Rekomendasi Drama Cina Tentang Sekolah, Persahabatan, dan Cinta

 Haiiiiiiii, apa kabar?

Tumben banget nih beruntun mosting di blog hehe. Sebenernya udah lama pengen nulis tentang drama remaja Cina, tapi karena mager-an lebih kuat, nggak jadi-jadi deh tulisannya. Dan sekarang kita jadiin tulisannya!

Ngomongin drama Cina, semakin ke sini semakin banyak ya yang tertarik nonton, apalagi setelah demam Hidden Love melanda, makin rame lah. Nah, mumpung lagi rame, saya mau ngasih rekomendasi drama Cina jalur anak remaja yang nggak kalah seru dengan drakor. Perlu dicatat, rekomendasi yang saya berikan ini berdasarkan drama-drama remaha Cina yang pernah saya nonton ya, jadi sifatnya subyektif sesuai selera nonton saya.

Yuk kita cek!
Lovely Us (2020)

Lovely Us bercerita tentang persahabatan lima anak SMA yang tinggal di kompleks perumahan yang sama, disutradarai oleh Mao De Shu atau biasa dikenal dengan nama Cattree (When I Fly Towards You, Let's Meet Now), dan naskahnya ditulis oleh Liu Yang (See You Tomorrow).
Drama yang ditayangkan di iQIYI dibintangi Marcus Li, Tian Xi Wei, Li Ming Yuan, Li Ying Ying, dan You Hao Ran.

Kalau kamu adalah penggemar Reply Series atau genre slice of life, kamu mungkin tertarik menonton Lovely Us. Ceritanya yang ringan, seru dan lucu, mudah sekali membuat penonton jatuh hati. Selain kental dengan unsur persahabatan dan keluarga, Lovely Us juga menyelipkan bumbu-bumbu romansa khas anak muda. Chemistry para pemainnya bagus banget. Directing-nya kece. Ini adalah karya pertama Cattree yang membuat saya jatuh cinta. Saya nggak tau kalo I Cannot Hug You juga di-direct beliau. Nggak nyangka, soalnya dramanya um nggak berhasil menarik minta nonton saya wkwk.

Karena Lovely Us mengambil cerita sehari-hari, kita sebagai penonton bisa merasa terhubung secara emosional dengan adegan-adegan di drama ini. Dijamin deh, kisah Tan Song dkk akan membuatmu tertawa dan menangis secara bergantian. 

Kalo kamu nyari drama remaja yang ringan, nggak bikin nambah berat beban hidup, bolehlah dicoba Lovely Us, ketemu sama Tan Song yang usil, Huang Cheng Zi yang lucu, Zhu Jin Xiao, si paling dewasa pembawaannya, He Jin Zhao yang doyan ngelawak, dan Chen Zui, si pendiam yang bisa mengayomi.
Meeting You (2020)
Mempertemukan Guo Jun Chen dan Wan Peng, Meeting You menceritakan tentang Nan Xi (Guo Jun Chen) yang pindah ke sekolahnya Xia Rui (Wan Peng). Nan Xi adalah anak lelaki yang jenius namun pemalu. Sejak kepindahannya di kelas Xia Rui Nan Xi selalu memakai topi bahkan di dalam kelas. Ia kesulitan bergaul. Kepribadian dan pembawaan Xia Rui yang berbanding terbalik dengan Nan Xi sempat menyulitkan anak laki-laki ini. Usut punya usut ternyata mereka berdua pernah bertemu sewaktu kecil. Drama remaja Cina kalo nggak ada riwayat temenan waktu kecil kayaknya bakal meriang wkwk.

Storywise, Meeting You sebenernya biasa aja, ketebak. Directing dan dubbing nggak enak. Lalu apa yang membuat saya menyukai drama ini?

Adalah tokoh Xia Rui yang membuat saya betah mengikuti Meeting You. Saat itu saya kesulitan menemukan sub drama 28 episode ini karena drama ini tayang di Mango, platform ini terkenal banget dengan sub-nya yang bikin istigfar saking kacaunya, berbeda dengan platform lain seperti iQIYI atau Wetv yang sudah cukup bisa diandalkan penyediaan sub untuk drama-dramanya Untung saja ada fans yang mau berbaik hati bikin sub-nya dan di upload di Dailymotion.

