[Trivia] After Reply 1988

안녕!
Hi, Buddies!
How’s life?
Are you doing well?
Friendly reminder, tulisan saya berikut ini akan sangat random dan gak terarah. Yang sabar ya bacanya wkwk. Dilewatin juga gak pa-pa ^^
Saya yakin sebagian besar pasti masih sering me-rerun Reply 1988 seperti saya. Saya mencoba mengingat-ingat kembali drama-drama apa saja memberikan efek withdrawal sydrome paling dahsyat di tahun-tahun sebelumnya. Tahun 2012 saya belum terlalu aktif di sosmed—hanya di facebook yang isinya orang-orang yang bukan kdramalovers, di tahun itu saya sibuk dengan real life. Saya menonton kdrama tapi gak sampe terbawa ke dunia maya.Memasuki Tahun 2013, saya menjalani salah satu tahun terburuk real life saya, tapi di sisi lain tahun itu termasuk salah satu tahun tersibuk saya sebagai penonton drama. Nope, bukan kdrama yang bikin saya engap-engapan di real life. Ada hal lain yang tidak bisa saya ceritakan. Teheeeet.
The Heirs adalah drama Korea yang paling saya ingat efek withdrawal syndrome-nya. Saya bahkan men-ship Lee Min Ho dan Park Shin Hye. Shame on me. Banyak kdramalovers yang tidak sependapat dengan saya. Mereka menganggap The Heirs adalah satu karya Kim Eun Hee paling fatal—terjelek di antara karyanya yang lain. Saya setuju ada point-point drama ini yang membuatnya tak berbeda jauh dengan kdrama yang pernah ada—semisal lead male kaya raya dipasangkan dengan lead female yang miskin. Namun ada hal-hal menarik juga yang menjadikan The Heirs spesial di mata saya, dua di antaranya karakter ibu Kim Tan yang sangat berbeda dari tokoh ibu di kebanyakan drama—setipe nenek sihir yang hobi melemparkan segepok uang ke lead female agar menjauhi anaknya LOL. Ibu Kim Tan berbeda, dia adalah satu karakter favorit saya di The Heirs. Dia semata-mata menyayangi anaknya. Satu lagi, jika di kebanyakan kdrama The jerk one akan mendapatkan lead female-nya maka di sini, sebaliknya, tipikal karakter 2nd lead male lah yang diakhir bisa merebut hati lead female. Setelah IRIS 2, The Heirs mampu menggoda saya agar aktif kembali di forum Soompi.
Saya men-skip tahun 2014 karena di tahun ini saya banyak men-drop drama di tengah jalan. Banyak juga yang saya tonton tuntas tapi tidak sampe menyibukkan saya di blog dan sosmed lainnya. Tentu saja saya tidak akan lupa You Who Came From The Star-nya Cheon Song Yi. Saya salah satu penonton setianya kok ^^
 2015, tahunnya Healer. Bukti-bukti betapa besar efek yang diberikan drama ini pada saya bisa dilihat di sejumlah postingan di blog ini HAHAHAHA. Saya butuh lebih dari sebulan untuk bisa benar-benar move on dari drama satu ini. Di sela-sela itu saya mem-follow akun Twitter dan IG Ji Chang Wook, akun fanbase/fabsite-nya. Hal yang sangaaat jarang saya lakukan. Salahkan saya yang selalu berusaha logis dan menerapkan mind control supaya gak kebablasan. Apa-apa saya pertimbangkan dengan matang—mungkin ini juga yang menjadikan saya tidak terlalu ngebias pada aktro/aktris. Saya pernah ngefans berat dengan salah satu boyband Korea yang sudah pecah kongsi—kalau kamu me-review blog saya di belakang kamu akan tahu. Belajar dari pengalaman yang sudah-sudah itulah saya sebisa mungkin mengambil jarak sejauh-jauhnya dari ngebias yang berlebihan. Sewajarnya saja. Jadi jika saya sudah mem-follow akun fanbase/fansite itu termasuk hal yang luar biasa wkwk—setelah beberapa waktu di-unfollow lagi HAHAHA.
Sini saya ceritakan apa saja yang sudah membikin saya kapok ngeship aktor dan aktris atau ngestan boyband/girlband...
  Lee Min Ho dan Park Shin Hye, kenyataannya justru Mbak Suzy-lah yang jadi pacarnya si akang LOL. Boyband yang saya suka itu nyaris bubar menyusul keluarnya dua personilnya—saya terluka sangat dalam. Serius. Akhirnya saya sadar, apa yang saya lihat di layar kaca itu bukankah yang sebenarnya/seluruhnya. Saya gak bilang ngestan/ngebias itu salah, tapi  sejak saat itu saya sudah menghilangkan ini dalam kamus saya. Suka ya suka, tapi saya gak akan melewati batas-batas yang sudah saya buat sebagai penonton. Dalam beberapa urusan saya termasuk ignorant dan sedikit kaku ^^
That’s why, saya gak pernah nge-ship Park Bo Gum dan Lee Hyeri di real life. Saya pendukung nomor satu Choi Taek dan Sung Deokseon, sebatas di drama saja. Saya mengikuti WGM, tapi sejauh ini saya masih bisa menjaga akal sehat saya supaya gak ngejodoh-jodohin Joy dan Yook Sungjae. Terakhir kali ngeship artis/aktor itu pas nonton Healer. Tau lah efek luar biasa Healer ke saya. Setelahnya saya lebih hati-hati lagi dan gak mau kecolongan lagi. Ceritanya gak mau ngeship Bogum-Hyeri tapi tiap liat komen shipper Bogum-Irene, kok bawaannya jadi baper yah? Saya masih belum bisa ngelepasin Taek-Deokseon sih. What a beautiful couple they are. Kapan lagi bisa ketemu couple didrama yang secocok mereka? Ada benang merah antara Taek-Deokseon dan Seo Jung Ho-Chae Young Shin yang menjadikan saya sayaaaang banget sama dua couple ini. Satu sama lain saling melengkapi. .
Saya membuka 2016 dengan Reply 1988. Warbiasaaaah. Salah satu drama terbaik yang pernah saya tonton sebagai penikmat drama (Korea,Taiwan, China) sejak tahun 1998. Wuuuuut, 1998? Artinya saya sudah menonton drama sedari bocah PWAHAHAHA. Bukan sesuaatu yang patut dibanggakan.
Bila dibandingkan The Heirs dan Healer, saya rasa withdrawal syndrome Reply 1988 paling manusiawi. Bisa jadi karena drama-nya benar-benar dengan kehidupan nyata sehingga saya bisa mengenangnya dengan cara yang logis, atau karena setelah tamat muncul berita Choi-Sung Brothers dan Kim Brothers diculik Na PD (temennya akrabnya Shin PD dan Lee Woo Jung) ke Nimimbia, Afrika untuk syuting Youth Over Flowers. Artinya, kita masih punya kesempatan reuni-an dengan cast dari Reply 1988 walaupun gak semuanya ikut. Yaaah, bakal susah move on dong? Gak kok, menurut hemat saya justru ini bisa bikin lebih mudah move on hehe. Haaa, andai Shin PD dan Lee Woo Jung ikut ke Afrika kayak di Youth Over Flowers Laos... Lucu liat Instavid-nya Bogum di bandara Qatar. Pake baju kaos putih dipadu jeans, ransel di pundak sambil nenteng-in kantong kresek putih. Kayak anak sekolahan yang terpisah dari rombongan study tour-nya. Udah kebayang dikit gayanya dia setelah diculik Na PD and crew. Gak akan beda jauh dari Kang Ha Neul di Youth Over Flowers Iceland. Gak sabaaar.
