[Trivia] BTOB : I’ll Be Your Melody

BtoB (비투비) merupakan akronim dari Born to Beat. Idol grup yang terdiri dari Tujuh member ini memulai debut perdananya pada 21 Maret 2012 di Mnet Countdown dengan lagu Insane dan Imagine.
=oOo=
Begitu kabar kalau BtoB akan tampil kembali di Immortal Song Season2 (KBS) setelah penampilan mereka terakhir kali dua tahun lalu, saya seketika antusias—meskipun saya bukan seorang Melody (fans BtoB). Tentang ini saya pernah berjanji setelah resmi melepaskan embel-embel Aplus (A+)—fans MBLAQ—saya tidak akan lagi men-stan grup mana pun. Bukan apa-apa, efek yang ditimbulkan gara-gara grup tesebut pecah benar-benar melelahkan hati saya. Saya tidak bersedia lagi menanggung resiko yang sama untuk kedua kali. Sebab itulah saya membuat janji seperti itu untuk diri saya sendiri.
Untuk BtoB, saya hanya satu dari sekian orang yang menyukai lagu-lagu mereka, menyukai member-membernya, sesekali mengikuti penampilan mereka di variety/reality show, sesempatnya saja saja. Menyukai tak berarti harus menjadi die hard fans kan?
Saya semakin tak sabaran setelah tahu ternyata mereka membawa pulang trofi kemenangan. Mereka berhasil mengalahkan 4 penantang lainnya secara berturut-turut. Sepengetahuan saya, jarang ada idol yang bisa meraih kemenangan di Immortal Song apalagi sampai bisa menang telak begitu. Berita buruknya adalah kuota internet saya sudah sekarat—engap-engapan ㅋㅋㅋ, bulan ini pemakaian internet saya luar biasa borosnya. Saya terpaksa menunda mendonlot drama-drama lain sambil menunggu dramanya Bogum tayang. 472 MB itu bukan size yang sedikit, tapi yah karena saya sudah kadung penasaran dengan penampilan BtoB maka didonlot-lah Immortal Song 2 episode  264 di My Asian tv.
Saya harus mengakui penyanyi-penyanyi yang tampil di episode malam itu benar-benar memukau dan bukan lawan yang mudah. Ini bukan lagi soal suara siapa yang paling bagus—tapi soal seberapa jago memilih lagu agar bisa merebut perhatian penonton. BtoB yang diwakili Yook Sungjae, Seo Eunkwang, Im Hyunsik dan Lee Changseob memilih lagu yang pas. Lagu ballad berjudul 님에게 (To You) yang pernah dipopulerkan Foot Bridge di tahun 80-an. BtoB tampil sangat impresif. Kece badai. Meminjam komentar Changmin Homme, mereka tampil sempurna. Pembagian suara yang seimbang dan penghayatannya juga gilak, bagusss! Sentuhan improvisasi berupa nada-nada tinggi terhadap lagunya semakin menunjukkan line vokal BtoB gak bisa dianggap remeh. Gimana ya, di mata saya BtoB itu emang paling bersinar kalau udah nyanyi ballad—apa mungkin karena saya penyuka lagu-lagu bertempo lambat alias melo? Saking seringnya saya menonton penampilan BtoB di Immortal Song 2 itu, saya hampir menghafal lirik lagu To You ㅋㅋㅋㅋ
Bagi yang ingin menonton penampilan BtoB di Immortal Song 2, silakan klik link berikut ini BtoB-Immortal Song 2
=oOo=
Lagu Father—Abeoji (아버지) membuka perkenalan saya dengan BtoB sekira tahun 2013 kemarin. Aransemen lagunya bagus, liriknya menyentuh, vokal setiap membernya bagus banget—rap line-nya juga. Saya sering mendengarkan Father saat saya sedang mengerjakan deadline tulisan. Waktu itu saya tidak tahu menahu nama member BtoB, saya bahkan tidak tahu mereka pernah mentas menyanyikan Insane di Dahsyat (RCTI) di tahun debut mereka. Alasan kenapa saya mendownload lagunya pun gara-gara saya yang sedang butuh referensi lagu-lagu ballad Korea, iseng mengetikkan lagu ballad/melankolik Korea terbaik di mesin pencari Google ㅋㅋㅋ. Sejak saat itu, nama BtoB di kepala saya tak lebih dari penyanyi lagu Father. Saya gak tahu berapa jumlah membernya, saya gak tahu siapa saja mereka, saya bahkan gak tahu kalau mereka satu atap dengan agensi-nya B2ST/Beast, Cube Ent.
