Let’s Talk : tvN10 Award Best Moments

*bgm : MBLAQ-Hello My Ex*
Friendly Reminder
no fanwar di comment section yaaaa—
tvN Award 2016
Telat banget yah saya baru bikin postingan ini sekarang, sementara tvN Award sudah selesai dihelat. Gak pa-pa dong kalau saya ingin mengenang momen-momen yang terjadi pada malam itu? Iya, gak pa-pa. Ngajuin pertanyaan trus dijawab sendiri .
Setelah melihat list nominasi dan pemenang kategori drama di tvN Award, saya kaget ternyata hampir semuanya pernah saya tonton. Drama tvN yang sudah saya tonton sudah segitu banyaknya, belum ditambah tiga stasiun tivi lainnya ckckck. Pada tahu sendiri kaaan kualitas drama-drama di tvN seperti apa. Sebut saja Misaeng, Dear My Friends, Signal, Reply Series, Oh My Ghost! Dan masih banyak lagi drama keren milik tvN yang tidak sempat masuk nominasi saking bejibunnya selama 10 tahun ini. Begitu pula dengan variety show, acara yang digawangi Na PD banyak sekali yang masuk nominasi antara lain Over Flower Series, New Journey to The West, Three Meals A Day.
Perhelatan tvN Award pertama kali setelah 10 tahun sangat memuaskan. Pemenang-pemenangnya memang berhak menang, konsep acaranya tidak membosankan—menghibur. Tapi tetap saja masih ada yang protes kenapa ini gak menang kenapa itu gak menang, kenapa Reply 1988 bla bla bla... huft.  Human... Saya tidak bisa meminta lebih dari apa yang sudah ditampilkan tvN Award. Gak mudah loooh menyaring drama-drama tvN selama 10 tahun dan memasukkannya ke dalam kategori-kategori, saya gak berani protes karena saya sadar tvN memproduksi banyak drama berkualitas selama ini.
Pada postingan ini saya hanya akan membahas pemenang-pemenang untuk kategori drama yang pernah saya tonton, itu pun gak semua. Langsung saja kita bahas.
Reply 1997 Moment
Made in tvN (Drama Namja)
Nominee: Ryu Jun Yeol (Reply1988)
Park Bogum (Reply 1988)
Seo In Guk (Reply 1997)
Seo Kang Jun (Cheese in Trap)
Im Siwan (Misaeng)
Jeong Woo (Reply 1994)
Winner : Seo In Guk
Hayo, ada yang mau protes gak atas kemenangannya In Guk? Kalau saya sih enggak yah. Udah fair kok. Gak bisa dipungkiri fakta bahwa Reply 1997 adalah salah satu drama terbaik tvN yang telah membuat orang-orang melek. Dan bicara tentang Reply 1997 tak akan bisa terlepas dari duet apik lead-nya yakni Seo In Guk dan Jeong Eun Ji. Seneng deh sebelum In Guk naik menerima award, Eunji mengambil inisiatif pertama kali mengangkat gelasnya sebagai ungkapan bahagia atas kemenangan In Guk lalu diikuti teman-teman semejanya termasuk In Guk yang tampak malu-malu.
Sebelum Reply 1997, Seo In Guk lebih banyak dikenal sebagai pemenang Superstar K Season 1. Tetapi setelah membintangi drama yang disutradarai Shin Won Ho tersebut, Seo In Guk mulai mendapatkan sorotan publik. Belakangan kemampuan aktingnya semakin menunjukkan kelasnya. Saya cukup terkejut ketika membaca di comment section sebuah website—si empunya komen baru tahu Seo In Guk punya suara bagus. Yep, K-netz sendiri pada ngomong lama-lama Seo In Guk itu bukan lagi penyanyi yang jago akting, tapi aktor yang jago nyanyi ㅋㅋㅋㅋㅋ
So, antara tvN dan Seo In Guk terjadi simbiosis mutualisme—saling menguntungkan.
Betapa pun sayangnya saya pada Park Bogum, saya akan kecewa bila Made in tvN diberikan kepada dia. Benar, Reply 1988 memiliki rating yang lebih tinggi, benar bahwa popularitas Park Bogum melesat cepat setelah memerankan Choi Taek di Reply 1988—tapi tvN tetap tidak boleh melupakan masa lalu.  
Saya merasa menjadi fans paling beruntung karena dua aktor kesayangan saya pernah bermain drama bersama di I Remember You. Judulnya cocok banget. Sampai kapan pun saya akan selalu mengingat Seo In Guk dan Park Bogum sebagai hyeong-dongsaeng di drama besutan KBS ini .
Btw, saya masih sering nge-rerun Reply 1997 loooooh.
Best Kiss
Nominee : Kim Ji suk-Ye Ji Won (Oh Hae Young Again)
Jeong Woo-Go Ara (Reply 1994)
Jo Jung Suk-Park Bo Yeong (Oh My Ghost)
Jo In Sung-Go Hyeon Jeong (Dear My Friends)
Park Bogum-Lee Hyeri (Reply 1988)
Eric Mun-Seo Hyeon Jin (Oh Hae Young Again)
Seo In Guk-Jeong Eunji (Reply 1997)
Winner : Seo In Guk-Jeong Eunji (Reply 1997)
As expected, Seo In Guk dan Jung Eunji membawa pulang award sebagai Best Kiss. Saya senyam-senyum ganjen, kebelet pengin CIEE CIEE-IN ngeliat In Guk malu-malu gitu setelah namanya dan Eunji disebut. Shipper couple ini pasti sueneeeng banget. Saya aja yang cuman nyiperin mereka di drama luar biasa seneng banget apalagi yang selama empat tahun-an sudah jadi shipper mereka... udah tumpengan kali ya.
