[Trivia] Prologue : Moonlight Drawn by Clouds

Starring : Park Bogum, Kim Yoo Jung, Chae Soo Bin, Jinyoung B1A4, Kwak Dong Yeon
Saya pikir, saya bukanlah si pembohong yang ulung. Saya gak bisa pura-pura. Pura-pura suka padahal enggak, pura-pura gak ada apa-apa, padahal ada apa-apa. Pura-pura gak jatuh cinta padahal iya *eh* ã…‹ã…‹ã…‹ã…‹ã…‹
Pendek kata, saya payah soal urusan memanipulasi ekspresi wajah dan perasaan. Karena ini pula, seorang teman dalam sebuah perjalanan—ala traveler sekian tahun silam—pernah menegur gara-gara saya yang terang-terangan menampakkan sikap dingin bin jutek kepada seorang teman satu kelompok—yang di mata saya dia benar-benar memuakkan. Astagfirullah. Maapin saya, teman.
Dan untuk Moonlight Drawn By Clouds, saya tidak bisa pura-pura excited padahal dalam hati sama sekali enggak. Sejak diumumkan Park Bo Gum akan ngedrama lagi di KBS selepas Reply 1988 beberapa bulan lalu hingga menjelang dramanya tayang, rasa antusiasme saya sepenuhnya berbanding terbalik dengan kebanyakan teman-teman. Kurvanya menurun seiring makin gigihnya KBS serta para fans mempromosikan Moonlight. Aneh, bukan? Yah, beginilah saya. Suka aneh sendiri emang.
Saya sudah berkali-kali dikhianati high expectation. Berkali-kali. Saya gak mau lagi mempertaruhkan hati hanya untuk kecewa HAHAHAHA. Azz, why you so serious? It’s just a drama.
Uhm. Well, saya tak segera menyadari sikap dingin saya terhadap Moonlight—saya pernah sok excited dan berakhir menyinyi-ri diri sendiri. Lo lagi ngapain sih, Azz? Akting? ã…‹ã…‹ã…‹.
Saya mulai mempertanyakan kok saya gak bisa se-excited teman-teman di timeline sih?—ketika KBS merilis teaser pertama. Salah Bogum apa? Maka kesimpulan paling masuk akal yang bisa saya tarik adalah, semakin tinggi keseruan teman-teman menyambut apapun itu yang menyangkut Moonlight—teaser, bla bla bla—semakin besar ketakutan saya terhadap kemungkinan-kemungkinan buruk yang bisa saja terjadi ketika drama ini tayang. Bukan rating yang menjadi concern saya, melainkan storyline-nya. Saya masih bisa menonton Moonlight meski—semoga ini tidak terjadi—ratingnya jeblok. Yang saya tidak bisa tolerir adalah bila ceritanya gak sesuai ekspektasi. Saya pernah bilang, saya tidak akan segan men-drop sebuah drama meskipun yang main aktor/aktris kesayangan saya. Saya seringnya bermasa bodoh dengan tren. Pernah berhenti menonton You’re All Surrounded di tengah jalan walau yang main itu Seung Gi karena memasuki pertengahan, ceritanya gagal membuat saya betah. Pernah juga, dengan anehnya saya nyetop menonton Pinocchio—berhenti gitu aja, keinginan ngelanjutin datarnya se-datar papan. Ng, atau bisa saja sih—demi Bogum—saya bertahan menonton dramanya tetapi pake jurus skip yang artinya saya gak akan bikin sinopsisnya. Kesimpulannya, ini memang hanya soal selera.
After all, I still love Bogum. Sincerely. Makanya saya jadi bingung sendiri dan gak berniat menyalahkan siapa-siapa. Membunuh ekpektasi tinggi terhadap sesuatu adalah cara saya untuk menyiapkan diri menerima kemungkinan paling buruk yang bisa saja terjadi. Kedengarannya seperti pengecut, ya? You can name it... apa saja. Seseorang yang sepanjang 27 tahun banyak dihajar kekecewaan hanya karena dia dengan polosnya berharap sesuatu yang sedikit lebih baik akan terjadi dan bisa menukar traumanya, kadang-kadang bisa sangat pengecut juga—eh, sering ding pengecutnya. HIHIHI. Pengecut dan hati-hati emang bedanya tipis.
