Tiba-tiba Aku Ingin Menulis Ini…



Apa yang terbesit pertama kali di pikiranmu saat ada yang menyebut MBLAQ?
Jika pertanyaan itu ditujukan padaku, maka aku akan menjawab seperti ini :
MBLAQ itu…
Underrated
Yup! Sudah rahasia umum di dunia Kpop bahwa MBLAQ adalah salah satu dari sekian banyaknya boyband Korea yang masuk dalam kategori gak masuk dalam hitungan alias acapkali diabaikan para penikmat musik di sana. Sudah beberapa kali Comeback dengan album dan konsep yang berbeda namun hasilnya masih jauh dari kata sukses. Jarang menang di kompetisi music. Bila dibandingkan BEAST yang merupakan boyband seangkatan yang sama-sama debut di tahun yang sama, MBLAQ kalah jauh. Sebagai team, MBLAQ kurang populer, sebaliknya para member justru lebih dikenal saat melakukan kegiatan solo. Seungho dan G.O dengan musical, Lee Joon bermain film dan Drama serta mengisi model MV, Cheondung yang sesekali aktif di dunia modeling serta si bungsu hiperaktif, MIR yang banyak mengisi variety show sebagai MC dan guest star.
Apakah karena secara kualitas, MBLAQ kurang menjanjikan makanya mereka gak popular?
Big no!
Aku melihat sangat jelas bagaimana perjalanan MBLAQ dimulai ketika mereka pertama kali debut hingga saat ini. Ada perbedaan kualitas yang semakin menunjukkan kematangan dalam bermusik dan dance. Salah satu yang bikin aku setia menjadi fans mereka yaitu  lagu-lagu mereka yang tidak seperti kebanyakan lagu-lagu idol. Bahkan di beberapa album kelima personil berani menyalurkan bakat membuat lagu dan lirik. Dua album terakhir, G.O, Cheondung dan MIR turut menyumbangkan lagu. Iya, kata lainnya MBLAQ itu berani tampil beda di luar pakem yang sudah ada. Gak mainstream.