Saya suka banget sama karakternya Xia Rui yang penuh semangat, friendly, positif sekali anaknya. Bertemu Xia Rui di Meeting You bikin saya mikir pasti banyak anak-anak perempuan relate dengan tokoh ini, dengan kekhawatiran-kekhawatirannya saat menjadi dewasa nanti, bagaimana dia menghadapi dirinya sendiri dalam proses tersebut. Saya respek sekali dengan Xia Rui. Dia bukan anak pintar (well, ini hal yang biasa saya temukan di Youth Cdramas), dan karena inilah dia cukup kesulitan menentukan masa depannya. Untuk mencapai cita-citanya, dia bener-bener berusaha keras. Gagal tapi nggak mau nyerah. Suka banget part ini. Tau nggak apa yang bikin dia tetap bisa kuat? Kehadiran teman-temannya di dekatnya lah yang membuatnya semangat.

Selain Xia Rui, saya juga menyukai Nan Xi, si anak jenius baik hati tapi pemalu. Setelah bertemu Xia Rui, Nan Xi perlahan mulai berubah, pemalunya masih ada tapi dia sudah berani untuk keluar dari zona nyamannya. Nan Xi sabar banget ngadepin Xia Rui yang cerewet. Di mana-mana cewek cerewet ketemu cowo pendiam emang cocok ya. Seimbang wkwk.

Xia Rui dan Nan Xi tumbuh dan berproses bersama hingga mereka bisa menjadi versi terbaik diri mereka. Dari Xia Rui dan Nan Xi saya belajar bahwa nggak apa-apa kok kalo kita nggak sempurna. Dan kita baiknya jika kita bertemu seseorang yang sama-sama tidak sempurna, tetapi mau untuk saling mendampingi dalam bertumbuh dan berproses.

Dari segi cerita, Meeting You memang biasa saja, tapi cukup kuat dalam penokohannya. Pesan moral yang ingin disampaikan kepada anak-anak remaja yang sedang menuju dewasa juga bagus. Trus lumayan lucu juga. Banyak adegan yang bikin ngakak.

Oiya, ada satu adegan di ep 14 yang membekas sekali di ingatan saya. Saat Guru Hu Yue memberikan wejangan kepada anak muridnya.
"Teacher knows many students did not do well in the second model test, disappointed in myself, I'm afraid that teachers and parents will be disappointed with you. But the teacher wants to tell you, the teacher is not disappointed with any of you. Unless you give up yourself. Don't be afraid to take detours, don't be afraid to fall, don't be afraid to failure. Remember today's climb. Remember all the feelings today. Some years later, you look back and think about who you are today. You will not regret every step you have taken, you will be glad that you never gave up. Every one of you is the pride of the teacher."

Adegan ini powerful banget, mungkin karena saya dan Guru Hu Yue sama-sama sebagai tenaga pengajar yang tiap hari, setiap bertemu dengan murid-murid di kelas, selalu berusaha menguatkan mereka terlepas dari apa pun yang sedang mereka hadapi di hari itu, di hari-hari mereka. Apa yang saya ucapkan kepada murid-murid saya kurang lebih sama dengan apa yang diucapkan Guru Guru Hu Yue.

Saya menyukai semangat yang dimiliki Meeting You. Kalo kamu sedang mencari drama remaja yang ringan, minim konflik dan lucu, silakan coba drama ini.

Nan Xi my best boiiii. 😍

Forever Love (2020)

Xia Lin Xi (Xiang Han Zhi) merupakan siswa berprestasi di kelasnya. Ia pun didapuk sebagai ketua kelas. Nah, di kelasnya Lin Xi ada satu anak laki yang males banget masuk kelas, bolos mulu. Namanya  Jiang Zheng Han. Oleh guru, Lin Xi ditugaskan untuk membawa (menyeret) Jiang Zheng Han ke sekolah. Di sinilah pertama kali Lin Xi berinterkasi dengan Zheng Han.

Lin Xi yang awalnya skeptis dan suuzon sama Zheng Han terpaksa harus mengubah sudut pandangnya begitu ia mulai mengenal dekat anak laki-laki ini. Ternyata Jiang Zheng Han nggak kalah pinter dari Lin Xi, lebih pinter malah wkwk.

Saya suka sekal drama ini, saking sukanya sampe saya buatin review. Yuk, yang mau baca silakan mampir ke sini Review Forever Love

Our Secret (2021)
Udah lama pengen nulis review Our Secret di blog tapi nggak jadi-jadi. Di masa penayangannya di Mango yang kemudian dibeli hak siarnya oleh iQIYI, Our Secret sangat populer. Drama ini mendapuk Chen Zheyuan dan Xu Meng Jie sebagai pemeran utama.