My Dear Suntaek, sedih gak Suntaek gak menang Best Kiss? Mau jawaban yang jujur dari saya? Saya enggak sedih loh. Biasa aja ㅋㅋㅋㅋ. Ummm, gini, udah pada tau lah ya drama-drama tvN jarang ada yang biasa aja kiss scene-nya.  Kebanyakan sih serem (baca; ekstrim)—gak cocok untuk anak di bawah umur kayak saya hihihi /ditabok Lia/.
Best Kiss ini pake sistem vote ya? Boleh dibilang koleksi Kiss Scene Yoon Jae-Shiwon lebih dari tiga dan ada yang lebih h*t dari yang yang masuk nominasi, tapi kayaknya yang paling bagus emang yang di episode dua itu. Apik. Monolog Yoon Jae sebelum dan sesudah ia mencium Shiwon.... Trus reaksi gila-nya Shiwon masih melekat di ingatan sampe sekarang.
Terus terang saya gak sreg dengan kiss scene di mana lead male memaksakan keinginan secara kasar untuk mencium lead female—kemudian si cewek yang tadinya galak dan menolak langsung luluh. Kalau disuruh milih, saya lebih menyukai kiss scene yang dieksekusi dengan cuantiiiik entah itu sinematografi-nya, pemilihan filter hingga suasana hati dua pelaku-nya—spider kiss ehm Suntaek ehm, contohnya. MBIHIHIHI.
GEEEZZZZZZZZ, yang katanya konservatif tapi ngebahas kiss scene-nya ini banget....
Momen kebersamaan gank Busan berlanjut ke sesi lain. Sebelumnya, saya langsung jejingkrakan bahagia begitu mendapatkan kabar In Guk dan Eunji akan menyanyikan lagu duet kebangsaan mereka di tvN Award—All For You. Bisa menyaksikan reuni mereka di tvn Drama Award setelah empat tahun berlalu, sesuatu banget bagi saya. Pertemuan gank Busan di tvN Award melunasi sedikit kerinduan saya. Sayang sekali, kurang lengkap formasinya karena Hak Chan (Eun Ji Won) duduk menemani Ahn Jae Hyun di meja New Journey to The West. Kasian juga Jae Hyun-nya kesepian gak ada dua hyung lainnya.
Reply 1988
Reply 1988 dianugerahi Content Grand Excellence Award untuk kategori drama. Sementara itu Sung Dong Il Appa mendapatkan Special Acting Award untuk perannya di Reply Series.
Scene Stealer (Yeoja)
Nominee : Ye Ji Won-Oh Hae Young Again
Kim Mi Kyeong-Oh Hae Young Again
Kim Seon Yeong-Reply 1988
Ra Mi Ran-Reply 1988
Ryu Hae Yeong-Reply 1988
Lee Il Hwa-Reply 1988
Winner : Ra Mi Ran
Beuuuuh. Il Gu pal-pal mendominasi. Kalau tidak salah mengingat di salah satu postingan blog saya pernah menuliskan Ra Mi Ran sebagai salah satu scene stealer di Reply 1988. Dan Mi Ran eomma menang di tvN Award! Seneng? Pastinyaaaa. Siapa sih yang bisa lupa perannya di Reply 1988? Galak-galak tapi hatinya baik. Pertama kali hati saya tersentuh oleh Ra Mi Ran adalah ketika dia datang ke rumah Sung Family membawakan uang untuk Deokseon—nangis loh saya. Meski Il Hwa eomma gak ngomong langsung kalau lagi butuh duit, Mi Ran eomma tahu. Duuuh, di mana bisa menemukan tetangga sebaik Mi Ran eomma .
Secara keseluruhan nominasi scene stealer pada kece-kece semua. Tanpa mengurangi rasa hormat saya—Mi Ran eomma cocok mendapatkan scene stealer.
Mi Ran eomma bersinar di Reply 1988. Uri Cheetah-nya Ssangmundong ^^
Scene Stealer (Namja)
Kang Ha Neul-Misaeng
Kim Seong Gyun-Reply 1988
Kim Ji Suk-Oh Hae Young Again
Byeong Yoo Han-Misaeng
Lee Dong Hwi-Reply 1988
Jang Hyeon Seong-Signal
Winner : Kim Seong Gyun (Reply 1988)
Aiiigoooo~
Kim Sajaaang!
ㅋㅋㅋㅋㅋ
Trending Actors
Ryu Jun Yeol (Reply 1988)
Lee Hyeri (Reply 1988)
Aah. Akhirnya, ada yang terpuaskan dahaga-nya melalui kemenangan ini ㅋㅋㅋㅋ
Anyway, congrats!
tvN Asia Award goes to Park Bogum!
Kyaaaaaak! Udah sempet sedih Bogum gak nongol di tvN Award. Ternyata dia dapet award yang merupakan hasil akhir vote yang meliputi Hongkong, Malaysia, Indonesia, Singapura. Wiiiih—prok! Prok! Tepok tangan doooong!
Biasanya, kalau pemenangnya gak datang, panitia acara sudah jauh-jauh hari merekam ucapan terimakasih aktor/aktris-nya. Tapi karena tvN konsisten dengan content trend leader-nya dan selalu tampil beda, mereka gak merekam Bogum tapi melakukan video call. I love you tvN!
Huft. Pas Bogum ngebuka penghalang kamera yang menyembunyikan wajahnya, disusul teriakan histeris penonton plus tepuk tangan audiens, saya tanpa sadar bergumam sendiri—Uri Taeki, bogoshipda.... .
Eee tapi kok Taeki-nya masih pake baju kebesaran Pangeran Yeong-ie? ㅋㅋㅋ