Dampak positf dari Reply 1988 dan withdrawal syndrome-nya adalah saya jadi rajin posting di blog AHAHA.
Hm. Mo nanya nih sama #TeamTaek, masih ada gak sih temen kamu dari #TeamJunghwan yang ngeyel nyalahin Lee Woo Jung ngubah script menjelang akhir? Nih saya kasih satu fakta yang mungkin bisa bikin temen kamu itu mingkem selamanya. Sumbernya dari Thread Suntaek di forum Soompi yang dibawa dari Dcgall Reply 1988. Kalau kalian sering ke sana pasti pernah baca ini.
Perhatikan gambar di bawah ini baik-baik. Fokus pada penulisan nama mereka di episode 1.
Bisa lihat perbedaannya?
Dot. Titik.
Kenapa ada titik di ujung nama Taek, sedangkan tiga lainnya tidak ada?
Pada era Joseon, Dot atau biasa disebut Nakjeom (낙잠) digunakan Raja untuk menandai orang-orang yang lolos dalam seleksi sebagai petugas kerajaan. Dalam hal ini bisa ditarik kesimpulan paling sederhana dan masuk akal kalau Taek sudah diputuskan sebagai suami Deokseon di episode pertama HAHAHAHA. Lee Woo Jung dan Shin PD bikin saya shock berkali-kali karena kecerdasan mereka.
Saya pernah merhatiin waktu nonton episode pertama, kenapa nama Taek ada titiknya tapi gak pernah mikir lebih lanjut karena saya gak tau banyak tentang sejarah Korea seluruhnya.
Kalau temenmu masih keuhkeuh juga meski sudah dikasih tau fakta di atas, saya sarankan kamu melakukan ini padanya, tatap dia dengan sorot mata paling menyedihkan yang kamu punya kemudian tepuk-tepuk pundaknya pelan dan penuh kesabaran, tarik napas panjang dan katakan...
“Saya turut berduka cita atas matinya akal sehatmu.”
Sekian.
HAHAHAHA.
Saya tidak bertanggung jawab atas efek yang ditimbulkan.
Oiya, di LINE, Twitter dan IG beredar foto-foto kuartet Youth Over Flowers di Namimbia. Fotonya Bo Gum gak terlalu jelas, tapi bisa ditau kok kalo itu dia. Dari cara jalannya wkwk.
Il Hwa eomma diwawancara oleh satu media online Korea Selatan. Ketika ditanya diantara lima anaknya di Reply series, siapa yang menjadi favoritnya? Ia menyebut nama Bora. Menurutnya ada latar belakang karakter Bora yang tidak diceritakan di drama—alasan mengapa ia tumbuh menjadi anak yang keras dan tidak bisa dekat pada ayahnya seperti Deokseon. Mengingat ini yang membuat Il Hwa selalu merasa sedih untuk Bora. Sebagai penulis, saya yakin Lee Woo Jung memberikan latar belakang pada masing-masing pada setiap karakter yang ia buat. Contohnya, secara fisik Taek kidal. Secara psikis, Deokseon tumbuh menjadi gadis yang memiliki self-esteem yang rendah karena di tengah-tengah keluarganya ia menjadi orang terakhir yang menerima kasih sayang setelah Bora dan Noeul. Begitu pun dengan karakter Bora. Apa yang dilakukan Lee Woo Jung pada setiap karakter di Reply series mengantarkan mereka—karakter-karakter ini ke penonton sebagai satu sosok utuh dan hidup yang bisa kita temukan di sekitar kita.
Saat ditanya di Reply 1988 siapa yang ingin dijadikan Il Hwa sebagai menantu di dunia nyata, ia memilih Choi Taek! Tuh kaaan, emang deh hanya orang-orang berpikiran matang dan terbuka (baca; waras) yang akan memilih Taek sebagai orang yang cocok menikahi Deokseon. Ini petikan wawancaranya,
“... I like how gentle and innocent he is (Taek). It it’s this kind of son-in law, it seems like he could make my daughter live peacefully and happily. Park Bo Gum is really kind and pure. That’s rare to see in a youth nowadays. When I said that I wanted Bogummie as a son-in law in real life, he (Bogummie) said, “Really, Mom?” and smiled.” ­–Sport Kyunghyang
Aw. EonamTaek!
Siapa sih yang gak mau punya menantu seperti Taek (Bogummie)?
Saya juga baca pernyataan salah satu Dosen Park Bo Gum. Beliau bilang Bogummie adalah salah satu mahasiswanya yang berdedikasi tinggi. Bogum tidak pernah melewatkan mata kuliah yang dipegangnya. Bayangin aja dia bela-belain kembali ke kampus di sela syuting CT untuk presentasi dan kembali ke lokasi syuting setelahnya. Lokasi syuting dan kampusnya jauuuuuuuh banget .
Naga-naganya like fans like artist nih. Dua-duanya gak bisa move on. Iya. Maksud saya Ryu Jun Yeol dan fansnya belum bisa move on dari fakta kalau Taek-lah yang menjadi suaminya Deokseon. Atuhlah, Mas. Lama-lama ni orang satu ngeselin deh. Awalnya saya gak merasa harus ambil pusing sama wawancara dan V app-nya dia. Tapi kok ya makin lama kesannya makin gak bener nih. Saya bukan anti-fans nya Jun Yeol. Tolong move on Mas dan jangan bikin fansmu diluar sana makin beringas nyalah-nyalahin Lee Woo Jung, membenci sampe maki-maki Park Bo Gum secara personal dan melakukan hal-hal childish lainnya. Saya curiga jangan-jangan di dunia nyata si Mas satu itu beneran suka sama Hyeri bukan sebagai Deokseon? Bodo amat. Saran saya, jangan terlalu bersemangat Mas-nyaaah. Ti-ati ngomong di depan media ntar bisa jadi boomerang. Maksud saya, meskipun kamu kecewa gak bisa menjadi suami Deokseon tolong pilih redaksi kalimat yang tidak tendensius dan ambigu? Bisa, kan? Satu kepala dan lainnya akan berbeda menerjemahkan maksud dari kalimatmu.
Chilbong aja gak se-desperate itu. Dibandingkan Junghwan, Chilbong bisa dibilang lebih menderita. Dia berjuang hingga menit terakhir tapi Najung tidak pernah membuka sedikit hatinya untuk Chilbong. Sedangkan Junghwan selalu ragu-ragu mengambil langkah. Jadi dia gak punya hak nyalahin Taek.
Titik.
Sebel gue. Fiuh.
Kapaaaaan ya bisa nonton/baca interview Bogum dan Hyeri tentang peran mereka di Reply 1988... Jun Yeol mulu nih.
Curiga nih saya, gak hanya Junghwan yang  suka sama Lee Mi Yeon (aktris yang memerankan Deokseon versi 2016) tapi Taek juga. Aku nonton Reply episode 00. Di salah satu scene, geng Ssangmun-dong minus Deokseon nonton tivi bareng trus muncul iklan Wang Joyeon (aktris China) dan iklan Ghana-nya Lee Mi Yeon waktu umur 18 taun. Junghwan dan Dongryong muji-muji Wang Joyeon, dan Taek cuman senyum-senyum aja liat iklannya Lee Mi Yeon sampe Junghwan nengok, ngomelin Taek.
뭐라고 애기 해라...”
Terjemahan bebasnya, ngomong dong jangan senyum-senyum aje LOL. Senyumnya Taek abis diomelin Junghwan itu looooh yang bikin gemesh.
Duh! Kurang random apa lagi postingan saya, Ya Allaaah .