Our Secret menceritakan tentang Ding Xian yang baru pindah ke tempat baru. Sebagai anak daerah, ia cukup kesulitan menyesuaikan diri. Di sekolah sebelumnya, ia cukup berprestasi, namun setelah masuk di SMA tempat ayahnya mengajar, Ding Xian tertampar kenyataan, ternyata ia tidak ada apa-apanya, ia masih kalah jauh.

Ding Xian bertetangga dengan seorang anak laki-laki yang ternyata sekelas dengannya. Namanya Zhou Si Yue. Si Yue nih pinter banget. Jadilah Ding Xian insekyur. Dia nih pengen jaga harga dirinya, takut diinjek-injek karena ia datang dari daerah. Kesalahan Ding Xian adalah ia terlalu cepat menilai Zhou Siyue. Anaknya baik banget, asli. Baik bangetttt. Nemu karakter anak cowo yang baik banget, ga sok cool, lembut, suka menolong di drama remaja Cina tuh sesuatu banget. Karena udah biasa dikasih anak sekolahan cowo yang tsundere, giliran dikasih yang modelan Zhou Siyue, tentu saja penonton baper luar biasa. Nggak biasaaaaa. Langka. 😭😘


"This boy is the secret of years. A Secret that everyone knows. He was crushed by fate, but he still walked forward with his dreams. Today, he is also a man with great righteousness, years of tenderness, and a man who can shine everywhere." -Ding Xian from novel

Salah satu daya tarik Our Secret adalah Zhou Siyue ini. Zhou Siyue kuat banget menghadapi setiap ujian hidupnya. Meskipun kehidupannya jauh dari impian; orang tuanya yang kerap bertengkar, ayahnya yang kemudian jatuh sakit setelah tertimpa masalah besar hingga membuatanya kehilangan pekerjaan, tetapi Siyue tumbuh menjadi anak baik, si pekerja keras yang sangat menyayangi orang tuanya. Selama menonton Our Secret, saya turut bersimpati pada Siyue. Sayang banget sama Siyue. 😭

Yuan Yuan berhasil banget meranin Siyue. Ini kali pertama saya kenalan sama aktingnya Siyue, emang sebagus itu.

Drama berjumlah 24 episode ini diadaptasi dari novel berjudul Secret in The Lattice. 
"The love of youth is like the wind, invisible, but felt; It's like the name engraved on the table, I'm afraid you will see it, and afraid you won't see it" -Excerpt from "Little Monster Diary

Terdapat banyak perbedaan antara novel dan drama. Saya udah baca novelnya, dibanding drama, novelnya jauh lebih gelap dan suram. Jujur, saya lebih menyukai Siyue versi drama. Drama yang diadatasi dari novel hasilnya cuma dua, hit atau miss, Our Secret termasuk berhasil menurut saya.

Our Secret tidak hanya bicara soal kehidupan anak remaja beserta masalah-masalah yang dihadapi, namun juga tentang keluarga, persahabatan, juga mimpi-mimpi.

Saya suka sekali dengan adegan penutup drama ini. Ding Xian dan Siyue berjalan menyusuri koridor sekolahanya dulu, saat berjalan mengikuti langkah Siyue, Ding Xian menoleh ke belakang, dilihatnya versi muda dirinya sedang tersenyum ke arahnya. Saya terharuuu. Ternyata sejak awal drama ini mengambil sudut pandangnya Ding Xian. Diang Xian berhasil menjadi versi terbaik dirinya. 

Adegan yang saya maksud.

Excellent. 

Bagus banget Our Secret. Sangat direkomendasikan. Chemistrynya Meng Jie dan Yuan Yuan kece parahhhh. Oiya saking populernya, drama ini sampe dibuatin episode special loh.

 Flourish in Time (2021)

Jiang Hao Yue dan Lu Miao tumbuh besar bersama layaknya adik-kakak. Jiang Hao Yue yang diperankan Zhang Ling He memiliki kekurangan pada kakinya (disabilitas), anak laki-laki ini memiliki latar belakang kehidupan yang kurang beruntung. Ia sangat menyayangi Lu Miao, begitupun sebaliknya Lu Miao padanya. Namun seiring berjalannya waktu, Miao Miao menyadari apa yang dirasakannya kepada Hao Yue tidak lagi murni sebagai hubungan adik-kakak.

