[Intermezzo] Azz Menjawab

Prolog
Terhitung Selasa kemarin hubungan saya on/off dengan ponsel dan leptop—personal reasons yang membuat saya sangat ketinggalan informasi/update terbaru kdrama, khususnya yang masih ada kaitannya dengan Reply 1988. Setelah memposting Sinopsis Reply 1988 Part 2, saya resmi menjalani semi-hiatus hingga pada waktu yang tidak bisa saya pastikan kapan berakhirnya—semi-hiatus ini.
Lalu kemarin malam di antara temaram lampu tenaga surya, bermodal hape yang baterai-nya di bawah 40% dan jaringan inet yang seadanya, seperti biasa mengecek Twitter dan blog dan alangkah terkejutnya saya mendapati komentar Hazuki Airin—pemilik blog terkenal yang banyak fans-nya itu—di postingan terakhir saya.  Duh. Hazuki yang dulu sering saya kunjungi blognya, yang pernah saya follow twitter-nya—tapi di­-unfollow lagi karena saya orangnya cepet bosen... meninggalkan komentar di blog saya pemirsaaaah! Mimpi apa Hayati semalam, Baaaaaang *lari-lari keliling pohon beringin*
Saya mengenal dunia blog di tahun 2008, benar-benar aktif di blog antara tahun 2009-2010. Beberapa blog—di Wordpress, Tumblr dan Blogspot yang saya asuh tidak ada hubungannya dengan Kdrama dan Kpop. Seperti yang kalian lihat, entri pertama blog Majimak Sarang pertama kali di tahun 2013—saya junior di sini. Terlepas dari ini, saya mengenal Hazuki sebagai blogger senior di per-kdramaan—meskipun dia tidak mengenal saya (dan saya tidak merasa perlu harus dikenal). Harusnya saya seneng dooong ya dikunjungi blogger senior? Sayang sekali, reaksi pertama yang keluar justru shock dan speechless. Apa yang saya khawatirkan akhirnya terjadi. Saya akui beberapa komentar di postingan tersebut memang sudah sangat keluar jalur—dua orang yang bertanggung jawab atas komentar-komentar tersebut (Nisa dan Mbak Abby) sudah meminta maaf).
Masalahnya selesai? Harapan saya demikian. Tapi tolong izinkan saya sebagai Azz—pemilik Blog Majimak Sarang menggunakan hak saya untuk menanggapi sejumlah urusan yang saya rasa sangat urgent untuk dibahasakan dan disuarakan.
***
Saya penganut konservatif yang menyukai detail, sedikit kaku dan kikuk, asli-nya gak suka basa-basi, dan observatif tapi punya sisi humor yang tidak semua orang bisa cocok—saya meminta maaf jika tulisan saya berikut ini terdengar offensif. Saya hanya mencoba jujur pada diri sendiri. Jujur yang bukan kamuflase dari amarah apalagi malu hati. Saya cukup yakin tidak perlu memposisikan diri saya di titik tersebut.
Saya sebagai #TeamTaek tidak akan membela Mbak Abby dan Nisa—sebagai orang dewasa, saya yakin keduanya sudah tahu dengan benar apa yang harus dan tidak perlu dilakukan.
Ketika pertama kali mengecek tab mention Twitter saya, ada notifikasi dari satu akun asing yang bukan follower akun saya dan saya tidak mem-follow beliau. Adalah @luputuariw, yang sudah bela-belain mensyen ke saya agar menegur readers di blog saya yang menurut beliau dan readers blog Hazuki Airin telah menghina pengasuh blog Clover-Blossom tersebut. Terus-terang saya langsung panas-dingin, jantung berdegub kencang, kepala nyut-nyutan setelah membaca mensyen beliau yang lumayan panjang. Emosi saya campur aduk, di satu sisi saya bersyukur  dan sangat berterimakasih karena beliau sudah capek-capek mensyen salah satu pendukung #TeamTaek, tapi sisi lain hati saya mendecih—sinis. Pertanyaan yang menyembul keluar dari benak saya detik itu, “manakah yang sedang Anda bela? #TeamJunghwan secara keseluruhan? Hazuki Airin? Atau gundukan emosi yang sudah kadung menggulung habis apa yang biasa orang sebut introspeksi diri?
Ini capture mensyen Mbak @luhputuariw ke Twitter saya
... Menghormati privasi dan hak orang lain... mewah sekali potongan kalimat ini, saya sampai terharu membacanya. Sekali lagi saya tanya, siapa yang Anda bela? #TeamJunghwan secara keseluruhan, Hazuki Airin atau...? Jika yang anda bela #TeamJunghwan secara keseluruhan, isi twit ini adalah lelucon paling absurd yang pernah saya dengar sebagai observer dua team dari Reply 1988 ini. Saya tidak pernah berani mengaku kalau #TeamTaek berisi orang-orang suci yang kata-katanya murni, yang setiap apa-apa saja kelakuannya adalah kebenaran. Saya bilang, dua team ini masing-masing punya kekurangan—yang membedakan adalah bagaimana mereka menanggapi kritik dari seluruh penjuru. Apakah dengan mata tertutup atau mata terbuka. Karena hasilnya akan berbeda. Mata tertutup, membawamu pada kegelapan dan menyesatkan. Mata terbuka membawamu pada jalan pulang—namun terlalu terang juga bisa menyilaukan. Mereka yang patut menerima pelukan hangat adalah yang rendah hati dan melapangkan hatinya menerima kritik dan saran. Yang dengan itu, ia mencoba memperbaiki apa-apa yang perlu diperbaiki, bukannya menyiramkan bensin ke daun kering dan menjadi terik matahari—membakar. Sikap ngotot merasa paling benar tidak cocok bagi pemenang. Saya pernah bilang, salah satu sikap yang paling tidak bisa saya terima adalah playing victims. Tolonglah, jangan berlaku seolah-olah kita adalah sisi yang paling terzolimi sejagat. Apakah Mbak @luputuariw mengikuti forum Reply 1988 sejak episode pertama tayang? Apakah Mbak tahu bagaimana perlakuan #TeamJunghwan di sana terhadap #TeamTaek? Ataukah Mbak hanya membaca apa yang diposting Hazuki Airin di blog-nya? Sebelum forum Reply 1988 dan Suntaek ramai, saya di sana—meski jarang meninggalkan komentar. Saya tahu benar apa yang terjadi di sana. Bagaimana #TeamJunghwan bersikap sok-sokan kalau Junghwan adalah endgame. Cukup tahu saja, yang memulai segala teori ka*vret soal warna bla bla bla adalah #TeamJunghwan, jika kemudian lahir teori lainnya yang menguntungkan #TeamTaek, kalian tidak berhak marah apalagi membully #TeamTaek
Apakah menuding Lee Woo Jung mengubah naskah termasuk menghargai karya seseorang?
Saya tidak akan pernah lupa apa yang sudah dilakukan #TeamJunghwan di Soompi sejak Reply 1988 tayang hingga detik ini. Jika saya mau, saya bisa saja membeberkannya satu-persatu disertai bukti akurat. Tapi kembali lagi, untuk apa? Saya tidak suka memprovokasi orang lain dengan hal-hal negatif—saya takut kelak itu akan memantul kembali pada saya. Rasa tidak suka saya terhadap sesuatu sebisa mungkin saya simpan untuk diri sendiri—bukan untuk ditransfer ke orang lain. Ketimbang mentransfer dosa—mending transfer duit *HEH! Kalau pun saya keluarkan, biasanya saya samarkan demi meminimalisir efek yang ditimbulkan. Saya bukan juru selamat yang tugas­-nya menyampaikan kebenaran. Prinsip saya, kebenaran yang saya pegang tak menjamin akan serupa dengan apa yang kamu percayai—ada batas-batas yang tetap harus dijaga agar tak menimbulkan kesalahpahaman di sana-sini dan itu menjadi tugas kita bersama. Bicara toleransi dan saling menghargai dalam urusan Reply 1988—tidak akan pernah tercapai jika masih ada satu sisi yang ngotot menuduh dirinya paling benar dan sisanya biang salah. Itu ketemunya di manaaaa? Di juraaang? Sekali lagi saya malas membongkar satu persatu ulah banyak #TeamJunghwan yang bikin saya elus-elus dada, sabaaaar. Just stop playing victims! Disgusting! Astagfirullah... . Ngomong-ngomong, orang patah hati itu susah loooh diajak ngomong baik-baik. Bukan saya yang bilang, tapi pengalaman. Kamu serasa ngajakin ngobrol tembok tebal. Bisu. Mati rasa.
