[First Impressions] Run On

 


AAAAAAAAAAAAAA!!!

Bentar. Biarin saya mengeluarkan ekspresi bahagia ini AAAAAAAAAA!!!! I’M HAPPY!! HAHAHAHAHA.


Saya pernah ngetwit bilang mau rehat nonton drakor dulu, tontonan ongoing saya pending dulu, dan saya cuman nonton drama Cina yang yang ringan-ringan aja. Yang bisa bikin saya rileks, ketawa-ketiwi, ga mikirin hal-hal  yang njelimet. Kondisi fisik dan mental saya beberapa pekan terakhir ini memang sedang kacau. Kayak yang cape banget. Kalo capek fisik, alasannya udah pasti ketebak, pasti gara-gara kerjaan. Tapi kalo cape mental... saya nggak tau sumbernya dari mana. Apakah tekanan pekerjaan atau karena hal lain. Imbas cape fisik, bisa jadi, dan ada hal-hal lain yang sampai hingga saat ini belum bisa saya temukan pangkal sebab musababnya. Saya baik-baik saja. Saya tidak sekadar merasa baik-baik. Atau... apakah ini disebabkan pengaruh umur? HAHAHAHA.


Well, demi menjaga kondisi psikis, saya pun sebisa mungkin menghindari tontonan yang bisa membuat saya cemas berlebihan. Duh, beneran deh saya nggak ngerti kenapa baru sekarang saya ngerasa terancam dengan apa yang saya nonton. Di saat saya berpikir saya sudah baik-baik, yang terjadi justru sebaliknya—saya rentan sekali terkena serangan panik. Padahal dulu, saat hidup di bawah tekanan saya bebas-bebas saja nonton genre apa pun—kecuali horor, tetep ya HAHAHAHA.

Daaaaan kemarin, abis bersih-bersih rumah, saya nggak tau mau ngapain lagi, di luar hujan deras sekali. Masih pagi. Lagi libur gini, jadi berasa banget banyak waktu luangnya. Saya menimbang-nimbang mau nonton drakor apa yah sambil nunggu sub-nya Meeting You? Saya pengen nyoba drakor yang baru tayang, yang ceritanya ringan. Siapa tau ini bisa jadi pintu baikan saya dengan drakor. Saya sengaja nggak buka Twitter, enggak liat komentar temen-temen tentang drama yang lagi tayang. Kemarin-kemarin pas buka Twitter, selewatan aja. Niat banget ga pengen kenal kipas-kipas spoiler ㅋㅋㅋ



Pilihan saya pun jatuh pada Run On. Saya enggak tau plot-nya gimana, ceritanya kayak apa. Cuman tau 4 lead utamanya. Ada Im Siwan, Shin Sekyung, Sooyoung, dan Kang Tae Oh. Um oh sama satu lagi, ini drama nggak ada cinta segi-banyaknya yang artinya nggak bakal ada perang dunia ke sekian kali di tanah persilatan shipper drama HAHAHA. OKEH. HAYUK.

Tau nggak, kemarin itu saya langsung babat 3 episode sekaligus. Mantap. HAHAHA. Abis nonton mood saya langsung naik drastis, perasaan jadi riang gembira, senyam-senyum inget dramanya HAHAHAHA. Perasaan riang gembira gara-gara drama—inilah yang saya butuhkan saat ini. Run On berhasil ngasih saya itu.

Lalu pagi ini, abis nyapuin lantai satu rumah, saya lanjutin nonton ep 4. Hasilnya? Makin kokoh ini hati mau lanjutin Run On. Saya mengambil keputusan tepat ketika menjatuhkan pilihan pada drama jtbc ini. Dramanya emang fun, ngehibur banget. Ceritanya segerrrrr. Sik asik.