Eits, tenang, drama ini sangat aman ditonton anak-anak SMA, konten ceritanya jauh dari hal-hal negative. Spirit yang dibawa Flourish in Time sangat cocok dinonton adek-adek SMA yang sedang menghabiskan tahun-tahunnya di bangku putih abu-abu. Kamu bisa menemukan kehangatan dan keseruan kehidupan anak remaja di drama ini.

Ada persahabatan dan keluarga, juga mimpi-mimpi. Inspiratif. Saya suka tone warna Flourish in Time. Oiya, Deng Enxi adalah aktris kelahiran 2005, jadi sewaktu syuting FIT, dia masih dibawa umur, pantes aja nggak ada adegan aneh-aneh di drama ini.

The Best of You in My Mind (2020)

"I will only deserve the best of you when I become the best of myself."

Dibintangi Song Yiren dan Gala Zhang, The Best of You in My Mind merupakan drama yang diadatasi dari novel Zhu Yi berjudul Cream-Flavored Unrequited Love.

Xu Fang dan Lin Xi Chi berteman sejak kecil (chilhood trope, well). Mereka temenan sampe kuliah di kampus yang sama. Xu Fang adalah atlet panahan. Hubungannya Xu Fang-Xi Chi seperti Tom dan Jerry, saling sayang tapi suka banget berantem wkwk. Xu Fang sayang banget sama Xi Chi.

Dramanya kocak dan sedih. Inspiratif juga.

Oya, yang membuat saya respek sama dramanya adalah bagaimana drama ini memberikan highlight pada trauma masa kanak-kanak yang diakibatkan oleh orang tua. Saya menangis bagian ini karena cukup relate dengan apa yang saya alami.

Saya suka sekali dengan hubungannya Xu Fang dan Xi Chi. Mau banget disayangi seperti Xi Chi HAHAHA.

Summer Again


Tong Xi yang merupakan penari balet terpaksa pindah sekolah ke kampung halamannya mengikuti ibunya yang dipindah tugas. Tong Xi berpura-pura tampil sebagai anak yang tangguh dan populer. Semula usahanya terlihat berhasil. Namun cerita berubah saat Lin Nan Yi, anak laki-laki yang pernah menjadi teman masa kecilnya mengetahui topengnya itu.
Pada akhirnya hubungannya Tong Xi-Nan Yi yang sebelumnya buruk karena kesalahpahaman mulai membaik. Seiring berjalannya waktu, Nan Yi menjadi teman yang selalu ada di saat Tong Xi berada pada situasi buruk. Tong Xi selalu didorong ibunya untuk menjadi seorang penari balet profesional tanpa memedulikan perasaannya.

Bersama Lin Nan Yi, Tong Xi bangkit dan menjadi versi terbaik dirinya. Ia tidak menyadari bahwa ada rahasia besar yang disembunyikan Nan Yi dari Tong Xi.

Summer Again tayang di iQIYI dengan jumlah 24 episode. Sama seperti Flourish in Time, drama ini cukup aman ditonton anak-anak remaja. Saya menyukai bagaimana Nan Yi dan Tong Xi saling menjaga dengan membangun komunikasi yang baik. Perkembangan karakternya juga bagus.

When I Fly Towards You

Drama Youku yang baru aja tamat ini punya rating yang tinggi banget di MyDramalist yakni 9,1/10! Tinggi banget loh ini untuk di genre-nya, youth drama. Tampaknya kisahnya Rang Rang dan teman-temannya berhasil menghipnotis banyak orang ya?

Saya nggak akan nulis panjang lebar karena saya sudah menulis review suka-suka tentang When I Fly Towards You di postingan lain. Silakan mampir ke sini bagi yang mau baca. Review When I Fly Towards You

Time and Him Are Just Right


Nyeritain Lin Xi dan Ji Jun Xing, yang awalnya musuhan (Jun Xing salah paham sama Lin Xi) berakhir jadi temen akrab dan temen hidup. Lin Xi yang ceria, penuh semangat, ketemu Ji Jun Xing yang rada-rada tsundere, kebayang nggak chaos-nya?

Lin Xi tinggal di rumahnya Ji Jun Xing karena satu alasan. Dia juga bersekolah di sekolahnya Jun Xing. Cerita kehidupan mereka terus berlanjut hingga memasuki dunia perkuliahan. Dan seperti kebanyakan youth drama-nya Cina, Time and Him Are Just Right berakhir dengan happy ending. Hehe.