Caption twit Mbak @luputuariw selanjutnya...
Jangan bawa-bawa umur juseyoooooow. Saya semacam dapet tekanan batin gitu. Teringat pertanyaan paling Endonesaaah sepanjang masa bagi mereka yang sebentar lagi memasuki gerbang 30-an—para jomblo-ers.
Ilustrasi : kumpul keluarga besar di hari Minggu
Tante A : Eh, Azz udah kerja kan sekarang?
Azz : Iya, Tante *sopaaan banget ngomongnya, tapi dalem hati was-was tingkat Planet Pluto*
Tante Z : Trus kapan dong nikahnya? Si *nyebut nama salah satu temen SMA* udah nikah loh. Calon kamu mana sih? Kok gak pernah liat?
Dan Tante-tante lain pun ikut nimbrung...
Azz : LEMPARIN GUE KE KUTUB UTARA SEKARANG! *histeris dalem ati*
 Jadi pengen lari ke pantai lalu teriak... *gue berasa jadi Cinta yang mencari Rangga-nya* .
Gak ada yang salah dengan twit Mbak @luhputuariw, patut di-apresiasi dan saya sangat berterimakasih. Saya akui Mbak Abby dan Nisa sudah kebablasan. Dan mereka juga sudah meminta maaf :))
Sikap keterlaluan Mbak Abby dan Nisa tampaknya lahir dari akumulasi kejengkelan, jengah, marah, kecewa pada postingan Hazuki Airin. Dipicu terlalu senang melihat interaksi Bogum-Hyeri di fansign kemarin itu, semangat mereka membahas (membully) Hazuki melesat ke titik yang bikin saya menghela napas khawatir ㅋㅋㅋㅋ saya bergumam dalam hati, duh... alurnya udah salah nih... aplikasi LINE di ponsel saya sedang bermasalah, jadi saya tidak bisa menegur Nisa secara langsung. Pun di Twitter, 140 karakter tidak cukup bagi saya untuk menceramahi si adik satu ini ㅋㅋㅋ
Istilah gak ada asap jika gak ada api cocok. Siapa pun dia berhak mengeluarkan pendapatnya, sepanjang tidak melanggar hak-hak orang lain, sepanjang itu masih dalam batas kewajaran. Bolehkah saya bertanya? Apakah di seluruh postingan Hazuki Airin dan komentar-komentar setelahnya, tidak ada satu pun yang mendiskreditkan team produksi Reply 1988 dan khususnya Shin PD dan Lee Woo Jung? Mengerdilkan karakter Taek secara psikis dan fisik? Membully Deokseon? Jika tidak ada, terberkatilah kalian sebagai orang-orang yang hidupnya suci, murni, hatiiii sang Biadadariiiii *errrrr ntar, ini kenapa kayak lirik lagu senetron taon 90-an*
Nah, sekarang saya akan berbicara sebagai Azz, bukan #TeamTaek. Ini saya yang sebenarnya—frontal, apa adanya dan asli-nya gak suka basa-basi. Jika ada teman yang menegur secara baik-baik—kelakuan saya yang dirasanya salah, Hal pertama yang saya lakukan adalah bertanya, “benarkah?” pada diri sendiri. Disusul upaya melakukan introspeksi diri—benar-benar mengintrospeksi diri bukan sekadar basa-basi kata-kata mentah dan datar—yang ending-nya bisa kita tahu bersama, dikerubuti lalat. Hemat saya, seseorang yang menerjunkan dirinya secara total memeriksa apa-apa yang salah pada dirinya, tak akan mengulangi hal yang sama selanjutnya. Setidaknya ia akan lebih berhati-hati.
Ada satu lagi sikap yang bikin saya ingin muntah ke selokan. Double Standard. Standar Ganda. Kamu hanya akan menerima satu fakta jika itu menguntungkan posisimu. Selebihnya adalah bohong. Bohong. Bohong. Saya punya pengalaman buruk dengan segolongan orang yang menganut paham rongsokan ini—standar ganda. Saya muak. Jangan bikin saya tambah eneg dengan bertingkah bak saint di sini. Entah itu #TeamTaek dan #TeamJunghwan, bersikap dewasalah sesuai jargon kalian masing-masing. Jangan saling menuding seperti dua bocah lima tahun yang sedang berebutan kuaci. Suami Deokseon bukan kuaci... Namanya Taek .
Saya akan mewakilkan hak jawab saya pada pertanyaan sederhana ini, “bisakah kalian—dua team yang kerap berseteru ini, memberikan bukti konkrit bahwa kalian tidak pernah saling menghina, membully, melecehkan satu sama lain? Saya tidak mau membela siapa pun. Saran saya, lebih baik kalian tidak saling menanggapi satu sama lain biar aman. Gak usah nyari-nyari masalah. Silakan berpesta di wilayah delulu masing-masing, tapi jangan saling nyinyirin satu pihak dan pihak lainnya. Kalau kamu sudah memilih berada di shipper mana, kenapa kamu masih gak percaya diri juga? Toh, tetap gak ketauan kan Hyeri sukanya sama siapa? Deokseon kan udah jelas, kesayangannya Taek.
Oya, ada satu olok-olok primitif yang pernah dilemparkan rekan saya pada saya dulu, kata dia manusia punya sisi gelap di mana dia merasa bahagia bila sudah mengintip ruang privat manusia lain. Kasarnya, manusia merasa terpuaskan melihat kesakitan pihak lain. Hati-hati.... ^^
Secara pribadi, saya pesimis Hazuki Airin akan menerima permintaan maaf Mbak Abby dan Nisa. Kenapa? Pengalaman saya dengan beliau sudah membuktikan itu. Saya kira, upaya saya meminta maaf adalah jalan paling bagus untuk membersihkan kesalahpahaman kami. Tapi tak disangka beliau masih menyinggung isi postingan saya di tulisan beliau berikutnya. Tapi, Mbak Abby dan Nisa memang sudah sepantasnya meminta maaf—komentar-komentar kalian itu loh... saya aja agak gimana-gimana bacanya ㅋㅋ jangan diulangi lagi ya!
Saya ingatkan sekali lagi, jangan ajak berdebat saya soal umur dan tingkat kedewasaan seseorang. Jangan ajak saya berdebat dalam urusan yang tidak logis dan penuh khayalan, jangan ajak saya berdebat saya untuk hal-hal yang sudah selesai dan kita ketahui hasilnya. Waktu saya terlalu berharga untuk itu.
Dear yang kalah, gak usah ngotot bisa kan?
Dear yang menang, Baduk Etiquette, please...
Saya shipper garis keras Taek-Deokseon di drama, dan saya bukan shipper Bogum-Hyeri. Tapi saya sangat menghargai dua shipper ini dua nyata (Ryu Jun Yeol/Hyeri dan Park Bo Gum/Hyeri)—asal gak berlebihan delulu-nya, asal gak saling nge-bash. Hidup saya sudah rempong, saya gak mau nambah rempong lagi dengan ini. Hati-hati dengan matamu, hati-hati dengan penilaianmu yang bias, hati-hati dengan ucapanmu. Think twice before you talk.
Saya lupa bilang satu hal, jangan coba-coba mengajak saya bicara serius—karena saya akan menanggapinya dengan sangat serius. Ini buktinya.
***
Terimakasih kepada readers yang baru saja menemukan blog Majimak Sarang. Terimakasih untuk tidak menjelek-jelekkan satu pihak. Terimakasih untuk seluruh penghargaannya terhadap pemilik blog ini. Terimakasih, saya sangat menghargainya. Dan maaf karena keterbatasan sarana dan prasarana saya kesulitan membalasnya satu-persatu  ^^