Saya suka Run On. Suka karakter-karakter utamanya, karakter pendukungnya juga menarik, ceritanya dibikin hidup banget melalui jalinan konflik antarkarakter wabilkhusus 4 karakter utamanya. Keren sih. Saya dibikin antusias sama dialog-dialognya. Humor dramanya cocok banget sama saya. Nonton Run On ngingetin saya sama temen saya yang kalo ngobrol jago banget bikin orang ketawa padahal dia datar aja mukanya, ga ada ekspresi mau ngelucu. Apa yah namanya? Lucunya natural? Nah, Run On kayak gitu. Ga bermaksud ngelucu tapi bablas banget lucunya. Saya beberapa kali kelepasan ngakak sambil geleng-geleng kepala. Absurd ga absurd HAHAHAHAHA

Apa sih yang bikin Run On menarik di mata saya? Itu adalah penokohannya. Saya ngomongin 4 empat pemeran utamanya, setiap karakter punya sisi menarik yang bikin saya penasaran, menebak-nebak apa sih yang sedang dia pikirin? Saya ngerasa konflik internal yang dialami setiap karakternya kuat. Nggak ada yang dibikin dewa, nggak ada karakter yang perfect. DAN GA ANNOYING. Atraktif, saya tergoda untuk melihat bagaimana layer demi layer karakter-karakter ini dibuka. Sejauh 4 episode yang saya nonton, belum ada karakter antagonis—yang ada abu-abu. Yang ngeselin juga ada tapi belom sampe mancing esmosi sampe ke ubun-ubun wkwk. Semoga bisa konsisten ya sampe kelar. Asik banget soalnya. Saya excited ngikutin. Sebenernya rada takut juga sih nulis postingan ini, keinget drama dedek JunRara yang sukses bikin saya excited di awal sampe saya buatin first impressions-nya eh pertengahan dramanya sampe kelar malah ancur . Kuciwa berat.

Resiko nonton drama kan emang itu ya, nyesel nggak nyesel wkwk.

Dah kita lanjut bahas Run On aja yuk. Ummmm, mau ngomongin apa dulu ya tentang Run On? Gimana kesan pertama dengan ceritanya? Oke... oke.



storyline

Run On nyeritain tentang kehidupan 4 tokoh utamanya dengan latar pekerjaan berbeda, yang karena satu dan lain hal mereka saling terhubung—sebuah jalinan takdir yang aneh ㅋㅋㅋㅋ

Baca-baca sinopsisnya doang mah berasa nggak seru. Sisi menarik dramanya nggak kebaca. Tapiiiii, pas nyoba episode 1, langsung melek! HAHAHA. Menarik. Sangat menarik.

Nonton ep 1 ga berasa udah bersambung aja. Asik. Dramanya ga berat.



characters

Ini nih bagian menariknya. 4 karakter utama di drama ini atraktif dan lucu. Mereka ga bermaksud ngelucu tapi lucuuu aduh gimana ya nyebutnya... Pokoknya seru, gokil wkwkwk.

Ada 4 karakter utama. Atlet pelari, penerjemah film, direktur utama sebuah perusahaan besar—agensi olahraga, dan seorang mahasiswa yang suka melukis.

Chemistry antarkarakter seru banget. First encounter-nya ga ada yang normal. Ada yang kecebur kolam, ada yang lagi kejar-kejaran sama penipu sampe berakhir di kantor polisi HAHAHAHA.


Ki Seon Gyeom (Im Siwan)


Ia seorang atlet pelari nasional yang tidak tahu (belum) menemukan alasan lain mengapa ia menjatuhkan pilihannya pada cabang lari usai cedera bahu mematikan langkahnya sebagai atlet lempar lembing. Ayahnya seorang politikus sukses yang sangat menjaga imej, dan ibunya adalah seorang aktris papan atas yang populer. Sedangkan kakaknya sukses sebagai pegolf internasional. Sungguh sebuah potret keluarga sukses yang memberikan beban tersendiri untuk Seon Gyeom.


Sebuah insiden di pusat pelatihan mengancam karir Seon Gyeom sebagai atlet. Di saat yang sama, Seon Gyeom seperti menemukan titik balik yang (akan) membuat peta hidupnya berubah. Perlahan tapi pasti. Apakah ia akan menemukan arah baru untuk hidupnya? Apakah perubahan-perubahan itu akan turut membentuk sudut pandang yang lebih adil pada Seon Gyeom, tentang bagaimana ia memandang dan seperti apa (seharusnya) ia menjalanai hidupnya selama ini?


