[First Impressions] Do Do Sol Sol La La Sol


Judulnya lucu. Unik. Tidak biasa.


Drama yang dibintangi Go Ara dan Lee Jae-wook ini mulai ditayangkan KBS2 7 Oktober 2020 lalu. Saya enggak punya ekspektasi apa-apa ketika memutuskan nonton. Yang bikin saya melonjak senang saat pertama kali baca beritanya kalau Lee Jae-wook didapuk jadi tokoh utama cowoknya. Yep, setelah menyelesaikan When The Weather is Fine, saya lowkey menaruh harapan bahwa sudah saatnya Jae-wook dapetin peran utamanya. Dan saya makin semangat begitu tau penulis skenario Do Do Sol Sol La La Sol adalah Oh Ji-young. Beliau juga menulis naskah Shopping King Louie (2016, MBC), dan Terius Behind Me (MBC, 2019). Yang udah pada nonton dramanya pasti mengakui humor kedua drama tersebut tidak biasa. Punya ciri khasnya sendiri. Sampe yang antagonisnya pun bisa bikin saya ngakak ㅋㅋㅋㅋ.

Ngehibur banget.


MBAK ARA CANTIIIK BANGETTTTTTT ㅠ.ㅠ


So, Do Do Sol Sol La La Sol ini nyeritain tentang apa?

Pendeknya, drama ini mengisahkan hidup Gu Ra Ra dan Sunwoo Joon, si peminjam uang dan yang meminjamkan uang HAHAHAHA.

Gu Ra Ra (Go Ara) dibesarkan dalam lingkungan yang dipenuhi kegembiraan hingga ia rasa-rasanya tidak memiliki hal-hal yang perlu dikhawatirkan. Kaya raya dan bahagia benar-benar dinikmati Ra Ra dengan sepenuh hati.


Ra Ra bermain piano sejak kecil atas permintaan ayahnya. Di episode pertama diceritakan latar belakang kenapa ayah Ra Ra ngebet banget anaknya main piano, sampe dicariin guru paling bagus untuk ngajarin Ra Ra sejak kecil. Kalau ditanya kenapa Ra Ra betah melakukan sesuatu yang tidak diinginkannya? Maka jawabannya simpel, itu semua demi ayahnya. Mindset-nya Ra Ra simple banget. Ga rumit.


Di hari pernikahannya, dua kejadian besar terjadi dan sukses menjungkirbalikan hidup Ra Ra hingga berubah 180 derajat. [ SPOILER] Ayahnya meninggal, lalu calon suami dan ibu mertuanya melarikan diri usai mendengar bahwa bisnis ayah Ra Ra mengalami kebangkrutan. Dramatis sekali hidup Gu Ra Ra. Seolah belum cukup, Ra Ra yang sebatangkara ditipu agen apartemen. Uangnya raib. Dan jadilah ia Gu Ra Ra yang tidak memiliki apa-apa.Ga punya duit ga punya rumah. Ga punya siapa-siapa. Hanya tersisa Mimi—anjing putih mungil kesayangannya.


Singkat cerita, Ra Ra yang tergoda sebuah komentar di bawah kolom postingan Instagram memutuskan memboyong Mimi menuju Eunpo—sebuah kota kecil dekat laut yang indah. Pemilik akun Do Do Sol Sol La La Sol yang menulis komentar itu menunggunya di sana. Ra Ra ini anaknya polos sekali, asli. Kelewat polos. Dia nggak menimbang ini-itu ketika melajukan mobilnya menuju Eunpo. Padahal ia tidak mengenal siapa-siapa di sana. Gimana kalau si Do Do Sol Sol La La Sol (lama-lama kesel nih saya nulis nama ini) adalah penipu?


Sebenarnya yang menguatkan tekad Ra Ra adalah nama akun Instagram Do Do  dst itu. nada Do Do Sol Sol La La Sol kalo dinyanyiin bunyinya adalah lagu Twinkle Twinkle Little Star itu, dan menurut Ra Ra hanya dirinya dan ayahnya yang mengetahui satu rahasia kecil itu. Nah, otak sederhana Ra Ra menyimpulkan kalo si pemilik akun pasti orang yang mengenal dirinya. Ckck... Ra Ra yang polos...


Dalam perjalanan menuju Eunpo, Ra Ra terlibat kecelakaan dengan seorang pengendara sepeda. And.. guess what??  Pengendara sepeda tersebut, Sunnwoo Joon adalah pria yang membawakan buket bunga Ra Ra di hari pernikahannya yang gagal—mari pura-pura terkejut! HAHAHAHA. Namanya juga drama. Di drama, yang namanya kebetulan adalah plot wajib wkwk.

Yaaah begitulah awal mula kisah Ra Ra si peminjam uang dan Joon yang meminjamkan uang. [END SPOILER]



Kalo denger sekilas perjalanan jungkir balik hidup Ra Ra, yang muncul di benak kita pasti... makjang banget sih... kasian banget ya Gu Ra Ra... Stop. Simpan dulu rasa kasihan kalian. Salah satu alasan yang bikin saya suka Do Do Sol Sol La La Sol adalah karakter Gu Ra Ra yang positif banget, lucu, cheerful. Lovely and lively. Ra Ra nih gampang banget kebaca. Trus dia ga mendramatisir keadaannya. Jatohnya malah lucu banget Gu Ra Ra ini. Polosnya ga dibuat-buat. Natural wkwk. Saya jadi keinget tingkah polahnya Louie. Sebelas-duabelas kelakuannya HAHAHAHA.


