[Trivia] BtoB Blue-Stand by Me

Majimaksarang.blogspot.co.id
Salah satu tanda saya jatuh cinta pada sebuah lagu adalah ketika lagu tersebut berada dalam mode on repeat di ponsel dan laptop. Biasanya lagu yang paling sering bikin saya susah move up adalah lagu ballad. Apakah ini ada kaitannya dengan karakter saya yang cenderung melow-sellooow? Saya tidak tahu. ㅋㅋㅋ Tidak peduli mood saya sedang buruk atau bagus—saya akan selalu memenuhi playlist saya dengan lagu-lagu ballad sambil mengerjakan deadline atau hal lain. Ada sekira 12,6 GB lagu Korea di laptop dan bisa dipastikan 70% di antaranya merupakan lagu ballad.
19 September pukul 112 AM KST kemarin, Cube meluncurkan debut perdana Btob Blue—sub-unit BtoB yang terdiri dari vocal-line yakni Seo Eunkwang, Lee Changsub, Im Hyunsik dan Yook Sungjaedengan title song Stand by Me yang diciptakan Black Eyed Pilseung, komposer yang juga pernah menciptakan lagu hits untuk Sistar, Apink, dan Beast.
Music video Stand by Me, silakan di klik BtoB Blue-Stand by Me
Terlepas dari minimnya promosi dari Cube—yang membuat Melodies berang—Stand By Me berhasil memasuki 10 besar real time chart di beberapa portal musik online Korea Selatan sejak diluncurkan, sebut saja Melon, Bugs, Olleh, dan Genie. Saya pribadi tidak meragukan kapabilitas vocal-line BtoB, kalian bisa menonton penampilan mereka di Immortal Song dan King of Mask Singer di mana tiga member lainnya (Sungjae, Changsub, dan Eunkwang) sudah unjuk kemampuan dan mendapat pengakuan atas talenta mereka dari panelist serta K-netz secara meluas. Menyoal kurangnya promosi terhadap Btob Blue dan BtoB, saya sudah pernah merasakannya saat masih menjadi A+, jadi saya tidak terlalu kaget melihat reaksi banyak Melody yang marah-marah ke Cube, karena saya pernah berada di posisi mereka. Nyeseknya gak bisa diutarakan dengan kalimat. .
Sebelum dirilis, ekspektasi saya nol besar terhadap lagu Stand by Me. Apakah akan cocok dengan kuping saya, itu urusan belakangan. Sepanjang lagunya bisa diterima orang banyak, saya sudah merasa cukup senang mengingat ini adalah debut perdana vocal line BtoB. Sayang aja komposisi vokal sebagus BtoB tidak diberdayakan sebagaimana mestinya. Saya suka enggak tahan melihat seseorang yang jelas-jelas memiliki potensi tetapi tidak menerima apresiasi yang layak. Underrated. Di antara sekian banyak grup idola yang saya tahu, BtoB-lah yang paling banyak menyita perhatian saya setahun terakhir ini. Ngerasa klop aja gitu dengan Eunkwang dan kawan-kawan. Di sini saya memposisikan diri sebagai suporter di luar lingkaran Melody karena masih enggan bergabung di bawah nama fandom mana pun #sikap.
Satu jam setelah perilisan Stand by Me, saya meluncur ke Youtube channel-nya BtoB. Beginilah reaksi saya setelah menonton music video berdurasi 4 menit 46 detik itu...
Green frog bikin kangen Abim. Abim eodini? Nuna kangen ㅠ.ㅠ
Tidak perlu mendengarkan berkali-kali untuk memastikan Stand by Me sebagai salah satu lagu BtoB favorit saya. Bagus banget. 04;46 detik bagaikan moment of silence ㅠㅠ
Amazing, empat warna suara yang sangat berbeda bisa menciptakan harmoni dan kerja sama se-indah ini—bukti kalau perbedaan ada bukan untuk saling menjauhkan tapi menyatukan. Saya sudah sering menonton potongan-potongan video yang memperlihatkan BtoB menyanyikan lagu secara acapella. Tak mengherankan setelah empat tahun debut, suara mereka makin solid dan kompak saja.
Stand by Me mengusung unsur sentimental yang kental, menunjukkan kekuatan vokal Eunkwang, Changsub, Hyunsik dan Sungjae. Lirik lagunya mengisahkan tentang penyesalan seseorang karena telah melepaskan orang yang dicintainya.  Music video-nya sendiri sangat simple. One take Dimulai dari Eunkwang memasuki sebuah bar mewah, tampak Sungjae sudah duduk di salah satu kursi bar, kemudian ada Changsub yang berdiri di depan lemari, ia menyentuh sesuatu seperti undangan (?). Part pertama berakhir pada Hyunsik yang masuk dari pintu lain bar, di tangannya ada seikat bunga mawar kuning. Dengan gerakan lambat kamera menyoroti ekspresi detail setiap member BtoB Blue. Part kedua berlanjut, keempat member duduk di kursi saling membelakangi membentuk lingkaran mirip Urisai-nya MBLAQ.
Saya bukan pengamat musik dan tidak tidak tahu apa-apa tentangnya, namun sebagai penikmat musik ballad Korea, Stand by Me berhasil menyentuh titik terdalam hati saya. Saya tidak sedang mengalami patah hati berdarah-darah, tetapi menengarkan Stand by Me membuat saya mendadak sedih gak ketulungan—percaya gak percaya part-nya Hyunsik di paruh pertama lagu bikin mata saya berkaca-kaca dan menahan napas sebelum menghembuskannya sangat panjang HAHAHAHA saking mendalaminya, Azz.... Seperti yang saya bilang, banyak sekali lagu ballad di laptop tapi jika saya diminta menyebutkan list lagu ballad yang hingga sekarang masih bisa membuat nyesek bahkan setelah ribuan kali saya dengarkan maka hanya akan ada sedikit dari sekian banyak yang masuk list tersebut. Stand by Me akan menjadi bagian dari list tersebut.
Stand by Me dibuka oleh angelic voice-nya Changsub.
혹시 우연히 널 다시 보면
나는 아무렇지 않을 수 있을까
옆에 누가 서 있대도
내가 웃어줄 수가 있을까
그땐 잘 가라는 그 한마디가
왜 그리 쉬운지
어차피 이러다 말겠지 했나 봐 yeah
 If I see you again by chance
Will I be completely fine?
Even if someone is next to you
Will I be able to smile?
Back then, saying goodbye
Why was it so easy?
I guess I thought this would pass quickly
Dari point of view siapa pun—laki-laki dan perempuan, lirik di atas sangat mengena. Kamu pernah jatuh cinta dan menjalin hubungan, setelah sekian waktu berlalu, untuk beberapa alasan kamu pikir mengakhiri hubunganmu dengannya adalah satu-satunya keputusan terbaik. Tapi benarkah semudah itu melupakan? Semudah itu memupuskan kata kita yang pernah kamu akrabi dengannya?
네가 없이 길어진 밤 너를 기다리는 시간
계속 멀어지는 모습에 밤새 잠 못 들어
Without you, nights have grown longer
I’m waiting for you
But you keep getting farther away
So I can’t sleep all night
[Sungjae]
어색해진 내 하루의 끝에 너 사라질 때
그땐 웃으며 만날 수 있을까
When you’re gone from my awkward end of day
Will I be able to see you with a smile?
[Eunkwang]
아주 조금만 더 내 곁에 서 있어줘
너를 봐도 웃을 만큼만 더 있어줘
Stay by my side a little longer
Stay a little more so I can smile when I see you
[Hyunsik]
혹시 다른 사람 곁에 없다면
그냥 그 뒤에 있을게 내 곁에 서 있어 줘요
If there is no one next to you
I’ll just be behind you
Just stay by my side
[Changsub]
생각 없이 눈 감으면 지워질까 겁이 나던
맘이 아파 바보처럼 널 잊지 못하는 게

