Sebuah Catatan : My Liberation Notes
Jauh sebelum saya menuliskan paragraph pembuka postingan ini, di kepala
saya sudah muncul pertanyataan berulang, “bagaimanakah
saya (akan) memulai tulisan tentang My Liberation Notes?” . Tidak peduli
seberapa besar keinginan saya menulis tentang drama ini, toh akhirnya saya
tetap tidak mampu menemukan awal yang tepat untuk memulai. Pun setelah dramanya
menyelesaikan penayangan episode terakhirnya, saya masih berakhir dengan
kebingungan yang sama—tidak tahu mesti memulai dengan kata atau kalimat seperti
apa.
Saya tidak berani menulis review atau POV My Liberation Notes di blog. Bagi
saya, drama ini terlalu kompleks untuk dijabarkan. Pada banyak drama yang saya
sukai, saya bisa dengan segera menemukan poin-poin utama yang menjadi pondasi
utama berdirinya drama tersebut,
tetapi pada My Liberation Notes… saya speechless.
Seperti yang pernah saya twit-kan, setiap episode My Liberation Notes
meninggalkan kesan yang kuat sekali untuk saya, yang membuat saya tidak mampu
berkata-kata. Setiap selesai menonton satu episode, saya merasa hati saya
disesaki entah oleh apa. Saya sendiri dibuat heran, kok bisa ya saya nggak bisa
nge hype drama ini di temlen Twitter dan IG, seperti orang lain? Padahal saya
suka sekali My Liberation Notes. Apakah karena drama ini ruh-nya terasa terlalu
personal untuk saya sehingga membicarakan dramanya sama saja dengan membuka
nada demi nada suara-suara yang lebih banyaknya sudah hampir saya lupakan
pernah begitu nyaring memenuhi ruang-ruang di dalam kepala saya? Drama ini kaya sekali; rupa-rupa emosi yang
dibawanya, kejadian-kejadian sehari-hari di lingkungan keluarga, pertemanan,
pekerjaan, hingga hubungan manusia dengan dirinya sendiri. Complicated but beautiful. So well written.
My Liberation Notes banyak mengingatkan bagaimana rupa saya di masa
lalu. Menonton drama ini membuat saya menyadari betapa banyak perubahan yang
telah terjadi pada diri saya selama tujuh tahun terakhir. Tentu saja
perubahan-perubahan baik.
Jadi yah… beginilah saya membuka tentang My Liberation Notes. Saya tidak
akan mereview atau menulis POV seperti yang saya lakukan jika bertemu drama
yang saya sukai. Saya akui saya tidak mampu mereview My Liberation Notes, hehe.
Postingan ini hanya akan diisi dengan apa yang saya rasakan selama menonton My
Liberation Notes. Saya tidak tahu akan sependek atau sepanjang apa tulisan saya
ini. Saya juga tidak bisa menjamin tulisannya akan runut atau teratur. Nulisnya
ngalir aja. Dan ya, mungkin—saya hampir yakin, ini akan lebih mirip curahan
hati saya sebagai pihak yang berhasil dibaca
oleh My Liberation Notes.
♥
Percaya atau tidak, diakui atau tidak, disadari atau tidak, perubahan
demi perubahan sesungguhnya sedang atau telah terjadi pada diri kita sebagai
manusia dari waktu ke waktu. Sekecil apa pun itu, perubahan adalah sebuah
keniscayaan. Perubahan fisik dan perubahan secara mental. Saya percaya,
perubahan-perubahan ini tidak terlepas dari interaksi kita dengan lingkungan di
sekitar; dengan apa dan siapa setiap harinya. Apakah perubahan tersebut
bernilai positif atau negatif—output nya
tidak selalu bisa diramalkan.
Menonton drama bagi saya telah menjadi satu dari sekian apa dan siapa yang membawa banyak
perubahan pada hidup saya; bagaimana saya memandang dan menangani hidup saya
yang kacau, bagaimana saya berinteraksi dengan orang lain. Saya bukanlah orang
yang berangkat dari kemapanan emosional yang mumpuni. Wajah emosi saya pernah
menyerupai leher botol yang mampat. Kacau tak karuan. Semula, menonton saya
jadikan pelarian, semacam hiburan
yang menolong saya dari kebingungan hidup. Ada bulan-bulan di mana saya hanya
berdiam di kosan dari pagi ketemu pagi saya tidak melakukan kegiatan
berarti—saya mengisi kekosongan itu
dengan menonton. Sekarang, jika saya ingat lagi, bulan-bulan itu adalah masa
krusial saya sebagai orang sakit. Saya
tidak tahu apa yang akan terjadi pada saya jika saya tidak menemukan pelarian saat itu. Semakin ribet hidup
semakin padat jadwal menonton. Saya menonton hampir semua drama Korea yang
sedang airing, tidak pilah-pilih genre. Asal cocok aja, hayuk. Begitulah. Hingga
saya bertemu Reply 1988 di akhir tahun 2015—pertemuan yang mengubah total,
tidak hanya bagaimana cara saya melihat diri saya dan orang-orang di sekitar
saya, tetapi juga sikap saya terhadap hobi menonton saya. Saya tidak lagi
menjadikan kegiatan menonton hanya sekadar sebagai pelarian, sebagai wadah
haha-hihi. Tetapi juga sebagai media yang
membantu saya merefleksi diri.
Sebesar itukah pengaruh menonton drama terhadap hidup saya? Terdengar
tidak masuk akal bagi orang lain, tapi ya. Sebesar itu memang pengaruhnya. Sejak
saat itu saya mulai belajar mencari cara yang tepat untuk memeluk diri sendiri,
yang belakangan kemudian saya sadari bukanlah perkara yang mudah, yang bisa
dilakukan sehari-dua hari atau setahun-dua tahun. Butuh waktu lama dengan
proses jatuh bangun yang selalu hampir berhasil menggoda saya untuk menyerah.
Sekali lagi, saya bukanlah seseorang yang berangkat dari kemapanan emosi yang
mumpuni. Rupanya menonton drama tertentu membantu saya mengurai kekacauan emosi
saya. Menonton tak lagi sebatas mencari hiburan bagi saya. Pengakuan lain, di
tengah kekacauan emosi, saya tidak punya siapa-siapa untuk diajak berbagi. Selain
Tuhan, saya benar-benar tidak memiliki siapa-siapa saat itu. Saya bukannya
tidak memiliki, lebih tepatnya emosi saya terkunci dan saya tidak tahu harus
dengan apa untuk membukanya. Saya seperti pejalan kaki yang tersesat di sebuah
halte di tempat asing, duduk sendirian di sana mengamati lalu lalang manusia
dan kendaraan yang mengeluarkan suara bising tak berkesudahan. Tidak tau mesti
ke mana.
Maka menonton, menulis review dan berinteraksi dengan pembaca blog ini menjadi
semacam distraksi yang menyenangkan sekaligus membantu saya menghindari
kegilaan.