Bad news, Thread Reply 1988 dan Suntaek Shipper di Soompi ditutup sementara selama 72 jam oleh Moderator. Gara-gara ngelanggar banyak peraturan. Wadooooh. Iyasih, dua kubu masih sering saling serang. Heran sayah, #TeamJunghwan yang notabene udah kalah masih aja ngeyel. 
Bonus :
ENGSUB Behind The Scene Reply 1988, cek di link ini

P.s : Mohon maaf jika ada konten-konten yang dinilai offensif di postingan-postingan dan komentar yang saya tulis. Saya bisa jamin sifatnya hanya sementara. Saya gak ada masalah dengan semua cast Reply 1988. Satu-satunya yang bikin kesel hanya pendukung Junghwan. Tidak semua, mungkin. Tapi kebanyakan, iya. ^^

36 comments:

  1. Seneng bgt bisa nemuin blog ini, selama ini cuma jadi silent reader aja tapi tiap hari pasti aku cek in blog ini nunggu tulisan tulisan lain nya, soalnya blog yg yg pro team taek hampir ga ada haha makasih udah nulis dan memberikan team taek energi *gabkinsakithati kalau liat blog lain yg kebanyakan pro junghwan suka bkin sakit hati, contoh ketika taek nangis batalin janji nonton film bareng duksun taek di bash abis abisan katanya cengeng lah ga jantan lah tapi ketika junghwan nangis ketika melihat taek datang terlebih dahulu ke konser dan dia telat satu langkah dan bener bner mengucapkan selamat tinggal ke cinta pertamanya teamjunghwan bilang mereka terharu kasihan ikut nangis bareng dulu aja taek yg nangis dibilang ga jantan bla bla hemm bner bner ga abis pkir dengan mereka.. semoga mereka cepat di sadarkan kembali yah ^_^
    Oh iya btw forum soompinya knapa di tutup? Udah 4 hari ini ga sempet buka forum soompinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwk kita team minoritas yak. Isinya kebanyakan yang kukenal orang-orangnya kalem, mature, hati-hati dan berpikiran terbuka bila dibandingkan team lain. Aku gak nyadar looooh blog yang ngebahas Taek dikit, yang kutau blog pro Junghwan cuma Hazuki.