Gokil
Gak ada satupun variety mereka yang gagal membuat aku ngakak. Coba tengok Idol Army, Sesame Player, Hello Baby atau Idol Manager. Dijamin sakit perut. Ada tiga member yang sudah terjamin berbakat menjadi pelawak, G.O, MIR dan Lee Joon. Kalau Seungho dan Cheondung masih sedikit lebih waras dibandingkan tiga orang yang saya sebutkan di awal. Tapi, bisa ikutan larut juga dalam kekoplakan yang diciptakan personil lainnya.
Loyal
Seungho,
He is a real leader for me.
Aku bisa melihat aura kepemimpinan itu di diri namja bernama asli Yang Seungho. Di beberapa variety show terlihat bagaimana dia melindungi dan kerap mengambil alih kekacauan yang ditimbulkan member lain. Aku yakin kesolidan yang ditunjukkan MBLAQ hingga di tahun kelimanya sekarang  antara lain karena leader-nya yang bisa mengayomi seluruh member. Asal tahu saja, manajemen yang membawahi MBLAQ sangat sangat sangat menyebalkan dan bisa dibilang kurang becus mengurus artis-artisnya. Sudah terlalu sering A+ dibikin kecewa berkali-kali lipat. Aku kadang suka mikir, ketidakbecusan  manajemen  bisa bikin MBLAQ pecah suatu saat (amit-amit deh jangan sampai kejadian). Sebab itulah aku percaya, leader lah yang sedikit banyaknya berbuat demi kemaslahatan bersama.
Seungho gak suka bohong.
G.O,
Mom?
Hahahaha. Iya, G.O itu kayak ibunya MBLAQ. Doi demen ngomel, pembersih juga. Yang paling aku ingat di diri G.O itu, dia bisa bikin orang terpingkal-pingkal sementara dia-nya sendiri adem ayem  aja. Ada yang bilang kalau itu adalah salah satu ciri orang jenius. Iyap, G.O  pernah ngaku punya IQ 140 (kalau gak salah inget). G.O dan Seungho itu sudah seperti emak bapaknya MBLAQ. Dialog mereka di Double Talk, asli gokil. Aku seneng melihat kedekatan mereka. Gak dibuat-buat.
Lee Joon,
Pabo. Jujur, innocent, kikir.
Member yang mengenalkan aku pada MBLAQ. Gara-gara nonton We Got Married-nya Lee Joon aku jadi penasaran MBLAQ itu yang mana sih. Doi polos banget, asli! Lee Joon ini disayang sama K-netizen, mungkin karena kepolosannya itu sehingga orang-orang tidak bisa tidak menyukainya. Bisa nyanyi, nge-dance, acting dan ngemsi juga. Dibanding empat member lainnya, Lee Joon yang paling terkenal dan punya job yang banyak juga. MIR pernah berseloroh bahwa dia cemburu dengan kesuksesan yang diraih Lee Joon. Becanda aja kok. MIR kan sayang banget sama Lee Joon.
Menurutku lagi, Lee Joon bukannya kikir. Dia punya pemikiran yang tidak sederhana dalam mengambil keputusan. Contohnya, dia lebih memilih menggunakan uangnya untuk membantu penyembuhan bibinya ketimbang beli mobil mewah. Lee Joon pernah nyumbang di yayasan amal tapi merahasiakan namanya. Dia menyumbang pake nama asli. Baru ketahuan setelah pihak yayasan mengonfirmasi ke dia. Udah gitu, dia pake ngomong kalau nominalnya sedikit pula. Duh, Ijun oh Ijun….
Cheondung,
Misterius.
Adeknya Sandara Park 2NE1 ini emang rada-rada tertutup. Member lain juga ngakuin kok kalau Cheondung itu misterius. Menurutku wajar aja sih, melihat latar belakang masa lalunya yang agak rumit.
Aku baru nyadar, Dungie jaraaaaaaang atau bisa dibilang nyaris gak ada variety show yang dia ikuti sendirian. Pasti dia didampingi member lainnya. Dungie gak pe-de tampil di variety show, ngakunya gak jago ngomong. Kalau bareng member lain kan, dia ada yang bantuin gitu. Sama kayak G.O, Dungie jago bikin lagu. Dia bisa acting dan musikal juga. Aku paling suka Dungie di Sesame Player. Dia lepas banget di situ.
MIR,
Hiperaktif. Gak bisa diem. Cerewet, nyablak, apalagi yah? :D
Satu hal yang membuat aku sayaaaang sama MIR. Dia sangat peduli pada fans. Rajin menyapa fans di socmed. Pernah nih ya, ada satu kejadian A+ galau tingkat Negara gara-gara ada gossip JTC akan merger dengan SME. Langsung saja pada heboh, banyakan yang gak rela kalau MBLAQ digabungin dengan manajemen yang membawahi Super Junior SHINEE dan lain-lain itu. Di tengah-tengah kebingungan itu, tiba-tiba MIR memposting pic di Twitter, foto dia lagi di pantai, ada tulisan A+ dan tanda ‘love’ di pasir. Hasilnya, fans perlahan mulai tenang kembali. MIR juga seorang pekerja keras.
Jadi, secara team, MBLAQ bisa dibilang loyal, pekerja keras, konsisten, jujur, gokil, peduli dan seterusnya. *Yang gak setuju gak usah komen LOL*
Sekali lagi, kalau ada yang nyebut nama MBLAQ maka yang terbesit pertama kali di kepalaku adalah cinta :D
MBLAQ kurang popular. Benar tapi bukan berarti kualitas mereka buruk.
MBLAQ jarang menang acara music. Benar, tetapi bukan berarti lagu-lagu mereka jelek.
MBLAQ adalah MBLAQ. Music Boys Live in Quality.
Aku gak tau akan sampai kapan mereka berdiri sebagai team, tetapi aku akan berusaha tetap setia sebagai fans sekalipun nantinya aku akan sibuk dengan dunia nyata atau kejadian terburuknya mereka bubar, aku tetap dukung aktivitas membernya. Pada dasarnya, aku adalah Kdrama lover bukan Kpop Lover, MBLAQ adalah pengecualian.
Gak terasa udah dua tahun-an ini aku jadi A+. Kamu gimana?

P.s : Kangen MBLAQ pake banget TT______TT

 

1 comment:

  1. Setuju banget...
    Emang mblaq ga terlalu terkenal di korea karena mereka ga kayak idol biasa yg ngeluarin lagu yg gitu2 aja
    Mereka emg pengen jadi musician, jd artist yang bikin lagu anti mainstream dan mature-sounding...
    Gayanya juga laki banget ga kayak gangster hip hop hehe..
    Udh byk boygroup hip hop sih...

    ReplyDelete

Haiii, salam kenal ya. 😊