Ada satu rahasia kecil yang ingin saya beberkan kepada kamu, sedatar-datarnya tanggapan saya terhadap Moonlight, saya selalu berharap drama ini sukses. BENAR-BENAR SUKSES. Ceritanya bagus, ratingnya bagus, reaksi netizen bagus, perfect combination yang bisa dijadikan tolak ukur ngehits-nya sebuah program. Moonlight harus sukses karena cuma itu satu-satunya yang bisa menyelamatkan muka KBS—cukup Uncontrollably Fond yang jadi bulan-bulanan komentar negatif karena reaksi kebanyakan pihak setelah dramanya tayang, tak sebanding dengan apa yang telah KBS lakukan. Promosi besar-besaran itu....
Btw, percaya ya, saya gak pura-pura berdoa untuk Moonlight. ☺
Dan saya tetap menulis postingan ini. Sebenarnya niat sudah lama ada, semenjak postingan perdana saya tentang Moonlight beberapa bulan lalu. Saya tidak segera menulis karena menunggu hingga teaser-nya rampung keluar dan airing date-nya jelas kapan. Sebelum mengulas update-an Moonlight sebelum tayang minggu depan, saya merasa perlu membuat pengumuman kecil-kecilan sekaligus klarifikasi. Gini, saya kan pernah bilang bakal bikin sinopsis Moonlight—saya yakin saja akan ada blogger lain yang akan membuat sinopsisnya selain saya—Ada dua kondisi yang akan membuat saya membatalkan keinginan tersebut. Pertama sudah saya sebutkan di atas—ceritanya meh. Kedua, sinopsis yang saya buat dicuri alias di copy-paste atau seseorang menggunakan link blog ini dengan tujuan komersil. Siapa pun gak akan sudi dan terima hasil kerjanya di-klaim sepihak. Kalau kamu tahu prosesnya bikin sinopsis itu, kamu pasti akan mengerti kenapa saya bisa sebal. Marah. Berasa pengen nonjok orang. Budayakan menghargai sesama Blogger dengan tidak mencuri konten, OK buddy?!
Owkeeeey Azz selesai dengan curcolnya, now let’s cerita-cerita bebas tentang Moonlight.
Casting issues
Setelah heboh nyari lead female untuk Moonlight, lalu mencari 2nd lead male menyusul selanjutnya. Sungjae yang saya pikir telah menerima peran sebagai Kim Sat Gat (webtoon) ternyata mendrop tawaran tersebut, tak berapa lama Jinyoung B1A4 secara ofisial menggantikan Sungjae. Ia akan memerankan Kim Yoon Sung, rival-nya Pangeran Hyomyeong yang gak kalah cerdasnya. Sungjae atau Jinyoung—saya gak masalah. Dengan Jinyoung, leader B1A4 ini pertama kali mencuri perhatian saya lewat Persevere, Goo Haera. Gara-gara dia koit di awal episode, bikin saya patah hati dan ngetwit pake emoticon ã… ã… ã… ã… ã… ã… ã… ã… ã…  banyak-banyak. Masih lebih suka karakter dia pas sebelum tabrakan itu.
Menonton peran kecilnya di Warm & Cozy, saya tidak kehilangan percaya bahwa Jinyoung punya potensi akting yang bagus kok, dia hanya perlu menemukan peran-peran menantang yang bisa memaksanya mengeksplor diri. Oh, saya juga menyukai lagu-lagu BtoB dan B1A4 looh *trus nyambungnya di mana gitu, Azz?
Kim Yoon Sung mungkin akan menjadi karakter yang membuat Jinyoung diakui. Siapa yang tahu....
Feel-nya akan sedikit lain bila Sungjae menerima peran di Moonlight—ia, sekali lagi akan memerankan pria dengan cinta bertepuk seorang diri-nya. Dan writer drama ini adalah writer yang menulis School 2015. Kan nyesek stadium akut untuk fansnya...
Tapi tak ada jaminan masuk akal pula, Jinyoung—yang belum pernah mencicipi 1st lead male gak akan bikin saya patah hati yang kedua kali, melihat cinta-nya hening sendiri. 2nd lead male syndrome is coming. Are you ready, BANAAAAAAA? ã…‹ã…‹ã…‹ã…‹
Kim Yoo Jung ini kayaknya gak bisa jauh-jauh dari B1A4 yah? Pernah berduet di Immortal Song dan pernah juga bermain di drama bersama member Boyband yang memulai debutnya 2011 silam ini—Baro. Bagusnya, Yoo Jung dan Jinyoung gak butuh waktu lama untuk membangun chemistry satu sama lain.