Couple ini menggemaskan sekaliii, asli. Aslinya Wu Jun Ting yang memerankan Ji Jun Xing lebih muda usianya dari Lu Yu Xiao (Lin Xi).

Dramanya manis, couple-nya manis. Kalau kamu suka yang manis-manis dengan cerita yang ringan, bolehlah coba nonton Time and Him are Just Right. 

Shining for One Thing

Salah satu youth drama Cina terbaik yang pernah saya nonton. Berbeda dengan drama remaja lainnya, Shining for One Thing cukup berat ceritanya. Tentang Lin Bei Xing yang melakukan time travel ke masa lalu untuk mengubah masa depannya yang tidak beruntung.

Dalam perjalanan waktu yang dilakukannya, Bei Xing menyadari ia telah melewatkan satu hal berharga, seseorang yang mencintainya tanpa syarat, Zhang Wansen.

Bukan hanya Lin Bei Xing yang patah hati, saya juga sebagai penonton, hatinya patah berkali-kali gara-gara makhluk bernama Zhang Wan Sen. Drama ini membuat saya tertawa dan menangis.

Shining for One Thing sedang dalam proses pembuatan film. Saya berdoa kenceng semoga nasibnya Zhang Wansen bisa ketahuan, semoga dia bahagia. Wansen berhak bahagia. 😭

Saya pernah menulis review Shining for One Thing di postingan lainnya, silakan mampir yang mau baca. Review Shining for One Thing

=oOo=

Nah, itulah rekomendasi drama remaja Cina yang boleh banget dinonton. Drama-drama yang membuat kita mengenang kembali masa-masa remaja, yang bikin kita pengen balik ke sana, atau bikin kita cemburu karena jaman remaja kita nggak semanis tokoh-tokoh di drama ini wkwk.

Di lain waktu saya akan menulis part 2-nya, masih banyak drama remaja Cina lainnya yang bagus. Drama yang saya tulis di bagian ini adalah drama yang dirilis tiga tahun terakhir. Di bawah tahun 2020 ada beberapa drama yang pernah saya nonton dan bagus, cuman dari segi cerita muatannya cukup berat. Konfliknya nggak sederhana. Nantilah, Insya Allah saya buatin rekomendasinya.

Abis ini mau ngasih rekomendasi apa lagi ya? 

Tabik,
Azz. 💚

5 comments:

  1. Hai kak!
    Aku ga sengaja ketemu blog ini seminggu yg lalu pas lagi cari review SOOD, yg akhirnya aku kepoin blognya. Hampir yg Kak Azz review di blog cocok sama selera aku. Makasih rekomendasinya ya kak, akan aku tonton yg ada di list ini!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haiii, salam kenal ya. 😊

      Ini Azz, heran aku ga bisa komen pake akunku sendiri padahal udah log in juga. Aku mau bilang makasih banget ya udah mampir, aku seneng banget ternyata masih ada yang baca Majimaksarang di saat makin ngetrennya medsos kayak Tiktok dll.

      Semoga rekomendasi dariku cocok, selamat menonton~ 😍😉🤗

      Delete
  2. Baru aja nemu blog ini dan ternyata selera cdramanya banyak yang sama 😭😭 senang bangett. Sebelum kesini aku baca review SfOT, terus ngubek² postingan lainnya.

    Ngerasa klop pas tau ada yg suka The Best of You in My Mind. Jarang banget ada yang bahas ini.
    Kak, udah nonton Go Ahead blm itu bagus jugaa 🥺🤍 Ini blog kedua yang pembahasannya lengkap dah aku suka wkwk sehat-sehat kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haiiiii, salam kenal ya!
      Huhuhu emang ya jarang ada yang suka The Best of You in My Mind, padahal isi dramanya bagus. Dan banyak gemesss nya juga. Suka banget kemistri main lead-nya. Dulu tu aku sampe ga bisa mupon saking sukanya.

      Aku udah nonton Go Ahead dan sukaa, salah satu cdrama keluarga terbaik menurutku. Paket kumplit. Waktu nonton dulu, pertama kali nyoba langsung suka sama Jianjian dengan semua kelakuan absurdnya wkwk

      Makasih ya udah mampir di 'rumahku'.

      Delete

Haiii, salam kenal ya. 😊