Saya sangat menghargai effort tvN dan Park Bogum. Di tengah padatnya syuting, Bogum bela-belain menyapa langsung fans, keluarga besar Ssangmundong-nya, viewers, kita semua... Saya sedih mendapati masiiiih ada aja suara-suara sumbang yang menuduh Bogum gak kooperatif, gak inilah, gak itulah hanya karena dia masih mengenakan properti syuting drama lain. Yaa ampuuuun, bener-bener deh. Bisa gak sih, sekaliiii aja tuh otak diisi pikiran-pikiran positif? Gak capek apaaah nge-judge orang dengan ringan hati? Sebagai fans, harusnya pada bersyukur Bogum bersedia memunculkan diri secra live kepada kita semua. Bogum mungkin tahu, banyak orang yang kecewa karena ia tidak bisa datang ke acara sepenting itu. Bogum sudah berusaha melakukan yang terbaik. Cobalah menghargai.
Kalau saya mah terharu banget. Bogum-nya senyum lebar, gak keliatan capeknya. Dalam speech-nya, selain menyebut penghuni Ssangmundong yang hadir ia juga menyebutkan Noeul Hyung yang sedang sakit, mendoakan kesembuhannya .
Senyumnya Bogum sesuatu banget ya?  Syeeediiiiiih akuuuu .
Part paling membahagiakan dari video call-nya Bogum yakni ketika MC memberikan kamera kepada Deokseon eh Hyeri, membiarkan ia dan Bogum face to face. Suntaek feeeeeeeeeeeeeeeeels .
Udah lama gak liat mereka sama-sama. Kangen. Waktu Kang Hodong bilang mereka terlihat kikuk, Bogum-nya langsung jawab kalau Hyeri itu istri-nya, trus dibalas sama Hyeri—Bogum itu suaminya eeeh, tunggu bentar—mungkin maksudnya mereka sejenak balik ke tahun 1988 di mana cinta mereka bersemi HIAHAHAHAHA *Azz terbang ke langit ke tujuh, meluk-in bintang-bintang* Padahal kan Reply 1988 udah lama tamat tapi mereka masih setia main Husband-wifey game.  Kayaknya gak ada deh couple Reply series lainnya yang se-terang-terangan mereka ini. Bogum-Hyeri gak takut diincar Dispatch? Hm. Ngomongon gesture dua orang ini, saya yakin Bogum-Hyeri deket banget entah sebagai teman entah sebagai apa. Yang pasti, dua-duanya sedang gak terikat hubungan spesial dengan orang lain. Coba pikir, mereka gak akan berani mesra-mesra-an di depan publik kalau di belakang layar mereka udah punya pacar. Logis gak?
Bodo amat dah mau fanservice kek apa kek, saya akan selalu bahagia setiap kali ada momen Suntaek.
Suntaek, wifey-nampyeon poreperrrrrrrr!
Drama-drama lain yang menyabet award antara lain Misaeng (Content Drama Award, tvN10 Actor Award; Lee Sung Min), Signal (Content Drama Award, Acting Grand Excellence Award; Jo Jin Woong, Actress’s Award; Kim Hye So, PD’s Choice; Lee Je Hoon), Dear My Friend bersama Nine, Oh My Ghost, Oh Hae Young Again, Rude Miss Young Ae, Reply Series juga mendapatkan Content Drama Award.
Akhirnya Om Jo Jin Woon dapet award juga yah. Saya banyak membaca komplain K-netz setiap kali ada acara penghargaan dan Jo Jin Woong cuman masuk nominasi tapi gak pernah menang.
Best Chemistry disabet Park Bo Young dan Kim Seul Gi. Sedangkan Jo Jung Suk membawa pulang Two Star Award.
Extra
Self-reminder
Suatu ketika, seorang teman pernah bertanya. Tipe model orang seperti apa yang paling saya hindari (baca; benci)? Muka dua. Belakang dan di hadapanmu ia menjadi orang yang berbeda. Karena saya tidak bisa terima ketika orang membicarakan saya dengan intonasi dan aksen negatif di belakang saya—saya berjanji untuk tidak melakukan itu terhadap orang lain. Saya tahu rasanya betapa tidak sukanya jika saya dibegitukan. Bagaimana jika ada yang melakukan itu pada saya? Saya merasa berhak untuk marah dan mengonfrontasi langsung ke si pelaku. Sebuah pengecualian bila kamu—iya kamu yang mungkin akan tersinggung membaca postingan saya berikut ini—punya hobi menginjak-injak nama orang yang menganggapmu teman di belakangnya, punya kebiasaan menjilat ludah sendiri, terbiasa bertingkah seperti kutu loncat, hinggap pada sesuatu yang lebih menyenangkan lalu menjelek-jelekkan seluruh yang kamu buang seperti sampah padahal dulu pernah kamu cintai dengan rasa yang seolah-olah tulus itu—
... dengan sifat-sifat demikian, sepertinya kamu sudah kehilangan hak untuk tersinggung bila ada yang terang-terangan—menyinggung—melemparkan api ke arahmu. Kamu yang duluan menyiram bensin, jangan heran bila nantinya kamu yang terbakar. Ah. Maksud saya—hatimu itu loh, sayang.
Kepada kamu yang tidak bisa menghargai moment, saya sangat bersyukur kehilangan teman seperti kamu