Orang lain sudah terbiasa dengan kepribadian Ki Seon Gyeom yang umm—aneh (?). Iya, di mata orang lain Seon Gyeom itu aneh. Banyak juga yang mengira Seon Gyeom itu sombong. Yaaa orang-orang kan mandang dia pake kacamata liat dong latar belakang-nya Seon Gyeom. Maksudnya latar belakang di sini, emak bapaknya, dan kakaknya—mereka adalah orang-orang yang sangat dikenal publik. Orang terkenal berkerabat dekat dengan sombong. Begitulah yang sering terjadi. Dan Seon Gyeom dipandang dan diperlakukan berdasarkan siapa orang tua dan kakaknya.


Tapi Seon Gyeom berbeda. Dengan atau tanpa embel-embel popularitas anggota keluarganya, Seon Gyeom ya Seon Gyeom.

Adalah Oh Mi-joo orang pertama yang mengenali Seon Gyeom sebagai Seon Gyeom tanpa label anaknya politisi, anaknya artis, adeknya pegolf internasional.



KI SEON GYEOM DEMI APAAAA GEMESIIIINNN BANGET AAAAA SUMPAH GEMES PARAHHHHH.

Pertama kali ini karakter nongol, saya langsung bertanya-tanya kayak gimana sih kepribadiannya? Kalo ngomong mukanya tuh datar aja, keliatan polos, dodol juga kadang-kadang, bikin saya sibuk nebak-nebak isi kepalanya Seon Gyeom. Reaksi-reaksinya suka nggak ketebak, bikin ngakak, omongannya apalagi HAHAHAHAHA AMPOOONNNN SEON GYEOOOOMMM SAYA GEMESSSH SAMA ANDA ADOHHHH!!!


Ketenangannya Seon Gyeom, sikap kalemnya... nada rendah suaranya.. wajah minim ekspresinya (baca; polos)—pokoknya semua-muanya yang ada pada Seon Gyeom bikin dugeun-dugeun ga jelas yang nonton, plis jangan bilang hanya saya aja yang gemes se-gemes gemesnya sama Ki Seon Gyeom!! Atraktif sekali ya kamu, pengen ta bawa pulang!!


Sedih ya pas Seon Gyeom ngaku kalo dia belum nemu alasan sesungguhnya kenapa dia milih jadi pelari.... Dia hidup tapi kayak nggak memiliki hidupnya sendiri. Dia dikenal sebagai anaknya ini adeknya itu, bukan karena kekuatan namanya sendiri. Kasarnya dia diibaratkan properti yang melengkapi imej baik orang tuanya .


Trus pas kakaknya bilang Seon Gyeom tumbuh jadi anak baik itu karena dia hidup sendiri—ini tuh bikin sedih jadi berkali-kali lipat. Anak-anak dari keluarga broken home seringkali dilabeli dengan penanda negatif, yang pertumbuhan emosionalnya cenderung labil. Tapi Seon Gyeom enggak kayak gitu. Anaknya lurus-lurus aja. Baik banget malah. Care sama juniornya, nggak kasar sama orang . Udah ga perlu ditanyain lagi kenapa Ki Eun Bi sayang banget sama adek cowoknya satu-satunya ini. .


Oh Mi Joo


Setrong, mandiri, berani, tapi kadang malu-maluin, bisa menggila juga, pekerja keras, dan percaya diri—saya suka Mi Joo.


Waktu Mi Joo melawan balik profesornya yang bisa dibilang melontarkan ucapan yang melecehkan dan merendahkan gender, saya tepuk tangan HAHAHAHA. Speak up, girl! Dan ngakak banget setelahnya karena profesornya salah mengartikan ucapan Mi Joo. Di sini saya agak bingung, kok bisa salah tafsir ya profesornya? Mi Joo pake kata apa ya? Nggak ngerti bahasa Korea sayah.


