau kalau team satunya lbih bnyak tpi gak ush sampai memaksakan seluruh bumi menyukainya itu aja kadang yg bikin aku kesel iihhh!! gemes jadinya

      Delete
  15. mau nanya dong, kalau gabung grup line taek deoksun gimana ya caranya? atau adakah grup nya di line?

    ReplyDelete
  16. Aku sih udah abis kata-katanya buat tim sebelah garis keras atau kata lainnya ngeyel, satu titik aja selalu dikaitkan padahal titik itu ga bisa nyatu atau ga pas. Masalah interview nya bogum mungkin beliau cuma baca satu sumber atau satu wawancara sedangkan bogumkan wawancaranya buanyak. Jadi cuma baca sekilas doang, sayang bgt yah kalau salah pengertian. Aduh bahkan tim sebelah aja yg baca dengan mata terbuka mengakui kalau jawaban bogum sangat dewasa dan cerdas dan mengerti apa maksud bogum.

    ReplyDelete
  17. Oh iya aku tadi sore chat sama ka azzhura katanya tengah malam ini mau posting sesuatu, tungguin aja ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. malam ini ya? kata ka azzhura nya hari senin,
      oke oke ini lagi ditungguin~

      diketawain aja deh mereka udah kehabisan pikir akunya --

      Delete
  18. Iya tapi ga tau jg sih, kalau belum selesai yah mungkin bisa aja hari senin

    Senyumin aja yg ngeyel-ngeyel terus kita bobo cantik deh haha

    ReplyDelete
  19. Kenapa gw telat di perbincangn menarik ini?????? *telanpilnyataek*

    ReplyDelete
  20. Nama saya Lena, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih kepada doktor yang hebat saya yang benar-benar membuat hidup saya yang menyeronokkan satu hari ini. Ini lelaki yang hebat DR IREDIA membawa suami saya kembali kepada saya, saya mempunyai tiga kanak-kanak yang indah untuk suami saya. Kira-kira empat tahun yang lalu, saya dan suami saya telah menjadi satu pergaduhan yang lain sehingga dia akhirnya meninggalkan saya untuk seorang wanita. Saya rasa hidup saya telah tamat dan anak-anak saya fikir mereka tidak akan melihat bapa mereka lagi. saya cuba untuk menjadi kuat hanya untuk anak-anak tetapi saya tidak boleh mengawal rasa sakit yang menyeksa hati saya, hati saya dipenuhi dengan kesedihan dan kesakitan kerana saya benar-benar cinta dengan suami saya. Setiap hari dan malam i menganggap beliau dan sentiasa ingin dia akan datang kembali kepada saya, sehingga satu hari i bertemu rakan baik saya yang juga dalam keadaan seperti saya tetapi masalah beliau adalah bekas teman lelaki yang dia mempunyai kehamilan yang tidak diingini untuk dan teman lelakinya enggan bertanggungjawab dan dibuang itu. dia memberitahu saya bahawa saya adalah kes kecil dan bahawa saya tidak perlu bimbang tentang hal itu sama sekali, jadi saya bertanya apa penyelesaian kepada masalah saya dan dia memberikan saya alamat e-mel orang yang hebat ini. i telah meragui jika orang ini adalah penyelesaian, jadi saya dihubungi lelaki yang hebat ini dan dia memberitahu saya apa yang perlu dilakukan dan i perbuatan mereka semua, beliau memberitahu saya menunggu selama dua hari dan bahawa suami saya akan datang merangkak di kneels untuk mohon ampun saya jadi saya dengan setia itu apa yang manusia besar ini meminta saya untuk melakukan dan yang pasti selepas dua hari saya mendengar ketukan di pintu, dalam terkejut besar saya i nampak dia di kneels dan i terkedu, apabila dia melihat saya, semua dia menangis dan meminta saya untuk pengampunan, dari hari itu, semua kesakitan dan kesedihan di dalam hati saya terbang, sejak itu saya dan suami saya dan anak-anak yang indah kami gembira dan kita hidup sebagai satu keluarga. Sebab itu, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada DR IREDIA pertolongannya. Ini lelaki besar yang dibuat saya untuk memahami bahawa tidak ada masalah di bumi yang tidak mempunyai penyelesaian jadi jika anda tahu bahawa anda mempunyai masalah yang sama atau mana-mana masalah yang sama, saya akan menasihati anda untuk datang terus ke lelaki yang hebat ini. Hubungi dia dengan e-mel ini (drirediaherbalhome@gmail.com) dia ada untuk membantu anda.