Jika ada pembaca Majimak Sarang yang pernah berinteraksi dengan saya di
kolom komentar khususnya era Reply 1988, tak sengaja membaca postingan ini, saya
ingin mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga. Terima kasih karena telah
menemani saya. Saya beruntung sekali ditolong
kalian.
Lalu apa hubungan intro panjang ini dengan My Liberation Notes? My
Liberation Notes berbicara mengenai kebebasan. Pembebasan diri dari entah yang
membuat kita hampa, limbung, kosong, merasa tidak berarti dan tidak punya
tempat di kehidupan.
Saya membayangkan, andai saya bertemu My Liberation Notes dua-tiga tahun
lalu, akan seperti apakah respon saya? Apakah akan sama dengan reaksi saya saat
menonton dramanya di masa sekarang? Saya bisa melihat jawabannya dengan terang
benderang; tidak. Tidak akan sama. Saya dua-tiga tahun lalu dan saya saat
ini—terdapat perbedaan mental yang besar sekali. Dan saya bisa melihat diri
saya dua-tiga tahun lalu (akan) menangisi My Liberation Notes seperti sedang
menangisi kawan karib saya tiba-tiba muncul setelah puluhan tahun menghilang
tanpa kabar.
Sedang saya saat ini, pada sebagian besar bagian My Liberation
Notes—pikiran-pikiran tokohnya—saya seperti melihat perwujudan saya di masa
lalu. Lebih-kurangnya. My Liberation Notes seolah mau memberitahu saya bahwa
saya tidak pernah sendirian dengan
seluruh suara-suara di dalam kepala saya. Saya tidak sendirian, dan saya bukan
orang aneh. “Ah, iya. Saya tau rasanya.” Saya
sering bergumam seperti ini sepanjang menonton My Liberation Notes. Bukan
dengan nada sedih. Nada lega?
My Liberation Notes membawa beban-nya
sebagai drama tak biasa, sebagai bukan
drama kebanyakan dan untuk alasan inilah saya percaya drama ini tidak akan
selalu berhasil membangun koneksi yang kuat dengan beberapa penontonnya,
penonton yang mungkin saja tidak/belum melewati fase hidup seperti yang dialami
para tokoh-tokoh di dalamnya. Bukan salah drama atau salah penonton yang
kesulitan menangkap pesan yang ingin disampaikan My Liberation Notes, atau
mereka yang menilai drama ini sebagai drama yang flat, lambat, tidak menarik.
Mereka yang tidak cukup sabar mengikuti alur My Liberation Notes cukup
mengatakan drama ini tidak sesuai dengan selera tontonannya. Cukup sampai di
situ. Karena drama ini bukan tipikal drama yang dipenuhi plot-twist, konflik
yang tajam atau alur fast-pace. Kalau saya bilang, My Liberation Notes ini hampir
setiap sudut-nya dipenuhi nuansa depresi, stress, hidup yang melelahkan.
Dramanya berat. Kalo ga dapet mood yang pas cocok, drama ini ga bakal bisa dinikmati dengan sebaik-baiknya. Tak
semua penonton tabah dan sabar melihat adegan berulang-ulang makan bersama yang
diisi keheningan. Di My Liberation Notes, silence, keheningan adalah suara
keras yang mampu mengabarkan banyak hal kepada penontonnya. Keheningan di drama
ini memiliki warna emosinya sendiri.
Keheningan, tidak semua orang bisa mengapresiasinya.
Sekalipun, misalnya drama ini tidak relate dengan kita, namun ia berhasil memberikan sudut pandang
yang luas dan tidak mengada-ada tentang
jenis manusia-manusia yang kerap jadi bulan-bulanan
penghakiman lingkungan, manusia-manusia yang dianggap aneh, tidak menarik, membosankan
dan dituduh pemurung yang antisosial; para introvert.
Bagi saya My Liberation Notes adalah teman perjalanan yang baik. Ia membuat saya menangis, sesak bercampur-aduk dengan lega di saat yang hampir sama di setiap episodenya.
ã…¡First Impressions
Saya mendapatkan kesan pertama saya saat melihat individual poster My Liberation Notes lewat di timeline Twitter
saya. Membaca terjemahan isi pikiran tokoh-tokohnya mengingatkan saya pada
gaungan kata-kata yang menetap di kepala saya, yang seringkali mengganggu saya di waktu-waktu tertentu.
Salah satu yang saya ingat, seperti Yeom Gi-jeong, saya juga pernah berharap di
suatu hari yang penuh keruwetan saya mendapatkan panggilan telepon, atau di
phonebook, saya bisa menemukan nama-nama yang bisa saya hubungi di kala saya
butuh didengar, tanpa harus merasa bersalah
karena sudah menyita waktu berharga orang lain. Mereka yang bisa saya telepon
meski tidak ada hal penting untuk dibicarakan.
Tak hanya individual poster yang menggoda saya, poster utamanya juga
bagus banget. Tone gambarnya mengandung dua nuansa; sendu dan hangat. Aroma slice of life nya kental sekali.
Saya sudah yakin bakal cocok dengan drama ini. Dan tibalah saatnya saya
menonton episode pilotnya. Saya ingat sekali apa yang saya rasakan. Saya ikut
tertawa arus emosi para tokoh-tokoh di My Liberation Notes. Ikut ngerasain
lelahnya, capeknya menjalani hidup yang begitu-begitu saja. Monoton setiap harinya.
Suram. Seperti robot. Tidak ada sesuatu/hal yang membikin antusias menjalani
hari-hari. Lalu apa yang bisa diharapkan dari hidup yang seperti itu? Bagaimanakah
mereka bisa bertahan? Saya bisa merasakan tumpukan-tumpukan emosi yang melekati
setiap gerak setiap sorot mata setiap kata-kata para tokoh-tokohnya, yang
meskipun minim dialog saya bisa segera mengetahui apa yang sedang mereka
rasakan.
My Liberation Notes adalah drama yang luar biasa berat karena kejujuran
yang dihadirkan ceritanya. Kenyataan-kenyataan hidup yang di-fiksikan. Kira-kira seperti itu. Demikianlah kesan yang saya
dapatkan melalui episode pilotnya.
Kesan pertama saya terhadap tokoh-tokoh utama My Liberation Notes
memiliki draft-nya masing-masing, dan ini penting sebab di episode-episode
mendatang saya bisa melihat perkembangan mereka dengan jelas, yang tentu saja
perasaan saya sebagai penonton diajak
ikut terlibat di dalamnya.
Yeom
Gi Jeong
“Just the feeling of having someone is enough for me.”
– Gi Jeong
Kesal. Jengkel. Gregetan pengen banget ngelakuin sesuatu agar Gi Jeong
menutup mulutnya. Begitulah kesan yang melompat keluar dari pikiran saya ketika
bertemu Gi Jeong pertama kali.