Kesan pertama saya nonton Do Do Sol Sol La La Sol, dramanya lucu, ringan ga pake mikir yang bikin lelah, asik. Timing-nya pas banget, saya yang lagi patah hati, bad mood gara-gara Brahms ketemu drama ringan macam Do Do Sol Sol La La Sol, ya udah pasti cocoklah. Dan pas banget saya suka Go Ara dan Lee Jae-wook. Jadi ga ada masalah. Lanjoooot.


Konfliknya ga rumit, sisi misterinya yang berlapis-lapis tidak bikin sakit kepala. Seiring berjalannya episode, akan dibuka satu-persatu.


Banyak banget scene lawak yang sebenernya tokoh dramanya ga bermaksud ngelawak—karakternya emang kayak gitu—tapiiii jatohnya ya lucu, gokil. Editingnya yang bikin ngakak, dibuat dramatis tapi ga garing. Dialog-dialognya tidak asal bunyi. Sering jadi foreshadow adegan lainnya. 


Entah dengan penonton lain, tapi humornya Do Do Sol Sol La La Sol cocok dengan humorku.



Saya nemu beberapa komentar yang terang-terangan bilang ga suka sama dokter Cha Eun Seok (Kim Joo-hun), dokter yang mengoperasi Gu Ra Ra setelah kecelakaan dan Jin Ha-young (Shin Eun-soo)ㅡanak SMA yang bertetangga rumah dengan Jun, gadis ini sejak awal udah mendeklarasikan secara sepihak kepada dunia dan seisinya bahwa dirinya adalah calon istri masa depannya Sunwoo Joon. Karena saya sejak awal nggak ambil pusing sama dua karakter ini, saya nyantai aja, makanya setiap kali scene mereka nongol saya tetap bisa ngerasain kelucuan mereka.


Kalaupun ada yang perlu dikhawatirkan, itu adalah sosok stalker yang menguntit Gu Ra Ra. Saya percaya writer-nya. Dan genre drama ini adalah romantic comedy, so no worries.



Di episode 1, di acara recital-nya Gu Ra Ra, saat di tengah-tengah permainan pianonya, Gu Ra Ra memainkan Twinkle Twinkle Little Star khusus untuk ayahnya. Ternyata di aula itu, selain ayah Ra Ra, ada orang lain yang ikut tersentuh dengan permainan piano Ra Ra. Dokter Cha udah ketahuan. Sisa dua orang lagi.


Spekulasi saya, ada empat orang di malam recital itu yang berhasil terpengaruh oleh permainan Twinkle Twinkle Little Star-nya Ra Ra. Siapakah mereka? Bagaimana Do Do Sol Sol La La Sol-nya Ra Ra mengubah perspektif mereka tentang hidup?

Di kota kecil Eunpo, semua akan terungkap.


Setelah saya menonton 4 episode, saya bisa menebak-nebak, drama ini (secara halus) membawa misi healing melalui musik. Bedanya dengan Do You Like Brahms, tone dramanya ceria, menyenangkan. Kesan optimisnya kental sekali diperlihatkan melalui sosok Gu Ra Ra.

"Music is love, not retaliation." -Gu Ra Ra


Ra Ra dan optimismenya yang mengagumkan HAHAHAHA


Hayuuuk hayuuuuk kita ikutin perjuangannya Gu Ra Ra melunasi utangnya ke Jun! Gimana seorang Gu Ra Ra yang dulunya tinggal minta ini itu sama ayahnya langsung dikabulin, trus sekarang harus belajar hidup mandiri tanpa ayahnya, dan untuk pertama kalinya ia mengenal kata 'bekerja keras' yang sesungguhnya? Keren loh Gu Ra Ra.

Yang pengen liat Jae-wook uwu uwu soft, kadang galak tapi ga kasar, coba deh nonton drama ini. Dramanya ringan, karakter cewenya ga annoying, nuansa hangat -nya terasa. Nonton drama ini, bagusnya kita ngikutin mindset-nya Gu Ra Ra. Jangan diribetin. Dinikmati aja hehe.

Psssttt, di sini geng emak-emak salon yang doyan ngerumpi, tapi rumpiannya koplak HAHAHAHA.

Oya, saya nggak ngerti musik klasik, tapi menurut saya yang hanya menjadi penikmat, keberadaan musik klasik di drama ini lumayan padat. Go Ara main pianonya jago banget euy.

Dah, sampe di sini aja dulu. Tar kapan-kapan dilanjutin. Mon maapin ya kalo saya gagal menyampaikan kesan pertama saya ketika menonton dua episode pilot Do Do Sol Sol La La Sol. 😁



Bye-ing,
Azz 💕

No comments:

Post a Comment

Haiii, salam kenal ya. 😊