P.s : Sinopsis Episode 20 kemungkinan besar baru bisa saya posting pekan depan—entah hari apa. Oya, saya mau tanya bagaimana respon kalian jika saya membuat Grup Majimak Sarang di LINE?

Mohon maaf sebelumnya, saya akan menghapus komentar-komentar yang tidak sopan dan memancing keributan. Saya hanya ingin menjaga agar blog Majimak Sarang tetap dalam lingkup positif. Terimakasih atas pengertiannya.

52 comments:

  1. Ka azz kaget juga pasti yah blog majimak sarang nya tiba tiba rame gini aku dr awal ep 1 #teamteak jujur searcing google sampe page ke sekian *gainget baru ktemu blog kk ini dan isi komentarnya yg aku inget cuma nisa dan ka azz dan aku masih jadi silent reader cari cari blog yg bahas reply 1988 ini yg netral atau ga teamteak juga hampir ga ada aku cari aman aja supaya baca nya ga bikin sakit hati atau emosi aku hindarin ribut ribut di komentar di blog yg ga sepikiran dan sehati sama aku, aku juga berharap #teamjunghwan mungkin kalau blog ini ga sepemikiran dan sehati hindarin untuk baca atau berkunjung aku sangat sangat mengerti rasa sakit hati yg kalian rasakan kita team teak cuma butuh satu tempat buat mengutarakan isi hati dan unek unek yg udah di pendam sepanjang 20 episode reply 1988 ini mari kita saling menghargai kebebasan berpendapat kalau memang team junghwan merasa kita team taek keterlaluan saya salah satu team taek memohon maaf sebesar besar nya dan ayo dari pada kita saling merasa paling benar dan membenarkan kita sama sama intropeksi diri jangan sampai yg menang katanya ga boleh ngeyel tapi yang kalah boleh ayo lah mending sama sama jangan ngeyel kan lebih baik salam damai ^___^

    ReplyDelete
  2. Hal pertama yg akan saya lakukan sekarang adalah #pelukeratKaAzzhuraaaa

    ReplyDelete
  3. Iya kaka,
    Aku dan ka deota udah tobat nasuha T.T

    Kami menyadari kata-kata kami memang sangat keterlaluan apa yg kk bilang emang bener. .

    Ka deota where are you? Ka deota katanya tadi ada shift malam ka,ka deota itu profesinya perawat ka perawat yg tugasnya membalut luka para pasien sejenis kerjaannya lee young ae di jewel in the palace *apa-apalah ini*

    Sekali lagi maafkan kami ini ya ka diantara semua orang kami merasa paling bersalahnya ke kaka dan ke diri sendiri ada juga sih huhu

    Aku mau ngomong apalagi ya tadi tiba-tiba amnesia mendadak,

    Semoga ka azzhura selalu sehat,
    Aku mau lanjut tidur besok kuliah biokim dan kimia bahan makanan *tarik selimut*

    tambahan : dari seseorang yg sudah berkomitmen penuh untuk berhenti kepo seperti sung no eul

    Sekian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduh gmana tho....!!!!
      di blog sebelah ja bebas berpendapat ttg teamnya, dblog ini jg donk harusnya, ya wajar wong kita satu suara kok #teamtaek.
      tetep semangat mb azz....!!!