Cerocosannya di restoran yang berbuntut panjang epic banget. Tensi adegannya
yang kuat bikin saya ikutan panik gara-gara Gi Jeong. Ya gimana ga panik, kamu
lagi ngomongin jelek orang dan orang yang lagi dijelek-jelekin ada di situ!
Seketika jadi pengen punya kekuatan yang bisa bikin orang amnesia dan bisa
menghilang sekejapan mata.
Dia tuh kalo udah ngomong suka ga pake rem, apa yang ada di kepalanya
ditumpahin aja semua ga tengok kanan-kiri. Gara-gara epic scene itu, saya suka
panikan sendiri kalo udah ada scene Gi Jeong lagi ngobrol sama temen-temennya,
takut dia kelewatan jujur badmouthing orang
dan orangnya ada di situ. Saya yakin sih Gi Jeong ga berniat jelek-jelekkin
orang, dia suka kebangetan jujurnya, nggak mempelajari situasi, nggak menyaring
apa-apa yang bisa dan tidak boleh dilempar keluar dari pikiran di dalam kepala.
ã… .ã…
Gi Jeong, si anak pertama yang ngebet banget punya pasangan, ga peduli
mau kayak gimana bentukan pasangannya itu, misi utamanya sebelum musim dingin
datang adalah dapet pacar! Sebelumnya Gi-jeong kerap berakhir bosan setiap
menjalin hubungan kasih sayang dengan pria. Tak ada satu pun yang berjalan
baik. Semuanya berjalan singkat, jatuh cinta pagi, jelang malam udah ilang
cintanya.
Dia punya temperamen yang agak keras,
ga bisa banget nyimpen emosinya. Menurut saya karakter Gi Jeong lebih mudah
dibaca dibandingkan adik-adiknya. Apa yang terlihat, apa yang ditampakkan
itulah Gi Jeong. Transparan. Jujur, polos, blak-blakkan.
Yeom Chang Hee
“I’ve never felt real joy, pleasure, or excitement in
my life.” – Chang Hee
Egois. Emosional. Pemarah. Keras kepala. Kasar. Nggak enak bener ya
kesan pertama saya terhadap Chang Hee. ã… .ã…
Saya ikut ngerasain ketegangan di meja makan saat Chang Hee minta ijin
ke ibu-bapaknya untuk beli mobil. Nungguin reaksi bapaknya tuh serasa horror ga
sih? Mana mood scene-nya juga ikut
ngedukung kan…
Saya menyangka Chang Hee adalah sosok ambisius. Siapa sangka karakter
ini justru menjadi karakter yang paling mengejutkan saya di akhir drama ini.
Di episode berapa gitu, eomma-nya memandang foto Chang Hee penuh sayang.
Belakangan barulah saya sadari, feeling seorang
ibu terhadap anaknya tidak pernah meleset. Moms know very well..
Yeom Mi Jeong
“People are scared of thunder and lightning but
strangely, I find them calming.” – Mi Jeong
Salah satu misi utama saya selama menonton My Liberation Notes adalah
melihat Yeom Mi Jeong tersenyum lega dan bahagia, sebab kesan pertama saya
terhadap karakter ini sangat muram dan sendu. Nggak ada gairah hidup. Mi Jeong
di mata saya—khususnya ekspresi wajahnya mengingatkan saya pada sosok IU di My
Mister. Benar-benar mirip warna emosi yang dibawanya. Kondisi mentalnya Mi-jeong
bisa dilabeli fase languishing ga sih? Dia merasakan perasaan hampa kosong dan
kesulitan merasakan hal-hal postif di sekitarnya?
Saya ga bahagia, tapi bukan berarti saya bahagia. Saya
sedih, kenapa sedih?
Ga bisa merespon segala sesuatu yang kalo pake kacamata umum bisa bikin
orang excited.
Mi Jeong seperti memilih peran antagonis di dalam hidupnya sendiri. Ia
cenderung skeptis memandang hidup. Di matanya, hidup dipenuhi kemuraman,
kebencian, tidak menarik. Terdapat jurang yang sangat jauh memisahkan dunia di
dalam kepalanya dan dunia di luar dirinya. Dan Mi Jeong serta
pikiran-pikirannya yang bersuara kerap mewakili suara hati para introvert
termasuk saya.
Saya takut dan gugup dengan Mi Jeong. Saya paling nggak bisa
menebak arah pikirannya.
Mr. Gu
“That’s how life is. It seems to go well and then
stabs you in the back. Did you think it was always going to be peachy?” – Mr.
Gu
Misterius. Dingin. Bicaranya irit. Suara-nya
hanya bisa didengarkan melalui sorot
matanya. Rutinitas Mr. Gu hanya bekerja, makan, minum alcohol sambil menatap
jauh entah ke mana. Begitu saja. Tak banyak yang bisa saya katakan tentang
karakter ini berasarkan episode pilot.
Siapakah Mr. Gu? Kenapa dia bisa berakhir bekerja di keluarga Yeom? Ini
pertanyaan yang mengikuti saya. Saya ingat, saya berdoa semoga dia bukan
pembunuh bayaran atau gangster. ã… .ã…
♥
My Liberation Notes menganut character-driven,
ceritanya fokus pada perkembangan tokoh-tokoh di dalamnya, makanya alurnya terasa
lambat. Kalau ditanya konfliknya nyeritain apa, saya harus mikir beberapa saat,
kayak lebih mudah nyeritain konflik drama yang digerakkan oleh plot-nya.
My Liberation Notes nyeritain kehidupan orang-orang yang tinggal di daerah
yang jauh dari pusat kota, dan bekerja di pusat kota. Mereka harus bolak-balik
rumah-tempat kerja. Kondisi ini membuat hidup mereka terasa membosankan. Monoton.
Waktu banyak dihabiskan dalam perjalanan. Harus bangun pagi agar tidak
ketinggalan bus dan kereta. Acara kumpul-kumpul seusai bekerja tidak bisa
terlalu jauh atau tidak boleh melewatkan kereta terakhir—biaya taksi menuju
pulang terlalu mahal. Banyak hal yang ingin mereka lakukan namun terhalang status bukan anak kota. Acapkali pula
status yang melekati mereka dijadikan bahan
obrolan di sirkel dunia kerja. Banyak sekali yang relate dengan pola kerja
Yeom bersaudara.
Apakah kemudian jika suatu saat mereka berubah status jadi anak kota
yang tinggal dan bekerja di kota, lantas mampu mengubah total wajah hidup mereka? Saya rasa inilah
salah satu pertanyaan utama yang dibawa My Liberation Notes. Misalnya, saya
menganggap wajah murung Mi-jeong, kesulitannya Gi-jeong mendapatkan pacar, dan stuck-nya Chang-hee di posisi yang sama,
jauh dari hidup stabil—diputusin pacar karena salah satunya dia ga punya mobil
(?)—semata-mata hanya diakibatkan karena mereka tinggalnya di desa, semata-mata
karena dihalangi status anak daerah.