Selesai dengan 2nd lead male, di tengah proses syuting yang sedang berjalan, Lee Seo Won yang memerankan bodyguard-nya Pangeran Hyomyeong—Kim Byeong Yeon—mendadak digantikan oleh Kwak Dong Yeon. Saya gak bisa menolong diri saya untuk gak bertanya-tanya ada apa dengan casting issues yang menimpa drama ini? Bukan karena akting Lee Seo Won lebih baik dari Kwak Dong Yeon yang membuat saya agak ilang feeling, ngebayangin Lee Seo Won udah ikut script reading dan di tengah jalan perannya tiba-tiba digantikan orang lain. Menurutmu itu gak apa-apa? Kendati demikian, kelihatannya kejadian ini gak sampai membikin panas situasi, yang artinya lagi, keluarnya Lee Seo Won mungkin karena alasan yang masuk akal. Bukankah dia juga berasal dari Blossom Ent? Kesayangannya KBS? ã…‹ã…‹ã…‹
Kwak Dong Yeon (FNC Ent) not bad-lah. Saya pernah nonton drama spesialnya di KBS, Adolescence Medley—kalo gak salah—trus, sempat ngintipin dia di Inspiring Generation (KBS) dan juga peran koplaknya bersama Lee Hong Ki di Modern Farmer (SBS). Promising actor.  

Teaser
=1st Teaser=
Teaser paling gak nyambung yang pernah saya lihat. Kacamata item + hanbok + joget-joget di depan publik ala cowok tamvan gak kenal malu, ketemunya di mana, Kang?
“Di Moonlight Drawn by Clouds dong,” sahut Park Bogum sambil kedip-kedipin mata cemerlangnya itu. HAHAHAHA staaaphhh it, Azz!  
Tepuk tangan deh untuk tim promosi Moonlight. Banyak non-fans yang seketika aware dan kepo dengan Moonlight sehabis menonton teaser ini. Gaby aja yang menurut saya adalah satu dari sekian viewers yang kritis, sampe dibikin penasaran HAHAHA. Ini drama apaan sih? Time traveler, kah? Nyeberang sekian tahun dari Joseon kah? Pertanyaan-pertanyaan semacam ini, mau tidak mau pasti akan menggiring si penanya ke stage selanjutnya; next teaser, terus, terus dan terus... hingga dramanya tayang. ã…‹ã…‹ã…‹
=2nd teaser=
Teaser kedua menampilkan Pangeran Hyomyeong dan Hong Ra On dalam penyamarannya sebagai laki-laki—kasim. Dari potongan dialog di teaser ini, tampak Bogum eh Pangeran Hyomyeong mempermainkan Ra On, lebih tepatnya, menggoda.
Ngeliat senyum nakal-nya Hyomyeong bikin saya tanpa sadar menggumam, “That’s not my Taeki!” YA IYALAH, AZZ! Taeki lo ada di tahun 1988. Bangun lo! It’s Joseon timeã…‹ã…‹ã…‹ã…‹
Apa ya yang bisa kita korek-korek—sekadar menebak-nebak gambar besar Moonlight berdasarkan teaser sekian detik ini? Hong Ra On sudah menjadi Kasim Pangeran Hyomyeong. Lalu pangeran Hyomyeong yang tanpa sadar merasa melihat seseorang pada diri gadis itu—seseorang yang bukan Ra On sebagai kasim. Seorang gadis?
Saya pun, semisalnya, anggap saja saya gak tahu Ra On itu cewek, pasti akan meragukan penglihatan saya sendiri. Ra On terlalu feminim sebagai pria. Andaikan garis-garis wajahnya androgini.... pun, saya tetap akan ragu menyebutnya sebagai pria.
Ada epilog di akhir teaser, si bapak-bapak paru baya lagi ngasah golok, sambil ketawa serem. Ra On-nya ngejeplok aja di sudut. Wajahnya menyiratkan ketakutan bukan main.