      Satu kesalahan fatal team tetangga adalah, hipokrit. Pake standar ganda. Apa aja yang dilakuin Taek salah, Junghwan selalu benar. Miris.

      Dari yang kubaca, menurut moderator komentar-komentar di thread Soompi banyak yang mengandung hal-hal negatif, Shipwar lah, aku capek sendiri ngeliat tingkah pendukung Ryu Jun Yeol. Lama-lama aku bisa jadi ilang feeling juga ke artisnya T_______T

      Dramanya udah tamat, tapi team-nya belum move on. Ckck. Salam kenal ya, Mbak/Mas? Hihihi bingung manggil-nya apa habisnya pake anonim. Makasih udah mampir ^^

      Delete
    2. sepakattttttttt....... seneng skali nemu blog ini, selain krn #teamtaek tp jg tulisan2nya rasional dan logis. dr awl memang taek... dtunggu tulisan2 selanjutnya...

      Delete
    3. Hihi aku mba abisnya aku login pake google akun ga berhasil terus entah hp nya yg error, salam kenal yh mba ^_^
      Iya ngerasa bgt kayanya apa apa yh taek lakukan salah, bner kaya nya hanya orang orang yg rasional yg jadi team teak hmm aku jg jd sedikit kurang respek sama rjy kayanya dia kalau di wawancara atau pernah di v app kurang hati hati ngomongnya dan buat fans nya salah arti dengan apa yg dia omongin bukan nya harusnya dia merendam shipwar antara team taek dan team junghwan yah tp setelah v app malah makin ganas fans dia katanya rjy juga kecewa lah bla bla lah ya mungkin maksud rjy bukan seperti yg fans nya pkirin tp aku akan lebih suka kalau dia lebih hati hati dalam berbicara semoga semua pihak bisa menerima apa yg writernim putuskan ^_^

      Delete
    4. Haloooo ^^
      Ryu Jun Yeol masih harus belajar banyak mengontrol diri ketika diwawancara. Coba lihat cara Hyeri menjawab wawancara berkaitan Junghwan dan Taek. Ah, namanya juga Rookie ya? xDDD

      Tapi kalo dia terus menerus kayak gitu, aku ga ada harapan bakal respek sama dia kkkk

      Salam kenaaaaal, Mbak :)

      Delete
    5. Iya betul masih rookie mungkin jadi belum pengalaman, semoga kedepan nya bisa lebih baik lagi agar fans nya lebih legowo karna dia ga jd suami duksun toh dia masih rookie ke depan mungkin bnyak projek yg nawarin dia jd male lead park bogum aja ga segampang itu bisa jd male lead harus nunggu 4 tahun dia memulai karirnya baru jadi pemeran pertama yah harus nya fans nya sabar ga mungkin rookie tiba tiba jadi pemeran utama aktor sekelas lee min hoo kim soo hyun aja mesti nunggu beberapa tahun dari debutnya ya mungkin ada yg langsung jd pemeran utama tapi ga banyak

      Delete
    6. iya setuju banget,
      bogum bukan aktor instan yg bisa langsung mendapatkan peran utama dengan mudah,bogum harus melewati berbagai macam peran dulu sebelum akhirnya ditawari sebagai pemeran utama di reply 88 bahkan waktu di drama I remember you hitungannya dia cuma supporting actor,tapi salutnya sama si bogum ini meski dia kebagian jatah sbg pemeran pendukung aja di drama-drama dia sebelum-sebelumnya dia tetep sepenuh hati dan totalitas tinggi membawakan perannya di drama-drama tersebut ga peduli walau hanya sbg supporting karakter,orang bilang kerja keras ga pernah mengkhianati hasil (begitukan ya apa kebalik kalimatnya) sekarang liat sendirikan kerja kerasnya dari tahun 2011 akhirnya membuahkan hasil,

      jadi agak sedih juga sebenernya sayanya waktu ada beberapa orang yg melayangkan tuduhan ke dia bilang skrip reply diubah-ubahlah pas di akhir gegara popularitasnya lebih bersinar kesannya ga enak banget gitu dikuping ngedengernya orang-orang yg ngomong begitu ga tau seberapa besarnya usaha dia dimasa lalu hingg bisa sebersinar sekarang

      dulu siapa sih yg kenal dia saking ga terkenalnya dia dulu dia masih bisa aja pulang kuliah naik subway ga tau deh ya klo sekarang apa masih bisa kaya gitu ga yakin deh sayanya ckckck

      bahkan saya baru kenal yg namanya park bo gum ini waktu dia main drama tomorrow cantabile,hitunganya tomorrow cantabile itu dramanya yg ke berapa ya dia susah payah lho niti karirnya kaya kim soo hyun yg ditolak waktu audisi bbf kaya lee min ho yg baru terkenalnya waktu main bbf,

      ya tapi namanya juga manusia jadi komentator manusia lainnya itu mudah,semakin tinggi pohon akan semakin besar anginnya (bener ga sih peribahasanya?) jadi wajar kalo bogum punya banyak haters mlh aneh kalo aktor ga punya yg namanya haters wkwkwk

      kedepannya semoga drama bogum yg baru bakalan lebih booming dari reply 88 biar dianya ga tertuduh lagi semacem di reply ini berasa apa gitu jadinya kesian dia yg ada ngebaca ini tolong diaminkan~

      Delete
    7. *manggut-manggut sambil baca komen*

      Park Bo Gum, kata Kim Soo Hyun (cewe) itu the scene stealer. Sekecil apa pun perannya dia mampu bersinar berkat kekuatan aktingnya ^^

      Delete
    8. soo hyun ada ngomong begitu ka soal bogum waktu kbs drama award ya? maklum aku nonton kbs drama awardnya pake bahasa kalbu jadi ga begitu tau apa yg diomongin XD