If I closed my eyes without thinking
I was afraid you’d get erased
My heart aches, I can’t forget you, like a fool
[Hyunsik]
싫어하던 이별 노래가 날 위로해주는
지금 난 네가 많이 생각이 나 yeah~
Break up songs that I hated are comforting me
I’m thinking of you a lot right now
[Sungjae]
♪   
아주 조금만 더 내 곁에 서 있어줘
너를 봐도 웃을 만큼만 더 있어줘
Stay by my side a little longer
Stay a little more so I can smile when I see you
[Hyunsik]
혹시 다른 사람 곁에 없다면
그냥 그 뒤에 있을게 내 곁에 있어 줘 Oh
If there is no one next to you
I’ll just be behind you
Just stay by my side
[Eunkwang]
가끔은 너와 얘길 하고 싶어
가끔은 너를 안아 보고 싶어
너로 가득했던 순간
Sometimes, I want to talk to you
Sometimes, I want to hug you
Moments that were filled with you
[Sungjae]
눈 뜰 수 없이 봄 가득한
그때 그 날처럼
우리 다시 사랑할 수는 없을까 woo
[창섭/성재] Woo~ Whoa~
Days I couldn’t open my eyes
Because they were so filled with the Spring
Like those days
Can’t we love again?
[Changsub]
혹시 다른 사람 곁에 없다면
그냥 그 뒤에 있을게 내 곁에 서 있어 줘요
[은광/창섭] Woo whoa~ Woo~
If there is no one next to you
I’ll just be behind you
Just stay by my side
[Eunkwang]
-lirik cr : Popgasa-
***
Sigh....
Dua hari terakhir ini Stand by Me satu-satunya lagu yang mengisi playlist saya. Saya gagal paham mengapa semakin sering saya dengarkan, saya malah semakin susah move on. Melodi, harmonisasi dan adlibs empat member BtoB di lagu ini gilakkk—saya yang gak patah hati malah ngerasain seperti orang sedang patah hati. Perpaduan adlibs Sungjae-Changsub muanteeeeeeep banget. Belum lagi deep voice-nya Hyunsik yang tidak pernah gagal bikin saya meringis pengen nangis. Ditambah suara sengau Eunkwang yang cocok banget dengan lagu ballad. Huaaaaaaaa Hayati tuh gak bisa di-giniin. Masa sih dibikin gagal move on sama lagu..._______ㅜ  Mulai intro, verse, chorus, reff, modulasi, coda hingga outro lagu ini perfect banget bagi saya #subyektifgariskeras #abaikan 
Saya membayangkan potongan heartbreaking scene seorang pria yang bertemu dengan mantan kekasihnya di sebuah reuni sekolah setelah bertahun-tahun terpisah. Ingin sekali ia bersikap biasa-biasa saja saat bertatap wajah dengannya. Bahwa ternyata perasaannya terhadap gadis itu belum berubah, tak ada yang bisa dilakukannya. Mereka saling bertegur sapa sebagai orang asing satu sama lain.  Tersenyum tenang, berusaha menampakkan betapa ia baik-baik saja meski dalam hati tak putus-putusnya menyesali keputusan yang pernah ia ambil dulu—meninggalkan dia yang ia cintai dan masih—Sayang sekali, waktu tidak akan pernah bisa diputar kembali. Ia merasa semua telah berubah, hanya menyisakan ia dan perasaannya yang sendirian di belakang.
Dalam waktu dekat, saya tidak yakin bisa menemukan lagu seperti ini di kalangan idol lainnya. Bukan berarti saya mengecilkan grup idola lain (Red Velvet pernah comeback dengan lagu ballad tapi tidak bisa menyentuh hati saya), hanya saja untuk bisa keluar dari pakem atau standarisasi ala idol di Korea Selatan, sangat sulit menurut saya. Mereka kebanyakan mengusung tema Hip Hop atau R & B. Jika Gfriend punya trilogi sekolah-nya, maka BtoB punya trilogi ballad. Dimulai It’s Ok di album Complete, lalu Way Back Home (album I Mean) dan ditutup oleh Remember That (album Remember That). Seiring perilisan Stand by Me saya membaca sejumlah komentar-komentar bernada miring seperti bosan-lah dengan BtoB yang keranjingan dengan lagu ballad, lagu-lagu BtoB yang semakin hari semakin hilang aura idol-nya... 
This is BtoB HAHAHAHA
Ayolah, apa yang salah dengan keinginan mengeksplor kemampuan vokal melalui macam-macam jenis musik? Jika menilik kembali album-album BtoB di belakang, banyak sekali upbeat song yang pernah mereka keluarkan. Aktor/aktris ingin diakui kemampuan aktingnya melalui drama/film. Seorang penulis ingin diakui bahwa ia bisa menulis tentu juga melalui tulisan di buku, kolom opini di sebuah surat kabar, atau di rubrik cerpen majalah ternama. Begitu pula dengan penyanyi, agar tak dianggap kacangan, maka ia harus menampilkan bahwa ia memiliki kemampuan vokal yang tak bisa dianggap remeh, melalui apa? Melalui lagu. Idol penyanyi juga kan? Di samping mengunggulkan dance, kemampuan nyanyi juga sangat penting. Saya belum pernah menyukai satu grup idola hanya karena membernya ganteng-ganteng atau hanya karena jago dance. Saya tidak bisa semudah itu tergoda, lagian saya ini penikmat lagu bukan penikmat dance ㅋㅋㅋㅋㅋ
