[Trivia] CURHAT SUNTAEK SHIPPER PART 2

Friendly Reminder!
Kalau kamu #TeamJunghwan garis keras, saya sarankan jangan membaca postingan di bawah ini.



“... and by any chance, if there is anyone who hasn’t been confessed to by the one they love yet, or if you’re suffering from love-related pain, don’t be too sad. Another person maybe in love with you right now. And they may just confess to you that they’ve liked you for a long time eventhough you were totally unaware. Wow...”
Yang udah nonton epiosode 6 pasti tau adegan ketika Lee Moon Sae membacakan surat Deoksun yang dikirimnya ke radio, kan? Anggap saja saya delulu karena menganggap kalau kalimat ini, Another person maybe in love with you right now. And they may just confess to you that they’ve liked you for a long time eventhough you were totally unaware”, mengacu pada Choi Taek. Episode 6 adalah awal mula Writer memasukan Taek ke lingkaran Husband Hunt. Di saat Deoksun menangis karena tertolak oleh Sunwoo, Junghwan yang sebelumnya melihat adegan tersebut dari balik pintu pagar rumahnya, pulang ke rumahnya dan makan ramen. Sementara Taek yang baru keluar dari tempat latihan Baduk melihat salju pertama turun, segera menelepon Deoksun mengajaknya nonton film. Berdua—noh, sengaja saya block wkwk. Banyak #TeamJunghwan yang bilang Taek muncul terlalu terlambat sehingga secara tidak langsung, itu semacam isyarat bahwa suami Deoksun adalah Junghwan.
Em. Really?
  Lagi-lagi saya mengalah. Anggap saja skenarionya pada akhirnya membawa Junghwan sebagai suami Deoksun. Tapi ijinkan saya bertanya beberapa pertanyaan yang cukup mengganggu belakangan ini terkait klaim #TeamJunghwan.



* Kenapa writer capek-capek menceritakan kedatangan Choi Taek dan ayahnya ke Ssangmundong? Trus pada satu kesempatam Deoksun kecil pake acara ngegendong Taek segala. Yang patah tangannya, bukan kakinya. Inget gak, di dua Reply sebelumnya, suami pemeran utama adalah orang yang paling dekat—semacam punya koneksi tersendiri dengan si tokoh utama wanita, sejak kecil. Di antara keempat cowok teman Deoksun, kenapa hanya Taek yang diperlihatkan? Untuk menunjukkan bahwa sampai kapan pun perasaan Deoksun ke Taek hanya sekadar nuna ke dongsaeng-nya? Yeah, Taek dan Deoksun seumuran tapi Deoksun selalu memperlakukan Taek seperti adik kecilnya yang tidak bisa apa-apa. Kok saya gak yakin ya? Bagaimana kalau perlakuan Deoksun ke Taek akan berbalik mejadi bumerang baginya suatu saat nanti? Tanpa disadari Deoksun, sebenarnya ia sudah menyukai Taek sejak dulu—sebelum insiden dua temannya yang mengomporinya soal perasaan Sunwoo lalu Junghwan. Masuk akal kan?
* Entah ini hanya perasaan saya saja atau memang writer sengaja membuat scene Taek-Deoksun lebih detail dan cantik. Scene di pantai, di China, ketika Deoksun menjemput Taek di tempat latihan Baduk. Satu lagi, kenapa Taek diperlihatkan semakin mendekati kriteria suami masa depan Deoksun? Merorok, sarkas, diajari menyumpah sama Deoksun, sampe nonton film p*r*o bareng the gank minus Deoksun? Sengaja ngetroll penonton? Auh, so cruel....


Perbedaan mendasar Junghwan dan Taek adalah, kita bisa secara jelas membaca karakter Junghwan tapi tidak dengan Taek. Taek itu kayak bawang, dibuka selapis demi selapis untuk tahu dia seperti apa. Sekilas terlihat rapuh, namun di antara mereka berlima, dialah yang paling strong dan mature. Setidaknya untuk remaja delapan belas tahun.
Sebagai karakter, kesalahan Junghwan adalah dia terlalu peragu. Banyak kesempatan baginya untuk jujur pada Deoksun jauh sebelum Taek confess ke geng soal rasa sukanya pada Deoksun. Yang dilakukan Junghwan hanya melakukan ini-itu untuk Deoksun secara diam-diam atau tidak dan mempertahankan bickering satu sama lain. Di kasus Reply 1997, saya suka style Yoon Jae dan Shiwon dengan adu mulut mereka, tapi untuk kasus Deoksun-Junghwan saya tidak menemukan chemistry itu. Apa mungkin karena sejak awal mata saya hanya dan selalu fokus pada Taek sekecil apa pun porsi penampakannya di setiap episode? Entahlah. Coba perhatikan, adakah dialog penuh makna antara Deoksun dan Junghwan—selain adu mulut atau saling ejek? Lalu bandingkan dengan Taek-Deoksun. See, paham kan maksud saya?