      Delete
  4. @Isna, ㅠ.ㅠ ini loh salah satu yang bikin aku kagum sama pengunjung blog ini, rata-rata kalem dan berpikiran terbuka. Makasih Isna *kirim lope-lope satu truk*

    @Melia, neeeeeeeng aku padamuuuuu. *peluk Melia*
    Rencana kita kemaren nyulik Bogum pagimane? ㅋㅋㅋ

    @Nisa, kalau model adeknya macem begindang, mana bisa marah coba? ㅠ.ㅠ Gak boleh kebablasan dan keceplosan lagi yaaaak ㅋㅋㅋ
    Biokim? *mendadak panas dingin* Itu dulu mata kuliah yang sering bikin aku pusing ㅠ.ㅠ

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu omong-omong temen kaka yg ngomong soal "sisi gelap" keren banget kata-katanya itu dia bikin quotenya sendiri apa pinjem kata-kata dari buku,kata-katanya emang bener sih,itu sisi gelapku ka aku juga punya sisi gelap seperti min hha

      Tapi sekarang sebisa mungkin aku akan mencoba menahan sisi gelapku agar tidak keluar ya dengan cara pensiun kepo tadi,

      Sebenernya cita-cita awalku mau jadi mata-mata ka namun entah bagaimana panjang sekali ceritanya aku tersesat dalam labirin bernama "kimia" itulah asal mulanya segala hal aku kepoin ada jiwanya ka dan sering banget itu kumat kaya penyakit second lead sindrom yg datang tak diundang pulang diantar *begitulah kronologis ceritanya*

      *membungkuk 90 derajat*

      Ah iya namanya indah bangetkan ka "biokimia" namun isinya tak seindah namanya malah kebalikannya --

      Aku sukanya mata kuliah kimia bahan makanan soalnya dosen yg ngajar dosen favoritku aku ngefens beliau percaya ga percaya muka dosenku yg ngajar mata kuliah ini mirip mario teguh lho ka bisa dibilang kaya kembarannya mario teguh terus sifat bijaknya juga mirip mario teguh pokoknya kalo yg ngajar dosen ini aku semangat 45 ka kuliahnya biar kata mata kuliahnya ada yg paham-paham ngga~

      Delete
  5. Haha kirim balik lope lope lope nya se kontainer ^_^ iya makasih banget loh ka azz mau ngulas reply 1988 ini dan sepemikiran pula aku ga bisa bayangin kalo ga ada blog ini mau mencurahkan isi hati kemana walaupun emang ada forum soompi tapi apa daya english ku ini ga bagus jadi ga pd buat komen hanya jadi silent reader aja hehe tetep semangat yah ka untuk tulis tulisan lain nya walau bnyak rintangan menerpa fighting ^^v.
    Oh iya teman teman seperjuangan udah liat artikel bogum mau main drama bareng jisung ajusshi hemm berharap drama nya bagus firasat aku bogum bakal jadi penyanyi di drama itu exciting banget ga sabar hahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya semoga ratingnya bagus tapi masih considering sih,
      penulis skenarionya yg nulis skenario film "miracle in cell number 7" kalo aku liat riwayatnya sih penulis skenarionya ini bagus kalo nulis skenario film soalnya rata-rata sejarah karya skenario filmnya punya track record yg bagus yg terbaru ini dia nulis skenario buat film "hyung" yg dibintangi park shin hye,Do sama jo jung suk kalo sejarah penulisan skenarionya untuk drama track recordnya agak kurang bagus sih skenario drama yg ditulisnya adalah "bel ami dan birdie buddy" penulisnya kaya lebih fokus ke penulisan skenario untuk film daripada drama ya tapi siapa tau ajakan dia sudah memperbaiki kesalahannya di masa lalu dengan membuat skenario drama yg lebih baik,drama itu untung-untungan sih ratingnya tahun lalu aja hong sister yg notabene nya penulis skenario drama terkenal rating dramanya kurang bagus. .

      Delete
    2. Iya bner riwayat penulisan dramanya kayanya kurang bagus tp semoga aja kali ini dia buat drama bagus kaya film film nya kali aja effect bogum dan jisung ajusshi bisa merubah segalanya haha #hopehopehopehope

      Delete
    3. Iya kayanya sih dia lebih konsen kalo nulis skenario film tapi kali aja setelah ini dia bisa lebih baik mungkin karna efek terlalu sering nulis naskah film kali jadi pas nulis skenario buat drama yg banyak episodenya fokusnya jadi kacau,ya semoga aja drama karyanya selanjutnya ini bisa booming lagian screenwriternya baru 2 kali nulis naskah drama dan bogumnya juga masih considering statusnya belum dikonfirmasi

      Delete
    4. Iya juga sih memang belum confirm semoga sih dalam waktu dekat ini dia ambil proyek baru udah kangeen banget liat akting nya bogum walau memang aga terbayarkan mulai hari ini ada yof yuhuuuu...

      Delete
  6. Sang pelaku keonaran sudah datang...dg menunduk sangat sangat merasa bersalah...maafkan kata2q yg sudah sangat kelewat batass untuk mb.hzuki dan eam jh...aku akui aku jd childish gr2 ngepoin tetangga...salah banget pokoknya...

    Maaf bnget terutamanya sm mb.azz gr2 aku jd tercemar blognya...maaf banget malah jd tambahn pikiran...hidup sehari2 udah ribet malh d tambhin keonaran d dunia maya ....maap sebesar2nya ya mbak...kami janji gk akn ulangin...yakin lah udah tobat nasuha nii...

    Nisa sini temenin aku shift malem sambil bergosip kita...heheheee
    Piss....salam damai...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sedih huhu. .
      kita jadi kaya pelaku tindak kejahatan kriminal ya jadinya ka ih segitunya deh itu tweetnya T.T

      iya maafin aku lagi juga ka 1000 kata maaf mungkin masih belum cukup untuk membayar dosaku ke kaka T_T

      ayo ka nanti aku temenin sekalian aku bawain kopi bebas sianida,tapi kita gosipinnnya tentang bogum-hyeri aja ya jangan yg lain haha

      Delete
    2. Hahhahahhaa...ignore that twitt honey...lets move on...

      Iya dong kita kan udah punya forum pribadi skrg...its all about bogummy...

      Delete
    3. Yup yup
      Udah move on kok ka

      [The End - Beli buku baru]

      Delete
    4. kn dblog sebelah jg qt, kok blog ini jg. hish...