Alasan kenapa banyak idol yang ingin tampil di King of Mask Singer adalah karena mereka ingin membuktikan di samping status sebagai idol, mereka juga memiliki kemampuan vokal yang bagus tak berbeda dengan solois lainnya. Judge kalau idol gak bisa nyanyi sudah biasa saya dengar bahkan dari penyanyi-penyanyi lawas Korea Selatan. Satu grup idol paling banter diisi satu atau dua main vocal, sedikit sekali yang tampil live bisa sebagus tanpa bantuan audio atau lipsync—yang kalau didengarkan MR video live performance-nya sangat-sangat-sangat mengecewakan.
Sambil lalu saya berpikir, apa kira-kira yang membuat saya akhirnya membagi perhatian kepada BtoB? Seperti MBLAQ yang berani mengeksplor genre musik, BtoB memilih jalur yang sama. Sebagai orang di luar Melody, sejak album Born to Beat hingga Remember That, terlihat jelas bagaimana musikalitas BtoB tumbuh dan berkembang dengan tidak hanya menetap di satu genre. Saya orang yang percaya, debut grup idola sepenuhnya disetir oleh agensi—style bermusik dan lain-lain diatur. Tak banyak yang diberikan keleluasan menulis lagu sendiri. Beruntungnya Cube memberikan kesempatan itu kepada BtoB. Di setiap album BtoB selalu ada satu-dua lagu yang diciptakan Im Hyunsik dan member lainnya. Hanya soal waktu saja, kelak BtoB akan menyanyikan title song album yang dikomposeri oleh para membernya. Menjadi idol adalah pencarian jati diri, keliru kah pengamatan saya? Bisa saja ya. 
Lagu ballad adalah satu dari sekelumit catatan perjalanan BtoB sebagai idol dan sebagai penyanyi/vokalis.
Saya menyesalkan Cube yang tidak mempromosikan BtoB dan BtoB Blue sebaik-baiknya. Hanya ada seuprit artikel di Naver tentang sub-unit ini. Komentar-komentar di Youtube, Twitter dan media sosial lainnya mau tak mau membuat saya menyalahkan Cube. Sedih saya, melihat banyak sekali yang tidak tahu BtoB Blue ada sub-unit BtoB yang terdiri dari empat main vocal, mana ada juga yang bikin video reaction Stand by Me tapi gak tahu nama-nama member BtoB Blue, oh my.... -
Tanggal rilis di pojok kiri music video Stand by Me menimbulkan spekulasi di benak saya. Dirilisnya 19 September, tapi kenapa yang tertulis 12 September? Sebenarnya jika dirilis tanggal segitu, timing-nya sudah perfect banget. Line vocal BtoB sedang hangat-hangatnya jadi topik pembicaraan setelah kemenangan beruntunnya di Immortal Song disusul penampilan Seo Eunkwang di King of Mask Singer. Mungkin karena konflik internal Cube belum lama ini yang menyebabkan delay-nya debut BtoB Blue. 
Tujuan Cube menelurkan BtoB Blue ini apa sih? Output yang ingin dicapai apa? Sekadar tasting water atau apa? Ataukah sengaja menstimulasi pasar hingga album BtoB selanjutnya dirilis? Jika demikian halnya, kenapa tidak dilakukan all out, malah setengah hati begitu? Tidak berbeda ketika Cube merilis lagu I Want to Vacation-nya BtoB. No proper promotion. C’mon Cube! Pengen banget Stand by Me dinyanyikan BtoB Blue di live stage .
Pertanyaan yang mengganggu saya adalah, kenapa giliran suka boyband malah yang setipe MBLAQ lagi? Maksudnya, nasib-nya kurang lebih sama. Underrated. Serasa tidak diperhatikan agensi. Kenapa sih saya tidak bisa suka aja gitu dengan grup idola yang fanbase-nya guedeee dan lagi ngehits seperti EXO, Seventeen, atau BTS misalnya? Biar gak keseringan baper-in agensi?
Karena selera tidak bisa dipaksakan, Azz...
Ah. Bentar lagi pemutar musik di laptop mencak-mencak kebosanan nih karena yang diputer Stand by Me mulu dari kemaren dan kemarennya lagi. Yang sabar ya...
   