      Delete
  2. bener2 deh reply 1988 yang satu ini nguras waktu dan pikiran penonton sampe ke ubun-ubun dan efeknya nyatanya masih belum bisa move-on dari drama ini.. saya sependapat dengan tulisan kakak, hanya penonton yang rasional dan terbuka saja yang mampu memahami 'excellent script' dari drama ini.. buat aku pribadi ini kali kedua-nya aku gagal move-on dari drama dan OTP pemainnya setelah dulu dibuat gagal move-on juga dari The Innocent Man dan EunGI-MaRu tahun 2012.. menurut-ku script-nya lee woo jung ini punya 'magic'yg kuat seperti hal-nya script lee kyung hee (Thank You, The Innocent Man, Wonderful Days)
    aku juga ikut prihatin kak, forum soompi jadi ditutup gara2 ship-war.. semoga ini tidak terjadi berlarut-larut dan forum bisa kembali terkendali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kkkkk tanda-tanda drama ini sukses salah satunya adalah bikin banyak penonton susah move on.

      TeamTaek mah woles aja, tau tuh Junghwan-ers kagak move on juga ckckckck cape liatnya xDDD

      Delete
  3. sama ka aku juga awalnya cuek bebek aja tu entah si om ryu mau ngomong apaan tapi kok lama-lama kupingku ini berasa kebakar ya ngedengernya puncaknya ya tadi malam kuping panas hati juga ikutan mendidih denger omongannya masa dia bilang dia di cast buat semua peran kecuali peran deok sun aku cuma bisa nunjuk-nunjuk layar hp sambil bilang "ini orang kerasukan apa coba ngikut-ngikutin kata-katanya si bogum juga bukannya bogum ya yg dapet keistimewaan milih peran itu" asli deh kok sekarang ini orang aku liatnya jadi berasa Caper banget ya alias cari-cari perhatian publik+para fansnya yg kebanyakan labil akut itu makin besar kepala deh itu para fans alay dadakannya ngedenger omongannya tadi malem --

    ya harusnya dia hati-hati dong kalo ngomong ka pemilihan kata-katanya diakan publik figur sekarang atau ga usahlah diungkat-ungkit lagi segala hal yg udah the end si bogum aja waktu fanmeetingnya dia berusaha sebisa mungkin ga bahas soal reply 1988 lah ini si om kok malah koar-koar kemana-mana ngomongnya di entertainment weekly iya juga bikin kesel,

    lagi baper ya om ryu? gegara ga dapet kebagian jatah ngekiss si hyeri sampe sebegini jadinya *mian ka esmosi akut*

    kok aku ngerasanya ini si om agak iri gitu ya sama popularitasnya si bogum ga ngerti deh waktu dia ngomong begini "aku bukan suaminya deok sun tapi aku suami para viewers" itu tujuannya apa coba buat menghibur diri ya om ato begimana? --

    udah deh ka udah mari ganti topik lain daripada aku makin panjang ngomelnya,

    kim ha neul (yg pernah main di film blind bareng bogum),lee ill hwa sama lee jong suk bilang kalo mereka suka taek si jong suk bahkan muji karakternya bogum di reply ya seperti yg kaka katakan diatas cuma orang-orang yg punya pemikiran mendalam yg akan menyadari betapa menakjubkannya karakter choi taek jarang sekali lho ka ada karakter yg semodel taek ini di drama korea,

    aku kehabisan kata deh kalo disuruh ngomentarin kepribadiannya bogum yg nyaris tanpa cela (akan sempurna kalo dia ga terlalu sering nangis haha) bahkan tulisan tangannyapun bagus ka aku curiga bogum itu bukan manusia ka saking perfectnya dia,

    jadi ga heran deh kalo banyak banget juga yg sirik sama dia sampe bikin rumor yg negatif-negatif soal dirinya maklum ka orang baik yg terlihat sempurna macem dia pasti punya banyak haters,ga usah jauh-jauh si bogum ka aku aja yg udah segini baiknya sama orang masih aja diomongin negatif sama orang apalagi yg macem bogum --

    penulis lee woo jung aja muji-muji dia fotografer yg kerja bareng dia juga muji kepribadiannya go kyung pyo juga muji-muji dia choi moo sung iya juga ga kehitung banyaknya deh kayanya orang yg muji-muji dia oh iya profesornya pun muji dia juga si bogum beneran sesuatu ya masih sempet-sempetnya presentasi kuliah ditengah-tengah jadwal sibuknya ga salah deh aku ngefans dia dikampus pasti bogum ini jadi idola kampus ya macem yoo jung sunbae di chese in the trap XD

    oh iya itu ka waktu syuting cf k-swiss reporter wanita yg wawancarain dia tali sepatunya lepas terus si bogum ngiketin tali sepatunya yg lepas gitu ini orang kok manis banget pantes mba irene ikutan tersepona sama dia haha

    oke sekian,
    ga ada habisnya kalo ngomongin soal kepribadian perfectnya bogum nanti komen aku maki kepanjangan jadinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju banget kayanya rjy bner bner suka sama hyeri di kehidupan nyata haha padahal aku juga ga mau ga respek sama rjy tp kayanya dr omongan dia tuh slalu bilang kecewa ga jd suami duksun yg bkin fans nya kasian sama doi dan mulai menyalahkan lee wo jung lagi atas perubahan naskah *versimereka ya memang mungkin aja ketika casting masing masing aktor belum tau akan berperan sebagai apa tp inget loh bogum ga casting sama sekali dia langsung di tawari peran di reply 1988 dan artikel pertama yg keluar pun entah bulan mei atau bulan apa lupa park bogum and go jun pyo male lead coba deh team junghwan cari artikel sebelum perilisan reply 1988 apakah ada yg mengatakan ryu jung yeol male lead??? Dan karakter choi taek paling cocok untuk park bo gum ga ngebayangin kalo choi taek jadi ryu jung yeol atau pun go jun pyo pun kurang pas jd choi taek, memang choi taek di takdirkan untuk bogum ^_^