Karena saya fans beratnya School 2013, saya hepi banget membaca info bakalan ada drama School terbaru di KBS. Netizen banyak yang rewel bin bawel (baca; gak setuju) begitu tahu siapa yang akan mengisi pemeran utama drama tersebut. Nah, saya gimana? No komen-lah. Saya kan belum terlalu akrab sama Nam Joo Hyuk (Surplus Princess, tvN), dan Yook Sungjae (Plus Nine Boys, tvN). Kalau Kim So Hyun, saya sudah lumayan banyak nonton dramanya.
Begitu School 2015 airing, saya donlot dan nonton dua episode perdananya. Karena saya harus pulang ke rumah beberapa waktu lamanya, saya pending nonton episode seterusnya. Alhasil, setelah rampung tayang, saya nontonnya pake jurus skip ckckck. Tapi meskipun saya gak fokus nonton, akting Yook Sungjae berhasil menarik perhatian saya. Segera saja saya teringat sebelumnya sudah pernah menonton drama dia di tvN. Dia juga pernah menjadi cameo di Reply 1994—jadi adek bungsunya Sung Najeong yang suka kelayapan LOL.
Berawal dari School 2015, saya mulai nyari-nyari info tentang Sungjae. Oh—ternyata dia maknae-nya BtoB. Salah satu vokal-line dan yang badannya paling menjulang di antara member lainnya. Dan tibalah saya pada program variety show besutan MBC—We Got Married. Di situ ia dipasangkan dengan member Red Velvet, Joy. Sungjae menjadi titik perdana saya mulai ngepoin BtoB tapi gak se-agresif seperti pertama kali saya kesemsem dengan MBLAQ.
Di Youtube, saya masukkan ke kolom pencarinya keyword BtoB’s Best Song. Blerrrttttt, munculah sekian banyak video. Saya tonton dan dengerin, yang cocok dengan kuping langsung saya donlot mp3-nya. Insane (비밀), Lover Boy (I Only Know Love), Thriller, Imagine, Monday to Sunday, It’s Ok, Why, Jibeuro Ganeun Gil (Way Back Home), Last Day, LUV (lagu Jepang terbaru BtoB) itulah beberapa lagu BtoB yang saya suka.
Pernah, suatu ketika saya dan dua adik perempuan saya yang pertama dan paling bungsu, duduk santai di teras rumah. Ngobrol ringan sambil ngutak-atik ponsel masing-masing. Saya memutar lagu Angel-nya Berry Good. Trus adek saya yang nomer satu nyeletuk, lagu siapa tuh? Bagus ya. Terkenal gak di Korea?
“Heran deh, banyak lagu-lagu bagus tapi gak populer. Sayang banget.” Begitu ia berkomentar saat saya jawab Angel gak terkenal. Ia sudah berkali-kali mencetuskan keberatan yang serupa setiap kali saya memutar lagu Korea dan di telinga dia terasa bagus.
Pertanyaan yang dia lontarkan sebenarnya pernah sangat akrab dengan saya. Saya punya pengalaman yang serupa dengan MBLAQ. Di masa lalu, saya memendam kesal yang gak kelar-kelar tentang mengapa grup idola yang punya kualitas bagus—menurut saya—tapi kepayahan dan sulit meraih popularitas. Salahnya di mana? Kurangnya di mana? Kemudian, setelah lama mendalami dunia Kpop, saya menyadari fakta menyedihkan bahwa ternyata talent, bakat, lagu-lagu bagus dan semacamnya tak akan pernah cukup menjadi jaminan sebuah boyband/girlband akan sukses setelah debut. Mereka masih harus didukung faktor x, y, z dan lain-lain.