      Delete
    5. PENGUMUMAN PENTING :

      aku udah pensiun ka rosi ke blog sebelah sama twitternya terhitung sejak hari rabu kemarin aku dan ka deota sudah berkomitmen penuh tak akan kepo-kepo lagi

      sekian pemberitahuannya

      Delete
  7. Sabar menantii mba azz dri ksibukkannya... ♡♡♡♡♡♡♡♡♡♥♥♥♥♥♥♥♥♥ semoga ga ada perang lagi dsni..hee

    ReplyDelete
  8. Semangat buat mba azz, nisa dan deota.
    Mba azz makasih sinopsis nya, sangat bagus dalam penulisannya. Aku tiap hari bolak-balik mulu kesini tau mba nyari-nyari info atau tulisan mba azz yang selalu seru buat dibaca. Eh ternyata lagi hiatus, pantesan. Semoga semuanya berjalan lancar ya mba ^^ .
    First comment nih, bisanya silent reader :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuuuppsss....thanks imma-ssi....mari kita meramaikan blog ini dg obrolan yg sehat...lupakan masa lalu sambut masa depan...golden wayss....wkwkwkwkwk

      Delete
  9. Karena td malem ngantuk dan cuma sempat komen seiprit, izinkan adek paling kecilmu ini berbicara Ka Azz

    Buat ka azz saya sangat berterimakasih ada blog seperti ini, tempat saya mengeluarkan apa yg saya pikirkan. Jujur pertama kenal aku udah nyaman sama ka azz, dan aku orgnya klau udh nyaman sma orang aku akan sangat menghormatinya.

    Buat mba hazuki izinkan mantan penggemarmu ini berbicara, saya tau mba hazuki sejak kelas 2 SMA dan skrng saya sedang menginjak semester 6. Saya mengagumi tulisan mbak yg fresh dan mudah dicerna, setelah mbak fany dan mbak dee urutan ketiga dulu adalah mbak tp semenjak Reply 1988 tayang rasa kagumku mulai berkurang awalnya biasa aja tp lama kelamaan hatiku sakit membaca tulisan mbak. Kemana mba hazuki yg dulu saya kagumi. Aku tau mbak manusia biasa yg punya sisi lainnya, tp setidaknya pemilihan kata yg tepat dan dapat memposisikan diri sbg penulis blog yg diikuti oleh org banyak. kalau teman mbak ada yg mention ka azzhura bilang ka azz suruh mengingatkan readers nya agar berhati" dlm berbicara maupun berpendapat bahkan suruh saling menghargai. Skrng saya diposisi teman ka azzhura akan berbalik supaya mbak hazuki juga mengingatkan para readers nya untuk berhati" dlm berbicara maupun berpendapat serta "MENGHARGAI" yg merupakan kalimat yg mudah diketik namun susah untuk diterapkan.

    Dan buat mba yg mention ka azzhura Izinkan saya yg blm makan banyak asam dan garam ini berbicara. Apakah mbak yakin kalau kedewasaan seseorang itu hanya dilihat dr umur semata ? Teman saya pernah berkata "Berapapun angka usiamu maka didalamnya pasti masih tersimpan sifat seperti anak kecil" logika sederhananya lihat kakek nenek yg sudah berusia 80'n mereka akan kmbli seperti anak kecil yg rewel dan butuh seseorang untuk mengurusnya. Jd mau itu usia kepala 2, 3, 4, bahkan 5 akan menunjukan sifat anak kecilnya tergantung situasi yg ada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udahlah mel,
      Sabar-sabar mari kita tutup buku soal ini ga ada gunanya ngomong sama orang-orang patah hati bagai ngomong sama tembok tinggi *kembali ke baduk etiket*

      Yof mau tayang malam ini senangnya sekarang tiap jumat ada tontonan lagi hitung-hitung sbg penghibur hati mahaiswi tingkat akhir ini yg harus banyak berurusan dengan beragam karakter dosen dan orang-orang disemester ini,

      Sekian
      Kamsahada~

      Delete
    2. Iya ka nisa aku cuma ingin mengungkapkan isi hati, aku biasanya diam jarang ngomong dan banyak baca dr pada ngetik. Tp kalau punya sesuatu untuk dikatakan ya harus dikatakan atau aku bakal kepikiran terus terusan.

      Iya akhirnya hari jumat ada yg ditungguin lg, tp kalau inget YoF inget kuota jg. Hmmm aku mau ngerayu menteri keuangan di rumah dulu buat bli kuota wkwk

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. Himnae melia sayang...yupss..gk ada salahnya ungkapkan unek2...jadi lega kan rasanya skrg...itu jg yg aku rasakan slm ini...dia org yg aku kagumi tulisannya...tapi...udahlah gk usah d bahas lagi...iya kan nis..kan kita udah tobat nasuha...tutup buku dan buka lembaran baruu...

      Are you ready to watch our tanned taekiee,,,ehh bogummy tonight??? Mari buat keributaaannn....hahhahhhaa...
      Btw irene tambah cantik dg rambut hitam terinspirasi deoksun kah?? #Mulai delulunya kambuh# ...jd bingung mau dkg mna...hahahaaaa....bogum buat aku aja lah yaaa...

      Delete
    5. Readyyyyyy bangett, pengen liat bogum nyetir mobil terus nabrak tembok haha

      Bukan ikutan duksun eon, tp irene ikutan aku jg hitam rambutnya kkk

      Kalau kata ka azz mah bogum pantes disandingkan dengan siapa aja, sama kim go eun iklan hp jg pantes kan, apalagi ntar sama kim yuna yg cantiknya langka bgt.

      Delete
    6. Hahahhaa...iya dong bogum gitu looohh aura bintangnya trllu strong...
      Setujuuu...kim yuna menurutq mmg pantes jd ikon korsel...wajahnya asli soalnya...cantiknya unik dan langka...gak sabar nunggu iklannya

      Itu ada yg komen panjang banget dr tim sebelah yaa males bacanya kalo yg post tim taek aku dg rela hti membaca untuk dr awal udah blg tim lain jd gk lnjut baca...kok bs nyasar kesini...
      Ini aku comment kata2 nya msh wajar kan yaa...piss...salam damai

      Delete
    7. Kayaknya kaka hikmasari adalah team junghwan yg sudah insyaf eon Abby #alhamdullilah dr sekian banyak yg masih baper ada yg udah sadar, beliau datang dgn baik baik jadi mari kita menyambutnya dgn baik. Buktikan kita itu menerapkan baduk etiket hehehe

      Delete
  10. Kalo ada grup line majimak sarang,, mau ikutan gabung bisa gak yah^^
    Semoga semua maslah cepat selesai yah,,

    ReplyDelete
  11. Kalo ada grup line majimak sarang,, mau ikutan gabung bisa gak yah^^
    Semoga semua maslah cepat selesai yah,,

