[First Impression] Encounter/Boyfriend (남자 친구)


[First Impression] Encounter/Boyfriend (남자 친구)
Bogum is back! Yeah. Akhirnya ya... setelah sekian purnama, kita bisa menyaksikan kembali aktingnya Bogum di drama. Saya adalah satu dari sedikit viewer yang mutusin ngedrop Moonlight Drawn by Clouds. Makanya berasa lamaaaa banget ga liat Bogum di drama, terakhir ya Reply 1988 yang fenomenal bukan hanya karena popularitasnya, tapi juga merambah ke fanwar warbiasah-nya itu ㅋㅋㅋ
Well, Park Bogum is here, like.... finally... FIUH.
Saya kangen Bogum. Kangennya berimbas pada reaksi saya; haru-nya meluap-luap, yang bisa dibilang lebih terpengaruh oleh efek KANGEN ketimbang fokus ke plot episode dramanya. That was legendary moment for me. Kayaknya baru Bogum ini yang bikin saya begini. Nggak tahu deh nanti reaksi saya bakal seperti apa saat Ji Chang Wook balik dari wamil dan langsung ngedrama.
Encounter, atau judul lainnya, Boyfriend (남자 친구)—gagal paham kenapa ya drama Korea untuk satu drama bisa bermacam-macam begitu judulnya, kenapa nggak satu aja sih? Kan repot nulisnya... kadang males nulis panjang kali lebar untuk judulnya doang*tiup poni eh poninya nggak ada ding*Ecounter merupakan drama tvN yang tayang setelah The Smile Has Left Your tamat pekan lalu—yang mana si Mbak masih bersedih ria karena ending nyeseknya telah meninggalkan hati yang terkoyak-koyak—oke bentar lagi saya dicubit readers karena tulisannya merayap ke mana-mana. Tapi serius-an deh takdir Kim Moo Young dan Yoo Jin Kang kenapa sepilu itu Mbak Writer-niiiim. Kenapaaaaaaaah... /woi mbak salah lapak mbak/
[menarik napas panjang]
Aegiiiiiiiiiiiiiiiiii
Saat diumumkan Park Bogum menerima tawaran project drama baru dan dipasangkan dengan Song Hye Kyo, saya lumayan shock. [LUMAYAN Jeng...]. Why? Satu, perbedaan usianya jomplang banget, saya kuatir ngaruh ke mood nonton. Dua, pada tau sendiri kaaaan Jong Ki-Bogum deketnya seperti apa—lagi-lagi saya kuatir gara-gara ini bakal susah ngebangun mood. Thats whyyyyyyy, saya sengaja mengabaikan semua promosi Encounter. Trailer, poster, pokoknya semua yang berkaitan dengan drama tersebut, di mana saya merasakan betapa sulitnya itu mengingat banyak sekali followers di twitter yang sama-sama ngefans Bogum. Untunglah, kesibukan real life menyita waktu sehingga saya tidak sesering dulu ngetem di temlen. Selain dua alasan yang sudah saya sebutkan, saya pengen ngerasain yang namanya surprise ketika untuk pertama kali setelah puluhan purnama, Bogum nongol kembali di dramaland. Saya nggak punya ekspektasi apa-apa—zero expectation—terhadap Encounter. Yaaaa, gimana mau berekspektasi, garis besar ceritanya aja  saya (sengaja) nggak (mau) tau sebelum dramanya resmi ditayangkanㅋㅋㅋㅋ
Dan tibalah saatnya penayangan perdana Encounter. Tanpa menunggu lama, saya segera mendonlot episode 1. Kesan pertama saya terhadap episode perdana Encounter adalah... datar. Biasa aja. Tanpa saya duga sebelumnya, model rambut Bogum turut memengaruhi mood saya HAHAHAHA. Mian...
Sstoryline drama ini mengisahkan kehidupan Cha Soo Hyun (Song Hye Kyo) yang merupakan anak seorang politisi. Demi keberlangsungan karir politik ayahnya, Cha Soo Hyun menikah dengan Jung Woo Seok (Jang Seung Jo), putra seorang chaebol. Namun pernikahan politik itu tidak berumur panjang. Cha Soo Hyun bercerai karena suaminya terlibat perselingkuhan. Srbagai pihak yang dirugikan dalam pernikahan tersebut, Cha Soo Hyun hanya meminta Donghwa Hotel yang sudah hampir bangkrut, sebagai kompensasi kepada keluarga suaminya.
Pertemuannya dengan Kim Jin Hyeok (Park Bo Gum) di Cuba perlahan mengubah pola dan nuansa hidup Cha Soo Hyun yang dingin dan suram.
Saya harus mulai dari mana untuk membagi kesan pertama saya pada drama yang ditulis Yoo Young Ah ini?
Barangkali bisa dari titik ini; plot nya kurang nendang, weak.. Bagi saya, plot episode sangat penting bagi sebuah drama untuk bisa mencuri perhatian penonton sebanyak-banyaknya. Encounter dimulai dengan hambar. Andai bukan Park Bogum yang memerankan lead-nya, andai ini bukan drama kambek Bogum  setelah sekian lama, saya pastikan tidak (sudi) melanjutkan ke episode berikutnya. Tapi ini Bogum, dan level kangen saya ke dia sudah melampaui batas maksimal. Jadi, saya harus tetap lanjut.
Selain sinematografi dan angle pengambilan gambarnya yang bagus sekali, tidak ada hal menarik lain yang bisa dibahas dari episode plot Encounter. Sorry not sorry. Ini soal selera.
Berlanjut ke episode dua—di sinilah ketertarikan saya dimulai. Bogum potong rambut, saya histeris HAHAHAHA. Yang terjadi kemudian adalah... saya sibuk meng-capture penampakan wajah dan ekspresi Bogum. Bodoooooo lagi kangen ini. Di episode dua, Encounter mulai panas—konflik utamanya sudah tampak. Saya (akhirnya) berhasil menangkap main story yang ingin disampaikan Encounter kepada viewers-nya. Dengan latar belakang yang sangat jauh berbeda, mungkinkah bagi Kim Jin Hyeok untuk berada di sisi Cha Soo Hyun? Mereka begitu berbeda dalam banyak hal. Jika digambarkan, Jin Hyeok ini ibarat kesegaran yang kamu dapatkan saat kamu duduk di bawah pohon teduh, lalu bertiuplah angin perlahan. Kepribadiannya yang positif, easy going, straightforward murah senyum, humoris, ramah dan dependable ini membuatnya bisa diterima di mana saja [BOGUM BANGET NGGAK SIIIIIIIIIIH]. Sedang di sisi lain, Cha Soo Hyun seperti es; dingin. Ia menjauhkan dirinya dari seluruh yang bisa membuat warna emosinya menyeruak keluar. Ia menjalani hidupnya yang tanpa riak. Paparazzi yang haus akan kabar berita kehidupannya kerap menguntitnya ke mana-mana, ibu dan mantan ibu mertuanya selalu setia mencampuri setiap inci hidupnya di mana segala sesuatunya telah diatur sedemikian rupa. Ia yang tidak bisa menolak meski ia ingin. Ia yang tidak bisa melakukan hal-hal yang diinginkannya. Cha Soo Hyun adalah boneka hidup yang menyedihkan. .
Cutieeeeeee