BtoB memiliki materi dan kualitas yang sangat keren di mata saya. 4 vocal line (Eunkwang, Changseob, Hyunsik, Sungjae) dan 3 raper yang bisa nyanyi (Ilhoon, Minhyuk dan Peniel). Kemampuan dance mereka juga bagus. Tapi mereka, oleh banyak netizen dianggap underrated bila dibandingkan dengan boyband lain yang debut di tahun yang sama—2012. Tentu saja dalam hal ini saya tidak memiliki kapasitas untuk menilai kenapa dengan amunisi se-keren itu, di tahun keempat debutnya BtoB masih juga mengalami kesulitan jika berurusan dengan satu kata ini—populer. Dari skala 1-10, kepopuleran BtoB berada di antara 5 dan 6. Sebelum kemunculan Yook Sungjae di School 2015, BtoB nyaris tidak pernah muncul ke permukaan. Album-album yang mereka rilis tidak bisa berbuat banyak di tangga musik. Yang bikin saya sedih tuh ketika mendengar komentar Sungjae di WGM episode 308. Dia dan Joy syuting untuk My Little Television
Joy lagi ngasih penjelasan ke pemirsa mengenai segmen acara mereka. Kata 비밀 yang keluar dari bibir Joy spontan disambut Sungjae dengan menyanyikan lagu debut BTOB, tak urung membuat Joy dan panelis—juga saya tertawa. Sungjae dengan nada sedih mengaku lagu Insane (비밀) yang dinyanyikann itu telah mengilang dari sejarah dan hanya menjadi rahasia di antara para member BtoB. Saking underrated-nya. Padahal lagu debut biasanya paling diingat. Saya aja yang gak nge-fans EXO tau judul lagu debut mereka. Btw, 비밀 artinya rahasia.
Andai tak kenal Sungjae, saya mungkin gak akan pernah iseng nyari tahu tentang BtoB.
Seo Eunkwang (22 November 1990)
Kesan yang tertinggal di ingatan saya tentang sosok Eunkwang adalah sosok leader yang paling sering jadi bulan-bulanan member lainnya, terutama si maknae usil—Sungjae. Mau di-apain aja dia terima. Semacam asal lo semua bahagia, gue akan selalu baik-baik aja. Pukpuk-able. Suaranya Eunkwang bagus. Bagus banget malah. Penguasaan teknik vokal-nya bisa dibilang di atas rata-rata. Tapi sayang suaranya bukan suara favorit saya he-eh. Salah satu yang saya suka dari Eunkwang itu, dia berani tampil jelek—disuruh apa aja doi mau, yang bikin member lain mrangas-mringis menahan malu seolah pada pengen tereak kenceng, “gue gak kenaaaal, gue kenal elooooooo!” ㅋㅋㅋㅋㅋ, di mata saya Eunkwang orangnya tulus, apa adanya—sok tau banget ya gue? Heuheuheu. Yah, saya kan gak kenal langsung mereka, jadi cuman bisa mengira-ngira.
Saya selalu berpikir pasti ada sesuatu pada Eunkwang sebagai leader yang membuat seluruh member BtoB tampak akur satu sama lain. Ia dipilih menjadi leader bukan semata-mata karena dia adalah yang paling tua. Pasti ada faktor lain. Dan hanya real fans yang bisa menjawab ini.
Feeling saya mengatakan Eunkwang itu leader yang bisa mengayomi, sayang ke member, lembut hati, dan baiiiiikkkk banget—baik yang bukan standar. Makanya member lain pada sayang sama dia meskipun di banyak waktu lainnya, ia selalu menjadi pilihan pertama untuk diusili. Jadi inget sama Sunggyu Infinite. Leader-leader terzolimi versi saya ㅋㅋㅋ
Lee Minhyuk (29 November 1990)