Saya gak akan pernah bosan-bosannya bilang kalau saya ini adalah #teamlowexpectation sampai kapan pun—bukti betapa besarnya efek Reply 1988 kemarin terhadap saya yang tidak hanya memengaruhi standar drama yang sesuai selera namun juga sedikit banyaknya mengubah persepsi dan cara pandang saya. Kemudian selanjutnya saya berusaha konsisten dengan seluruh pemahaman yang saya miliki. Bukan soal apakah saya bagian dari shipper yang mana. Saya hanya tidak ingin apa-apa yang sudah saya rasakan, saya tulis, dan saya hayati dari Reply 1988 berakhir menjadi sekadar euforia semata lalu menguap menjadi kebohongan publik—menjijikkan. Saya bukan orang yang sudah tentu benar tindak-tanduknya—tapi paling tidak, saya masih punya usaha untuk mengarahkan kaki, tangan, otak, juga hati saya ke hal-hal baik. Saya di dunia maya dan di dunia nyata, tidak jauh berbeda jika bicara soal prinsip. Ngedrama yang gak sekadar hepi-hepian.
Tetapi, sekali saja, untuk hari ini—saya berhutang maaf kepada hati saya sendiri karena melakukan ini—saya ingin bicara blak-blakkan. Saya sudah berusaha menyaring kata-kata sopan sebisanya. Maafkan bila ketajaman tulisan saya melukaimu. Bagian terjahat hati saya merasa kamu berhak dilukai, karena kamu sudah melukai secara verbal banyak orang. Sadar atau tidak.
Tidak sedikit yang berharap agar Park Bogum tidak usah muncul di tvN Drama Award—atau kalau pun datang, semoga terlambat. Begitu doa mereka supaya couple favorit mereka tidak mendapatkan gangguan. Jauh sebelum tvN Drama Award diselenggarakan, saya sudah punya feeling Park Bogum tidak akan datang mengingat jadwal syuting Moonlight Drawn by Clouds yang sangat padat menjelang episode-episode terakhirnya. Semula, saya pikir hanya shipper tetangga sebelah yang sudah biasa itu loh yang punya hajat. Namun rupanya, muncul shipper lain yang tidak menyukai reuni Suntaek di tvN Drama Award. Ironisnya, ada mantan shipper Suntaek/Gumri yang sekarang pindah ke shipper Moonlight—ikut-ikutan nyinyir-in shipper Suntaek/Gumri. Kasus baru.
Seumur-umur berkecimpung di dunia shipper baru kali ini saya menemukan spesies jenis begini.
Sebenarnya saya enggan menanggapi tingkah polah orang macam begitu—yang dengan tanpa malunya menggunjing-kan mantan shipper yang dulu pernah sangat ia puja-puji setinggi-tingginya bahkan sampe rela fanwar dengan shipper lain.  Tidak ada urusan kamu mau pindah shipper seenak udel sampe kelelep, tapi kalau dengan pindahnya kamu ke shipper lain, lantas kamu merasa jumawa untuk menjelek-jelekkan shipper lain bahkan hingga menyentuh artisnya—yang dulu pernah kamu sayang—saya benar-benar tidak habis pikir, ada ya orang kayak gini? Trus yang dulu-dulu itu, kata-kata manis penuh cinta yang kamu lontarkan bertubi-tubi apa dong namanya? Bul*sh*t? Fake words? Pemanis bibir? Gak malu seandainya ada orang yang sudah kepalang keselnya sama kamu trus mempublikasikan screen capture kata-kata manismu dulu versus yang sekarang? Ayolah babe, mainnya jangan kelewat polos dong. Yang elegant dikitlah. Saya tegaskan sekali lagi, terserah kamu mau menshipper-kan Bogum dengan siapa saja—tapi paling tidak belajarlah menghargai shipper lain. Shipper pun harus tahu etiket juga. Jangan mau-nya dihargai tapi kamu sendiri gagal mengajari dirimu sendiri untuk menghargai orang lain. Kata mantan pacar saya, jangan memukul orang kalau kamu tidak suka dipukul. Kalau kamu berpikir sifat plin-planmu tidak akan ketahuan, coba pikir ulang...
Percayalah, lambat laun akan banyak orang yang memasukkanmu ke black-list miliknya bila kamu masih terus mempertahankan sifat seperti itu. Apalah dunia shipper ini. Di sana delulu, di sini delulu. Kita gak akan pernah tahu mana yang benar mana yang delusi hingga si artisnya mengaku atau ketangkep Dispatch atau media lainnya. Kecuali kamu memiliki akses langsung ke hidup dan hatinya Bogum, yang bikin kamu tahu siapa pacarnya Bogum yang sebenarnya—kamu berhak nyinyirin shipper lain. Laaah, ini udah sama-sama delulu malah nyerang ke sana-ke mari. Kan gak lucu. Parahnya yang diserang mantan shipper-nya dulu. Gagal paham, Hayati... jangan-jangan kamu akan ganti shipper  setiap kali Bogum kambek di drama dengan lead female berbeda? WAAAAAHH, thats beyond my imagination ㅋㅋㅋㅋ
Jadilah shipper yang paham aturan main. Kasian Bogumnya.
... kalau suatu saat saya salah langkah tolong ingatkan saya pada tulisan saya ini.

