[Bukan Sinopsis] You're All Surrounded Episode 1

Yeeeeay! Akhirnya drama-nya Lee Seung Gi tayang! Premier episode perdana semalam di SBS. Untuk rating, You're All Surrounded dengan 12,3 % (AGB Nielsen) menempati posisi pertama di antara tiga drama slot Rabu-Kamis, New Leaf di posisi kedua dan Golden Cross di posisi ketiga. Berikut ini saya menuliskan kurang lebih bagaimana opening episode YAAS. Saya gak akan membuat sinopsis full karena kesibukan de el el. Yuk diintip! No pict, inet saya lagi gak bagus >_<
=oOo=

Episode dibuka dengan adegan kejar-kejaran mobil antara polisi dan dua bandit. Pengejaran dikepalai Detective Seo (Cha Seung Wo) dan rekannya serta empat newbie di kepolisian. Mereka adalah Eun Dae Gu (Lee Seung Gi), Uh Soo Sun (Go Ara), Ji Gook (Park Jung Min) dan Park Tae Il (Ahn Jae Hyun). Kasian si Ji Gook diturunkan di tengah jalan gara-gara nyetirnya gak becus LOL. Si Ji Gook ini calon karakter yang akan selalu bikin penonton ngakak entah karena gaya atau kata-kata yang dia keluarkan. Aksi kejar-kejaran lucu dan alot... Ummm, kata lain dari lebay hahaha. Berkali-kali kepala mereka terantuk sana-sini di dalam mobil. Dae Gu udah kesel banget sambil masang sabuk pengaman, Tae Il juga.

Mobil yang dikemudikan Detective Seo sengaja menambrak mobil bandit dan pengejaran pun berlanjut dengan berlari. Parahnya Soo Sun begitu turun dari mobil, langsung muntah. Mabok darat hahaha.
Tae Il disuruh nangkep penjahatnya yang sudah di depan mata, dia malah membuka jaket dan mengenakannya kepada seorang wanita yang kebetulan sedang berjalan di dekat situ.

Udah nyaris ketangkep nih, eh tau-tau Ji Gook yang disandera salah satu penjahatnya. Diancam pakai senjata tajam. Dalam situasi darurat, munculah Dae Gu dengan gagahnya mencabut pistol dan menodongkan ke arah penjahat. Semua panik, Detective Seo melarang Dae Gu menembak.
Dorrrr! Terdengar suara tembakan. Apakah Dae Gu benar-benar menembak penjahatnya? Molla... Scene segera berpindah ke beberapa tahun di belakang. Sekumpulan anak-anak SMA di Masan, sedang berkonfrontasi sesamanya. Lucunya, mereka bertengkar karena seorang anak laki-laki memutuskan pacarnya karena kepincut dengan gadis Seoul namanya Ji Hye. Aya-aya wae anak remaja. Uh Soo Sun selaku leader berusaha menarik kembali si anak cowok ke sisinya demi temannya yang diselingkuhi. Saling lempar ejekan dan makian pun terjadi. Kim Ji Yong (Eun Dae Gu versi remaja) nongol di tengah suasana panas. Tadinya mau melerai, karena rupanya dia juga menyukai si gadis Seoul :D

Perkelahian tak terelakan antara dua blok. Saling tarik rambut dan baju, gigit menggigit, tendang, bayangin sendiri deh chaos-nya :D
 Dan mereka pun berakhir di kantor polisi. Ketika ditanya polisi siapa namanya, Uh Soo Sun hendak memalsukan namanya dengan alasan dia tidak boleh memiliki catatan kriminal demi tujuannya menjadi artis tapi ketahuan. Olalaaaa, Oh Soo Sun gak suka dengan namanya. Trus ternyata si anak lelaki yang kesemsem sama gadis Seoul itu adalah kakaknya. Ibunya Ji Yong, Bapak dan ibunya Uh Soo Sun juga datang. Soo Sun tadinya mau menjelaskan duduk masalahnya pada Bapaknya. Sebagai jawabannya Soo Sun di smack down bapaknya astagaaaa, sepertinya bapaknya udah biasa memperlakukan anaknya begitu. Ibunya Ji Yong membungkuk minta maaf menimpali permintaan maaf Bapaknya Soo Sun.

Dalam perjalanan pulang, mobil keluarganya Oh Soo Sun tak sengaja melewati Ji Yong dan ibunya yang berjalan kaki. Ibunya Soo Sun nyeletuk pantas saja Ji Yong gak bener kelakuannya karena dia dibesarkan oleh ibu yang tak lain seorang simpanan. Oh Soo Sun ikutan denger juga.