    ReplyDelete
  12. Team taek fighting!!!! ♥♥♥♥♥♥

    ReplyDelete
  13. KOMENTAR PART I (karna kyknya sih bklan panjang komentarku)
    Anyeonghaseo #TeamTeak dan Readers serta Pemilik blog ini. Baru semalem aku tau ada blog lain yang membahas soal R88 selain blog yg selalu aku antengin.
    Sblum itu, semuanya harus tau, selama Rseries aku gak pernh nonton bru R88 lah yg aku nnton dn hal itu sukse membuat aku gagal moveon.
    Aku adalah #TeamJunghwan (harap untuk tidk naik emosi dulu ya semua). Jika kalian memeriksa koment dr blog mbak airin, mungkin kalian akan liat komentar aku disana TAPI meski aku #TeamJungHwan aku selalu bilang AKU SUKA BANGET NGELIAT LOVEY DOVEY TAEK DAN DEUKSUN.
    Meski presentase Junghwan jadi suami Deuksun sangat tinggi tp aku nggak pernah mengabaikan kehadiran Taek karena aku suka ngeliat moment antara TaekSun. Jujur saat tahu suaminya Deuksun adalah Taek, aku nangis senangis-nangisnya dan gagal moveon tp hanya untuk beberapa hari saja. Dan aku sangat terkejut saat aku memperhatikan fanwar di soompi dan isi blog sebelah yg kalian tau seperti apa, R88 udh selese tp kenapa kedua ship masih perang???
    Aku lanjutin ya, meski didunia fan R88 mayoritas ada di #TeamJungHwan tapi disekitar aku malah sebaliknya. Di kampus, yg suka sama K-drama hanya 1atau 2 orang saja itu pun gak update dn gak tau drama apa aja yg sedang ongoing, sahabat2 aku di kmpus jga gak suka Korea, sahabat aku yg dri SMP ( 2org cwe dan 1 org cwo) spnjang hidup hanya pernh nontn Dream High untk yg cewe dan shabat ku yg cwok hnya pernh nontn K-Movie The Miracle Cell Number 7. Jdinya aku melarikan diri di blog yg ngebahas R88 dan di soompi.
    Di Soompi aku ngikutin smua thread baik yg MT maupun yg para shipper dgn tujuan untk mengetahui gmn alur sebernnya dri Reply. Saat R88 tayang, aktifitas aku hnya update soal R88 hingga malas buat jalan ama shbat2 aku dn biasanya lgsung balik dri kmpus ke rumah. Dan berhubung ketiga shabatku kuliah di Perguruan Tinggi Negri smentra aku hnya Luar Negeri jd jadwal libur kami berbeda. Saat mereka libur, itu bersamaan dengan gila22nya aku ke R88 jdi mereka kesel aku sngat sulit ditemuin. Berhubung hpku juga rusak gegra terinjak olehku sendiri jdinya aku beralih ke hp komuniketer yg mmbuatku smakin sulit di jangkau. Akhirya setelah mereka berusaha menculikku dri kampus dan bahkan dari rumh (meski gagal sih) agar kami ber4 bisa jalan bareng dn ngumpul ama tman sm yg lain jadinya kedua shbt cewekku kepo dn mau nntn R88 yg saat itu udh baru masuk ep 16 dn bts special.

    ReplyDelete
  14. aduh gmana tho....!!!!
    di blog sebelah ja bebas berpendapat ttg teamnya, dblog ini jg donk harusnya, ya wajar wong kita satu suara kok #teamtaek.
    tetep semangat mb azz....!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita mah gak mau cari ribut mbak...udahlah nerima aja dr dulu jg mmg sllu jd yg terintimidasi...
      Kan yg boleh ngeyel yg tim kalah...tim menangbharus legowo...hadehh

      Delete
  15. KOMENT PART II
    Kedua shabatku mengakui drama ini sngt keren dan menyenth dn merekka di #TeamTaek (berlawanan dgnku) dn akhirnya kami mengadkan kompettisi mengumpulan teori untk ship kami smbil nunggu ep 17. EFEK FATAL dari R88 dalam hdupku adalah AKU BAHKAN MEGABAIKAN ULTAH SHBAT COWOKKU KRN PD TG 2 JANUARI bersamaan dgn tayanya R88 BTS SPECIAL. Dia frustasi bnget krn slma ini aku dikenal sbg kordinator acara disetiap aacara ngumpul bareng teman SMP jdinya ultah dia berlalu tanpa ada cara apapun bareng temen2 DAN AKU JUGA UPA NGASIH UCAPAN SELAMAT KEDIA. Dan makin kesel saat aku dan kedua sahbtku (yg saat itu lagi mau ngerayain ultahku yg tgl 4 januari) berdebat tntg R88 krn cm dia yg gak tau soal R88, dn dia kesel karna kami berdebat di dalam mobilnya yg membuat dia tampak seperti sopir bagi kami bertiga. Jdi aku memaksanya untuk menonton R88 skalian meminta pendapat dr sudut pndang cowok.
    SETELAH kurnglebih 3 hari dgn mata yg penuh kantung mata dn lingkar hitam karna begadang (dia bukn tipe anak yg bisa begadang) akhirnx dia udh selese nontn R88 dan kami bertiga mendapat KULTUM dr dia katanx kami betiga pra shipper hanya mementingkn perasaan anak cwoknya dn mengabaikan perasaan Deuksun. Harusnya yg kami cari bukan petunjuk siapa suami deuksun tapi siapa yg ada di hati deuksun. Dan dia bilng kalo kami perempuan hanya baper sampe mengabaikan hal2 yg udh jelas. Dr ep 1-16, deuksun sama sekali belum melihat ke4 shabtnya sbg cowok meski beberapa sikapnya ada yg berlebihan tp blum ada bukti signifikan yg menunjukkan dia ngeliat ke4 shbtya sbgai cowok.
    Saat episode 17 tayang, kami ber4 nonton bersama di rumah shbtku. Dan aku menangis luarbiasa krn adegan kiss TaekSun. Saat itu yg cwok blg “ini udh game over. Yg dihati deuksun adlah Taek”. Aku yg emang sama dia selalu cekcok kyk junghwan dan deuksun bahkan jauh lebih parah dari mereka krn aku biasa menjambak rambutnya jika aku udh kesal ama dia, akhirnya melemparinya dengan smua bantal yg ada didekatku. Kedua shbtku melerai dn bilang “masih ada 3 episode tersisa. Selama 17 episode mereka #teamTaek hanya memiliki harapan 1% dan kini menjadi 99%. 1% msih milik Junghwan, ssetiap persentase sekcil aapapun bisa berubah jadi sangat besar” jdi aku mash lnjut nonton dgn keyakinan itu.
    TAPI setelah R88 selese, aku semakin frustasi dan menangis sejadi-jadinya dn ikut larut dlm sumpah mnyumpah, dan shbt cowokku pun bener2 udh kesel dan frustasi sama aku. JUJUR, selama aku kenal dia hampir 9 thn (gak yakin bsa dibg shbat sih soalnya aku hanya satu sekolah dan sekelas dia saat SMP dan kmi lanjut di SMA berbeda dan kampus kami jga berbeda, ketemu Cuma saat ngumpul atau jalan, BBM/SMS/TELPON kami gak pernh ngelakuin itu.)apapun yg aku lakuin dan cekcokin sama dia, pasti dia akan ngalah tapi kali ini dia MARAH (kyak Taek yg marah di ep 20), dia blg “Keterlaluan sekali sikapmu. Gara-gara drama, kau abaikan teman2mu. Mmng ini drama bagus, malah bagus sekali menurtku tapi sikapmu itu bikin jengkel. Gara-gara yg kau suka tdk bersatu jadi kau benci ini drama. Berapa umurmu nah? Kau sudah mahasiswa tp pikiran kayak anak sd. Coba kau fikir, apa alasan awalmu nonton in drama? Karena ceritanya? Atau muka para pemainnya? Atau apa? Kalo niat awalmu saja sudah salah, mending dri awal kau tidak usah nontn” BLEKKK… saat itu, aku langsung sadar. Aku udah kekanak-kanakan.