Personal opinion :
Saya bukan shipper Gumri, tapi shipper Suntaek sampai kapan pun. Makanya saya nyantai aja mainnya. Karakter artis macam Bogum itu langka sekali di dunia keartisan Korea. Semata baik yang bener-bener baik—gak ada udang dibalik batu, bisa dekat dengan siapa aja, gak suka jaim, tulus, ramah—sebut saja semua kebaikannya. Masalahnya adalah, sedikit saja Bogum terlihat akrab dengan lawan main atau rekan kerjanya yang cewek—munculah delulu tak tertahankan dari viewers. Ship-able banget anaknya .
Makanya saya menyerah menjodoh-jodohkan Bogum di dunia nyata. Tapi saya gak ada masalah kalau ada yang nyipperin Bogum dengan aktris A atau B—sepanjang gak mencederai hati masing-masing, silakan. Sepengetahuan saya, dunia shipper merupakan salah satu wilayah paling rawan yang sering memicu fanwar entah itu idol atau aktor/aktris. Saya milih jadi penonton saja. Lebih asik.
Sebagai fans yang sayang sama Bogum, saya berharap Bogum bisa seperti Ahn Jae Hyun—orientasi pacarannya adalah untuk menikah bukan main-main. Jadi kalau belum siap dan masih ingin melebarkan karir di dunia Ent, mending Bogum jangan pacaran dulu lah.
Saya maen di dunia maya salah satunya pengen punya teman yang banyak dan yang baik-baik tentunya, bukannya nyari musuh....
Met bobok,
= Azz =