... dan saya baru keinget Minhyuk pernah ikutan program variety show tvN, The Romantic & Idol Season 2! HAHAHAHA saya kan masih fokus banget dengan MBLAQ di tahun-tahun itu. Kesan mendalam saya terhadap Minhyuk yakni saat ia dan member BtoB lainnya menonton video message dari ibu mereka masing-masing dan ia tidak bisa menahan air matanya. Waaah, mau berapa kali pun saya nonton—saya tetap ikutan nangis. Tak banyak yang bisa saya tulis tentang Minhyuk. Ia pernah bermain drama bersama Girl’s Day Minah di SBS dan menyanyikan duet OST dramanya, sayangnya saya gak nonton. Minhyuk bisa nyanyi dan nge-rap. Saya udah nonton duetnya dengan Sungjae menyanyikan lagu Doll, asli keren banget! Recommended banget untuk mereka yang demen lagu ballad. Pengennya sih dia tampil di King Of Mask Singer. Maybe one day...
Sepertinya Minhyuk ini di awal debut diproyeksikan menjadi face-nya BTOB, gak taunya jalan BTOB malah datang dari si maknae. Tanpa saya sadari sebelumnya saya sudah banyak menonton program acara yang di dalamnya ada Minhyuk-nya .
Ng, cobaaaaaaaaaaa Minhyuk lahir sehari kemudian, tanggal lahirnya bisa sama-an kayak saya *trus ngaruh gitu, Azz?* ㅋㅋㅋㅋ
Lee Changseob (26 Februari 1991)
Vibe-nya mengingatkan saya pada Mir MBLAQ. Liat mukanya aja udah bisa bikin ketawa. Oleh ibunya ia disebut happy virus dan saya setuju. Paling suka ngeliat Changseob dan Sungjae saling berantem. Adu argumen. Lucu. Ngegemesin. Dari situ terasa banget kalau mereka deket. Kalau enggak deket, mana mungkin Sungjae berani ngejolimin Changseob. 
Kadang saya lupa Changseob itu hyung ketiga setelah Eunkwang dan Minhyuk saking semena-mena-nya Sungjae padanya HAHAHA. Changseob punya suara yang khas. Ketika ia tampil di King Of Mask Singer, saya langsung tahu itu dia. Ost When A Man’s In Love yang dinyanyikannya bersama Ilhoon, Yoseob & Dongwoon (BEAST) bagus loooh. Belum lama ini ia ikut bergabung dengan tim Law of The Jungle Mongolia. Syutingnya kayaknya udah kelar, tinggal menunggu jadwal tayangnya saja.
—Changseob ternyata menulis lirik lagu Last Day, Melody, Killing Me. Heol! Itu semua lagu-lagu favorit saya. Changseob-ie is jjang!!  
Im Hyunsik (7 Maret 1992)
Jago bikin lagu! Hyunsik membantu Sungjae dan Joy menulis dan mengaransemen lagu Young Love untuk We Got Married. Sukaaa banget ama lagunya. Hyunsik juga menulis lagu-lagu di album BtoB. Kalau Hyunsik senyum atau ketawa, matanya langsung ilang alias tinggal segaris doang. Cute. Kata Sungjae, Hyunsik itu Bapak musik-nya BtoB, Eunkwang kakeknya LOL. Ada-ada aja emang nih bocah satu. Baru-baru ini Hyunsik berduet dengan member UNIQ, Luizy menyanyikan lagu bertema summer—Baby Ride.
—Bapaknya Hyunsik merupakan salah satu penyanyi senior Korea Selatan, Im Ji Hoon.
Peniel Shin (10 Maret 1993)
Saya paling suka rap-nya Peniel di single Jepang BtoB—LUV. Lahir dan besar di Chicago, Illinois. Sebelum bergabung dengan Cube Ent, ia merupakan trainee JYP Ent.
Jung Ilhoon (4 Oktober 1994)
Entah untuk alasan apa saya merasa Ilhoon itu mengingatkan saya pada Junhyung Beast. Mungkinkah style rap mereka yang rada mirip? Ilhoon paling gak suka skinship, bertolak belakang dengan Sungjae. Dalam sebuah episode Weekly Idol, Sungjae mencuri kesempatan mencium Ilhoon. Duh Sungjae. Saya suka bro-mance, tapi gak suka yang terlalu intens. ㅡ_ㅡ
Saya suka penampilan Ilhoon di MV Way Back Home bertiga ama Hyunsik dan Changseob. Sungjae jadi cameo doang ㅋㅋㅋ
Yook Sungjae (2 Mei 1995)