    ReplyDelete
  16. KOMENT PART III
    Awal aku nonton drma ini Karena HYERI. Aku sukaaaa sama karakter dia, jd saat smua komentar negative saat dia terpilih jadi lead main aku tetp akan nonton R88 krn dia meski aku gk pernh tertarik dgn drama Reply. Aku bkan fans Girlsday tapi fans Hyeri. Stelah kmarahan sahabatku itu, aku langsung sadar dan merewatch berulang kali drama ini dn memang in adalah drama TERHANGAT dan MENYENTUH sepanjang maas. Tak perlu jadi orng kaya dngan perusahaan,warisan, mobil mewah serta barang2 bermerek, tak perlu tema Cinderella, tak perlu cerita yg berbelit yg harus menunjukkan rencana2 jhat, draman ini sukses membuat penonton tertawa menangis terharu dan tersenyum untuk tiap detik,menit dan jamnya dalam setiap episode.
    KARENA DARI ITU, AKU SANGAT TERKEJUT BAGAIMANA PERSETERUAN ANTAR KEDUA SHIP MASIH BEGITU BERLANJUT BAHKAN SANGAT MEMANAS. Jika tak ada sahabatku yg memarahiku, mungkin aku jga sudh terlibat dn larut dalam fanwar ini. Tapi setelah pikiranku kini lebih objetif, aku malah kesal pd para ship baik di blog maupun di soompi karena smuanya hanya mebhas PBG dan RJY, td ada yg mebahas Hyeri. Pdahal R88 BERMULA DARI HYERI DAN BERAKHIR DENGAN HYERI. PLEASEE… untuk smua shipper, jgn mencoba mengshipkan hyeri dgn keduanya hnya karena kelakuan dan kedekatan mereka, HYERI SOSOK YANG MUDAH DEKAT DENGAN SEMUA ORANG SERTA DIA JUGA MOOD MAKER DIMANAPUN DIA BERADA. HUFFFT.
    Jika semua shipper mendukung PBG dan RJY, aku seorang yng mendukung Hyeri dan aku kesal saat aku ngebuka IG dgan #hyeri kkbnyakan muncul moment PBG dn RJY. Ini tentang Hyeri bukan tentng mereka,pleaseee. Saat fansign, aku ngeiat smua video antara hyeri dan keduanya, aku berfikir sikap dan perhatian Hyeri pda keduanya sama rata tak ada yg berlebihan .
    Sebagai sesama pecinta R88 (TERLEPAS DARI SHIPPER), aku mau kita smua melepaskan drama ini sbg drama yang layak mendapat 100000 acungn jempol dan tepuk tangan meriah dan aku rasa ENDnya sudh sangat sesuai. INI TENTANG FAMILY DAN MASA MUDA. Masa dimana kehangatan dlm keluarga sangat kental dan kumpul bersama dengan teman sangat hangat. Tdk seperti masa sekarang, teknologi begitu canggih namun meskipun sudah saling bertatap muka smua sibuk dgn handphone masing2.
    AKU FANS SETIA R88 aku menyukai semua momentnya. Sekali lagi AKU #TEAMJUNGHWAN tapi AKU SANGAT SUKA LOVEDOVEY TAEKSUN terutama bagian pantai itu. Salam damai. Aku menantikan YOF. TOLONG LINK UNTUK DOWNLOAD DISERTAKAN ya mbak…
    Makasih, dan salam kenal. Maaf koment kepanjangaaaaannnnnn. Karena baru nemuin semala dn aku udh ngebaca seharian smua tulisan mbak tentng R88 jdinya aku mutusin buat tuangin smuanya dalam satu kali koment seperti ini. PEACE. (PBG dan RJY aja anteng-anteng aja bahkan saling syang kok kita para fans malah perang sih).
    :)