      Delete
    2. Oh iya satu lagi ketinggalan masalah poster reply 1988 taek dan duksun tidak bersebelahan yg membuat team junghwan mengira ada perubahan plot di akhir episode yg membuat taek jd suami duksun padahal emang semua nya yg berpasangan atau suami istri ga bersebelahan yah bora dan sunwoo pun tidak bersebelahan nah coba teak junghwan mau komen apa lagi hmm berartikan memang dari awal husband nya itu udah di tentukan choitaek titik ga ada koma

      Delete
    3. Nis, jujur aku rada-rada takut loh Park Bo Gum dipuji sana-sini. Yang nyaris sempurna tanpa cela itu lebih mengkhawatirkan kadang-kadang dibandingkan yang punya cela. Semoga Bogum baik-baik saja dan karirnya stabil yah ^^

      Delete
    4. Mbak Noonim, setujuuuuuuu pake bangetttt. Poster! Dai situ aja bisa diliat troll-nya PD-nim dan Lee Woo Jung. Yang pasnagan gak duduk/berdiri berdekatan kecuali Sunwoo dan Jinjoo. Sayangnya Team Junghwan udah gagal fokus dari jaman purba. Drama Reply 1988 gak bisa ditonton pake kacamata mainstream kayak nonton drama-drama korea biasanya. Duh, gak ada abisnya emang kalo udah nyinggung kebrutalan timtetangga. Aku gak mau mancing fanwar juga. Aku mah cinta damai. Males berdebat untuk hal-hal yang udah ditau jawabannya. Buang-buang energi doang ^^

      Delete
    5. iya juga sih ka ya dulu Iu juga dipuja-puji sekarang malah dibenci,

      iya semoga karirnya baik2 aja~

      Delete
  4. sama....... msh blm move on #teamtaek masih sering me-rerun Reply 1988. sama... kesel jg ma #teamjunghwan, sampe males aku ngladenin debat ma tmnku. pdhl junghwannya sndri aja legowo, dewasa, knapa para fans ny yg malah blm dewasa dn terima kenyataan.
    ska karakter taek sama deoksun memang cocok saling melengkapi gt, dg sgala karakter dn kekurangannya taek memang butuh deoksun begitu jg sebaliknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbaaaak Rosiiiii ^^
      Udah, gausah diladenin temennya. Orang yang logikanya masih on milih diam aja. Baduk etiquette, inget? :D

      Delete
    2. kalo ga salah Shin Pd aja bilang sendiri kalo tim jung hwan yg salah pemahamannya,sejak awal reply 88 bukan tentang husband hunt tapi tentang family dan lucunya aku baru nyadar setelah dramanya tamat,

      banyak-banyak dimaklumi aja itu tim tetangga sebelah maklum emosi+perasaan mereka ngalah-nglahin akal sehat mrk jadi ya begitu jadinya,

      ketika perasaan mengalahkan akal sehat dan logika maka semua fakta yg benar adanya akan terlihat salah semuanya dimata mereka,lari dari kenyataan demi menyelamatkan harga diri yg terluka karna harapan yg terlalu tinggi tak kesampaian dan terus-terusan berdelusi dalam fatamorgana itulah tim jung hwan,

      sekian,
      catatan : komentar yg ditulis diatas memang sangat kurang objektif karna mencampuradukkan emosi didalamnya

      Delete
    3. Haha suka sama komennya mba nisa ^^

      Delete
  5. Udah pada baca interview nya hyeri kah ? Disitu dia di telfon sama suaminya (read:park bo gum) kalau wawancara jawabnya yg baik

    Haha pas aku baca kaya senyum" sendiri, diluar syuting ternyata mereka msh saling menghubungi, bahkan dengan panggilan my husband.

    Kaka Zeero Aplus dan mba Nisa aku mau kenal lebih dekat kalau boleh tau apa nama fb nya atau add fb aku Melia Nontin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepakat.... liar park bogum ke irene manis, tp ke hyeri lebih gokil lg, ga jaim2 lg dy, seru...

      Delete
    2. Setuju bgt sama mba melia, aku pantengin terus update wawancara hyeri seneng dia bner bner hati hati dalam berbicara dan juga menjelaskan alasan knapa duksun jatuh cinta ke choi taek mungkin dia gerah juga yah bnyak yg bilang skenario di ganti lah bla bla lah hyeri mengerti bgt knapa karakter duksun memilih choi taek walaupun memang mungkin dia menangis ketika bts scene junghwan menyatakan cinta nya ya jangan di bilang karna dia sedih junghwan ga jd suami nya atau karna hyeri ingin junghwan jadi suami duksun atau karna penggantian skenario rasional nya gini deh saya aja yg teamteak ikut terharu karna walaupum sebenenya junghwan tau yg di cintai duksun adalah taek tp dia memberanikan diri untuk menyatakan cinta nya agar plong kali yah dan bner bner lupain duksun dan hyeri tau sendiri dulu duksun sempet menyukai junghwan mungkin aga terbawa perasaan ^___^

      Delete
    3. Waaaaaa, rame nih. Halo... Halo...

      Kkkk jawabannya Hyeri bikin senyam-senyum yak. Tau aja kali kita lagi kangen sama suaminya Huahahaha.