P.s : yang keberatan dengan postingan ini silakan mention saya di twitter @Majimak_Sarang

6 comments:

  1. Wuaaaaa...mb.azz I lup u so much��
    Bru td siang aku batin 'wah seru nih kalo mb. Azz bkn post ttg tvn award'...eh mlmnya liat fb majimak sarang... lgsg meluncur ke sini dehhh
    Aku yg sempet kcwa berat bogum gk bs dtg...smpt nyalahin manajemennya..tp d pikir lagi kesian bogum pst lelah bgt musti meluncur k tkp pdhl syuting lg pdtnya...stressor lg tinggi jg pasti sbg main lead mjlg drama berakhir...thanks god moonlight sukses abiss...rezeki anak sholeh����

    BTW...yg bikin kaget jiwa ship aku...bogum dg baju sejanya blg hari ini kau jg cantik...aihhh my gumri feels...udah banyak menggila ttg ini di lemonaderama... 😘😘

    Tadinya aku jg mau nahan gk mau ngomongin org d blkg...tp kan ini d baca umumnya..jd gk pa2 kan mb. Azz?? Hehehhee...
    Cukup tau sih ya ada temen yg dulu satu kpl begitu Ada yg bru kok ya jelek2in yg lama...syok abis kmrn liat bad comment di moonlight page....#lgsg lari ke IG lemonadedrama curcol ma adminnya# tp sudahlah ngapain dipikirin...banyak hal2 yg bs bikin bahagia ngapain mikirin yg bikin hati butek...yg plg aku benci adl org munafik..sm lah pnjlasan mb. Azz d atas...ngomongnya mau bogum untuk dirinya Dan gk mau ship...tp trnyata ng ship jg...aku sih gk mslh dia mau pndh ship...tp pliss jgn jelekin n jatuhin ship laen...apalagi jd haters female ship terdahulu...such a bu***t...

    Maap kalo tulisanq panjang bgt Dan Ada yg krg berkenan ya mb.azz...