    ReplyDelete
  17. KOMENT TAMBAHAN
    Aku mau minta saran mbak, bisa nggak? (pdhal baru kenal, maf jdi kyk gak tau diri)
    gimaana baiknya supaya aku dngn shabat cowokku kembali kyak dulu? Soalnya sejak dia marahin aku, hubungan kami jadi canggung. Bahkan setelah kejadian itu, kami jadi kayak lost contact. Saran kedua sahabatku, katanya mending akua hubungin dia buat minta maaf tapi tetap aja canggung karena aku gak pernah hubungin dia kecuali untuk ngasih info soal acara ngumpul, atau teman2 aku maksa buat ajak dia ikut jalan sama aku dan kedua sahabatku atau hanya sekedar buat minta tolong buat di jemput kalo dia udh mau otw ke tempat ngumpul atau aku mau pinjam alat music/motornya yg cma jdi pajangan dirumahnya. Diluar dari itu, aku gak pernh hubungin dia secara pribadi.
    Hubungan kami ber4 sedikiit rumit jdi aku tdk bisa mengharapkn kedua sahbat dan teman2 smpku untuk membantuku. Alasannya adalah sahabt cowokku sebut saja Mr. A, dia adalah orng yg easy going tapi gak mudah jadi temannya atau lebih tepat menjadi orang yg dianggap teman oleh dia. Jika ia merasa tidka nyaman dengan orang itu bahkan jika temanku menghubunginya 1000 kali dia akan mengabaikannya dan aku pernh membuktikannya. Saat itu aku sdg di kost teman kampus, dan seorang teman smpku minta foto ngumpul tp foto itu gak ada sama aku jdi aku nyuruh dia buat minta di Mr.A tp katanya BM/Linenya gak diread jaadi aku coba bm deh Mr. A dan dia langusng membalsnya, akhrinya aku ngasih tau masalah itu dan dia ngaku kalo dia udh ngebalas bm temanku itu dan urusan itu udh selese tapi ternyata TIDAK. Temanku bilang, kalo BMnya masih blum di read bahkan temanku mengirimkan screnshotnya, dn saat aku tanyain hal itu pd Mr. A dia malah mengacuhkan pertanyaanku dan mengajakku cekcok, akhirnya sepannjang hari itu hingga kami tertidur kami menghabiskan baterai hp dan hari hanya dengan berdebat tdk jelas. Jujur saja, menurut semua teman smpku, hanya aku yang sangat akrab sm Mr. A bhkan anak cwoknya yg lain agak gimana kedia. Pdhal aku sndiri merasa gak akrab sama dia, ketemu lgsung cekcok, gak pernh sependapat, dia yang suka sarkas dna aku yg suka mukul/nyubit/nyambak dia, ITU YANG DISEBUT AKRAB???
    Makanya saat dia marahin aku dn hubungan kami jdi renggang, smua teman smp ku blg “Kalo yg lain bermsalah dengan Mr. A, ada kau yang bisa jadi pemecah masalah karena yang slama ini bisa control, suruh2 dan bicara nyaplak ke Mr.A Cuma kau. Sesongong bgmanapun sikapnya, kita yng lain Cuma bisa diam tapi cuma kau yg langsung tegur sama marahi dia tanpa liat tempat. Jadi kalo kau yg bermasalah sama dia, hanya kau yang bisa selesekan.” Aku dilema. Semnetara kedua shabatku yg selalu breng kami blg “kami berdua saja bisa akrab sama Mr. A karena kau akrab sama dia. Kau fikir kalo kau tidak akrab sama dia, kita jga bakalan akrab sama dia? Tidak mungkin. Kau fikir kalo bukan Karena kau, dia mau ikut acara ngumpul sama teman smp? Kalo bukan Karena kau, dia mau ikut jalan sama cewek2 dn jd satu2nya cowok? Kau Cuma satu sekolah sama dia waktu SMP jdi kau tdk tau bgman songongnya dia wktu SMA dan bgaimana cueknya dia kalo di kampus, hanya didepanmu dia jadi cerewet dan jahil begitu” aku memng gak tau terlalu ngenal dia tp aku juga bingung dimata aku Mr. A tipe orng yg sangat menyenangkan meski menjengkelkan tapi dimata teman2ku dia hanya menyenangkan jika ada aku dan sangat sombong jika tidak ada aku.aku bingung.
    Mbak dan semuanya, aku harus gimana? Jujur, aku merasa bersalah sama dia dan sekrang jadi kangen moment cekcok dan ngejambak rambutnya.
    MOHON SARANNYA YA SEMUA SEBGAI PECINTA KDRAMA DAN R88

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kaka hikmasari jadi intinya apa ini teh ? Kaka team junghwan yg suka sama lovey dovey suntaek, terus Komennya kaya cerpen aku jg ga tau mau ngasih saran begimane hehe

      Delete
    2. hehehe, maaf ya. yang seperti aku blg, aku tuangin smuanya seklian soalnya aku kira yg ngebahas tntg R88 cmn blog mbak hazuki ternyta ada yg lain. INTINYA, sebenarnya apasih yg nyebabin fanwar makin panas? kok aku gak ngeh banget ya dengan fanwar itu? sklian minta saran biar aku bsa baikan ama shabtku yg kami jdi renggang gegara aku yang sempat baper dengan End R88. SEKALI LAGI MAAF YAAA...

      Delete
    3. Oh itu mah biasa lah ka, karena ada api jadinya kan ada asap.coba engga ada api pasti asap jg ga bakal muncul.

      Sarannya sih kaka minta maaf sama temen cowo kaka, ngaku kalau kaka merasa bersalah dan emang udah keterlaluan bapernya dan janji ga bakal di ulangi lagi. Karena dia cowo jd dia lebih tau gimana perasaan cowo kaya taek, wajar kalau dia marah kaka lebih milih junghwan krna merasa kecewa liat kaka yg lebih condong ke cowo kaya junghwan yg tsundere padahal udah jelas" taek lah yg selalu ada kalau duksun lg sedih.

      Delete
    4. Salam kenal yah hikmahsari ^__^ welcome to blog majimaksarang, sebenernya yg menyebabkan fanwar itu karna mungkin kecintaan para penggemar nya reply 1988 ada beberapa pihak yang kecewa pada ending tapi ga bisa nyalahin satu pihak aja sih baik #teamteak dan #teamjunghwan sama sama sangat mencintai karakter park bo gum sebagai taek atau ryu jun yeol sebagai junghwan saking mencintainya akhirnya jadi terjadi benturan deh beberapa orang mulai terprovokasi termasuk saya dulu #ngaku ^__^ baguslah mungkin mba nya bukan salah satu orang yg terprovokasi dan alhamdullilah bisa melihat tulisan di blog in dengan pandangan yg terbuka ^___^

      Delete
    5. Wah hikmasari temen cowonya suka kali sama kamu jadi begitu,hikmasari kebanyakan nonton drama ya jadi hidupnya juga bagaikan skenario drama haha *just kidding*

      Delete
  18. monggo yang mau download YoF episode 1 pilih salah satu linknya, size 339mb

    http://maknyos.indowebster.com/qv19woetg9b6.html
    http://kesini.in/ym2lmzi8gr53
    https://userscloud.com/j0spmrg11ysg
    http://uptobox.com/n846a07psgmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku udah download tapi tinggal tungguin subnya jga. nontonnya pake bahasa kalbu tapi seru banget dan aku gak berenti senyam senyum sendiri ngeliat ekpressi terkejut mereka terus gimana baiknya sikap PBG sampe para staf muji dia jga. menanti minggu depan cept datng.

      Delete
    2. Haha sumpah pengen kantongin si bogum deh tuh orang di culik tapi malah baik banget sama yg nyulik aduuh nanti noona yg satu ini jadi kepingin nyulik kamu dek bogum hahha

      Delete
  19. Buat Kak Azz, semangat kakak.
    Kami ada bersamamu.

    Oh ya, Ujen hyung titip salam buat kakak.
    Dia minta maaf karena belum sempat main kesini :3

    ReplyDelete

Haiii, salam kenal ya. 😊