      @Melia, maapin dakuh dek T______T. Aku punya facebook tapi jaranaaang banget dibuka dan aku gak update korea-koreaan di sana. Aku aktif di Twitter ummmm... sebagai spammer wkwkwk

      @Mbak Rosi, aku gak merhatiin Irene-Bogum sih ya jadi gak tau chems nya mereka. Yang kuliat di BTS Hyeri-Bogum itu deketttt banget. Friendship goals banget. Uhuuuks

      @Mbak Syarfina (bener ga nih namanya?) Hehehe aku emang curiganya sedari awal perasaan Deokseon ke Taek itu udah ada jauh sebelum dia suka Sunwoo cuman telat nyadar aja dia.

      Karakter Junghwan sejatinya diberikan Lee Woo Jung kepada kita sebagai pelajaran dan pengingat. Jangan buang-buang kesempatan yang ada karena kita tidak pernah tau apakah ia akan datang kembali atau mengilang selamanya (kesempatan itu) bukan hanya dalam urusan cinta-cintaan semata.

      Delete
    4. halo melia salam kenal dari banjarmasin ^^

      aku ga punya blog pengennya bikin blog tapi takutnya ga keurus soalnya aku ini angin-anginan orangnya kalo nulis jadinya ya gini nyampah panjang lebar di blog ini dan blog-blog lainnya serta forum-forum lainnya dengan komentar panjang kali lebar kali tinggi kaya rumus persegi panjang *mian kaka hihi*

      fbku udah ga keurus lagi melia,
      ini beberapa media sosialku yg masih aktif :
      Path : Nisa Shawol (ada beberapa tulisan yg aku tulis di path (balada ga punya blog makanya cuma nulis di path)

      Line : nisashawol24

      udah baca interviewnya hyeri pertama bacanya sih ketawa-ketiwi senyam-senyum sendiri kaya orang gila (maklum jiwa shipper kumat mendadak) tapi setelahnya yaudah deh ga ngarepin mereka jadian kalo mereka emang beneran jadian berarti itu bonus dan kalo ngga juga no problem soalnya sejauh ini shipperku yg berhasil kejadian di real life cuma si lee jong suk-park shin hye dan itupun kampretnya mereka sama-sama ngelak kan bete jadinya --

      dulu nyipperin banget song hye kyo-won bin di endless love asli deh itu kesian banget nasibnya won bin di endless love jauh lebih ngenes dari si jung hwan di reply (oke ini terakhir kalinya aku nyebut namanya si om ryu disini habis ini insyaf haha) eh malah ga kejadian won bin malah kawinnya sama lee na young shipper paling gagal total padahal waktu itu udah gila sendiri ngebayangin gimana jadinya kalo won bin-song hye kyo kawin anaknya bakal seganteng ato secantik apa coba T.T

      makanya udah kapok sendiri akunya pake acara nyipper-nyipperin orang kaya ka azzhura wkwkwk

      lagian si hyeri kayanya lebih suka cowo yg usianya terpaut jauh dari dia deh dan bogum sepertinya ga masuk hitungan dan bogumnya pun kebalikannya si hyeri lebih suka cewe yg lebih tua beberapa tahun dari dia tipe idealnya aja si tante lee chung ah jadi dari yg aku liat sampai sejauh ini hubungan mereka hanya sebatas oppa-dongsaeng kalopun ada getaran-getaran romantis diantara mereka paling itu cuma bisa bertahan sebentar mungkin (maklum jiwa muda masih labil) semodel hubungan baek hyun-taeyeon dan tiffany-nickhyun yg udah terlanjur kandas~

      Delete
    5. Eh udah rame aja

      Iya kalau kata aku hyeri itu cerdas bisa jawab pertanyaan dgn rasional, awalnya cuma suka deoksun tp setelah wawancara jd suka hyeri. Dulu sih biasa aja abis image nya sbg idol seksi aku agak terganggu dgn image yg seperti itu tp skrng aku bisa melihat sisi hyeri yg lainnya.

      Mba Zeero ga pp ko, aku udah follow yah twitternya tp aku ga berharap di follback ko soalnya aku jg jrg bgt update d twitter kebanyakan di fb.

      Mba nisa emg bener kalau komen udah kaya rumus persegi haha masalah aku shipperin bogum atau hyeri aku jg masih dipertimbangkan tp kalau deoksun taek aku dibarisan kedua setelah mba zeero. Abis gimana yah aku jg sama shippernya musiman dan ga mau terlalu nuntut kalau pasangan tersebut harus jadian. Tp aku jg dulu darling couple loh tp pas ketauan jederrrrrr mereka kompak bgt ngebantah berita itu yaudah terserah mereka hidup jg hidup mereka kita sebagai penonton bisa apa.

      Delete
  6. tiap nonton pasti slalu sambil buka blog ini.. ga bosen2 utk nonton ulang dn mampir ke blog ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mbak Rosi... Beruntungnya sayaaaah ^^

      Delete
  7. maaf mbak kalo boleh tau LINE yg bahas team taek itu grup atau apa? id nya apaan ya mbak?

    ReplyDelete
  8. Taek itu luar biasa. Setelah selesai nonton drama ini aku bener2 jatuh cinta sama karakter Taek. Awalnya aku pendukung Jung Pal, tapi karna gemes dia gak kunjung ngungkapin perasaan ke DS,dan tiba2 muncul malaikat Taek yg begitu polos dan baik hati, aku jadi beralih deh (sama kayak DS dong. Hehhe). Berikut alasan yg bikin aku jatuh hati sama Taek.

    1. Taek itu polos. Gak pernah ngeluh akan apapun. Ep. 1 terlihat dia pasrah aja tuh disuruh ini itu sama gengnya.

    2.Taek itu tulus. Dia selalu senyum ke semua org (kecuali pas tanding) dengan tulus. Bahkan waktu ngantuk aja masih sempat2 senyum kalau ketemu org.

    3. Taek itu royal. Dia suka ngasih uang ke temannya tanpa pandang bulu. Paling jatuh hati waktu dia ngasih uang ke pelatihnya buat org2 dan wartawan yg udah capek selama ini.