Tema dan plot kisah yang dibawakan Encounter bukanlah hal yang baru di Kdramaland. Hubungan chaebol dan orang biasa Sudah sering kita lihat, ini bahaya sebab bila ia tidak diolah dengan metode yang tidak biasa—maka jatohnya akan membosankan. Setidaknya ada dua point penting yang menjadi landasan terkait konflik Encounter; perbedaan status sosial dan usia. Jika sudah menyangkut perbedaan status sosial, sentimen publik cenderung pesimis. Pun dengan perbedaan usia—tak jarang sinisme berhamburan. Apakah Encounter akan memilih jalur yang biasa ditempuh drama melo dengan garis konflik setipe? Yang menye-menye nggak jelas dan menjengkelkan itu? Saya harap tidak. Karena bila itu terjadi, karakter fresh Kim Jin Hyuk akan berakhir sia-sia. Encounter punya peluang menjadi drama bagus. Fighting, writer-nim! Tolong jauhi pakem alur yang sudah biasa digunakan. PLEASE.
Saya sudah menonton 4 episode Encounter. Meski plot episodenya [bagi saya] flat dan biasa, saya sudah mem-fix kan hati untuk mengikuti kelanjutan kisah Cha Soo Hyun dan Kim Jin Hyeok. Saya penasaran jalan seperti apa yang akan ditempuh Cha Soo Hyun dan Kim Jin Hyeok agar mereka bisa bersama. Tentu akan banyak sekali pengorbanan, baik di sisi Jin Hyeok maupun Soo Hyun. Saya berharap karakter Jin Hyeok tetap konsisten dan tidak berubah salah arah di pertengahan episode—tentu saya akan kecewa sekali, mengingat Jin Hyeok-lah yang memberi perbedaan di Encounter.