Apakah membebaskan diri dari status anak daerah serta merta mengubah mereka
menjadi orang yang bahagia? Begitu? Jika suatu saat ketiga bersaudara ini
pindah dan hidup ke kota selayaknya anak kota, mengikuti gaya hidup anak kota,
apakah masalah hidup mereka terselesaikan? Terbebaskan dan bahagia?
“If we had lived in Seoul, would we have been any
different?” – Mi Jeong
My Liberation Notes—catatan kebebasan seperti apa yang ingin ditulis
orang-orang di drama ini? Apakah kebebasan yang diidamkan benar-benar mampu
membebaskan dari labirin frustasi dan kerumitan hidup? Mengapa hidup menjadi
rumit dan membuat frustasi? Apakah bebas artinya merdeka dan bahagia? Apakah
bebas tidak butuh tebusan apa-apa? Kebebasan… kebebasan, sebagai manusia yang
tak sekadar hidup dan bernapas, kebebasan seperti apa yang kita inginkan,
sesungguhnya?
“Life is a series of embarrassments. It’s embarassing
from the moment you’re born. You are born naked.” – Chang Hee
♥
ã…¡relatable
scenes
Banyak sekali adegan di My Liberation Notes
yang meneriakkan pengalaman nyata
yang pernah saya alami di masa lalu. Saya sampai harus mengklik tombol pause
untuk mengambil jeda, menarik napas panjang, dan menahan keharuan—momen yang membuat saya bergumam, “ah… ternyata perasaan saya, apa yang saya
rasakan adalah valid. Saya bukan orang aneh. Tidak apa-apa merasakan seperti
itu. Sungguh tidak apa-apa.
Saya akan memilih tiga quotes :
#1
“I feel uneasy in bed,
I feel uneasy around people. ‘Why can’t I laugh happily like other people? Why
am I sad all the time? Why am I always nervous? Why is everything so boring?” –
Mi Jeong
Saya ingat dengan jelas sekali waktu-waktu yang saya lewati dengan hati
muram. Tuhan, saya kenapa? Apa yang salah dengan saya? Kenapa saya selalu
diliputi kemurungan? Kenapa saya kerap merasa tidak nyaman dikelilingi orang
banyak? Kenapa saya tidak bisa menemukan hal-hal yang bisa menggembirakan
seutuhnya? Kenapa saya?
Saya jarang tertawa.
… apakah saya yang terlalu berlebihan? Di mata saya orang-orang begitu
menikmati hidup, mengapa saya selalu merasa kesulitan menjadi saya? Manakah
saya yang sebenarnya?
Pertanyaan-pertanyaan yang bermunculan menyudutkan saya. Saya
menganalisa diri sendiri. Sering saya berbaring di kamar, menghadap
langit-langit, perasaan saya datar tetapi air mata saya mengalir tanpa saya tau
mengapa saya menangis.
Seperti Mi-jeong, ketika berjalan seorang diri, pandangan mata saya
menyentuh apa saja yang saya lewati, saya seperti tidak tertarik dengan apa pun
itu tetapi kepala saya riuh.
Saat terbangun di pagi hari, tubuh saya terasa sakit, saya membuka pagi
dengan rasa lelah. Saya bangun dan bekerja dan hidup karena tubuh saya masih
bernapas—saya pernah melewati fase ini dan saya berharap saya tidak akan pernah
kembali lagi ke sana.
#2
“I want liberation. I want to be liberated. I don’t
know where I’m trapped but I feel trapped. There’s nothing in my life that
relaxes me. I feel cramped and stifled. I want to break free.” – Mi Jeong
Kamu ingin membebaskan dirimu dari kemurungan yang aneh namun di saat
yang sama kamu kesulitan menemukan alasan kemurunganmu. Kamu tidak tahu di
persimpangan mana kamu keliru memilih arah. Semuanya tampak salah, tampak tidak
pada tempatnya. Dan kamu ingin sekali terbebas dari situasi ini.
Pernah merasakan apa yang dirasakan Mi-jeong? Jika ya, sama. Saya pun
pernah. Rasanya tidak enak sekali. Mengerikan.
3#
“I feel like I have to fill the silence too. –Yeom
Mi-Jeong
Saya bertanya-tanya kenapa saya merasa tidak nyaman berada di tengah
orang banyak? Kenapa saya kerap merasa canggung bertemu orang banyak? Mengapa
saya cenderung menghindari obrolan dengan orang yang tidak saya akrabi? Apakah
saya membenci ide bersosialisasi dengan orang lain?
… saya masih terus bertanya-tanya, hingga saya mendengar Mi-jeong
mengatakan, “I feel like I have to fill
the silence too.”
AKURAT. Itulah yang saya rasakan. ã… .ã…
Berinteraksi dengan orang lain, terlibat dalam obrolan (face to face),
saya merasa terbebani dengan tanggung jawab untuk membuat obrolan terasa
menyenangkan, sedangkan saya tahu persis betapa membosankannya saya, saya orang
yang canggung, sering merasa malas untuk berbicara. Saya tidak bisa pura-pura
excited terhadap topic yang tidak saya sukai. Jika bertemu orang yang pada
kesan pertama sudah membuat saya hilang rasa, saya tidak segan-segan memasang
aksi diam atau terang-terangan menunjukkan keengganan saya—untuk alasan-asalan
inilah saya tidak begitu menyukai aksi kumpul-kumpul tanpa alasan jelas. Meski
tidak separah dulu, namun kebiasaan tetap kebiasaan. Saya tidak pernah
berlama-lama menempatkan diri di suatu lingkungan yang riuh. Saya memilih
ngacir pulang setelah jam mengajar selesai, pekerjaan yang bisa dikerjakan di
rumah, mending saya angkut ke rumah.
Ngobrol banyak sama orang yang dengannya kita tidak punya relasi yang dekat adalah salah satu cara untuk
membuat diri lelah. Herannya, saya bisa membuka percakapan-percakapan basa-basi
dengan mereka yang saya temui pertama kali di tempat-tempat yang saya tidak
merasa familiar.
Saya menemukan rumah, khususnya kamar saya, sebagai tempat teraman dan
ternyaman yang bisa menerima saya apa adanya. Saya mau diem aja sepanjang hari,
atau berisik cerewet ga jelas, suka-suka saya wkwk. Ga ada yang gangguin.
ã…¡Ending
“That’s how life is. It seems to go well and then
stabs you in the back. Did you think it was always going to be peachy?” – Mr.
Gu
Saya tak habis-habisnya dibuat speechless dan
bergumam sendiri betapa sangat realistisnya My Liberation Notes. Termasuk
ending-nya. Karena MLN menggunakan alur character-driven, membahas endingnya
tidak bisa jauh-jauh dari amatan terhadap perkembangan karakter-karakter
utamanya.
Setelah 16 episode, apa yang terjadi pada
mereka? Bagaimana rupa my liberation
notes mereka? Bertemukah mereka dengan apa yang mereka cari di bawah nama kebebasan?