Sepertinya menjadi Kasim Istana bukanlah murni pilihan hati Ra On....
=3rd teaser=
Teaser ketiga kali ini terasa lucu. Caption video-nya menjanjikan sebuah tontonan menarik di musim panas yang benar-benar panas ini. Aselik, di sini puanas banget. Belum lagi badai angin kerap nongol tiba-tiba ã… ã… . Awas aja kalo Moonlight malah bikin frustasi berat dan bikin hati dehidrasi LOL.
Hati Hayati siap dipanah, Bang ã…‹ã…‹ã…‹ã…‹ã…‹
Di istana ada gosip miring Pangeran yang jatuh hati pada kasimnya. Jaman dulu, di tengah-tengah masyarakat yang masih kukuh menjunjung tinggi adab dan adat istiadat, lalu diterpa gosip begitu, menurut pikiran kilatmu, apa yang akan terjadi? Saya sih ngebayangin Ra On bakal dihukum minum racun atau dihukum pancung wkwkwk. Masa jeruk makan jeruk, kasim pula? Pangeran itu lambang istana, gak boleh cem-macem.
Tenang, ini hanya khayalan saya doang kok. Teaser ketiga gak bisa memberikan tambahan informasi pada saya tentang Moonlight selain cuplikan-cuplikan adegan Hyomyeong-Ra On. Thank, KBS. I’m curious.
=4rd teaser=
I couldn’t choose to become a crown prince or not. But, to be what kind of Crown Prince I am, isn’t it up to my heart, Your Majesty?” –Crown Prince Hyomyeong
INI! Teaser yang seperti ini yang saya tunggu! Setelah menonton teaser keempat, saya bisa merasakan tensi drama ini jauh lebih menarik dari yang pernah terpikirkan... sekaligus SANGAT familier.
Kerajaan. Tahta. Raja. Putera Mahkota. Fraksi-fraksi. Puteri Mahkota. Cinta segi-banyak. Kekuasaan. Dan seorang gadis yang menyamar sebagai pria.
Konfrontasi yang dilakukan Pangeran Hyomyeong terhadap Raja—ayahnya sendiri, telah sedikit banyak menggambarkan sifatnya. Ini menarik, ia bukanlah sejenis pangeran yang manut-manut saja di depan Raja, di depan fraksi-fraksi di istana. Ia memiliki sikap yang jelas. Saya ingin melihat akan seperti apa ia menangani dirinya dan tekanan yang datang dari sana-sini, ketika ia telah memiliki Puteri Mahkota di sisinya (?) dan malah jatuh hati pada orang lain dengan cara yang tidak biasa.
Juga, seorang mantan sahabat—Kim Yoon Sung, yang akan menjadi rival paling dekatnya jika berurusan soal Hong Ra On, si Kasim yang krisis identitas ã…‹ã…‹ã…‹
Dalam satu cuplikan singkat, Kim Yoon Sung minum bersama Pangeran Hyomyeong. Suasananya jauh dari kesan bersahabat. Pangeraan Hyomyeong seperti membangun sikap antipati terhadap Kim Yoon Sung—pertanyaannya adalah, apakah scene ini terjadi pasca Ra On sudah masuk ke dalam istana sebagai Kasim? Jika bukan, lantas apa yang membuat dua sahabat dekat ini jadi renggang?
Di kejauhan seseorang memerhatikan Kim Yoon Sung. Dia bilang Kim Yoon Sung lebih tampak seperti seorang pangeran ketimbang pangeran aslinya. What does it mean? Trus situ mau kudeta gitu? *ih kok lo yang sewot, Azz*
Di cuplikan lainnya, Pangeran Hyomyeong menyuruh Ra On agar memperlakukannya sebagai teman bila mereka hanya berdua-an. ECIEEEEE, padahal sebelumnya gak mauuuuu. Dasar plin-plan *HEEEEEEEEEEEEH!?*,  lama-lama saya dicubitin readers nih ã… .ã… 
Yang gak bikin surprise adalah Kim Yoon Sung (sepertinya) sudah tahu atau paling gak, menyimpan kecurigaan yang lebih besar—ketimbang Pangeran Hyomyeong—kalau Ra On dalam pakaian kasim adalah seorang perempuan. Kayak udah jadi semacam plot gak resmi di setiap drama cewek nyaru jadi cowok, di mana 2nd lead male-nya yang pertama kali tahu perihal penyamaran si cewek.