Letting a person come into your eyes even if its for a brief moment, I believe such a thing is meaningful.” –Kim Jin Hyeok, ep4
DANG. Ucapan Jin Hyuk kepada Sekretaris Jang sudah sangat jelas menggambarkan karakter Jin Hyuk. Ketika hendak melakukan atau memutuskan sesuatu, Jin Hyuk tidak pernah melakukan setengah-setengah. Sepenuhnya sadar resiko apa yang akan dihadapinya. Pertanyaannya adalah, jika benar Jin Hyuk mendekati Soo Hyun bukan semata karena rasa penasaran yang sementara, beranikah dan cukup kuatkah Jin Hyuk merelakan dirinya jadi bulan-bulanan kecongkakan Ex mertuanya Soo Hyun? Apa yang akan dilakukan Jin Hyuk untuk melindungi Soo Hyun? Betapapun Soo Hyun terlihat kuat dan tersentuh, ia sebenarnya rapuh.
“I didn’t have any friends when I was little. I wanted to play with them, but my mom didn’t really want me to. If I did become close, I had to become distant again. So after a certain point, I started to think to myself that’s its all useless. Because its really painful to become distant with a friend I’ve come to like...” –Cha Soo Hyun, ep4
Sad. .
Semenyedihkan itu karakter Cha Soo Hyun. Di benak Soo Hyun sudah terpatri kenyataan  bahwasanya tidak ada gunanya ia membuka hatinya kepada orang lain, toh pada akhirnya dirinyalah yang akan berakhir luka—garis hidupnya, sudah ditentukan ibunya. Tidak dan ya, ia tidak memiliki hak menentukan.
“There are roads I want to take when I’m told not to
There are people I want to see when we agreed not to
There are things I want to do more when I’m told not to
That’s life
And yearning
That’s you....”
Kutipan puisi dari buku yang diberikan Jin Hyuk kepada Soo Hyun memiliki arti yang dalam sekali, terlebih bila kita melihatnya dari sudut padang Soo Hyun dan kehidupan yang dijalaninya.
Saya bersungguh-sungguh mengharapkan kelak Soo Hyun bisa memeluk kebahagiannya dengan bebas .
Saya ingin sekali melihat perubahan di pihak Soo Hyun. Setelah mendengar dialog dirinya dengan Jang Mi Jin—sekretarisnya, ketahuan kalau Soo Hyun yang dahulu, bukan Soo Hyun yang kita lihat saat ini. Ia berubah setelah ayahnya menempuh karir politiknya. Saya ingin Soo Hyun melakukan fight back kepada pihak-pihak yang sudah mencuri kebahagiaannya. Ending ep 4 sedikit memberi harapan. Semoga panggilan Jin Hyeok bisa menjadi semacam alarm bagi Soo Hyun untuk pulang kepada dirinya yang sebenarnya, bukan Soo Hyun yang pasif. Kira-kira apa yang terjadi ya kalau dunianya Soo Hyun tabrakan dengan dunianya Jin Hyuk? Dunianya siapa yang bakal kiamat? Atau justru akan melahirkan harapan baru mengenai dunia yang membebaskan diri dijejali kebahagiaan? Yang jelas bagi kita, Soo Hyun dan Jin Hyuk harus berani menghadapi semua ketakmungkinan yang coba dilemparkan kepada mereka. Dalam cinta, apa siiiiih yang nggak mungkiiiiiiiin, uhuk [keselek biji kedondong]
Selain harapan saya pada dua karakter utamanya, saya juga menaruh harap kepada Yoo Young A agar segera merapikan plot-hole yang kita temui di sana-sini. Paling banyak terletak di karakter sih. Nggak mendetail dan kurang strong. Chemistry-nya sih bagus, tapi tetep aja kayak ada yang kurang, sesuatu yang tidak terjelaskan saya rasakan terhadap karakter-karakter di Encounter.
Oya, saya suka sekali suasana hangat di keluarga Jin Hyeok. Kehidupan yang biasa-biasa tapi bahagia. Melihatnya kita tidak perlu bertanya-tanya mengapa karakter Jin Hyeok seperti itu. Ada lagi satu hal yang menarik dari Encounter, credit picture di ending setiap episode yang ditujukan untuk memberi isyarat kepada kita tentang perjalanan kisah Soo Hyun-Jin Hyeok. Unik.
Umm, ngomong-ngomong, saya baca di Asianwiki, ditulis bahwa Cha Soo Hyun memiliki anak dari perkawinannya. Tapi kok sampai episode 4 ini saya nggak melihat keberadaan si anak itu?