    4. Taek itu peduli. Masih membekas saat Taek ngebantu Bapaknya Jung Pal yg ditelantarkan di RS dgn menghubungi kepala RS yg notabene fans berat Taek. Yuk,#teamjunghwan di reply lagi part itu. Hehhee

    5. Taek itu jujur. Dia gak malu2 nunjukin kalau dia suka ke DS, gak pernah ngehina DS, gak seperti...

    6. Taek itu ikhlas. Saat Bapaknya minta ijin ke dia buat nikahi Mama SunWoo aja dia gak ngerasa sedih atau kaget atau syok atau marah. Dia malah senyum trus ngasih jawaban yg luar biasa.

    7. Taek itu pengertian. Saat tau Jung Pal juga punya rasa ke DS, Taek langsung mundur dan memberi kesempatan sama Jung Pal buat maju. Eh, tapi dasar si Jung Pal aja yg ragu2 mulu dari awal sampai akhir, padahal DS udah sering kasih sinyal2 buat Jung Pal.

    Ada yang mau tambahin kebaikan2 Taek?

    Lalu pantaskah seorang yang baik hati seperti Taek tidak mendapatkan cintanya????

    Adilkah jika Jung Pal yg tidak berusaha, tidak berjuang (meski dia juga baik) mendapatkan DS???

    Yang katanya pergantian male lead dari Jung Pal ke Taek?

    1. suami masa depan DS tuh mukanya memang mirip banget sama Taek.

    2. Karakter suami masa depan DS itu pendiam, kaku, irit ngomong. Ya kayak Taek kan?

    3. Yg katanya suami masa depan DS masih suka baca komik itu menggambarkan Jung Pal. Yuk, liat lagi ep.1 dimana kamar Taek di sorot n lihat gak kalau di raknya itu banyak banget komik2 yg disusun rapi? Ternyata Taek juga penggila komik.

    Oke sekian lah dulu.

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah saya masih waras mbak sukanya sm taek lahh...material husband banget....bs gila saya d dunia nyata dpt tipe tsundere....nebak2 gak jelas...
    TEAMTAEKALLTHEWAY¡!!!!!!!

    ReplyDelete
  10. Akhirnya nemu juga blog yg isinya team taek ak nonton drama ini 2 kali karna ak agak kecewa knp junghwan bukan suami DS awalnya ak pikir DS hanya menggangap taek seperti adik karna taek sangat lemah tapi setelah ngulang nonton lagi akhirnya ak ngerti Taek memang pantas jadi suami DS. Taek bukan orang yg lemah hanya saja dia tidak ingin mencari masalah dengan orang lain dan dia sangat menghargai prinsip petemanan mereka makannya dia memutuskan untuk gag ngedate sama DS saat tau JW juga suka sama DS kalau masalah knp dia terlihat seperti anak2 kalau di depan DS adalah karna dia begitu menyukai DS dan senang atas perhatian lebih dari DS ingat gag yg bapaknya taek bilang kalau taek suka dengan seseorang dia akan menjadi seperti anak kecil yg ingin di perhatikan.menurutku Taek lebih manly dari JW why? Karna Taek berani bilang kalau dia suka DS sebagai wanita di hadapan semua temannya dan taek berani datang ke base camp nya JW untuk kasih tau masalah dompet yg ada foto nya JW dan DS sepertinya dia pengen kejelasan dari JW tentang sejauh apa hubungan dia dengan DS. Tapi pas JW jawab agar Taek kembali mendekati DS kurasa JW sudah move on dan tahu kalau Taek memang lebih pantas dari JW karna Taek membuat DS sebagai prioritas utamanya seneng banget akhirnya Taek lepas dari obat2an nya karna obat paling manjur adalah DS and I love their kiss omoo melted banget liatnya seperti benar2 realita dan gag terkesan seperti dipaksakan atau karna obsesi tapi benar2 tulus

    Maap komen panjang lebar karna gag tahan pengen sharing soal taek

    ReplyDelete
  11. Akhirnya setelah berbulan2 sejak awal shipper war di soompi..aku nemu bloger tim taek yg pake bahasa indonesia..awalnya aku kemping di blog harazuki tapi ternyata dia gak netral dan memproklamirkan diri sbg tim junghwan..aku pindah ke soompi dan kemping di threat shipper taek team walau dng bahasa inggris yg pas pasan..aku tetap bertahan sbg sikent reader. ..waktu terjadi perang shipper yg dahsyat di main thread repley 1988 soompi..aku ikutan baper sakittt hati karena ulah tim jw apalagi baca komen di blognya airin wahh bisa mati berdiri. Setelah daramanya tamat dan YOuth Over Flower Afrika jg nyaris tamat aku tetap gak bisa move on dari sosok PARK BO GUM. Akhirnya aku tetap kemping di thread bogum di soompi cima utk baca apdetan berita dan foto2 teranyarnya...haduhh..gak sabar nunggu drama terbaru bogum yg rilis bulan agustus...lamaaaanyaaa...semoga bloger ini juga tetap mengikuti drama terbaru park bogum...dan aku akan kemping disini sampe tamat...fightingg..chinguyaa..khamsahada utk blognya ya chingu..

    ReplyDelete
  12. Sy pikir yg dukung choi taek cm sya haha, trnyta ada jg blog yg nulis spt ini(sependapat sm sy). Trs terang sih emang lebih setuju deok seon sm taek kemana2 yh. Hahaha. Sy berkali2 nonton drama ship yg sy suka sllu aja beda sm temen2 sy. Sy suka dua orang ini, tp mereka suka dua orang itu. Dn disini ky dpt pencerahan wehehe

    ReplyDelete
  13. Tapi min kenapa dr ep 1 ampe 6 scene choi taek dikit bangeet. Padahal nunggu2 dia banget.

    ReplyDelete

Haiii, salam kenal ya. 😊