Ada satu kejadian lucu di sekolah. Ji Yong ternyata adalah dongsaeng alias masih adek kelas.
Dia masuk ke sekolah Oh Soo Sun dan Ji Hye Noona. Menyelinap ke ruang siar dan mengungkapkan perasaan sukanya. Hebohlah sesisi kelas. Ji Yong sukses melarikan diri, meninggalkan Soo Sun yang tertuduh karena kebetulan dia juga berada di ruang siar. Soo Sun asyik nyanyi gaje dengan earphone gak nyadar Ji Yong masuk. Ngebet banget jadi artis Soo Sun ini...

Karena kesal ia gagal audisi disebabkan kelakukan Ji Yong, Soo Sun menemui Ji Yong. Lagi-lagi perang mulut. Soo Sun gak sengaja melemparkan kalimat kalau Ji Yong itu anak simpanan. Wajah Ji Yong meredup seketika.

Saat itu Detective Seo masih bertugas sebagai polisi di Masan. Dia tengah menyelidiki sebuah kasus yang melibatkan seorang bos besar. Ibunya Ji Yong merupakan satu-satunya saksi mata kejadian tersebut. Detective Seo meminta ibunya Ji Yong agar mau menjadi saksi di persidangan. Awalnya Ibunya Ji Yong bersedia. Namun terpaksa mengundurkan niatnya karena dia diancam menggunakan Ji Yong oleh kaki tangan si bos besar yang entah siapa itu. Kasusnya juga gak terlalu jelas sih, selain seorang remaja puteri yang ditemukan mati di sebuah ruangan. Detective Seo memohon-mohon agar ibunya Ji Yong tetap mau menjadi saksi. Ji Yong juga mendorong agar ibunya mau. Karena dukungan puteranya, ibunya Ji Yong menemui Detective Seo mengungkapkan kesediaannya. Sebagai balasannya Detective Seo berjanji akan melindungi Ji Yong dan ibunya.

Janji tinggal janji, ibunya Ji Yong dibunuh saat Ji Yong tak sengaja bertemu dan membagi payungnya pada Soo Sun.

Hujan turun dengan derasnya. Ji Yong juga menjelaskan bahwa dia bukannlah anak seorang simpanan seperti yang dikatakan Soo Sun. Ibunya Ji Yong sudah menjelaskan bahwa ayahnya Ji Yong sudah meninggal. Memang benar ibunya hamil di luar nikah. Tapi bapaknya Ji Yong pergi meninggalkannya tanpa menikahinya.
Ji Yong berlari pulang ke rumah dengan riang sambil memanggil ibunya. Tidak ada jawaban. Ji Yong menemukan ibunya sekarat di kamar. Belum lagi Ji Yong memanggil 119, pembunuh berpakaian serba hitam serta topi lebar yang menutupi wajahnya datang kembali hendak mencari sesuatu. Ji Yong bersembunyi. Nyaris ketauan tapi ibunya segera mengalihkan perhatian penjahatnya. Ibunya Ji Yong mengorbankan dirinya. Ji Yong melihat ibunya meregang nyawa di depan matanya.
 Trauma pasti nih tar TT_____TT

Detective Seo merasa bersalah. Ji Yong juga menuduhnya tidak menepati janji untuk melindungi ibunya. Ji Yong menyendiri di sekolah. Hadeuh, nih bocah ngapain juga ke sono coba. Menampik tawaran Detective Seo untuk tidur sementara di rumahnya. Di sekolah Ji Yong teringat ucapan si pembunuh yang sempat menelpon seseorang melaporkan hasil kerjanya. Pembunuh itu sedang mencari sebuah kalung berlambang bintang. Ji Yong menelpon Detective Seo mengatakan dia tahu apa yang dicari pembunuh itu dan kalug itu ada di saku jas sekolahnya.  Detective Seo menanyakan di mana Ji Yong. Mendengar dentang jam sekolah, Detective Seo menebak Ji Yong di sekolah. Soo Sun juga ada di sekolah malem-malem, ngapain coba? Tipe cewek rebel emang nih cewek.

Tiba-tiba pembunuh itu sudah ada di sekolah, mengejar Ji Yong. Tau dari mana? Soo Sun melihat Ji Yong di seberang gedung. Dia gak tau Ji Yong sedang dikejar, Soo Sun mengungkapkan permintaan maafnya lewat speaker siaran. Tadinya Ji Young lolos dari penjahatnya tapi Soo Sun yang kesal ungkapan maafnya tidak digubris berteriak ia melihat Ji Yong di lantai dua. Ya sudah ketahuan lah. Ji Yong lari ke laboratorium. Dikuncinya pintu. Tapi pembunuhnya berhasil membobol pintunya. Splaaasssh! Ji Yong menyiramkan air keras ke wajah pembunuh itu. Yaaaks, nantinya Ji Yong bisa mengenali penjahatnya dari bekas luka tersebut asalkan penjahatnya gak oplas sih hahahaha.
Ji Yong kali ini sukses melarikan diri. Ia mengambil kalung perak berbandul bintang itu dari tangan  si pembunuh. Seketika ia mencurigai Detective Seo turut terlibat. Iyasih pantes dia curiga karena detective Seo yang tahu soal kalung itu dan di mana Ji Yong saat itu. Menurutku ada mata-mata di kepolisian yang turut mendengar percakapan telepon detective Seo. Ji Yong merasa benar-benar telah sendirian. Tidak ada siapa-siapa.