Bogum is back! Bogum is back! ACCKKKKKKKKK. Gak bo’ong saya, setiap kali Bogum nongol di screen, saya pasti memerhatikan dan menikmati setiap detail sudut kehadirannya. Perfecteu! *ala Louie*. Bogum tuh kayak ada magic-nya gitu. Suka nggak sadar saya tuuuh ber-huhu ria karena terharu—entah terharu kenapa deh. Seneng aja liat Bogum. Happy virusnya kitaaaaaa! Walau kesan pertama saya flat, tapi ketolong banget sama Bogum .
Drunk scene-nya lucuuuuuu banget. Cutie.... pengen nyubit pipinya masa. Kan gemes jadinya.
Lowkey berterimakasih kepada Tante Song Hye Kyo. Beliau kan udah taken.  Semoga nggak akan ada (lagi) fanwar melelahkan dari shipper-shipper Bogum dan aktris lain. Hayati sudah lelah, maunya nyipperin Bogum sama diri sendiri aja HAHAHAHA. Setelah melihat penampilan Bogum di Encounter, melihat gesture dan ekspresi matanya yang penuh cinta itu, saya semakin yakin untuk berhenti menjodoh-jodohkan Bogum dengan aktris mana pun. Ibarat kata nih, dengan sedotan Aqua pun Bogum bisa membangun chemistry. Sungguh mata dan senyum yang berbahaya. Profesionalitasnya, jjang!
saya tidak berani merekomendasikan Encounter, kecuali kamu fans-nya Park Bogum atau Song Hye Kyo. Atau kamu adalah fans melodrama yang sabar dan tabah.

P.s : Tangan dingin director sangat membantu menunjukkan kedalaman cerita Encounter. Saya merasa terbantu sekali memahami dari point of view masing-masing karakter di drama ini.
P.s.s : belakangan saya sering sekali rerun Reply 1988 dan Healer—dua drama yang telah memberikan kenangan menyenangkan sebagai penikmat drakor. Saya bertanya-tanya kapan lagi saya bisa ngerasain sensasi yang seperti itu?
 ENCOUNTER, FIGHTING!!!!
     