Trus pas besoknya Mi Joo dengan terpaksa menghadap lagi ke profesornya, ini nampar banget sih. Realitanya emang kayak gini kan? Sebenci-bencinya dengan tindakan profesornya, di satu sisi Mi Joo tetap harus mempertahankan pekerjaannya, dan posisi profesornya memegang andil yang besar di situ. Lemah sekali posisi tawarnya Mi Joo. Tapi saya lega seenggaknya Mi Joo melawan. She fight for herself.


Ngeliat Mi Joo berbahagia sekali dengan pekerjaannya, dan betapa ia bekerja keras demi itu, saya pun teringat dengan para penerjemah film/drama/varshow yang telah berjasa besar bagi penonton-penonton seperti saya ini. Keinget jaman sebelom ada netpliks dkk dulu .

Kepada para subber di luar sana, terima kasih sebanyak-banyaknya.


Seo Dan Ah


Pembawaannya Seo Dan Ah tuh gimana ya.. unik? Kayak antagonis (?) padahal enggak. Sarkas dan sinis, keliatan setrong tapi sepertinya di episode-episode mendatang sisi rapuhnya Dan Ah bakal keliatan ya?


Punya satu kakak cowok dan adek cowok yang artis dan sayang banget sama Dan Ah tapi yang disayang nggak ngasih respon balik malah kayak nggak suka sama adeknya. Tapi kalo nggak suka kenapa nyimpen foto adeknya di kantornya? Nope, saya salah lihat, itu bukan foto Taewong, tapi Seon Gyeom hehe.

Jangan-jangan Dan Ah ini tipikal tsundere? Sebagai satu-satunya anak perempuan, perjuangan Dan Ah untuk bisa mencapai posisi tertingginya di perusahan ayahnya bener-bener nggak mudah. Mungkin karena itu ia tampak tidak tersentuh. Dan Ah sengaja menjauhkan dirinya dari siapa pun.


Chemistry-nya dengan asisten pribadinya gokil banget. Jeong Ji Hyun keliatan care dan ngejaga banget Dan Ah. Bakal epik banget kalo ternyata Jeong Ji Hyun adalah gangster. Dan Ah dan Taewoong kan ngejekin dia kayak gitu. Katanya kalo pake kacamata item Jeong Ji Hyun kayak ganster HAHAHAHA.


Nunggu banget kisahnya Dan Ah dan Lee Yeong Hwa. Pasti nggak kalah gokilnya dari Seon Gyeom-Mi Joo ㅋㅋㅋㅋ


Lee Yeong Hwa


Mahasiswa yang suka melukis dan nonton film.

Saya belum bisa nulis banyak seperti apa karakter yang diperankan Kang Tae Oh ini. Sosoknya masih misterius. Belum banyak dieksplor.


Bickering-nya dengan adeknya Dan Ah, Seo Taewoon, lucu banget ya ampun HAHAHAHA.

“Kalo kamu Seo Taewoong, aku adalah Kang Baekho!”

Trus abis itu Taewoong manggil dia Kang Baekho dong HAHAHAHA. Kang Baekho siapa sih?? Artis juga?

[Edit] Setelah dapet pencerahan dari Asha, saya baru tau kalo percakapan Seo Taewong-Kang Baek Ho ini mengambil referensi dari manga Slamdunk. Kang Baek Ho adalah nama versi Korea-nya Hanamichi Sakuragi. Gomawo, Sha, udah dikasih tau~ 😉

Emang nggak ada yang bener ini first encounter antarkarakter di drama ini. ㅋㅋㅋ




Satu sih yang saya yakini, Lee Yeong Hwa ini enggak kalah edannya juga. Liat aja obrolannya dengan Dan Ah. Enteng banget balesin omongan Dan Ah. Ga ciut. Malah dengan pedenya ngeluarin hateu hateu pake jari dari dalam bajunya. Ekspresinya Seo Dan Ah HAHAHAHAHA. Makanya aku penasaran banget gimana tar ceritanya kapel yang satu ini. Apakah Lee Yeong Hwa yang akan menaklukan Seo Dan Ah yang keliatan strong dan cool itu? Mari kita tunggu dengan sabar. ㅋㅋㅋ

💜💜💜💜

Overall, saya suka banget dengan keempat karakter utama-nya Run On. Mereka yang bikin saya tertarik dengan drama 16 episode ini. Menurut saya, mereka adakah faktor utama yang bikin Run On hidup. Unexpected. Enggak ketebak apa tindakan atau ucapan mereka di detik berikutnya.