Kembali ke tahun 2014...
Beberapa jam sebelum aksi kejar-kejaran di awal episode. Ada perekrutan polisi baru di kantor polisi Gangnam. Ini awal keberadaan mereka sebagai polisi baru. Oh Soo Sun tiba di depan kantor polisi, imajinasinya tentang kantor polisi yang prestius dan megah pudar seketika tatkala dlihatnya bangunan kantor polisi Gangnam menyedihkan, retak dan kusam di mana-mana hahahaha. Iyaalah kaget, Gangnam itu kan dikenal sebagai daerah mewah di Seoul tapi kantor polisinya justru menjadi ironi. Ada kritik terselip di sini xD
 Ji Gook menyusul muncul. Ia mengenal Soo Sun, Tapi Soo Sun melototinya. Park Tae Il datang dan terakhir Ji Yong yang kini berganti nama menjadi Eun Dae Gu. Soo Sun tersenyum ke arah Tae Il, lalu berganti masam melihat Dae Gu. No smile sih si Dae Gu. Dingin. Yaaaaaak! Lengkap sudah perkenalan 4 polisi newbie kita.
Ada perkenalan di kantor polisi Gangnam. Di sinilah Dae Gu bertemu kembali dengan detective Seo. Detective Seo tidak mengenalinya.
Seorang perempuan berwajah tegas muncul, melihatnya raut wajah detective Seo berubah. Ada apa ya? Perempuan ini adalah kepala divisi orang hilang.

Adegan yang menampilkan sixpack-nya Dae Gu sesudahnya. Soo Sun yang tak tau apa-apa asal nyelonong aja ke ruang ganti sementara tiga rekannya menukar seragam. LOL

Trus perkenalan resmi keempat newbie pun dilakukan di ruangan bersama detective Seo dan seorang rekannya.
Uh Soo Sun, gagal jadi artis masuk kepolisian karena ingin mendapat gaji gede
Ji Gook, masuk kepolisian karena ingin tinggal di Gangnam
Eun Dae Gu, misterius.
Park Tae Il, lahir dan besar di Seoul. "Sepertinya ini akan menyenangkan.*
Ji Gook yang lucu, Soo Sun yang (sok) semangat, Tae Il yang cerdas dan Dae Gu yang cool. Paket lengkap untuk membuat kekacauan di kepolisian. Nampaknya sejak awal Dae Gu sudah berniat memulai 'perang' dengan detective Seo. Sikap tak respeknya jelas terasa. Ketika disuruh mengenalkan diri dia hanya menyebut namanya. Diminta menyebutkan asal dan alasan kenapa memilih jadi polisi, dia menjawab tidak ingin mengungkapkannya. Detective Seo udah siap-siap marah, untuk ketolong dengan suara panggilan darurat. Mereka segera bersiap-siap bertugas.

Daaaaaan, episode satu selesai. Lebay-nya yang jadi lagu endingnya MCR Black Parade xD
=oOo=
Personal opinion :
Saya memutuskan mengikuti drama YAAS tanpa ragu-ragu. Selain karena genre-nya yang komedi (saya butuh penyegar di antara Gapdong yang bikin esmosi dan Angel Eyes yang melow), juga karena Lee Seung Gi. Episode perdana YAAS sudah memberikan gambaran akan ke mana drama ini. Action, comedy dan romance. Eun Dae Gu dengan dendam yang dibawanya atas kematian ibunya. 

Dae Gu/Ji Yong adalah remaja biasa yang melewati masa remajanya dengan biasa-biasa namun seketika berubah saat ibunya tewas terbunuh. Siapa pembunuh dan ada apa di balik kasus pembunuhan remaja di mana ibunya Ji Yong/Dae Gu adalah satu-satunya saksi mata?

Pertemuan Ji Yong/Dae Gu dan Uh Soo Sun saat remaja juga jauh dari kata romantis, penasaran akan seperti apa hubungan mereka berdua nantinya. Soo Sun tidak mengenal Ji Yong karena Ji Yong telah mengubah namanya.

Persaingan Tae Il dan Dae Gu belum terlihat di episode 1 tetapi konfrontasi Dae Gu dan Detective Seo sudah terasa.

No comments:

Post a Comment

Haiii, salam kenal ya. 😊