Maknae. Vocal line—sub vocal. Hardworking. Good personality. Well-mannered Sayang sama hyung-hyungnya. Itulah beberapa alasan mengapa saya menaruh perhatian lebih pada Sungjae. Ow, hampir lupa—Sungjae punya peluang menjanjikan di bidang akting. Dalam setiap kesempatan tampil di variety show atau acara mana pun, ia tak pernah lupa menyebut nama hyung-hyungnya. Di WGM, semua hyungnya pernah tampil—meski tak selalu dalam bentuk visual. Eunkwang dan Changseob yang paling sering disebut. Mereka juga pernah muncul sebagai panelis. Itu itung-itungan-nya Sungjae sama saja mempromosikan member-member lain. Dia enggak egois. Sebab itulah semua member merasa berhutang banyak hal pada Sungjae. Setelah penampilannya di School 2015, BtoB mengeluarkan album baru—Complete. Saat itulah, untuk pertama kalinya lagu mereka masuk urutan teratas tangga lagu. Di album berikutnya, I Mean, BtoB memenangkan trofi program musik. Akhirnya.
Makanya Sungjae love-able banget. Ia tidak rakus menikmati popularitasnya sendirian. BtoB itu bermakna sekali bagi dia. Saya rasa itu semua tidak terlepas dari didikan orang tuanya. Ia berasal dari keluarga harmonis, terlihat dari betapa bangganya ia terhadap ayahnya. Sungjae juga tak sungkan-sungkan menelepon ibunya di WGM. Sebagai si bungsu, ia dilimpahi kasih sayang yang tidak habis-habis. Semoga—iya, semoga saja Sungjae tidak melepaskan BtoB untuk alasan ingin fokus di dunia akting. Ehm. Kurang sarkas gimana lagi kamu, Azz ㅋㅋㅋ
—Penampilan Sungjae di Hitmaker bersama-sama Jackson Got7, Hyuk dan N VIXX kocak pisan. Do you wanna build a snowman versi Sungjae gak kira-kira koplaknya bikin saya ngakak sampe perut sakit. Ajaib bener bocah satu ini.
=oOo=
Kenapa saya menyukai BTOB? Ummm, karena Sungjae, karena lagu-lagunya bagus. Kualitas suara yang Te o pe b-g-t. Trus Chemistry antarmember-nya juga natural, gak ada yang awkward satu sama lain. Gila-nya BTOB tu gak pernah tanggung-tanggung, bikin saya geleng-geleng kepala. Terkadang mengingatkan saya pada Seungho dkk ㅠ.ㅠ
Mengenai kemunculan boyband/girlband di variety/reality show—pernah timbul pertanyaan di benak saya, apakah tampil all out, memamerkan kedekatan antarmember, dan berani terlihat jelek di variety/reality show memang sudah menjadi salah satu konsep boyband/girband Korea sebagai ajang promosi? Saya menangkap konsep yang tak berbeda jauh antara satu boyband dan lainnya.
Jujur, saya sudah kehilangan kepercayaan terhadap kedekatan antarmember  grup A bla bla bla... yang ditampakkan di berbagai acara tivi. Saya pernah sangat sinis—maafkan. Setelah Lee Joon dan Thunder out dari MBLAQ, saya merasa telah menjadi korban penipuan ㅋㅋㅋㅋ. Korban karena saya percaya mereka sangat dekat satu sama lain seperti saudara gara-gara menonton interaksi mereka di berbagai acara. Nyatanya, setelah perpisahan itu, gak ada yang tersisa selain awkward dan putus kontak.  Saya lantas menarik kesimpulan—oh itu hanya konsep promosi untuk menggaet fans. Ini pula yang menjadi alasan utama mengapa saya sangat sulit men-stan grup idola setelah masa-masa MBLAQ ㅠㅠ
Setelah sekian lama, untuk kali ini saja, saya benar-benar berharap member BtoB memang sangat dekat satu sama lain—yang meski kelak misalnya, mereka sudah jalan sendiri-sendiri, mereka masih tetap berhubungan baik layaknya teman lama.
—Recommended album : Remember That (2016)
=oOo=
Saya hanya membantu BtoB Indonesia menyebarkan informasi di bawah ini.
Come back project with food support
Bagi yang berminat dan berniat bergabung silakan klik tulisan berikut dan ikuti langkah-langkah yang tertera. 
Project Donasi Comeback BtoB
P.s : Nama fans BTOB cocok banget, Melody.
Tulisan ini ditulis oleh seorang non-fans.
Gomapseumnida!