Please deh, saya udah cukup makan perasaan—gemuk dong, Azz—gara-gara Yoo Ah In di Sungkyunkwan Scandal—2nd lead male? Not again. Sigh. Kamu bisa bebas memprediksi apakah mendung yang menggantung di atas teras rumahmu akan berubah menjadi hujan deras dalam hitungan menit, tetapi kamu tidak akan bisa memilihkan hatimu agar tidak jatuh cinta pada seseorang—dalam kasus kita 2nd lead male—tidak segampang yang kamu pikirkan. At least, ini berlaku bagi saya. Sesayang-sayangnya saya sama Bogum, Jinyoung adalah kandidat kuat perebut hati. Heol, whatever! Kuatkan hatimu, Hayati ã…‹ã…‹ã…‹
Scene Ra On-Yoon Sung gak kalah romantisnya. Ra On jatuh dari atas trus ditangkap Yoon Sung di bawah, dramaaaaaaa. Saya mah kalau jatuh gak pernah ada yang nangkepin—termasuk pas ngejatuhin hati—paling-paling diketawain tokek.
Ra On dan Yoon Sung lari-larian di bawah hujan, kurang daun pisang-nya doang sih. Cocok banget pake background music memori daun pisang *sarap beneran nih anak*
“Are you really a eunuch?”
“Isn’t it illegal for a eunuch to be this pretty?”
“She is my woman, Your Highness.” -Kim Yoon Sung
EAAAAAKKK, selamat menunggu 22 Agustus, man-teman. Yang kuat yah? ☺
=oOo=
Gimana? Saya udah mirip antis-nya Moonlight belum sih? Tauk nih, apa gara-gara terlalu terbawa perasaan abis nonton 38 Task Force, makanya saya mulai belajar jadi swindler? Swindler perasaan HAHAHAHA.
Kebanyakan cerpen yang saya tulis, endingnya nge-twist. Postingan ini juga. Baca baik-baik ya sebelum nge-judge ã…‹ã…‹ã…‹ã…‹
Setelah menonton empat teaser Moonlight Drawn By Clouds, ada satu yang saya sayangkan. Kehadiran Chae Soo Bin sebagai Cho Ha Yeon hanya sedikiiiiiiiit banget. Yang intens ya cinta segitiga-nya, segi lainnya gak kebaca HIHIHI.
Feeling saya nih peran Kim Byeong Yeon sebelas-duabelas sama Song Jae Rim di Moon That Embrace The Sun, pengawal sekaligus sahabat paling setia Putera Mahkota. Song Jae Rim pertama kali merebut perhatian saya lewat perannya sebagai Won itu—dan versi remajanya diperankan Lee Won Geun. HA!
Mau tau twist paling drama dan bakal bikin saya ketawa-ketawa gaje? Bukan kepada Pangeran Hyomyeong atau kepada Kim Yoon Sung saya jatuh cinta, tetapi kepada Kim Byeong Yeon. OK, itu pilihan paling aman sepertinya.
Akhirnya, saya hanya bisa berdoa dengan tulus semoga Moonlight Drawn by Clouds berhasil memenuhi ekspektasi para fans beratnya. Aamiin!

=Azz, #TeamLowExpectation #Forever=
Jangan lupa bahagia, kamu ^^
MASHAAA ALLAAAH KAMU KOK ELEGAN BANGETTT DEEEEKKKKK ã… .ã… 

4 comments:

  1. finally ....nunggu nunggu review akhirnya ada...suka banget kalo baca tulisan azz... nah sekarang lagi nungguin lagi siapa tahu bahas drama ljs W yang lagi rame ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku belum tau nih, Mbak kapan mau posting tentang W. Cuma didonlot doang, nontonnya belom-an T.T

      Delete
  2. Kak azz akhirnya si dedek udh pressconference drama.. seneng bnget liat foto2 presscon nya.. ndak sabar pengin cepet2 tayang... Bogum ganteng bnget pke setelan jas... Yojung jg cantik bnget pke dress...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Freshhhh banget liat mereka di prescon kemaren xD

      Delete

Haiii, salam kenal ya. 😊