Karakter Ki Eun Bi dan Seo Taewoong juga menarik. Yang satu sayang banget sama adeknya (Ki Seon Gyeom), yang satunya betapa pun kasar perlakuan kakaknya (Seo Dan Ah) terhadapnya, Seo Taewoong tetap sayang dan over protective ke kakaknya. .


Oya, kayaknya saya harus nulis scene apa yang berhasil ngasih moment ter epik sejak nonton ep 1-4 Run On.

Satu, scene Seon Gyeom lari kenceng banget dan ngelewatin Mi Joo di episode 2. Nggak paham kenapa scene itu jatohnya lucu banget. Saya ngakak kenceng banget. Serius. Kebayang nggak sih berapa kecepatannya Seon Gyeom sampe nggak nge notice Mi Joo. Mana abis itu Seon Gyeom balik lagi sambil tetep lari... pakek slow motion pulak adoh. HAHAHAHA. Seon Gyeom kalo lari sepertinya hanya fokus sama tujuan utamanya ya, ga mikir yang lain. Waktu lari itu, dia hanya mikir untuk cepat-cepat tiba di tempat janjiannya dengan Mi Joo, itu aja.


Dua, ending ep 4. Saya nggak bisa ngejelasin kenapa ekspresinya Seon Gyeom yang menatap Mi Joo di depan pintu bisa bikin saya dugeun-dugeun ga jelas. Kaya akan emosi yang ga bisa ditebak, padahal ekspresinya Seon Gyeom ga yang wah banget. Malah sulit kebaca. Marah atau kecewa, atau dua-duanya?



Setelah menonton 4 episode Run On, saya nggak bisa menolong diri saya sendiri untuk tidak menaruh ekspektasi yang tinggi terhadap drama ini. Konflik dramanya ga rumit, berputar di 4 karakter utamanya, pada interaksi-interaksi mereka. Ini tak hanya soal kehadiran atau pertemuan dengan siapa yang akan mengubah rotasi dan arah hidup siapa. Tapi juga tentang perspektif lain yang kita pinjam untu melihat diri kita dengan adil. Seon Gyeom, misalnya. Ia tahu dengan sangat jelas bagaimana orang memandang dirinya, penuh penghakiman, dan menjadi terbiasa dengan itu. He never fight for himself. Dan itu ga adil untuk dirinya. Lalu datanglah Mi Joo dengan sudut pandangnya yang berbeda. Ia mempertanyakan hal-hal yang sudah dianggap biasa oleh Seon Gyeom. Hal-hal yang sebenarnya melukai Seon Gyeom tapi diterima saja dan membiasakan dirinya dengan itu. Mungkin, ini mungkin saja, Mi Joo akan menjadi semacam anomali untuk Seon Gyeom.

Saya berharap banyak, maaf . Pliss jangan kentang di tengah yaaaa, plissss banget banget!!! Semoga tetap fun sampe tamat. Aamiin.

Run On fighting!!!


Saya kangen Im Siwan! Udah lama banget nggak nonton dramanya. Dramanya yang terakhir saya lepas karena nggak sanggup . Terakhir yang dinonton kayaknya Misaeng deh. Udah lama banget kaaannn?? Pantesan kangen.


Okeh, sampai jumpa di postingan berikutnya!

Tabik,

Azz

Jaga kesehatan ya teman-teman... Doakan juga supaya saya selalu kuat dan sehat ^^

2 comments:

  1. Aku baru nonton azzy, smpe episode 10 dan emang keren banget siii

    ReplyDelete

Haiii, salam kenal ya. 😊