Saya menyukai apa yang dikatakan So Hyang Gi
pada pertemuan pertama Liberation club setelah sekian lama tak mengadakan
pertemuan pasca Mi-Jeong pindah kerja.
“We can’t exactly say we accomplish nothing, don’t you
think? Well, some days, I feel like I am. And some days, I feel like I’m back
to square one. But I still feel I’ve been liberated even just a little.” – So
Hyang Gi
Bagi mereka yang sedang berjuang memperbaiki
diri, menemukan kedamaian dalam hidup, mereka yang sedang berusaha menjadi
versi terbaik dirinya, proses ini sangat sulit. Terdapat perbedaan yang tipis; membuka
hari dengan ngerasa baik, happy, jelang malam perasaan kosong dan lelah kembali
datang yang membuat kita mempertanyakan usaha kita sendiri. Apakah kita bisa
berubah? Hanya dengan terus-menerus melakukan perubahan demi perubahan baik,
sedikit demi sedikit, dengan sabar dengan sebaik-baiknya usaha, menerima proses
jatuh bangunnya, kita kemudian sadar, ya… ada yang berubah. Jelas, ada yang
berubah. Meski tak besar, meski seperti tak terlihat. Kita berubah.
Proses yang kita jalani inilah yang kelak akan
membuat kita tahu bagaimana semestinya menghargai dan memeluk diri sendiri.
Mengapa? Karena sebaik-baiknya teman seperjalanan tak lain adalah diri kita
sendiri. Dia yang sudah berjuang bersama kita, menikmati jatuh-bangunnya berdua.
Apakah Yeom Bersaudara setelah pindah ke kota
dan hidup bahagia? Happily ever after? Apakah Mi Jeong berubah dari pemurung
menjadi si wajah gembira yang penuh senyum? Yeom Chang-hee akhirnya bisa punya
mobil, kaya-raya dan menikah dengan kekasihnya? Dan Yeom Gi-jeong, apakah dia
bisa bertemu pria yang diinginkannya?
My Liberation Notes memilih ending yang sesuai
realita hidup sesungguhnya. Tidak ada upaya mengglorifikasi kebebasan. Apa adanya. Raw.
Pindah ke kota tak lantas membuat hidup mereka
menjadi mudah. Suasana baru berarti tekanan baru juga. Namun, sebagai penonton
saya bisa melihat perbedaan nuansa kehidupan yang dijalani Yeom bersaudara;
plus-minusnya.
; Yeom Gi-Jeong,
Pandangan saya terhadap Gi-Jeong setelah 16
episode berubah drastic. Saya tidak lagi melihatnya sebagai sosok yang annoying.
Gi-Jeong mungkin terlihat menjengkelkan dengan mulut blak-blakannya, tapi
setelah mengenal lebih dekat ternyata nggak se-menjengkelkan yang terlihat dari
jauh. Apa ya sebutan yang tepat? Jalan berpikirnya ga mengikuti jalur umum
kebanyakan orang. Dua adegan yang saya ingat dan dua adegan ini punya pengaruh
besar mengubah pandangan saya terhadap Gi-Jeong. 1) Park Jin Woo memberi saran
Gi-Jeong untuk menarik ulur Cho Tae Hoon. Gi-Jeong menjawab, “When a man and woman like each other,
shouldn’t you give each other the fullest? Why would you string it out in small
portions?”
Saya kayak kena pencerahan denger omongannya
Gi-Jeong. Iya ya? Kalo saling sayang kenapa saling menyulitkan? Saling membuang
energi, kesempatan dan waktu?
Saya pun mikir, Yeom Gi-Jeong bukan orang yang
sulit. Kalo memakai sudut pandang lain, saya bisa melihat dia bukan sebagai
orang yang omongannya menjengkelkan dan suka mengeluh. Apa yang Gi-Jeong
ucapkan tanpa filter itu adalah sebenar-benarnya isi kepalanya. Dia orang yang
logis menurut kamus kelogisannya yang kalo disandingkan dengan kelogisan secara
umum, Gi-Jeong akan dipandang sebagai orang yang aneh, annoying, ngeri (inget
obrolan kepala jatuh?), padahal
enggak. Gi-Jeong ga suka membagus-baguskan omongan. 2) Di ep 16, Tae-Hoon
mengira Gi-Jeong potong rambut karena pengen putus (pikiran orang umum),
padahal enggak. Dia emang pengen potong rambut aja. Aslik, di adegan ini saya
pengen meluk Gi-Jeong. Baik banget mau ngertiin Tae-Hoon. Mau bersabar
menunggu. Sebagai orang mencintai Tae-Hoon, Gi-Jeong mengalami roller coaster
emosi. ã… .ã…
Menurut saya, Gi-Jeong adalah jenis orang yang
sangat menghargai hal-hal kecil, yah… meski kadang hal-hal kecil bisa
membuatnya overthinking. She’s unique in
her own.
Yeom Chang Hee :
Room 302.-nya Chang Hee di episode 16 bikin
saya nangis kenceng. Bukan adegan sedih loh itu. Dia salah masuk ruangan dan
berniat keluar dari sana. Momen ketika dia hendak keluar, Chang Hee terdiam
sebentar, lalu senyum kecil terbit di wajahnya. Ia memutuskan tetap tinggal.
Yeom Chang Hee yang saya anggap berisik, egois,
ambisius dan cerewet ternyata adalah karakter yang paling… paling powerful perjalanannya. Di mana kakinya
membawanya maka di situlah takdirnya—saya tidak menyangka prinsip ini akan membikin
saya nangis. Chang Hee yang baik sekali, punya hati yang lembut. Bicaranya saja
yang keras, hatinya lembut. Feeling ibunya tidak meleset. Chang Hee lah yang menghidupkan kembali nyala api di dalam
keluarga Yeom yang meredup setelah kepergian ibu mereka. ã… .ã…
Chang-Hee adalah karakter favorit saya.
“Dad, you still have
the three of us by your side. Dad, I love you.”
Siapa yang menyangka anak laki-laki
satu-satunya yang di awal episode terlihat grumpy adalah dia yang sepeninggal
ibunya menjadi pilar yang menguatkan ayah dan saudara-saudaranya. Chang Hee berproses
dengan baik. Anak baik ã… .ã…
Adegan dia makan berdua dengan ayahnya, dia
ngilang bentar ke belakang pas balik matanya udah merah. Ya Alah sedih sekali….
Yeom Mi-Jeong :
“Yeom Mi-jeong’s life
is divided into two parts, before and after she met Mr. Gu. I must be crazy. I
feel so lovable. There’s nothing but love in my heart. So, I can’t feel
anything but love.”
Pasca pindah kantor, Mi-Jeong menemukan ritme hidupnya. Mi-Jeong
menikmati pekerjaannya. Mi-Jeong bertemu kembali dengan Mr. Gu. Apakah Mi-Jeong
sudah menemukan kebebasannya? Ya, tetapi perjalanannya belum selesai. Karena
menemukan kebebasan adalah sebuah proses panjang. Yang jelas, Mi-Jeong bersama
Mr. Gu adalah chapter hidup yang benar-benar dinikmatinya. Bersama Mr. Gu,
Mi-Jeong tetap menjadi dirinya sendiri. Lebih dan kurangnya.