    ReplyDelete
  21. Untung kena syndrom reply88 jauh sekali setelah dramanya tamat, jadi ga sempet ngikut shipping war yg melelahkan hati. Saya setuju sama mbak azz, berdebat sama yg mata hatinya ketutup benci itu syusah T.T
    Btw aku terharu baca postingan mbak azz paling baru soal uri bogum, dunia shipper emang kejam, harus punya hati seluas samudera kalo mau nyemplung dunia pershipperan.. wkwk..
    Salam kenal ya mbak, bolehkah nge-follow twitter mbak? Aku kesemsem sama cara mbak menyampaikan pendapat :*

    ReplyDelete
  22. Salam kenal Dik #love.
    Saya baru kelar nonton R88 ini pekan lalu ,dan sejak awal saya adalah team taek. Kenapa? Karena saya sukaaa dan he was there only for Daeksun. Mungkin karena faktor U ya, jadi saya lebih paham mana laki2 yg sebates bakal jadi crush dan mana yg akan end up dengan pernikahan. Saat memutuskan menikah, usia saya sudah cukup matang,sehingga faktor utama saya adalah rasa nyaman, rasa saling membutuhkan dan dibutuhkan,rasa ingin merawat si lelaki, menjadi tempat ternyamannya dalam menghadapi dunia yg keras,rasa yang tumbuh secara perlahan tapi pasti. Bukan lagi pertimbangan fisik atau materi yg terpenting,bukan lagi sesuatu yang menggebu2, yg bikin deg2an sesaat,yang bikin ngehayal mau ngedate kemana. Kalo itu mah namanya crush, kecengan doang yang biasanya datang sejenak mampir lalu jadi bias atau bahkan hilang rasa nyamannya.
    Daan taek is the man! Taek is the husband tanpa harus liat clues nya di future husband daeksun.
    Keep writing ya Dik, yours are nice to read,ngga terlalu emosional tapi bikin kepala manggut2 setuju. Ngga mendjuge pihak sono tapi sangat jelas rasionalisasi nya. I love this blog .

    ReplyDelete
  23. Salam kenal Dik #love.
    Saya baru kelar nonton R88 ini pekan lalu ,dan sejak awal saya adalah team taek. Kenapa? Karena saya sukaaa dan he was there only for Daeksun. Mungkin karena faktor U ya, jadi saya lebih paham mana laki2 yg sebates bakal jadi crush dan mana yg akan end up dengan pernikahan. Saat memutuskan menikah, usia saya sudah cukup matang,sehingga faktor utama saya adalah rasa nyaman, rasa saling membutuhkan dan dibutuhkan,rasa ingin merawat si lelaki, menjadi tempat ternyamannya dalam menghadapi dunia yg keras,rasa yang tumbuh secara perlahan tapi pasti. Bukan lagi pertimbangan fisik atau materi yg terpenting,bukan lagi sesuatu yang menggebu2, yg bikin deg2an sesaat,yang bikin ngehayal mau ngedate kemana. Kalo itu mah namanya crush, kecengan doang yang biasanya datang sejenak mampir lalu jadi bias atau bahkan hilang rasa nyamannya.
    Daan taek is the man! Taek is the husband tanpa harus liat clues nya di future husband daeksun.
    Keep writing ya Dik, yours are nice to read,ngga terlalu emosional tapi bikin kepala manggut2 setuju. Ngga mendjuge pihak sono tapi sangat jelas rasionalisasi nya. I love this blog .

    ReplyDelete

Haiii, salam kenal ya. 😊