8 comments:

  1. Huaaa...
    Akhirnya bisa komen juga. kmarin" gk bisa soalnya. *gk nanya!*

    Suka sama gya penulisannya ka.
    *sma penulisnya ska gk?*
    ehmmmm jawab gk yaah. >.<

    Sama kya ka Az, sya pun pernah dikhianati gara" nge pens ama BB. Diluar doang deket bin akur, nyatanya 3 member keluar secara bertahap. Sejak itu sya emosi, sesak didada, kejang-kejang dan,,,,
    eeeeh ngaco :D
    Mau dukung mereka terus pun rasanya ogah bin berat. Bilang A lah, B lah, C lah, D lah, E lah *stop lia! >.<* buat ngeyakinin fans. Nyatanya! huh, tuh kan emosi lagi *diiih jadi curcol. hihihi*

    Sma kya ka az, skrng sya juga cuma suka biasa -aja- sama bb atau gb lebih tepatnya mungkin gk mau nge pans lagi, skrng lebih fokus k drama setelah sebelumnya fakum untuk 'menyembuhkan hati' ~.~

    Di btob sya lbih suka Minhyuk gk tau suka krna apa, yg jelas suka -aja-
    Apalgi stlah nnton drama Nightmare Teacher bareng Kim So Hyun *lucky bgt, kmrn ama Sungjae*
    Sbner'y aktingnya engga wow, cuma dari segi cerita yg bikin sya betah.

    Entah sejak kapan dan dimana sya kenal btob *yg jelas bukan dirumah saya. ha!*

    Suka juga ama Eunkwang, dia gk jaim, pokonya lepas banget orangnya. Kalau ketawa pun rasanya bisa kesedot saking lebar mangapnya. hahaha

    Sebenernya leader terdzolimi bkan Eunkwang sma Sunggyu aja, ada stu 1 lg, N VIXX. Dia terdzoliminya bkan cuma di VIXX, di Hitmaker BigByung pun dia terdzolimi, Sungjae jga member disini. Entah karna kegelapan kulit yg ia miliki atau karna kenarsisannya yg gk ada abisnya, mungkin jadi wajar kalau member yg lain buli dia terus. hahaha jahat.

    Whuaaaa... tanpa terasa ternyata komen saya panjang banget. wkwkw bisa" ngalahin yg diposting. ha!