Jika melihat lebih dekat sorot mata Mi-Jeong sebelum dan setelah
berpisah dengan Mr. Gu tidak sama alias berubah. Ga hampa lagi.
Adegan Mi-Jeong ketemu mantan yang udah bikin dia kesulitan adalah yang
saya highlight. Saya melihat Mi-Jeong menilai dirinya sebagai orang jahat.
Tetapi adegan itu membuktikan sebaliknya. She is too kind. Dengan sejarah yang
mereka miliki bisa saja Mi-Jeong menjebak
si mantan—balas dendam gitu. Tapi tidak. Mi-Jeong tidak melakukan itu.
Bangga sama Mi-Jeong!
Mr Gu :
Berbeda dengan penonton lain, saya tidak jatuh cinta pada Mr. Gu.
Karakter ini membuat saya takut. Apa tindakannya berikutnya? Apa yang akan dia
lakukan? Kata, kalimat apa yang akan dilontarkannya… saya menunggu dengan
hati-hati, banyak momen kebersamaannya dengan Mi-Jeong di Sanpo yang membuat
saya cemas.
Momen menggetarkannya Mr. Gu di episode 16 adalah adegan koin yang
nyaris jatuh di lubang air. Koin yang mengubah pilihan hidup Mr. Gu.
Saya suka cara Mr. Gu memperlakukan Mi-Jeong. Omongannya ga penuh
bunga-bunga tapi selalu tepat dan cocok untuk
membantu Mi-Jeong menemukan entah apa yang dicarinya.
***
Akhir My Liberation Notes tidak mengenal happy or sad ending. Seperti hidup kita, happy or sad,
sifatnya sementara, sedangkan hidup harus terus berjalan. Drama ini tidak butuh
ditutup dengan menceritakan secara pasti dan jelas bagaimana kehidupan
orang-orang yang hidup di dalamnya. My Liberation Notes berakhir, namun para
pencari kebebasan untuk diri sendiri ini masih terus mencari. Satu yang pasti,
mereka sudah menemukan arah yang
tepat. Begitulah cerita ini ditulis.
♥
ã…¡Special
Mentions
Mom
“I don’t
expect anything from you. I’m just happy when you smile. And when you cry, I
wonder what happened.” – Mom
Melihat punggung Eomma di episode 13, bahunya yang berguncang karena
menangis, saya tidak sanggup menahan air mata saya. Dan menit-menit berikutnya
hingga episode 14, tidak ada jeda untuk bernapas lega.
Sosok ibu yang sejak kemunculannya di episode satu tidak melakukan hal
lain, ia hanya bekerja dan bekerja. Mengurus suami dan anak-anaknya. Bekerja di
dapun, di ladang. Memikirkan bagaimana anak-anaknya. Sosok ibu yang selalu
bekerja keras memastikan anak-anak dan suaminya makan dengan baik, istirahat
dengan nyaman. Dan saat ia benar-benar bisa meraskan nikmatnya istirahat adalah
saat ia pergi ke tempat yang jauh dengan hati patah dan berat; ia merasa gagal
mengenali kesedihan di wajah anak-anaknya.
Hati saya ikut patah menonton pembukaan episode 14, melihat lubang yang
ditinggalkan eomma di tengah keluarganya bersama kepergiannya yang mendadak. Kehilangan
yang dirasakan keluarga Yeom terasa kuat dan realistis. Hati saya seperti ikut
diremas.
Melihat Gi-jeong, Chang-Hee, Mi-Jeong mengambil alih pekerjaan yang
biasa dilakukan ibu mereka—momen yang membuat mereka menyadari betapa kuat
tubuh kecil ibu mereka yang bisa melakukan semua pekerjaan itu sendiri.
Saya takut menonton after leaving-nya Eomma. Saya teringat ibu saya
sendiri. Ibu saya tidak berbeda dari Eomma. Beliau selalu memastikan kami
menjalani hidup dengan baik. Dua tahun terakhir hubungan saya dengan ibu
semakin baik. Saya sering menangis bila mengingat ibu saya. Mengingat
hari-harinya yang tidak pernah mudah sejak kecil. Pernahkah ibu merasakan
kebahagiaan yang sebenar-benarnya? Bahkan setelah menikah dan memiliki
anak-anak, ibu saya masih menjalani hidup yang sulit. Padahal beliau pernah
beberapa kali memiliki kesempatan untuk memilih bahagianya sendiri, tetapi
tidak dipilihnya. Ibu saya mengorbankan bahagianya untuk orang lain. Meskipun
situasi sudah berubah lebih baik sekarang, setiap kali memandang wajah atau
punggung ibu, saya kerap berakhir dengan pertanyaan-pertanyaan sedih yang ingin
sekali saya tanyakan pada beliau. Hasilnya saya sibuk menyusut air mata yang
berebutan keluar—takut ditanyain kenapa nangis.
Para ibu adalah sosok paling rentan diabaikan di dalam rumahnya sendiri.
Padahal cinta ibu adalah cinta paling rahasia dan tulus. Menurut saya, memiliki
dan merasakan cinta ibu adalah privilege yang belum tentu bisa dirasakan orang
lain. Peluk erat, jangan disia-siakan.
Saya nggak bohong, saya sudah punya perasaan ga enak melihat sosok eomma
sejak episode satu. Saya tidak pernah luput memperhatikan gerak-gerik dan
ekspresi eomma di setiap kemunculannya. Eomma yang ga pernah diam. Di meja
makan pun dia masih sibuk. Sedih sekali. Dan ternyata feeling saya benar
adanya. ã… .ã…
Baju yang dikenakan Eomma di foto pemakamannya adalah foto yang biasa ia
pakai sehari-hari. Saya tidak tahu apakah ini di sengaja, seolah ingin
memberikan symbol, saking sibuknya eomma bahkan ga punya foto cantik.
Kepergian eomma tidak hanya menjadi patah hati terbesar bagi keluarga
Yeom, tetapi bagi saya juga sebagai penonton. ã… .ã…
ã…¡A
friend to talk with
“I think you’re unhappy because you don’t know how
good you are.” – Officemate
Gi-jeong, Mi-jeong, Chang-hee, saya mau bilang kalau mereka beruntung
memiliki teman cerita. Setidaknya ada teman yang mau mendengarkan cerita mereka,
se-absurd apa pun ceritanya.