I’m not a Melody, anyway... ♪
Tabik,
= Azz =
Jika tidak bisa menemukan kebahagiaan setelah mencarinya begitu lama, kenapa tidak mencoba menciptakan kebahagiaan itu sendiri? ☺


P.s : Baju birunya Sungjae di MV kok mirip bajunya cewek ya? Terussss, itu bajunya Changsub juga miriiiiiip baanget sama kostumnya Beast di MV Ribbon, jangan-jangan minjeeeem HAHAHAHA. Untung jatohnya cakep. 비투비들 사랑해요

2 comments:

  1. Ya ampun mbak, prediksi mbak menjadi kenyataan. Tahun 2017 akhirnya, mereka comeback dgn lagu utama ciptaan mereka sendiri. Movie-il Hoon. Missing you- hyun sik. Dan akhirnya mereka dpt tropi dari lagu itu.
    Ingat pidato kemenangan mereka di seoul music award atau dimana gitu awal tahun ini. Eungkwang bilang akhirnya setelah hampir 6 tahun debut mereka mendapatkan bonsang. Antara bangga dan sedih 😢

    ReplyDelete
  2. Setuju banget dengan tulisan ini. Dan melihat pencapaian mereka sekarang ini setelah kesabaran, ketekunan, perjuangan mereka, saya sangat senang.

    ReplyDelete

Haiii, salam kenal ya. 😊