    Ka az, sya tunggu postingan tntng Moonlight Drawn by Clouds. Selalu!
    udah bulak-balik, tpi ttp blum ada, yg ada malah ini.
    Sma kaya ka az, kuota sya pun sekarat mau DL drama Cinderella and Four Knights pun belum bisa, mana Moonlight mau tayaaaaang!!!
    mentok" baca sinopnya dulu paling. huhuhuhu.

    Udah dulu lah komennya. Cape. mungkin yg baca juga cape. ha!
    Thanks ka az...
    Salam!! ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal, Liaaaaa ^^
      Gomapseumnida udah mampir ya....
      Kayaknya aku tau deh boyband yang tiga membernya keluar itu kkkk adekku suka mereka juga soalnya. Beneran loooh pas grup idol yang kita suka tiba-tiba jadi kacau gitu kita jadi kayak orang putus cinta hadeuh.

      Aku belum nonton satu pun dramanya Minhyuk hihihi.

      Aaa iya, N! Kalau N udah beraksi dengan kepedeannya, aku langsung tutup muka. Gak tega liatnya lol.

      btw ep 1 Moonlight udah diposting looooh ^^

      Delete
  2. Baru kemarin nemu blog ini dan suka cara penulisan ka azz
    Like this post 👍👍👍
    Diriku sama sepertimu suka btob terutama sungjae oppa
    Btw, salam kenal ya ka azz sekarang lagi mengubek postingan lama kakak nih hehe
    Sebenernya aku tertarik sama tulisan kakak yang "Q&A reply 1988" walaupun sebenarnya aku team junghwan tapi karena tulisan kakak jadi mengerti akan cerita yang disampaik penulis reply 88, jadi pengen ngulang nonton reply 88 lagi.... hehe 감사하다 ~
    Pokoknya good luck buat ka azz 😊😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maya, annyeoooong!
      Hihihi maapkeun telat balas komennya ^^
      Makasih ya udah mampir (baca; nyasar) di MS.


      Jangan kapok mampir di sini :)

      Delete
  3. Nemu blog ini secara ga sengaja, karena Eunkwang jadi nyasar ke blog ini hehehe

    suka sama gaya penulisannya :)

    awalnya aku juga tidak mengenal BTOB T.T *maafkan
    mungkin efek kurang promosi atau apa, awal2 mrk debut, mrk ga terlalu terkenal huhu
    kenal BTOB itu pada jaman lagu Beep Beep dan kemudian mulai ngubek2 segala hal tentang BTOB yang akhirnya nyesel knp baru kenal ni grup belakangan T.T

    Di BTOB aku suka Eunkwang dan Ilhoon. suara Eunkwang yg aduhai benar2 memikat dan pesona Ilhoon saat ngerapp yg bertolak belakang dgn sifat dia saat off air benar2 bikin gemes hehe

    Setuju sama ka Azz, Eunkwang adalah leader terbully yg pelukable en sayang-able wkwkwk selain Eunkwang, Sunggyu en Leeteuk juga jajaran leader2 yg terbully nan terdzolimi di grupnya :'D

    Btw, salam kenal ya ka Azz

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal, Shally ^^

      Hihi Eunkwang bikin nyasar ke sini yak *gomawo Eunkwang*
      Shally gak sendiri, aku juga--dan masih banyak sekali yang baru kenal BTOB belakangan, mereka mulai terkenal setelah It's Ok, trilogi ballad, trus I'll Be Your Man, Movie dan sekarang Missing You.

      Gak ada ruginya ngestan btob. Kualitasnya OKE. Yekaaaan? *kedipkedip mata*

      Changsub ultimate biasku di btob. Tapi emang suka semuanya sih. SUKA BANGET.
      Katanya member btob kalo gak ada Eunkwang, ga akan ada btob wkwkwk
      Paling disayang sama member dan paling sering kena bully.

      Delete
  4. Semoga BTOB selalu solid dan sukses ke depannya

    ReplyDelete

Haiii, salam kenal ya. 😊