Apa yang ingin saya tulis adalah, meski memiliki teman-teman di
sekeliling kita tetap saja rentan merasa kesepian. Apakah kita kurang
bersyukur? Saya tidak berpikir demikian. Saya tidak bisa menjelaskan bagaimana
cara kerjanya, merasa sepi sepertinya tidak erat kaitannya dengan ada-tidaknya
sirkel pertemanan kita. Karena saya mengalaminya sendiri. Saya punya teman yang
lumayan beragam tapi itu tidak membuat kesepian yang mengikuti saya entah sejak
kapan tidak pernah bisa sepenuhnya menghilang. Ia bisa muncul kapan saja tanpa
saya duga-duga.
“You
should get paid to listen to someone else talking.” – Mr. Gu
Mungkin, jika kita bisa menikmati hubungan
seperti Mr. Gu dan Mi-jeong yang bisa saling mendengarkan dengan perasaan aman
dan nyaman, kita tidak akan terlalu merasa kesepian. Hehe. Jago bener nyari
alasan ya. Menangani kesepian tidak mesti dengan mencari sosok lain. Karena dia memang nyata adanya dan valid, kita
yang harus nyari tau sendiri gimana caranya pas ngerasa sepi kita ketemu simpul
yang bisa bikin kita nyantai aja gitu. Kesepian bukan sesuatu yang menyedihkan
atau mengerikan. Merasa kesepian bukan isyarat kita menggantungkan diri kepada orang lain.
Ketika Mr. Gu menghilang, Mi-Jeong tetap menjalani hidupnya. Ia sedih?
Jelas iya. But life must go on. Inilah yang saya bilang My Liberation Notes
menggambarkan dengan realistis momen atau event yang terjadi. Ga dramatisir
berlebihan.
Saya pikir kita akan bersepakat soal ini; bertemu seseorang yang mau
mendengarkan suara kita adalah hal
terbaik yang kita harapkan bisa terjadi. Bagi mereka yang sudah menemukannya,
selamat.
ã…¡Liberation
Club
“Do not give advice. Do not try to comfort. Those are the rules of our club.” – Mr. Park
Klub Kebebasan—saya benar-benar menginginkan wadah seperti ini. Bagus
banget klubnya. Aturannya asik. Kita boleh ngoceh apa aja tanpa takut dihakimi,
dan tidak boleh ada yang menghibur. Ga semua uneg-uneg yang kita keluarkan
butuh ditanggapi. Kayak cuman pengen dikeluarin aja gitu. Abis itu udah. Karena
kadang kita tuh sebenarnya udah tau mesti gimana dengan suara-suara di dalam
kepala kita tapi tetep harus dikeluarin biar lega. Ya nggak sih? Saya gitu
soalnya wkwk.
ã…¡Tidak ada yang namanya kebetulan
Siapa yang speechless mengetahui koneksi yang
terjadi dantara Mr. Gu dan Mi-Jeong? SAYA!!! Plot yang mengejutkan. Hidup
bener-bener ga bisa diprediksi dan ga ada itu istilah kebetulan. Apa yang terjadi
dalam 24 jam hidup kita, tidak ada namanya kebetulan.Mungkin ini alasan kenapa
kita disuruh ngomong baik-baik sama orang lain, perlakukan orang lain dengan
sebaik-baiknya. Kenal atau tidak. Karena kita nggak pernah tau apa yang sedang
dialami orang lain. Small act can help.
Hal-hal baik kita terima tidak datang begitu saja. Kita tidak bekerja sendirian
di semesta yang luas ini.
***
“Something good will happen to you today.”
Kalimat ini sudah muncul mulai dari episode 1. Otak kayak dicuci, seburuk apa pun harimu, sesuatu
yang baik akan datang padamu. Dipikir-pikir, quote ini nyambung sekali dengan
emosi yang dibawa My Liberation Notes—ingat alur character-driven nya?
Ditambah dengan kalimat pamungkasnya Mi-jeong untuk Mr. Gu,
“Five minutes a day. If you have five minutes of
peace, it’s bearable.” –Yeom Mi-Jeong
Maksudnya Mi-Jeong, kita lah yang mesti berusaha sendiri mencari detik-menit yang berharga yang bisa membuat kita bahagia meskipun itu dari hal-hal kecil misalnya mengucapkan atau menerima terima kasih dari orang asing, atau menerima teriakan "PAKEEEEEEET" depan pintu, atau dapet notif di awal bulan ngabarin kalo gaji udah masuk HAHAHAHA maap garing. Banyak hal-hal kecil yang sebenarnya bisa bikin hepi cuma seringnya kita abaikan karena... ya dirasa nggak penting.
My Liberation Notes mungkin terlihat muram di luar, usai menamatkan 16 episodenya, saya menemukan banyak hal
yang membuat drama ini unik dengan cara bertuturnya dan bagaimana ia disajikan;
kesedihan, kesepian, humor, persahabatan, keluarga, dunia kerja. Semuanya
sangat dekat dengan kehidupan kita. Tidak ada yang dilebih-lebihkan atau
sengaja dibuat dramatis. Porsinya pas.
Sulit membuat drama se-sempurna ini. Storyline-nya solid, character
development-nya berjalan dengan baik, alur character-driven nya solid, music
scoring-nya bagus banget, dan sinematografi yang apik menjadi alasan saya dibuat
speechless di setiap episodenya. Apa yang saya tulis pada postingan ini belum
mewakili semua perasaan yang saya rasakan sewaktu menonton My Liberation Notes.
Acting-wise, GILAK. SEMUANYA BAGUS. Tanpa mengecilkan peran yang lain, menurut saya
karakter yang paling sulit diperankan di sini adalah Yeom Mi-Jeong, Mr. Gu, dan
Appa. Ketiga karakter ini minim dialog dibandingkan karakter lain. Ketiganya
lebih banyak bermain di ekspresi wajah dan gestur. Bagaimana mereka membuat
penonton mengetahui/ membaca warna emosi mereka hanya dengan melihat wajah
mereka—ini bukan perkara mudah.
Akhir kata, seperti halnya saya yang kesulitan menulis opening tulisan
ini, pun ketika hendak membuat closing paragraph saya masih kesulitan haduh.
Draft ini nyaris dua bulan saya kerjakan dan hasilnya… entah. Saya tetap
saja merasa masih ada yang lupa saya tulis. Menulis drama perfect (dalam kamus
per drama an saya) memang seberat ini. Saya berani ngasih skor 10/10 My
Liberation Notes untuk genre slice of life. Semua tentang drama ini adalah
sempurna. Satu pertanyaan tertinggal, terhadap sosok Park Hae Yeong yang menulis naskah My Liberation Notes, saya sungguh penasaran bagaimana dia menulis cerita tentang manusia dan relasinya dengan dirinya sendiri, dengan manusia lain, dengan segala sesuatu di sekelilingnya, dengan detail emosi yang memiliki kedalaman pemahaman luar biasa. Bagaimana bisa? LUAR BIASA.
P.s : saya punya alasan sendiri kenapa tidak membahas ‘worship’
nya Mi-Jeong dan Mr. Gu.
Bagaimana dengan catatan kebebasanmu?
Tabik,
Azz.