6 comments:

  1. Waaahhhh.. sama kak. Aku juga awalnya agak gak bisa bayangin mereka karena hye kyo kan udh menikah sma joong ki. Hehe tapi setelah episode 1,2 aku merasa hubungan mereka itu saling menyembuhkan satu sama lain. Namcin yg dimaksud mungkin akhirnya gak akan cinta2 anbtapi lebih ke soulmate. Yg menyembuhkan satu sama lain.. semoga aja sih.. ah.. aku juga ikut bahagia setiap liat senyumnya Bogum.. bener2 bikin hati hangat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yep. Bakalan bagus banget kalau mereka saling ngasih 'pengaruh' positif, apalagi karakternya Bogum kaaan seger banget. Yang fatal adalah kalau di tengah-tengah karakter-karakter utamanya jadi draggy tapi semoga enggak ya T________________T


      BOGUM PAKE PELET APASIIIIIIIIIIIIIIIH SEMUA YANG ADA PADANYA BIKIN AKU MEMATUNG

      Delete
  2. Ketulusannya itu loh kak. Terpancaaaarrrrrr kuaaatttt.. itu anak pure bgt. Tipe anak2 pasrah yg sudah bnyak makan asam garam hidup tapi ttp bijaksana..

    Karakter mantan emak mertuanya itu yg peer bgt.khas emak2 nya goo jun pyo. Wkwkwk

    Btw agak nyesek ya liat mantan suaminya cha soo hyun. Kayaknya dia beneran cinta, meski awalnya pernikahan mereka tanpa perasaan. Macam tsundere gitu.. ya semoga dia gak tersakiti dg “hubungannya” cha soo hyun sama kim ji hyuk.. semoga segala pertemuan kni jadi obat bagi semuanya..

    Aku gak sabar liat cha soo hyun yg Fearless. Bangkit jadi dirinya apa adanya yg independent..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Matanya Bogum kayak ada pancak-pancaknya. Glowing, tapi pas scene sedih, sorot matanya sedih ga ketulungan, mikro ekspresinya Bogum bagus bangettttt

      Ih, sebel aku sama duo emak-emak yang suka memaksakan kehendak itu. Egonya tinggi, ga oeduli kebahagiaaan anak, yang dipentingin dirinya sendiri.

      Aku masih belum bisa mengambil sikap sama eks husbandnya nih, abis belom jelas dia beneran selingkuhin Soo Hyun gitu? Masih ada part yang missing belum terjelaskan... atau aja yang melewatkan sesuatu? HM...

      Udah nonton ep 6? Ep favoritku sejauh ini. SUKAAKKKK. Soo Hyun udah mulai melawan nih

      Delete
  3. Seriously aku juga gk begitu tertarik sama drama ini. Karena menurut ku PBG sama SHK gk akan bisa dpt chamistry... Awalnya pun nonton drama ini ya karena Bogum �� tapi semakin diikuti lumayan menarik juga. Kadang saking lebay nya ak kek bisa ngerasain apa yang soo hyun rasain #plak �� kadang dibuat senyum2 sendiri liat interaksi soo hyun sama jin hyuk �� balik lagi sih semua tergantung selera... Iya gak sih azz? Hehe...

    Anyway kalo bukan karena bogum dan reply aku gk akan kenal MS dan kenal azz (my fav blogger ever) ���� terimakasih azz selalu ngasih review drama2 yg ak blm nonton jadi senapsaran gegara baca review nya... Ilafyu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huhuuuuiiii, Mbak Myra nonton Encounter jugaaaaa

      Makasih, Mbak Myra... aku sempet kuatir loh waktu lost contact sama Mbak Myra kemarin itu. Makanya aku kirim DM nanya kabar akhirnya karena enggak tau cara lain. HP nya rusak jadi diganti, nope banyak yang ilang T___T

      Delete

Haiii, salam kenal ya. 😊