    ReplyDelete
    Replies
    1. *peluk-in Abby* ㅠ.ㅠ
      Point pentingnya adalah saling ngehargai aja, apalagi ini ada kaitannya dengan Bogum. Sayang banget sama si dedek ini makanya aku suka sedih tiap kali membaca sesuatu yang jelek trus bersinggunggan ama Bogum dan pelakunya ya gak jauh-jauh dari fans. Aku gak bilang aku udah perfect baiknya sebagai orang yang suka Bogum. Cuman ya itu tolong hati-hati dengan tulisan, ucapan, apa pun itu. Kalau antar teman okelah, tapi di ruang publik? Aigoooo ㅠ.ㅠ

      Kalau aku mau, aku bisa jadiin blog ini jadi 'rumah'nya gumri. Tapi aku kapok nge-ship terang2an wkwkwkwk diem-dieman aja

      Aku seneng Abby komen di sini ^^

      Delete
  2. Waaah reply97 ��. Senang bngt mreka dtng dg formasi lngkp, tp sdih jg mengingat busan baru kena musibah ��. Dan aq snang r97 menang bestkiss, "hwagin kiss" salh stu plihanq. Ksedihanq ttg tvnawards janggeure pulang tangan ksong ��, dikasih harapan 1 ato apa gt kek. masih aja g puas yah ��.

    Daan untk selfremindernya, satu kata bwt kata2mu hayati. "Makjleb". Kena bngt. Jd inget kata emak "jgn takut hantu, manusia hidup lbh mengerikan". Ampe skrg, Aq msh g prcaya, ini benern yaah, msh spechlss ampe k ubun2. Yg aq kesel, jdnya memori Perasaan senang ampe melayang2 ketemu drama r88 n teman2 pecinta r88 sedikit kacau krn mngingt seseorg ����

    ReplyDelete
  3. Waktu lihat Shiwon dan Deokseon membacakan penghargaan buat Sung appa. Tiba-tiba saya ingat salah satu episode Reply 1988, saat Sung appa diberi plakat penghargaan oleh anak-anaknya.

    "Terimakasih telah menjadi ayah kami..."==> Dari anak-anakmu.

    "Terimakasih telah menjadi ayah di Reply series..."==> Dari penonton setia Reply series.

    Akhh...tiba-tiba kepikiran rerun Reply series lagi. #Laptop mana laptop...

    ReplyDelete
  4. Hai ka..salam kenal, sebenernya aku udah lama sering baca review kaka..cuma baru sekarang komen, habisnya apa yg mau aku utarakan udah di utarakan sama temen2 yg lainnya, aku suka sama setiap review nya kaka, kadang aku sampe mikir ' apa pikiran suntaek shipper gini semua ya??' Hehe
    kyknya kita semua tau siapa yg kaka maksud diatas..aku geleng2 kepala atau kadang nggrutu sendiri tiap gk sengaja liat kata2 dia..
    aku gk bosen2 liat video bogum hyeri video call, aku juga sering muter2 lagu duetnya in guk eunji karna seneng liat mereka ~ nyampe pipi ini sakit senyum terus ketawa terus 😂😂😂.. sebelumnya sempet kecewa sih karna bogum gk dateng , doa shipper sebelah terkabulkan, aku nyampe nonaktifin data tapi pas tengah malem buka hape ternyata TaekSun/ GumRi bikin tengah malam aku jadi cekikikan ..maaf ka pertamanya aku nongol di blog kaka malah curcol gini

    ReplyDelete
  5. Aku uda ngeship kim yoo jung sm yeo jin goo hehe

    Antara irene sm hyeri, aku suka aja sm 22nya,, bener kata mbk, anknya shipable bgt, dpt julukan king of chemistry, jd sm sapa aja keliatan cocok hahaha..
    So far ship terkuat masi gumri klo bdasarkan analisa on-off screen

    Mulai suka park bo gum jg dr hello monster, awalnya krn mw liat akting do kyung soo (exo),, btw do kyung soo ni kebalikannya park bo gum, sering di-ship-in sm member exo lainnya haha (maaf, tolong abaikan),, walo cm cameo tp aktingnya keren jd psikopat, tp jd suka jg sm karakter lee min, and keterusan suka sm park bo gum krn aktingnya, he's charming

    Ngeship mah nyantai aja, klo jd seneng bgt, klo jadinya sm yg lain y ikut seneng aja, toh hidup2 mreka, mending pikirin jodoh sndiri (lhoh, jd baper 😅)

    ReplyDelete

Haiii, salam kenal ya. 😊