Menonton My Liberation Notes bikin aku ngerasa punya temen. Seperti Kak Azz, aku pernah ada di masa-masa tersiram hidupku di mana aku merasa semua orang terasa memuakkan. Aku merasa nggak bahagia. Aku merasa kosong. Aku merasa diriku aneh.
ReplyDeleteMenonton MLN bikin aku ngerasa diriku di masa lalu dipeluk lembut, dimaklumi dan dipahami dengan baik. Aku nggak nyangka bahwa ada orang yg paham akan apa yg pernah aku rasakan, dan orang itu, PHY jakka-nim, bener-bener bikin aku ngerasa lega. Lewat MLN, aku jadi paham bahwa apa yg aku rasakan itu manusiawi. Ada orang lain yg juga tau persis rasanya hidup kayak Mi-jeong.
Aku mau curhat ya, Kak. Karakter paling relate buatku di drama ini, jujur aja, adalah Mi-jeong. Dan waktu aku bahas drama ini sama temen yg menurutku punya kepribadian yg bertolakbelakang denganku, aku agak shock. Dia bilang karakter Mi-jeong itu nyebelin. Pick me girl banget, katanya. Astaga. Aku kaget. Aku langsung mikir apa kalau dia tau cara berpikirku itu hampir sama kayak Mi-jeong, dia bakal bilang begitu juga ya ke aku? :")
Di situ aku baru paham, kalau ternyata manusia memang punya pola pikirnya sendiri-sendiri. Banyak manusia yg nggak terlalu peka sama perasaan orang lain, pun perasaannya sendiri. Banyak manusia yang hidupnya selalu terasa berat; they live, and they contemplate the meaning of their life, pun ada manusia yang hidup dengan easy going feeling; they and they feel enough. Sayangnya, aku bukan bagian dari golongan yang kedua. Dan MLN bikin aku merasa bahwa aku juga berhak hidup, nggak apa-apa meski aku merasa seperti itu saat menjalaninya.
Aku nggak sanggup komen untuk karakter lain. Kakak udah kabarin semuanya dengan baik, as always. Apalagi tentang Chang-hee yang juga jadi karakter favorit aku di drama ini. Nggak terhitung berapa kali aku dibikin ketawa sama Chang-hee. Dan unexpectedly, he made me cry a river in the last episodes of this drama. I cried a lot because of him. Bukan karena aku kasian, tapi aku ngerasa orang sebaik Chang-hee juga berhak bahagia. Orang yg peka seperti Chang-hee, juga layak untuk dipahami oleh orang lain.
Aku berharap banget di akhir episode Changi bisa ketemu lagi sama Mr. Gu, role model-nya, sosok kakak laki-laki yg selalu ia idamkan. Aku agak sedih mereka nggak ketemu lagi. Tapi mungkin di suatu masa, mereka bakal ketemu kan ya? Aku harap begitu. Nanti, saat Chang-hee sudah menjadi versi terbaik dirinya, versi yg bahagia dan merasa ringan menjalankan pekerjaan barunya.
Kayaknya aku kepanjangan komen. Dan bukannya bahas tulisan kakak, tapi malah curhat gini huhu Maaf ya, kak. Tapi aku mau bahas drama ini sama kakak buat lunasin utang. wkwkwk. Gemes banget dulu pas ongoing nggak ada yg bisa diajak diskusi sedalam ini. :""")
Aku juga nggak sanggup komen perihal karakter Eomma. :") Nggak sanggup rasanya membahas luka terbesar dalam hidupku. Drama ini berhasil mengejutkan aku dengan bawa konflik ini. Aku nggak nyangka ternyata mereka bakal mengungkap bagaimana sebuah rumah kehilangan ruhnya saat sosok ibu pergi duluan. Dan aku tau benar gimana rasanya. It hurt so much, yet I wanna praise the writer for making such a relatable conflict in a very beautiful yet sorrowfull way.
Aku pernah nulis "My Liberation Notes seperti wake up call untuk saya" di draft ini tapi kemudian aku hapus.
DeleteDrama ini ngasih kita sudut pandang lain, sudut pandang yang mungkin luput kita gunakan; untuk melihat ke dalam mata kita sendiri, ke dalam mata orang lain. Seperti yang kamu tulis ini, "Di situ aku baru paham, kalau ternyata manusia memang punya pola pikirnya sendiri-sendiri. Banyak manusia yg nggak terlalu peka sama perasaan orang lain, pun perasaannya sendiri. Banyak manusia yang hidupnya selalu terasa berat; they live, and they contemplate the meaning of their life, pun ada manusia yang hidup dengan easy going feeling; they and they feel enough. Sayangnya, aku bukan bagian dari golongan yang kedua. Dan MLN bikin aku merasa bahwa aku juga berhak hidup, nggak apa-apa meski aku merasa seperti itu saat menjalaninya."
Aku setuju sekali. Dan untuk bisa menerima pemahaman seperti ini, hal pertama yang harus kita lakukan adalah memahami diri kita sendiri; semuanya, pada akhirnya memang harus dimulai dari diri kita sendiri. Yang aku rasain selama proses healing sekian tahun ini, hanya setelah aku bisa berdamai dengan diriku sendiri aku bisa pelan-pelan mengubah dan menikmati apa yang namanya menjadi versi terbaik yang kita bisa. Enggak mudah, berat banget. Tapi asalkan kita udah tau arahnya mau ke mana, udah ga bingung lagi, Insya Allah bisa.
Di tangan kita, ada dua pilihan; mau jadi antagonis atau protagonis bagi diri sendiri. Pilihan itu akan menentukan bagaimana kita melihat diri kita secara utuh. Seringnya kita bersikap terlalu keras terhadap diri sendiri tanpa pernah berusaha mencari tau tepatkah sikap itu; adilkah?
My Liberation Notes persis seperti wake up call.
Saya nggak setuju Mi-Jeong disebut Pick Me Girl. Ga tepat rasanya. Kalo teman-teman kantor Mi-Jeong yang lama mungkin bisa ya disebut seperti itu. Tapi Mi-Jeong? I Guess not, she is not that kind of girl. Mi-Jeong bukan tipikal cewek yang membagus-baguskan diri untuk membuat laki-laki terkesan. Di tongkrongannya, Mi-Jeong bukannya kayak dianggap alien ya? Ga menarik. Penampilannya aja gitu-gitu mulu, datar. Serius, aku bingung bagian mananya yang bikin dia layak disebut Pick Me Girl.
Aku yakin Mr. Gu dan Chang-hee akan ketemu lagi dalam suasana yang jauh lebih baik. Ini mereka sedang berjuang menjadi versi terbaik diri mereka. :')
Part Eomma.... ã… .ã…
Alfatihah untuk ibuknya Nad. ã… .ã…
This part scared me. I wanna hug my mom so tight. I can't imagine my life without her. ã… ã… ã… ã… ã… ã… ã… ã… ã… ã… ã… ã… ã…
Nad, kita berhak bahagia. Sungguh, kita berhak. :')