Sungguh saya tidak mau menyiksa diri dengan harapan palsu—karena dengan keahlian menulisnya, penulis skenario dan PD-nim bisa dengan mudah menjungkirbalikan prediksi dalam satu adegan saja. Tapi setelah episode 16, saya yakin suami Deoksun adalah Choi Taek!


“The star of the show always show up last!” –Lee Il Hwa (Reply 1988 episode 02)

If you know what I mean xDDDD


So, kalau pun Choi Taek gak jadi suami Deoksun, saya tetap senang dengan karakternya. Di antara ketiga Reply Taek menempati posisi pertama, Yoon Yoon Jae kedua. Saya gak bilang siapa yang ketiga, toh sudah ketahuan siapa hhehe.

5 comments:

  1. aku selalu suka baca tulisan-tulisannya kaka soal suntaek shipper,aku bolang balik buka blog kaka lho ka cuma buat ngecek ada tulisan terbaru kaka lagi soal suntaek shipper atau ngga,

    aku juga sering ka baca blognya hazuki tapi berhubung hazuki itu tim jung hwan jadi aku agak merasa gimana gitu ka bacanya soalnya aku tim taek,nasib kaum minoritas T.T

    kaka sering-sering ya ka bikin tulisan soal suntaek shipper,aku udah ngubek-ngubek google ka tiap hari cuma buat nyari blog yg bahas soal suntaek shipper tapi hasilnya nihil kebanyakan yg ada bahas jung hwan mulu --

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke, call!Emang rencananya sambil nunggu episode 17 tayang minggu depan, aku ingin memposting banyaaak hal tentang Suntaek Shipper. *kedip mata* :D

      Makaaaaasiiiih looooh, Nisa udah suka baca dan jengukin blog ini <3

      Delete
    2. makasih ka pesanku udah dibalas~
      serius deh ka aku bolang balik blog kaka tiap hari cuma buat ngecek ada tulisan terbaru soal suntaek shipper,

      aku juga tiap hari sih ka mampir ke soompi threadnya suntaek shipper,baca tulisan kaka jadi hiburan tersendiri buat aku yg adalah kaum minoritas pendukungnya tim taek T.T

      oke ka ditunggu banget pokoknya tulisan-tulisan kaka selanjutnya kalo perlu yg panjang ka tulisannya semodelnya blog hazuki yg panjang lebar bahas soal jung hwan :)

      Delete
    3. No Problem ~
      Sama-sama, Nisa. :)
      Aku pengen banget menulis postingan dari sudut pandang Taek, tapi masih ragu-ragu. Puzzle-nya belum lengkap. Aku takut nyebarin harapan palsu.

      Nulis yang masih terasa rasional ajah hehehe. Gak enak patah hati xD

      Delete
  2. wah asik nih nemu blog yg suka suntaek pas lagi tayang.. indonesia pula, jd bisa komen hehe.. kereen!!
    saya juga g bisa nemu chemistry antara ds sama jh padahal couple bickering termasuk fav saya lol.. mungkin krn jh sama ds itu kebanyakan yg bicker nya ya jh, ds selama ini cuma diem aja klo di jailin. beda sama yunjae-siwon, mrk bedua saling bicker, saling bales jd penonton jg merasakan chemistrynya.. malah klo ngomongin bicker, justru ds sama dongryong yg lebih seru lol.. yg satu sering mukul yg satu sering jambak rabut lol.. tp disatu sisi masih bisa saling memahami...
    setuju bgt saya juga paling suka taek diantara ketiga tokoh utama reply series. dia tuh aneh, kayak punya dua sisi yg diliatin, g bisa dibaca, bikin orang penasaran.. <3

    ReplyDelete

Haiii, salam kenal ya. 😊